Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

12 Ide Menata Rumah Seperti di Drama Korea

Semuanya tentang terlihat praktis, sederhana, dan elegan secara bersamaan.

12 Ide Menata Rumah Seperti di Drama Korea

Membuat desain interior rumah akan terasa sulit bagi Anda yang tidak pernah tertarik akan hal tersebut. Namun, lingkungan, hobi, dan faktor lainnya dapat dengan mudah menjadi referensi Anda untuk mencari inspirasi, salah satunya drama Korea.

Para pencinta drakor pasti menyadari bahwa desain rumah yang sering muncul di dalamnya memiliki ciri khasnya sendiri. Seperti multifungsi, sentuhan elemen kayu, hingga cahaya alami yang masuk ke dalam rumah. Tanpa disadari ada beberapa tatanan rumah lainnya yang patut Anda coba untuk membuat rumah Anda nyaman layaknya rumah Korea. Simak di bawah ini!

Baca juga: 10 Benda yang Mampu Menambah Kesan Estetis Rumah Anda 

1. Multifunction 

Courtesy of Soompi
Courtesy of Soompi

Seluruh desain, dekorasi, alat masak, atau apa pun itu yang berada di dalam rumah, sebisa mungkin dapat multifungsi. Kami mengambil contoh seperti rumah yang digunakan Legend of the Blue Sea. Di mana rumah Heo Joon Jae yang dimainkan oleh Lee Min Ho, memiliki kamar di dalam kamar. Maksudnya? Ya, ada ruangan di dalam ruangan. Biasanya ruangan tersebut dapat dikatakan sebagai gudang. Namun, untuk tetap bermanfaat selain dijadikan tempat penyimpanan, itu dijadikan kamar tersendiri yang akhirnya dipakai oleh Shim Cheong yang dimainkan oleh Jun Ji Hyun.

2. Minimalistic Touch

Courtesy of Netflix
Courtesy of Netflix

Karena rumah Korea cenderung praktis, desain minimalis adalah sentuhan yang mewah baginya. Walau terkadang hanya untuk bagian depan saja seperti rumah Park Seo Joon di What's Wrong with Secretary Kim. Anda tentu dapat melihat bahwa tampilan luar rumah sangat minimalis dengan bentuk bangunan kotak dan konsep open space. Tetapi tidak jika melihat dekorasinya yang lebih kontemporer, dengan banyaknya tekstur dan motif.

3. High Ceiling

Courtesy of Netflix
Courtesy of Netflix

Bagi Anda pencinta drama Korea sejati, Anda pasti akan menyadari bahwa sebagian besar rumah mewah di dalamnya akan selalu memiliki plafon yang tinggi, setidaknya menembus lantai kedua. Hal tersebut dilakukan agar terlihat megah, elegan, dan smart, seperti yang terlihat di The Heirs. Memiliki plafon yang tinggi akan membuat Anda lebih nyama di rumah karena timbulnya perasaan leluasa.

4. Spacious Living Room

Courtesy of Casa Indonesia
Courtesy of Casa Indonesia

Mempunyai ruang tamu yang besar dapat menjadi solusi untuk Anda yang miliki rumah mungil atau apartemen. Kebanyakan rumah Korea pasti menata ruang tamunya luas dengan salah satu alasannya yaitu budaya "duduk di lantai". Bahkan beberapa orang dapat membuat satu sisi rumahnya khusus untuk bersantai di lantai. Dan jangan lupa, untuk menemani waktu bersantai tersebut, meja mungil dan rendah juga diperlukan.

5. Wood Element 

Courtesy of Casa Indonesia
Courtesy of Casa Indonesia

Entah mengapa interior yang dipenuhi dengan kayu itu sangat membuat hati terasa tenang dan damai. Mungkin itu alasan rumah Korea sering menggunakan kayu di setiap rumahnya. Baik dari lantai, pintu, meja, sofa, dan lain hal sebagainya. Jadi, jika Anda berpikir kayu membuat rumah terlihat murah, Anda salah besar!

