Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

13 Ide Rak Tanaman Rias Dalam Ruangan Maupun Balkon

Berikan rumah Anda sentuhan hijau dengan pilihan rak berikut.

13 Ide Rak Tanaman Rias Dalam Ruangan Maupun Balkon
Layout by Sophie El Fasya

Menambahkan tanaman sebagai dekorasi tidak pernah menjadi keputusan yang salah. Selain menambah estetika, tanaman mempunyai manfaat yang positif bagi fisik (memperbaiki sirkulasi udara) maupun psikis (mengurangi faktor stres) Anda setelah beraktivitas seharian. Tetapi bagi Anda yang tidak terbiasa memelihara tanaman, Anda dapat memilih tanaman hias sebagai penggantinya. Selain ukurannya lebih kecil, tanaman hias lebih mudah untuk dirawat di dalam rumah, Anda tidak perlu lagi melakukan aktivitas ahli kebun yang rumit.

Baca juga: 10 Rekomendasi Tempat Beli Pot Tanaman Unik Buatan Lokal

Terlebih dengan ukuran kecil dan kepraktisannya, Anda dapat memilih rak tanaman yang sekaligus dapat menjadi dekorasi rumah. Dari mulai rak "jembatan", rak gantung, hingga rak yang dapat Anda tempelkan di dinding ruangan mana saja. Berikut ini, Bazaar telah mengumpulkan beberapa ide rak tanaman hias yang dapat dipilih untuk ruangan serta balkon di kediamaan Anda.

1. Minimalist Shelves

Courtesy of Instagram @casaindonesia
Courtesy of Instagram @casaindonesia

Pada era sekarang ini, pastinya minimalis dapat menjadi pilihan semua orang. Bentuknya yang praktis dan sederhana memberikan kesan nyaman dan juga berkelas di saat yang bersamaan. Anda bisa memadukan materialnya sesuai dengan selera, bisa kayu, stainless, atau besi untuk berdiri lebih kokoh. 

2. Bridge Rack

Courtesy of Instagram @sowvital_plantcare
Courtesy of Instagram @sowvital_plantcare

Walaupun memakan tempat yang cukup besar dan harus disesuaikan dengan ukuran ruangan, rak "jembatan" ini tepat untuk konsep rumah rustic. Anda akan merasakan suasana seperti kebun di dalam ruangan meski hanya dengan beberapa macam tanaman hias. 

3. Over The Counter

Courtesy of Instagram @ikeagreenhousecabinet
Courtesy of Instagram @ikeagreenhousecabinet

Jika Anda tidak ingin menambah perabotan besar rumah hanya untuk tanaman hias, Anda bisa menaruhnya di atas bidang datar yang kosong pada rumah Anda. Seperti meja ruang tamu, laci, "island" di tengah dapur, di mana pun tempat kosong yang butuh sedikit pencerahan. Hanya perlu membeli rak standing yang memadai pot tanaman hias, dan rumah Anda akan menjadi lebih hidup dalam sekejap.

4. Hanging Above

Courtesy of Instagram @claricesemerene.
Courtesy of Instagram @claricesemerene

Ide satu ini bisa menjadi pilihan bagi rumah yang miliki sedikit ruang untuk menaruh dekorasi terlalu besar. Penempatannya tidak akan menghabiskan ruang banyak pada lantai rumah, melainkan dekorasi plafon jika tidak ingin terlihat polos. 

5. Old Latin Touch

Courtesy of Instagram @tribeandus
Courtesy of Instagram @tribeandus

Kami menyarankan sentuhan Latin ini untuk para penggemar kaktus. Selain tanaman kaktus berasal dari sana, tanaman tersebut juga identik dengan desain interior bergaya Latin. Menambahkannya menjadi bagian dalam rumah Anda juga akan memberikan suasana vintage, seperti berada pada era retro.

