Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

10 Manfaat Memakai Serum Rambut

Memangnya, apa manfaat serum rambut itu?

10 Manfaat Memakai Serum Rambut
Courtesy of Sachajuan

Tidak bisa dipungkiri bahwa potongan ataupun gaya rambut sangat memengaruhi penampilan kita, terkhususnya bentuk wajah. Tapi, sadar enggak, sih? Kalau kesehatan rambut juga memengaruhi penampilan kita? Bahkan sesekali dapat menjadi tanda kondisi kesehatan fisik kita. 

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Masker Rambut untuk Masalah Rambut Kering dan Mengembang

Menurut Joseph Ryan Hughes, seorang stylist, dilansir dari South Florida Sun Times, “Rambut kerap menduduki urutan terakhir dalam daftar self-care kita, padahal rambut merupakan bagian krusial dalam personal style, dan bahkan refleksi kesehatan diri kita.”

Nah, menyadari pentingnya kondisi kesehatan rambut, banyak merek kecantikan dan wellness yang merilis produk guna menjaga serta memaksimalkan kondisi rambut. Dimulai dari sampo, kondisioner, hair oil, masker rambut hingga serum rambut. 

Setiap produk memiliki manfaatnya masing-masing dalam menjaga kesehatan rambut. Pada artikel ini akan dikupas tuntas manfaat serum rambut yang, mungkin dapat menjadi pertimbangan Anda ketika ingin menciptakan hair routine terbaru.

Courtesy of L'Occitane

Apa itu serum rambut? 

Serum rambut adalah produk berbahan dasar silikon yang melapisi permukaan rambut Anda. Produk ini menargetkan berbagai masalah rambut berdasarkan formulasi yang membentuknya.

Bagaimana cara aplikasi serum rambut dengan tepat?

  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal gunakan serum rambut setelah keramas, saat rambut masih sedikit basah.
  • Teteskan 1-2 tetes serum rambut ke telapak tangan anda, usap selama 5 detik.
  • Aplikasikan mulai dari bagian tengah hingga ke ujung rambut.
  • Cobalah untuk menyebarkan produk secara merata. Jangan gunakan serum pada akar rambut Anda atau menggunakannya terlalu banyak, ini dapat membuat rambut Anda menjadi berminyak.
  • Lakukanlah dengan lembut, jangan menarik rambut Anda.
  • Setelah selesai, sisir rambut Anda dengan sisir bergigi lebar dengan lembut guna mendistribusikan serum dengan rata, dari tengah rambut hingga ke ujungnya.
  • Tata rambut anda seperti biasa.
  • Jika diperlukan, Anda dapat menggunakannya seharian sebagai touch-up rambut. 

Courtesy of Guerlain

Apa saja 10 manfaat serum rambut?

  1. Mengontrol frizzy hair

    Frizzy hair adalah ketika rambut sering mengembang bahkan kadang sampai keriting, kaku, kering dan banyak helaian rambut mencuat yang sulit diatur.

    Rambut Anda akan terlihat kering dan kusut apabila sedang  rusak dan lemah. Silikon pada serum rambut membantu mengontrol masalah ini, dengan cara melapisi kutikula rambut, menjadikan rambut tetap terhidrasi dan lembap.

  2. Membuat rambut semakin lembut

    Efek anti-frizz yang dihasilkan oleh serum dapat pula meningkatkan kelembutan rambut Anda. Ini dikarenakan lapisan silikon menciptakan permukaan yang berkilau pada helaian rambut.

  3. Mengurangi rambut kusut

    Ketika rambut Anda sudah lembut, maka akan lebih sulit untuk menjadi kusut. Efek anti kusut dari serum rambut dapat membuat rambut anda mudah disisir dan ditata.

  4. Rambut semakin berkilau

    Beberapa jenis silikon yang digunakan pada serum rambut dapat membantu memantulkan cahaya, sehingga membuat rambut Anda semakin berkilau.

  5. Melembapkan rambut Anda

    Selain kulit, rambut juga perlu diberikan asupan kelembapan. Jika tidak rambut akan menjadi kering dan kusut. Dengan menggunakan serum rambut secara rutin, Anda dapat memberikan kelembapan lebih pada rambut Anda.

