Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Melihat Lebih Dekat RM 27-05, Kolaborasi Terbaru Richard Mille dengan Rafael Nadal

Richard Mille menghadirkan RM 27-05 Flying Tourbillon Rafael Nadal, jam tangan ringan dengan teknologi canggih dan ketahanan ekstrem, hasil kolaborasi mendalam dengan Rafael Nadal.

Melihat Lebih Dekat RM 27-05, Kolaborasi Terbaru Richard Mille dengan Rafael Nadal
Courtesy of Richard Mille

Dalam dunia horology, inovasi, dan keunggulan teknis selalu menjadi pilar utama. Richard Mille, sebuah nama yang dikenal dengan keahlian luar biasa dalam menciptakan jam tangan eksklusif, mengumumkan peluncuran RM 27-05 Flying Tourbillon Rafael Nadal. Dengan berat hanya 11,5 gram tanpa tali dan mampu menahan gaya gravitasi sebesar 14.000 g, jam tangan ini merupakan puncak dari perjalanan panjang menuju pencapaian luar biasa dalam desain dan teknologi.

BACA JUGA: Konsep 'Snow Setting' yang Diimplementasikan Dalam Koleksi Arloji Richard Mille

Courtesy of Richard Mille

Kisah RM 27-05 dimulai pada tahun 2010 dengan lahirnya RM 027 Tourbillon, sebuah jawaban atas tantangan menciptakan jam tangan ringan dengan performa terbaik. Dalam kolaborasi yang berakar dari pertemuan di tahun 2008 antara Richard Mille dan Rafael Nadal terjalin sebuah persahabatan yang erat. 

Sejak saat itu, Nadal telah meraih banyak kemenangan dengan jam tangan Richard Mille di pergelangan tangannya. Arloji RM 27-05, yang diluncurkan pada tahun 2019, membawa perjalanan ini ke puncak baru. Jam tangan ini menggabungkan teknologi terkini dan estetika yang menakjubkan dengan mengurangi berat dan meningkatkan ketahanan.

Courtesy of Richard Mille

Dengan menggunakan bahan baru, Carbon TPT® B.4, yang dikembangkan bersama mitra Swiss, North Thin Ply Technology (NTPTTM), RM 27-05 mencapai kekuatan optimal dengan mengurangi berat tanpa mengorbankan kekakuan. Bahan ini memungkinkan jam tangan untuk diolah hingga bagian terkecil dengan ketelitian luar biasa, menciptakan pola X yang terlihat di seluruh bagian jam tangan.

Courtesy of Richard Mille

Mekanisme jam tangan ini didukung oleh kaliber RMUP-01 yang tipis dengan cadangan daya 55 jam dan flying tourbillon yang berosilasi pada frekuensi 3 hertz. Basis titanium yang diolah dengan PVD dan jembatan yang terbuat dari titanium grade 5 serta Carbon TPT® menjadikan jam tangan ini sangat ringan namun tetap kokoh. 

Proses pembuatan RM 27-05 memakan waktu lebih dari 4.000 jam, dengan berbagai simulasi dan uji dampak untuk memastikan ketahanan luar biasa terhadap percepatan lebih dari 14.000 g. Penggunaan kristal PMMA yang lebih ringan dibandingkan safir, serta desain monobloc yang menggabungkan back/caseband unit dengan flange dan bezel, menjadikan jam tangan ini sebuah karya teknis dan estetika.

Courtesy of Richard Mille

Dalam setiap gram yang dihilangkan, Richard Mille menambahkan nilai luar biasa pada RM 27-05 Flying Tourbillon Rafael Nadal yang merupakan bukti persahabatan yang erat antara Richard Mille dan Rafael Nadal dan inovasi revolusioner yang lahir darinya. 

BACA JUGA: Cartier Perkenalkan Koleksi Terbaru di Watch and Wonders 2022

Patek Philippe Merayakan 50 Tahun Kerja Sama Dengan Cortina Watch