Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Percantikan Tampilan Rumah Anda dengan 10 Ide Menghias Dinding

Dengannya, ruangan di rumah akan menjadi lebih 'hidup' tanpa membuatnya terasa penuh

Ingin ruangan terasa lebih hidup tanpa membuatnya terasa penuh dengan ragam barang-barang yang dihadirkan? Tampaknya wall decoration atau hiasan pada dinding dapat menjadi solusi yang tepat bagi Anda. Tanpa memerlukan banyak space, ruangan Anda dapat dihidupkan melaluinya, baik itu berkat pewarnaan atau aksesori. 
 
Jika Anda tidak tahu harus memulai dari mana, atau barangkali tidak memiliki referensi sedikitpun, tenang saja, karena kami akan memberikan ide-ide menarik yang tentunya tak sulit untuk diaplikasikan. Berikut adalah 10 ide hiasan dinding yang mampu memberikan warna tersendiri pada ruangan Anda.
 
1. Lampu tembok 

 
Tak hanya menambah unsur pencahayaan, lampu yang dipasang di tembok dapat menambah ekstetika pada sebuah ruangan. Jika ingin mengisi sebuah tembok yang kosong, Anda pun dapat memasang banyak lampu sekaligus, baik itu sejenis lampu tidur, lampu berbentuk lentera, maupun lainnya. Hiasan tersebut pun sama-sama terlihat memukau jika di tempatkan di dalam ruang terbuka maupun di kamar tidur. 
 
2. Lukisan berukuran besar

Foto: Courtesy of Instagram @zarahome
Foto: Courtesy of Instagram @zarahome

 
Ingin menarik perhatian tamu yang datang ke rumah Anda? Tempatkan sebuah bingkai lukisan besar pada ruang tamu atau sekitarnya. Tentu, lukisan tersebut akan menjadi pusat perhatian siapapun yang berkunjung ke rumah Anda.
 
3. Gallery wall

 
Mengapa hanya menempatkan satu pajangan jika Anda bisa menaruh lebih banyak? Seperti yang sedang menjadi tren saat ini, Anda bisa mengaplikasikan ragam pajangan sekaligus pada satu area tembok yang kosong. Agar tetap memberikan estetika yang sesuai, aturlah masing-masing darinya hingga tercipta sebuah pola atau struktur yang memanjakan mata. Panjangan tersebut pun dapat berupa lukisan ataupun foto keluarga. 
 
4. Kutipan menginspirasi

Foto: Courtesy of Instagram @zarahome
Foto: Courtesy of Instagram @zarahome

 
Hiasan yang satu ini tampaknya cocok untuk dipasang di ruangan yang terasa lebih intim, seperti kamar tidur. Quotes tersebut dapat berupa ukiran huruf ataupun tulisan yang dicetak pada sebuah kanvas. Hal yang terpenting adalah jangan anggap pajangan tersebut hanya sebagai hiasan, tetapi juga untuk menjadi penyemangat Anda setiap harinya.
 
5. Piring

Foto: Courtesy of Instagram @zarahome
Foto: Courtesy of Instagram @zarahome

 
Siapa sangka bahwa piring-piring juga dapat digunakan sebagai hiasan, selain untuk peralatan makan. Anda dapat memajang piring-piring koleksi pada sebuah tembok kosong, yang berwarna netral akan lebih baik. Tentu saja, piring-piring itu perlu Anda atur sehingga membentuk pola yang menarik, agar siapapun yang melihat menganggapnya sebagai hiasan, bukan sekadar piring yang dipajang. Disarankan pula bagi Anda untuk memajang piring-piring yang bermotif atau ‘antik’, sehingga menambah kesan indah pada keseluruhan ruangan.
 
6. Hiasan ornamen kayu atau sejenisnya

Foto: Courtesy of Instagram @zarahome
Foto: Courtesy of Instagram @zarahome

 
Tak ada salahnya bagi Anda untuk coba mengaplikasikan unsur kayu atau sejenisnya pada tembok ruangan. Seperti tren beberapa saat lalu, batok kelapa yang telah dipoles dan dibentuk sangat cocok untuk Anda tampilkan pada tembok ruang tamu atau ruang keluarga rumah Anda. Tak perlu ragu untuk memasangnya secara penuh pada satu sisi tembok ruangan karena kehadirannya mampu memberikan kesan megah dan mampu segera menjadi pusat perhatian. Anda pun dapat memajang ragam karya anyaman yang indah serta unik.
 
7. Tanaman hias

Foto: Courtesy of Instagram @zarahome
Foto: Courtesy of Instagram @zarahome

 
Seperti yang kita ketahui, tanaman sedang digandrungi oleh masyarakat Indonesia, tepatnya karena kehadiran pandemi Covid-19. Tak hanya di halaman rumah, Anda juga dapat menaruhnya di dalam rumah. Tentu, akan lebih indah jika ditempatkan di ruang tamu atau ruang keluarga. Pilihlah tipe tanaman yang cocok di dalam rumah dan tidak membutuhkan sinar matahari. Tanaman palsu pun bisa dijadikan alternatif. Tempatkan atau gantungkan ragam tanaman indah itu sebagai penghias tembok. 
 
8. Rak dinding

Foto: Courtesy of Instagram @zarahome
Foto: Courtesy of Instagram @zarahome

 
Manfaatkan kegunaan rak dinding pada tembok-tembok yang dirasa sepi dan membutuhkan sedikit ‘warna’. Item yang satu ini pun dapat digunakan pada ruangan apapun, disesuaikan dengan kebutuhan. Anda bisa menempatkannya di dapur untuk menaruh ragam peralatan yang kerap digunakan atau menaruhnya di kamar untuk menempatkan hal-hal beharga Anda. Jangan lupa untuk pilih rak yang memiliki bentuk unik atau tidak biasa, agar mampu melengkapi suasana yang belum rampung itu.
 
9. Gantungan 

 
Hadirkan hiasan tembok yang mampu membawa rumah Anda ke level berikutnya! Anda dapat menempelkan gantungan cantik pada tembok dan menempatkan ragam hiasan tembok yang digantung padanya. Selain unik, hal tersebut mampu memberikan suasana baru pada ruangan tersebut.
 
10. Cermin

Foto: Courtesy of Instagram @zarahome
Foto: Courtesy of Instagram @zarahome

 
Walau cermin identik dengan ruangan yang terasa intim, seperti kamar mandi atau kamar tidur, kehadirannya di ruangan terbuka mampu memberikan suasana baru yang segar. Hadirkanlah cermin besar dengan desain yang indah dan menonjol untuk ditempatkan di ruang tamu atau ruang keluarga. Keberadaannya dapat menciptakan kesan megah, membuat rumah Anda tampak lebih ‘menyala’. 
 
(Penulis: Fatimah Mardiyah; Foto: Courtesy of Instagram & 123rf.com)