6. Flexible Wheels

Courtesy of Walmart
Courtesy of Walmart

Sulit dalam mengambil keputusan untuk penempatan rak? Rak beroda menjadi pilihan yang pas untuk Anda. Dan jika Anda berpikir bahwa rak beroda miliki desain yang membosankan, hal tersebut tidak berlaku untuk model yang satu ini. Anda tetap akan mendapatkan desain unik, namun tetap fleksibel untuk dipindahkan ke mana saja yang Anda inginkan.

7. Classic Cube

Courtesy of Instagram @ lush_vibes_
Courtesy of Instagram @lush_vibes_

Hampir mempunyai kemiripan dengan gaya minimalis, rak ini memeluk gaya klasik dengan kemutlakan ukuran baloknya. Cocok untuk diletakkan di sekitar area ruang tamu yang dapat mudah terlihat sangat memasuki rumah.

8. Contemporary Plants

Courtesy of Space Joy
Courtesy of Space Joy

Pada dasarnya, gaya kontemporer tidak menganut gaya apapun, mereka lebih condong kepada apa yang sedang menjadi tren atau etletik. Dan desain rak tanaman satu ini merupakan model yang sedang menjadi hit, terutama bagi para penanam tanaman hidroponik. 

Baca juga: 8 Tips Membuat Tanaman Hidroponik Sederhana untuk Dekorasi Rumah

9. Book Shelf Type

Courtesy of Instagram @claricesemerene
Courtesy of Instagram @claricesemerene

Merasa rak buku Anda terlalu sepi? Tambahkan beberapa tanaman hias untuk tampilan yang unik. Tidak sedikit orang sekarang memadukannya untuk dekorasi, ya karena memang rumah akan terasa sangat nyaman dengan keberadaan keduanya. Selain nyaman, Anda tidak perlu repot memikirkan di mana tanaman hias Anda harus diletakkan. 

10. Plant Arts 

Courtesy of Instagram @sowvital_plantcare
Courtesy of Instagram @sowvital_plantcare

Setelah membahas rak gantung serta rak lainnya, mengapa tidak memilih yang mempunyai sentuhan beberapanya? Dengan rak sentuhan seni ini, Anda bisa sekaligus mempunyai rak gantung dan juga rak datar untuk tanaman hias Anda. Terlebih, dengan modelnya yang berbentuk seperti bulan sabit, akan menambah estetika rumah Anda.

11. Stick On The Wall

Courtesy of Space Joy
Courtesy of Space Joy

Tidak jauh berbeda dengan rak gantung, namun rak ini dapat Anda tempelkan pada dinding rumah Anda. Merupakan alternatif bagi Anda yang tidak terlalu menyukai bingkai foto, lukisan, dan dekorasi dinding lainnya. Pastinya lebih praktis dari rak gantung yang menempel di plafon rumah.

12. Individual Feet

Courtesy of Space Joy
Courtesy of Space Joy

Belum yakin untuk membeli tanaman dengan jumlah yang banyak? Anda dapat membeli rak invidual ini. Bisa juga untuk penempatan jumlah tanaman kecil yang minimal seperti yang ada di tengah gambar. Sederhana, praktis, dan cukup fleksibel untuk dipindahan.

13. Balcony Handle

Courtesy of Deux House Store
Courtesy of Deux House Store

Sebenarnya beberapa ide rak di atas juga dapat menjadi rak untuk balkon Anda, seperti Hanging Above, Flexible Wheels, Contemporary Plants, Stick On The Wall, dan Individual Feet. Tetapi jika dinding dan ruang lantai tidak memadainya, rak rantung gagang balkon ini menjadi solusi terbaik. 

Baca juga:

Sejukkan Interior Rumah dengan Tanaman Penyegar Udara

5 Tanaman Untuk Tidur yang Lebih Nyenyak

6 Tanaman Herbal untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

(Penulis: Gracia Sharon, Layout: Sophie El Fasya, Foto: Courtesy of Instagram @casaindonesia, @sowvital_plantcare, @ikeagreenhousecabinet, @claricesemerene, @tribeandus, @ lush_vibes_, Space Joy, Walmart, Deux House Store)