6. Epic Chandelier

Courtesy of Netflix
Courtesy of Netflix

Tentu lampu gantung menjadi pilihan menarik untuk dekorasi rumah, bukan hanya untuk ball room. Memang banyak sekali macam dan desain yang dapat Anda pilih, tidak harus secara harafiah lampu gantung megah seperti di It's Okay to Not Be Okay. Namun, untuk Anda pencinta vintage, Anda akan menjadikannya dekorasi favorit Anda di rumah.

7. Cozy Kitchen

Courtesy of Netflix
Courtesy of Netflix

Biasanya setiap orang pastinya ingin memiliki dapur yang besar dan lengkap, terutama bagi Anda yang menyukai masak atau baking. Hal tersebut tidak berlaku untuk Anda yang ingin meniru gaya rumah Korea. Karena mereka mendesain dapur sesuai dengan keperluan dan cukup untuk kenyamanan. Bahkan beberapanya disatukan atau tidak jauh dari meja makan.

8. Low Sofa

Courtesy of Viu
Courtesy of Viu

Tampaknya budaya "duduk di lantai" masyarakat Korea mempengaruhi pemilihan mereka terhadap furnitur sofa. Banyak sekali tergambarkan di drama Korea termasuk The Penthouse: War in Life. Meski memiliki plafon tinggi, interior rumah tetap dilengkapi dengan sofa rendah berwarna abu-abu dan juga meja yang memadai. 

9. Natural Lighting

Courtesy of Netflix
Courtesy of Netflix

Siapa yang tidak menyukai cahaya alami bukan? Sebagian besar orang pasti menyukainya. Anda tidak perlu pusing memilih lampu berlebihan, hanya perlu membuat desain rumah dengan banyak kaca, baik bening atau buram seperti pada film Guardian: The Lonely and Great God (Goblin). Tergantung dengan preferensi Anda sendiri.

10. Indoor Gardening

Courtesy of Netflix
Courtesy of Netflix

Para pencinta tanaman akan berterima kasih dengan ide yang satu ini. Do Min Joon yang dimainkan oleh Kim Soo Hyun pada drama My Love From The Star, dikenal dengan karakternya yang menyukai ketenangan dan privasi. Tentu ia memasukkan taman pribadinya ke dalam apartemen dirinya. Ia menanam tanaman yang sebagian besarnya menggunakan medium tanah. Namun, itu akan terdengar sulit bagi beberapa orang. Sebagai alternatif, Anda dapat mencoba tanaman hidroponik yang sebagian besarnya menggunakan medium air.

Baca juga: 8 Tips Membuat Tanaman Hidroponik Sederhana untuk Dekorasi Rumah

11. Working Desk

Courtesy of Casa Indonesia
Courtesy of Casa Indonesia

Kami tidak mengetahui apa sebenarnya meja bekerja benar-benar digunakan oleh masyarakat Korea, tetapi itulah yang diperlihatkan di drama mereka. Meja bekerja biasanya akan ditempatkan dalam kamar tidur atau bahkan karakter akan mendapatkan ruang kerjanya sendiri di rumah.

12. Book Decoration

Courtesy of Netflix
Courtesy of Netflix

Buku, buku, buku, dan buku. Kami menjamin, Anda tidak akan pernah melewati dekorasi buku di setiap drama hit Korea. Entah hanya di meja, kursi, atau seluruh ruangan tertentu. Selain memberikan tampilan chic, dekorasi penuh buku juga praktis dan sederhana untuk dibuat. Tidak membutuhkan usaha lebih, hanya dengan mengumpulkan buku yang Anda sukai dan pernah Anda beli. 

Baca juga:

13 Ide Rak Tanaman Rias Dalam Ruangan Maupun Balkon

8 Tips Menata Interior Home Office Guna Meningkatkan Produktivitas Selama Work From Home

Deretan Arsitektur Rumah Modern yang Dapat Dijadikan Inspirasi

Percantikan Tampilan Rumah Anda dengan 10 Ide Menghias Dinding

(Penulis: Gracia Sharon, Foto: Courtesy of Netflix, Casa Indonesia)