Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Patek Philippe Merayakan 50 Tahun Kerja Sama Dengan Cortina Watch

Cortina Watch memperingati 50 tahun lamanya menjalin kerja sama dengan Patek Philippe dengan melansir jam tangan edisi terbatas dan jam meja untuk kolaborasi spesialnya.

Patek Philippe Merayakan 50 Tahun Kerja Sama Dengan Cortina Watch

Tahun ini, Cortina Watch merayakan kerja sama panjangnya yang spesial dengan lini jam tangan legendaris asal Jenewa, Patek Philippe, dengan melansir jam tangan edisi terbatas dan jam meja model Dome untuk hari peringatan lima puluh tahun keduanya berjalan berdampingan.

Jam tangan spesial untuk menandai lima dekade keduanya bekerja sama yang spesial ini merupakan jam tangan Patek Philippe Ref. 5057G-010, yang adalah edisi terbaru dari jenis jam yang dibuat untuk Cortina Watch yakni tipe Ref. 5057R-001 di tahun 1997 untuk memperingati hari anniversary ke-25 keduanya puluhan tahun yang lalu dan hanya diproduksi sebanyak 100 unit .

Salah satu tipe jam edisi spesial ini adalah Ref. 5057G-010 Calatrava, jam ini terdiri dari kombinasi emas putih sekaligus memiliki bagian pelindung jam model hobnail dengan triple row "Clous de Paris" yang mana awalnya diciptakan untuk Cortina Watch di tahun 1997 untuk memperingati 25 tahun kerja samanya keduanya. Jam tangan yang satu ini juga memiliki bagian dial berwarna abu-abu dengan gradasi hitam, lalu menggunakan angka Romawi di antara emas putih yang penuh kilau.

Digerakkan oleh tenaga Caliber 240 PS IRM C LU, permukaan jam ini mengindikasi penempatan tanggal, fase bulan, dan power reserve, sekaligus penanda detik kecil antara letak pukul 4 dan 5. Modelnya yang didesain dengan diameter pipih, memiliki self winding movement selama 48 jam lamanya yang bisa terlihat dari bagian pelindung belakang dari bahan safir yang dibubuhi grafik putih bertuliskan "Cortina Watch 50th Anniversary Since 1972".

"Kami mempertahankan kode-kode estetika yang telah ada di jam tangan 25th anniversary Calatrava yang dirilis tahun 1997 untuk koleksi edisi terbatas ini. Karena, unsur tersebut adalah bentuk penghormatan terhadap para pemimpin kedua perusahaan di masa lalu dan sekarang yang telah lama memelihara hubungan panjang ini. Saya harap hal ini dapat terus berlanjut hingga 50 tahun ke depan, sampai ke generasi selanjutnya.," ucap CEO Cortina Watch, Jeremy Lim. 

Selain jam tangan, jam meja tipe Ref. 20145M-001 yang diberi judul "Singapore Skyline", turut hadir dalam wujud jam meja model dome yang dibuat dari bahan enamel cloisonné dengan imbuhan kerlap kerlip emas dan metalik untuk memperingati tahun penting ini. Singapura yang merupakan rumah Cortina Watch menjadi centerpiece bagian eksterior jam yang menggambarkan ilustrasi lanskap urban Singapura dari mulai maskot patung Merlion yang ikonis hingga area Central Business District, Gardens by the Bay, The Esplanade, dan Marina Bay Sands, tempat butik Patek Philippe kedua dibuka di Singapure oleh Cortina Watch.

Tentunya, dekorasi yang apik pun diaplikasikan di jam meja spesial ini yakni dengan penambahan enamel dari emas 24 Karat yang dipotong menjadi kecil dan dibentuk oleh tangan demi menciptakan ilusi kontur skyline kota dan monumen-monumen yang terdapat di jam ini. 50 palet warna enamel digunakan, yakni 47 rona transparan, 1 opaque, dan 2 rona buram untuk hasil akhir gradasi warna dan efek lapisan yang magis. Setiap detail diperhatikan hingga yang terkecil dari mulai bagian piringan enamel yang dibakar di temperatur khusus, 50 bintang emas dan kembang api yang terbuat dari debu emas dan metalik sebagai bentuk perayaan anniversary ini di bagian langit. Kemudian, dekorasi bunga dari taman kota yang dibuat dari batu Lapis Lazuli setebal 2.27 karat. Seluruhnya dibuat dengan craftsmanship tiada dua dan tanpa cela serta disempurnakan oleh ukiran “Cortina Watch – 50th Anniversary – Since 1972” yang disematkan secara tersembunyi di jam. Jam ini digerakkan oleh tenaga electric motor.

"Saya bangga mempersembahkan jam Ref. 20145M-001 “Singapore Skyline” Dome Table Clock kepada bapak Anthony Lim sebagai perwakilan dari ayah saya. Pertemanan antara kakek saya, ayah, dan bapak Anthony Lim telah terjalin sejak 66 tahun lalu dan semakin kuat sampai sekarang layaknya hubungan antara Patek Philippe & Cortina Watch yang begitu berharga dan unik," jelas Thierry Stern, Presiden Direktur untuk Patek Philippe.

Hubungan Patek Philippe dan Cortina Watch telah terjalin sejak tahun 1972, di mana Cortina mewakili beberapa label jam tangan Swiss terutama Patek Philippe. Yang diikuti pertemuan antara pendiri Cortina Watch, Anthony Lim, dengan mendiang Henri Stern untuk membangun hubungan kerja sama panjang yang semakin menguatkan kedua brand di wilayak Asia Tenggara dan Asia Timur. Hari ini, Cortina Watch telah mengelola enam butik Patek Philippe yang tersebar di seluruh Asia.

Untuk memperingati milestone ini, Cortina Watch dan Patek Philippe menggelar sebuah ekshibisi yang akan memamerkan jam edisi terbatas Ref. 5057G-010 dan Ref. 20145M-001 “Singapore Skyline” dome table clock, bersama jam Ref. 5057R-001 yang dirilis saat anniversary ke-25 keduanya. Sekaligus ragam jam tangan Patek Philippe yang unik koleksi Cortina Watch seperti edisi Ref. 1677M “Esplanade” yang diciptakan untuk Golden Jubilee Singapura di tahun 2015,  Ref. 20094M-001 “Bay of Singapore”, untuk Patek Philippe Watch Art Grand Exhibition yang digelar di Singapura tahun 2019; Ref. 20040M-001 “Twilight Taipei” yang dirilis untuk memperingati butik pertama Patek Philippe di kota yang terkenal akan gedung-gedung pencakar langitnya tersebut.

Ekshibisi ini akan dilaksanakan di butik- butik Patek Philippe dari mulai lokasi ION Orchard dan Marina Bay Sands di Singapura. Kemudian Taiwan, Thailand, dan Malaysia.

(FOTO: Courtesy of Patek Philippe)