Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Ucapan Belasungkawa Tokoh Dunia Atas Meninggalnya Ratu Elizabeth II

Keluarga, para pimpinan, dan selebriti dari seisi dunia mengungkapkan rasa belasungkawa mereka setelah kematian sang Ratu Inggris.

Ucapan Belasungkawa Tokoh Dunia Atas Meninggalnya Ratu Elizabeth II
Courtesy of BAZAAR US

Dunia sedang berkabung atas meninggalnya Ratu Elizabeth II, ratu menjadi yang terlama memerintah Inggris dalam sejarah, sang ratu meninggal hari ini pada usia 96 tahun.

Baca juga: Apa Gelar Baru Anggota Keluarga Kerajaan Setelah Kematian Ratu Elizabeth II?

"Sang Ratu meninggal dengan tenang di Balmoral sore ini," Istana Buckingham mengonfirmasi dalam sebuah pernyataan yang dirilis hari ini. "Raja dan Ratu akan tetap di Balmoral malam ini dan akan kembali ke London besok."

Membaca sejarah peringatan mendiang ratu dari sesama anggota keluarga kerajaan, serta para pemimpin dan selebriti di seluruh dunia.

Raja Charles

Buckingham merilis pernyataan hari ini dari Yang Mulia Raja, di mana ia merenungkan kematian ibunya.

"Kematian Ibunda tercinta, Yang Mulia Ratu, adalah momen kesedihan terbesar bagi saya dan semua anggota keluarga saya," kata Raja Charles. "Kami sangat berduka atas meninggalnya Penguasa yang disayangi dan Ibu yang sangat dicintai. Saya tahu kehilangannya akan sangat dirasakan di seluruh negeri, Alam, Persemakmuran, dan oleh banyak orang di seluruh dunia,"

Raja menambahkan, "Selama masa berkabung dengan adanya perubahan ini, saya dan keluarga saya akan dihibur dan dikuatkan oleh rasa hormat dan kasih sayang mendalam, yang mana hal itu telah dipegang teguh oleh ratu sejak dulu,"

Liz Truss

Perdana menteri Inggris yang baru saja diangkat, Liz Truss, membuat pidato kepada wartawan setelah kematian ratu pada hari Kamis.

"Ini adalah hari kehilangan besar, tetapi Ratu Elizabeth II telah meninggalkan warisan yang luar biasa," kata Liz. "Hari ini, takhta itu diberikan, seperti yang telah terjadi selama lebih dari seribu tahun, kepada raja baru kita, kepala negara baru kita, Yang Mulia, Raja Charles III. Bersama keluarga raja, kami berduka atas kehilangan sang ratu.

Disaat-saat kita berduka, kita harus bersatu sebagai orang untuk mendukungnya, untuk membantunya memikul tanggung jawab luar biasa, yang mana sekarang ia pikul untuk kita semua. Dengan berlalunya era Elizabeth kedua, kami mengantar era baru dalam sejarah megah negara besar kami, persis seperti yang diinginkan Yang Mulia: dengan mengucapkan kata-kata, 'Tuhan selamatkan raja.'"

Pangeran Harry dan Meghan Markle

Beberapa saat setelah kematian ratu diumumkan, Duke dan Duchess of Sussex memberikan penghormatan kepada ratu di situs untuk yayasan mereka, Archewell. Halaman arahan situs berubah menjadi latar belakang hitam sederhana dengan teks putih kecil yang berbunyi, "Untuk mengenang Yang Mulia Ratu Elizabeth II 1926-2022."

Pangeran Harry saat ini berada di Kastil Balmoral, berduka atas kepergian ratu bersama keluarganya, sementara Meghan berada di Inggris.

Joe Biden dan Jill Biden

Presiden Joe Biden dan Ibu Negara Jill Biden menyatakan belasungkawa mereka dalam sebuah pernyataan dirilis hari ini.

"Dalam dunia yang terus berubah, ia adalah sosok kehadiran yang luar biasa memebanggakan bagi generasi warga Inggris, termasuk banyak yang tidak akan pernah mengenal negara Inggris tanpa adanya sosok ratu," tertulis dalam pesan.