    Coutresy of Olaplex
  6. Melindungi rambut dari kerusakan

    Tidak hanya merawat, serum rambut juga mampu melindungi rambut dari beberapa jenis kerusakan. Seperti kerusakan rambut akibat proses kimia, mengecat rambut, perming atau straightening. Kemudian kerusakan akibat panas alat styling rambut, dan lingkungan, berupa eksposur cahaya matahari.

  7. Menjadikan rambut lebih lurus

    Semisalnya Anda memiliki rambut lurus serta ingin meningkatkannya, gunakan serum rambut untuk menjadikannya lebih halus. 

    Secara otomatis rambut anda akan lebih lurus! Tetapi, jika Anda memiliki rambut bergelombang dan keriting, pakailah serum rambut sebagai heat protectant, untuk melindungi rambut anda dari panasnya alat styling.

  8. Meningkatkan ikal rambut

    Bagi Anda yang memiliki rambut keriting dan ingin membuatnya tampil lebih maksimal juga bisa menggunakan serum rambut. Anda dapat memilih serum rambut yang ringan, yang memiliki formula melembapkan. Serum rambut ini dapat mempertahankan serta menjaga gelombang ikal Anda.

  9. Memperbaiki rambut rusak

    Serum rambut yang dilabeli sebagai kondisioner atau repairing, dapat membantu rambut Anda mendapatkan kekuatannya kembali.

  10. Menjaga gaya rambut anda

    Jika Anda adalah sosok yang kerap men-styling rambut, maka serum rambut dapat membantu mempertahankan gaya rambut. Sehingga Anda dapat tampil menawan dalam waktu yang lebih lama.

Nah, itulah manfaat-manfaat yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan serum rambut. Pastikan Anda memilih serum rambut yang sesuai dengan kebutuhan, guna mendapatkan hasil yang diharapkan. 

Jika Anda bingung ingin mulai darimana, kali ini Bazaar akan memberikan rekomendasi serum rambut yang patut Anda coba.

Rekomendasi serum rambut

Abeille Royale oleh Guerlain

Courtesy of Guerlain

Diklaim mampu menebalkan rambut sebanyak 55%, serta menambah kilau rambut sebanyak 88%, hanya dalam 3 bulan penggunaan. Serum rambut ini bisa Anda dapatkan seharga 2.350.000 Rupiah.

Anti-Hair Loss Serum Aromachologie oleh L’Occitane

Courtesy of L'Occitane

Sesuai dengan namanya, serum ini diformulasikan untuk menghadapi masalah rambut rontok. Dengan Vitamin E, dilengkapi dengan wangi jeruk yang segar. Serum rambut ini dapat menjadi pilihan Anda untuk menghadapi rontok Anda. Bisa Anda dapatkan sekitar harga 610.000 Rupiah.

Overnight Hair Repair oleh Sachajuan

Courtesy of Sachajuan


Jika Anda memiliki rambut rusak, bercabang, dan tidak bervolume maka serum rambut dari Sachajuan ini adalah jawabannya. Dilengkapi dengan mineral antioksidan, serum rambut ini sangat tepat digunakan sebelum tidur. Dapat Anda miliki dengan harga 795.000 Rupiah. 

The No.9 Bond Protector Nourishing oleh Olaplex

Courtesy of Olaplex
Serum rambut ini tidak hanya berfungsi sebagai penambah kilau pada rambut, tapi juga dapat melindungi rambut Anda dari polusi dan heat damage. Serum ini hadir seharga 610.000 Rupiah.

Itulah rekomendasi serum rambut dari Bazaar, yang mungkin dapat diaplikasikan ke hair routine terbaru Anda.

Selamat mencoba!

BACA JUGA:
4 Hal yang Dapat Dilakukan Saat Weekend Agar Rambut Tidak Capek Seminggu Kedepan
Kenapa Keramas dengan Sampo Saja Tak Cukup, dan Harus Pakai Hair Supplement?

(Penulis: Angel Lawas; Foto: Courtesy of Guerlain, L'Occitane, Sachajuan, Olaplex)