Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Kumpulan Dokumentasi Tentang Keluarga Kerajaan Inggris: Pertunjukan, dan Film Dokumenter Terbaik Tentang Ratu Elizabeth II

Pilihan kami tentang interpretasi faktual dan fiktif terbaik tentang kehidupan mendiang sang Ratu.

Kumpulan Dokumentasi Tentang Keluarga Kerajaan Inggris: Pertunjukan, dan Film Dokumenter Terbaik Tentang Ratu Elizabeth II
Courtesy of BAZAAR UK

Setelah kematian Ratu, rasanya seolah-olah berita dan saluran televisi penuh dengan fakta tentang warisannya, kewajibannya, dan pemerintahannya yang membuat sejarah. Namun, meskipun menjalani kehidupan publik seperti itu, sulit bagi kita untuk memahami kehidupan pribadinya. Seperti apa sosok Ratu sebenarnya ?

Baca juga: Serial Televisi The Crown Season 6 Tidak Akan Terjadi Dalam Waktu Dekat

Dalam film dokumenter, film, dan acara TV ini, upaya telah dilakukan untuk memahami kehidupannya – baik melalui rekaman, wawancara dengan keluarga dan teman-temannya, atau melalui lisensi kreatif belaka. Saat kami berduka atas kepergian wanita yang luar biasa ini, kami telah memenuhi delapan daftar yang difilmkan tentang wanita sejati di balik Mahkota.

1. The Crown (2016)

Courtesy of BAZAAR UK

Tidak ada kompilasi tampilan kerajaan modern yang akan lengkap tanpa raksasa Netflix, mencatat kehidupan Ratu Elizabeth II. Dibuat oleh Peter Morgan, seorang Republikan yang terkenal dengan pesona monarki (ia juga menulis The Queen), itu bukannya tanpa kontroversi, dengan banyak yang menyebut narasinya sebagai interpretasi fakta yang terlalu liberal. Namun, ini tidak mengurangi daya tarik globalnya, membuat bintang Claire Foy, Vanessa Kirby, dan Emma Corrin – dan mengedepankan beberapa nama besar di sinema Inggris, seperti Olivia Colman, Helena Bonham Carter, dan Gillian Anderson. Ditetapkan untuk segera tayang untuk musim kelima, kami masih harus melihat apakah itu akan berlanjut setelah kematian Ratu – Netflix melaporkan bahwa angka penayangannya telah melonjak dalam minggu-minggu terakhir saja.

2. Elizabeth: The Unseen Queen (2022)

Courtesy of BAZAAR UK

Ditugaskan untuk merayakan Platinum Jubilee sang Ratu pada awal tahun ini, film dokumenter BBC ini adalah penggambaran Ratu yang menyentuh dan sering kali mengejutkan. Dari awal, film ini memetakan kehidupan pribadi Ratu melalui semua rekaman yang diambil dari video pribadi dan diriwayatkan oleh Ratu sendiri, dengan audio yang diambil dari pidato dan pernyataan publik selama bertahun-tahun. Ada begitu banyak wawasan edukatif di sini, mulai dari kebosanannya selama penobatan ayahnya, hingga video Elizabeth muda yang memamerkan cincin pertunangannya di Balmoral, jauh sebelum publik tahu ia bertunangan.

3. Elizabeth R: A Year in the Life of the Queen (1992)

Courtesy of BAZAAR UK

Sebuah film yang menarik namun agak di bawah radar dokumenter, produksi BBC ini diberikan akses yang hampir belum pernah terjadi sebelumnya kepada Ratu dari tahun 1991-1992. Film ini memperlihatkan momen ia bercanda dengan Nelson Mandela, berbincang bebas dengan keluarganya dan bahkan bertengkar singkat dengan ibunya di Epsom Derby. Tidak ada yang memalukan atau mengejutkan di film ini, kecuali informasi tentang formalitas yang luar biasa dari semuanya, termasuk sulih suara Ratu sendiri.

4. Elizabeth at 90: A Family Tribute (2016)

Courtesy of BAZAAR UK

Sering disebut sebagai 'Royal Gogglebox', film dokumenter ini adalah tampilan brilian dari keluarga kerajaan yang menonton. Melalui beberapa momen paling ikonis Ratu dari seluruh masa pemerintahannya, film ini memiliki wawasan yang hangat dan cerdas dari keluarganya, dan diriwayatkan oleh Raja Charles III.

5. Elizabeth: a portrait in parts (2022)

Courtesy of BAZAAR UK

Potret Ratu yang sangat komprehensif, memetakan hidupnya dari pernikahannya yang sangat terkenal, hingga penobatannya dan tur kerajaan, bahkan tentang popularitasnya yang menurun selama masa kejayaan Diana. Ini adalah pandangan yang teguh tetapi juga seimbang pada salah satu Ratu dunia kita yang paling signifikan, meskipun dibuat pada bulan April tahun ini oleh mendiang sutradara besar, Roger Michell (Notting Hill), film ini berfungsi sebagai dokumenter terakhir yang indah dari seorang tokoh nasional tercinta.

6. The Queen’s Coronation in Colour (2018)

Courtesy of BAZAAR UK

Produksi bersama ITV dan Netflix ini menggambarkan keadaan persis seperti yang tertulis: membawa penobatan Ratu tahun 1953 ke kehidupan yang technicolor. Diselingi dengan wawancara dari mereka yang ada di sana, ini adalah wawasan yang dibuat dengan indah tentang momen bersejarah, tepat ketika kita akan menyaksikan penobatan kerajaan kita sendiri.


7. The Queen (2006)

Courtesy of BAZAAR UK

Ditulis oleh kreator The Crown, Peter Morgan, dan disutradarai oleh Stephen Frears, ini adalah pandangan yang dieksekusi dengan bijak setelah kematian Putri Diana. Film ini memusatkan perhatian penuh pada momen ini, tetapi berpusat pada pengalaman Ratu, menavigasi pers yang negatif, kontroversi mengenai apakah akan mengadakan pemakaman umum atau tidak, sampai kehancuran emosional dan politik waktu itu. Helen Mirren memenangkan Oscar untuk penampilannya, bahkan dipuji oleh Yang Mulia sendiri, yang kemudian mengundangnya untuk makan malam di Istana Buckingham.

8. A Tribute to Her Majesty the Queen (2022)

Courtesy of BAZAAR UK

Dibuat untuk perayaan Platinum Jubilee-nya, tetapi dirangkai lebih getir setelah kematiannya, dokumenter BBC ini menampilkan wawancara dengan anak-anaknya dan anggota keluarga lainnya, hal ini menjadikannya sebagai salah satu film yang lebih pribadi tentang Ratu. Penuh dengan cerita lucu dan anekdot intim, ini adalah penghargaan yang pas untuk wanita tangguh di balik Mahkota.

Baca juga:

Mengenang Perjalanan Kehidupan Mendiang Ratu Elizabeth II

Ucapan Belasungkawa Tokoh Dunia Atas Meninggalnya Ratu Elizabeth II

(Penulis: Marie-Claire Chappet; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Diah Pithaloka; Foto: Courtesy of BAZAAR UK)