"Kekaguman abadi terhadap Ratu Elizabeth II yang menyatukan orang-orang di seluruh Persemakmuran. Tujuh dekade pemerintahannya yang bersejarah menjadi saksi zaman kemajuan manusia yang belum pernah terjadi sebelumnya dan langkah maju martabat manusia."

Barack Obama

Mantan presiden AS mengunggah tulisan di media sosial, "Michelle dan saya cukup beruntung bisa  mengenal Yang Mulia, dan ia sangat berarti bagi kami. Dulu ketika kami baru memulai menavigasi kehidupan sebagai Presiden dan Ibu Negara, ia menyambut kami dengan hangat"

Boris Johnson

Mantan perdana menteri merilis sebuah pernyataan yang mencerminkan dukanya atas kematian Ratu.

"Ini adalah hari paling menyedihkan di negara kita," tulisnya. "Dalam hati kita masing-masing, ada rasa sakit atas meninggalnya Ratu kita, rasa kehilangan yang mendalam dan pribadi—mungkin jauh lebih intens daripada yang kita harapkan."

Justin Trudeau

Perdana Menteri Kanada merilis sebuah pernyataan di media sosial, ia menuliskan, "Ratu adalah sosok kehadiran konstan dalam hidup kita - dan pelayanannya untuk Kanada akan selamanya menjadi bagian penting dari sejarah negara kita. Saat kita melihat kembali pemerintahan ratu yang berlangsung selama beberapa dekade, masyarakat Kanada akan selalu mengingat dan menghargai kebijaksanaan, kasih sayang, serta kehangatan dari Yang Mulia."

Raja Philippe dan Ratu Mathilde

Para bangsawan Belgia merilis pernyataan melalui media sosial.

Elton John

Penyanyi itu membagikan pesan belasungkawa di Twitter-nya.

Mick Jagger

Musisi ini berbagi pernyataan di Twitter, ia menuliskan, "Sepanjang hidup saya, Yang Mulia Ratu Elizabeth II selalu ada di sana. Saya teringat saat menonton sorotan pernikahannya di TV semasa kecil. Saya mengingatnya sebagai wanita muda yang cantik, untuk nenek tercinta bangsa. Simpati terdalam saya bersama dengan keluarga Kerajaan."

Nicki Minaj

Rapper ternama ini membagikan pesan belasungkawa di Twitter.

Stella McCartney

Perancang busana dunia itu memberi penghormatan kepada mendiang Ratu.

Jennifer Garner

Bintang ternama itu memberi penghormatan kepada Ratu di Instagram.

Victoria Beckham

Perancang busana itu berbagi pesan di Twitter, ia menuliskan, "Dia akan dikenang karena kesetiaan dan pelayanannya yang teguh. Pikiran saya bersama keluarga kerajaan saat ini."

Jimmy Carter

Mantan presiden AS menyampaikan belasungkawa kepada keluarga kerajaan Inggris.

“Martabat, keanggunan, dan rasa tanggung jawab telah menjadi inspirasi, dan kami bergabung dengan jutaan orang di seluruh dunia berduka atas kepergian seorang pemimpin yang luar biasa,” katanya kepada salah satu media di sana.

Reese Witherspoon

Selebriti itu membagikan foto Ratu di Twitter.

Barbra Streisand

Penyanyi ikonis itu mengenang kepergian ratu di media sosial.

Kris Jenner

Ibu dari Kim Kardashian menulis di Twitter, "Hari ini akan selalu kita ingat atas kepergian salah satu pemimpin terhebat yang pernah ada di dunia. Saya mengirimkan cinta dan belasungkawa saya kepada Keluarga Kerajaan."

Paris Hilton

Pars menyebut mendiang ratu sebagai "bos wanita asli".

Baca juga:

Tampaknya Penobatan Pangeran Charles sebagai Raja Tidak akan Terjadi dalam Waktu Dekat

Mengenang Perjalanan Kehidupan Mendiang Ratu Elizabeth II

(Penulis: Chelsey Sanchez; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Diah Pithaloka; Foto: Courtesy of BAZAAR US)