Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Deretan Arsitektur Rumah Modern yang Dapat Dijadikan Inspirasi

Semuanya bergantung kepada material yang Anda pilih.

Deretan Arsitektur Rumah Modern yang Dapat Dijadikan Inspirasi
Layout by Sophie El Fasya

Bagi sebagian dari Anda pasti kesulitan atau bingung saat ingin membangun rumah modern. Karena banyak sekali informasi yang ada di luar sana mengenai rumah modern, yang seharusnya Anda hanya perlu mengetahui elemen apa saja yang dibutuhkan.

Modern bukan lagi bergantung pada sebuah tampilan atau hanya dilabelkan dengan satu nama, seperti kontemporer, mid-century, dan lainnya. Justru sebaliknya, sekarang untuk membangun rumah modern, Anda dapat menamakan rumah Anda sendiri dengan selera Anda sendiri.

Baca juga: 10 Benda yang Mampu Menambah Kesan Estetis Rumah Anda

ELEMEN RUMAH MODERN

Rumah modern sudah ada dan cukup populer di tahun 1950-an dan 1960-an. Menurut James Hardie Industries, sebuah perusahaan bahan bangunan global dan produsen global terbesar produk semen fiber, gaya ini muncul mula-mula kebanyakan dari acara televisi, film, lalu kehidupan nyata. Masih banyak struktur bangunan modern yang digunakan hingga saat ini. Terpenting dari sebuah rumah modern adalah:

  • Material bermanfaat: kaca, baja, beton bertulang, kayu, semen fiber.
  • Atap yang unik: bisa datar dan luas, atau miring secara dramatis.
  • Filosofi minimalis: seperti yang di katakan van der Rohe (arsitek German-Amerika), "less is more".

Oleh karena itu eksterior rumah modern itu berarti proporsi geometris, jendela besar, dan sedikit ornamen interior atau eksterior. Dan sebuah rumah dikatakan modern jika desainnya mengikuti prinsip-prinsip gaya modernis yang cermat.

GAYA RUMAH TAMPAK MODERN

1. Dreamy Tropical 

Courtesy of Instagram @p_khrisno_a
Courtesy of Instagram @p_khrisno_a

Kita semua membutuhkan tanaman di rumah untuk menjaga lingkungan yang segar. Namun, untuk Anda yang benar-benar mencintai tanaman, Anda bisa menjadikan konsep rumah modern ini sebagai inspirasi. Rumah yang dipenuhi dengan tanaman itu sangat bagus untuk sirkulasi oksigen keluarga Anda yang tinggal di dalamnya. 

2. Minimal, Not Lack

Courtesy of Instagram @interior_home_design1
Courtesy of Instagram @interior_home_design1

Mungkin tidak semua orang menyukai furnitur atau material yang begitu rumit, jika Anda termasuk, pastinya rumah Anda boleh saja dirancang minimalis, namun jangan kekurangan. Kekurangan yang kami bicarakan adalah, rumah Anda harus tetap mengikuti estetika modern, seperti garis, bentuk, dan elemen lainnya. Jika tidak ingin terlalu rumit, hindari material-material yang bertekstur.

3. Woody Wood 

Courtesy of Instagram @casaindonesia
Courtesy of Instagram @casaindonesia

Siapa bilang rumah yang didominasi kayu tidak bisa terlihat modern? Walaupun memang jarang terlihat arsitektur seperti ini di Indonesia, tetapi sudah banyak yang menerapkannya di Asia lho

4. Glass is The New Wall 

Courtesy of Instagram @smitharcarchitects
Courtesy of Instagram @smitharcarchitects

Pasti Anda sudah tidak kaget dengan yang satu ini. Karena seperti di seluruh duni telah menerapkannya, karena tampilannya yang megah, elegan, dan berkelas. Penggunaan kaca yang dominan akan membuat rumah Anda miliki banyak cahaya alami, sehingga tidak membutuhkan banyak energi listrik pada siang hari.

5. Boxy Square 

Courtesy of Instagram @tp.architects
Courtesy of Instagram @tp.architects

Semakin banyak sekatan kotak, semakin bagus. Entah ada apa dengan kotak, tetapi selalu terlihat bersih dan smart. Anda bisa menggabungkannya mungkin dengan sekat persegi panjang dan juga segitiga jika menyukainya. Penggabungan bidang-bidang akan menambah estetika dan tampilan modern pada rumah.

6. Diagonal Roof 

Courtesy of Instagram @pixelawphotography
Courtesy of Instagram @pixelawphotography

Konsep rumah ini mungkin tidak akan digemari semua orang, namun ada sesuatu tentangnya yang membuat penggemar seni menyukainya. Dengan ini, Anda akan memiliki permainan dimensi di dalamnya, di mana satu sisi rumah akan miliki langit-langit tinggi dan lainnya cukup untuk menikmati balkon keluar.

7. Japanese Style

Courtesy of 99 Indonesia
Courtesy of 99 Indonesia

Minimalis bercampur dengan tropical namun dengan sentuhan jepang. Cukup bisa ditiru di Indonesia karena materialnya yang tidak terlalu rumit. Bisa mengembalikan rasa rindu Anda mengunjungi rumah-rumah budaya daerah Jepang dengan merasakan langsung tinggal di dalamnya. Pohon bonsai menjadi ciri khas tanaman di sana, sehingga tidak bisa dilewatkan jika Anda menginginkan konsep mondern ini.

8. Techy Lights 

Courtesy of Instagram @realdreamhouses
Courtesy of Instagram @realdreamhouses

Apakah Anda penggemar Iron Man dari Marvel? Anda akan menyukai ini! Tambahkan lampu-lampu menarik dan arsitektur seperti desain robotik seperti Tron. Menambahkan artraksi lampu pada bagian tertentu rumah Anda akan sangat terlihat keren dan pastinya tidak tertinggal zaman. 

Baca juga:

35 Arsitektur Rumah Paling Indah di Film dalam Sejarah Sinematik

8 Tips Membuat Tanaman Hidroponik Sederhana untuk Dekorasi Rumah

Percantikan Tampilan Rumah Anda dengan 10 Ide Menghias Dinding

(Penulis: Gracia Sharon, Layout: Sophie El Fasya, Foto: Courtesy of @casaindonesia, @realdreamhouses, @p_khrisno_a, @interior_home_design1, @smitharcarchitects, @tp.architects, @pixelawphotography, 99.co Indonesia)