Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

10 Benda yang Mampu Menambah Kesan Estetis Rumah Anda

Dapat dipastikan Anda semakin betah di rumah.

10 Benda yang Mampu Menambah Kesan Estetis Rumah Anda

Menjadikan rumah sebagai tempat paling nyaman merupakan kewajiban semua orang di dunia ini. Karena rumah, Anda dapat beristirahat dengan tenang tanpa gangguan dari luar. Tetapi, sekarang adanya pandemi memaksakan kita untuk menambah fungsi rumah yaitu untuk bekerja dan harus mencari zona nyaman baru di dalamnya.

Kenyamanan untuk beristirahat atau tidur, tidak bisa disamakan dengan kenyamanan saat Anda kerja, itu akan membuat Anda cepat bosan jika menyamakan hal tersebut. Untuk menambah kenyamaan beraktivitas di rumah, dapat dilakukan dengan menambahkan beberapa dekorasi yang bisa membuat area rumah menjadi estetis. 

Estetis yang dimaksud di sini adalah benda yang mampu memberi keindahan. Biasanya terkait dengan alam, seni, maupun sastra.

Tidak hanya dengan furnitur besar suasana rumah Anda baru dapat berubah. Namun, dengan beberapa furnitur kecil dan dekorasi sederhana, sudah bisa dipastikan aktivitas di rumah akan semakin terasa nyaman dan justru tidak ingin keluar rumah. Maka dari itu, di bawah ini Bazaar telah mengumpulkan beberapa dekorasi yang dapat menambah estetika rumah untuk kenyamanan Anda.

1. Karya Seni

Courtesy of The Local Project
Courtesy of @thelocalproject

Memiliki sebuah karya seni yang sederhana akan membantu memberi kenyamanan di rumah. Karya seni yang dimaksud di sini bukan harus lukisan, patung, atau apapun yang biasanya diartikan. Untuk menjadi dekorasi rumah Anda bisa memilih barang-barang unik lainnya seperti cermin, meja, kursi, atau mungkin lampu, sesuai yang diinginkan. Pastikan dalam memilih barang tersebut, Anda merasakan kenyamanan untuk dibawa pulang ke rumah. 

2. Tanaman

Courtesy of Moie Studio
Courtesy of @moie.studio

Dekorasi ini tidak akan pernah mengecewakan Anda. Adanya tanaman di dalam rumah, akan membuat suasana seperti taman kecil, bisa tanaman hias atau bunga kesukaan Anda untuk dijadikan pilihan. Dan ini cocok sekali jika Anda tida memiliki halaman rumah untuk dijadikan taman. Selain mempercantik ruangan, tanaman juga dapat berperan sebagai aromaterapi alami, meningkatkan produktivitas, dan terbukti dapat menjaga kesehatan mental.

3. Kursi Lounge

Courtesy of Instagram @archdigest
Courtesy of Instagram @archdigest

Seharian bekerja tanpa henti? Anda perlu kursi ini! Kursi lounge chair yang sering disebut dengan kursi santai, memiliki dudukan yang lebih rendah serta sandaran yang condong ke belakang. Posisi yang dihasilkan dari kursi ini akan membuat tumbuh Anda rileks setelah melakukan pekerjaan atau saat sedang bekerja untuk mengganti suasana sesekali waktu. 

4. Air Mancur

Courtesy of Instagram @tuviedesign
Courtesy of Instagram @tuviedesign

Dengan zaman yang sudah mengalami modernisasi, air mancur pun sudah ada yang elektrik. Suara tetesan dari air mancur dapat berfungsi sebagai penghilang stres dan akan membuat rumah terasa lebih sejuk. Anda juga dapat memilih model air yang lebih tradisional seperti berbentuk kayu dan batu. Namun, untuk hiasan dalam rumah, elektrik merupakan pilihan paling praktis.

5. Buku

Courtesy of IKEA
Courtesy of @ikea

Mungkin bagi Anda yang tidak suka membaca buku, tidak akan memiliki koleksinya. Namun, buku justru dapat dijadikan sebagai dekorasi rumah yang berfungsi menenangkan. Tidak harus buku-buku tebal, Anda juga bisa mengumpulkan beberapa majalah untuk ditumpuk dan dijadikan alas untuk dekorasi seni lainnya yang Anda miliki. 

6. Cart

Courtesy of Instagram @thediymommy
Courtesy of Instagram @thediymommy

Dekorasi satu ini biasanya digunakan untuk coffee cart atau coffee station untuk mereka yang menyukainya dan berfungsi untuk menambah estetika rumah Anda. Tetapi bukan berarti tidak bisa digunakan untuk hal yang lain, cart atau kereta saji ini juga bisa Anda manfaatkan untuk teh, peralatan dapur, kumpulan makanan ringan Anda, atau juga sebagai tempat buku dan majalah yang ingin Anda jadikan dekorasi. 

7. Tray

Courtesy of Instagram @tresarq
Courtesy of Instagram @tresarq

Jika suka yang lebih praktis, Anda bisa memilih alas tray untuk dijadikan coffee station. Tak hanya lebih praktis, alternatif ini juga bisa mengurangi pengeluaran untuk membeli dekorasi, karena Anda dapat melakukan D.I.Y sendiri untuk membuatnya. Dekorasi tray atau nampan cocok di taruh pada bagian pojok, sisi, atau tengah ruangan. Dan lagi-lagi dekorasi ini juga dapat digunakan untuk memberi aksen tambahan jika digunakan untuk tempat buku dan majalah Anda.

8. Room Fragrance

Courtesy of Instagram @fornasetti
Courtesy of Instagram @fornasetti

Siapa yang tidak suka wewangian? Ya, pasti sedikit sekali yang tidak menyukainya, bahkan bisa dibilang semua orang pasti suka. Selain menambah semerbak ruangan, pemilihan kemasan yang cantik dapat sekaligus dijadikan dekorasi untuk rumah Anda. Sudah banyak sekali pilihan wewangian yang dapat ditemukan di luaran sana, bahkan sekarang tidak hanya dengan lilin, ada minyak esensial, reed diffuser, purifier, dan lainnya yang bisa dipilih sesuai selera.

9. Fabric

Courtesy of Instagram @houseofhire
Courtesy of Instagram @houseofhire

Semua yang berhubungan dengan macam-macam kain, dapat menambahkan kenyamanan Anda. Dari mulai bantal kain, selimut, kursi, dan karpet semuanya Anda perlukan. Tetapi jika Anda berada dalam sebuah budget, barang yang paling penting untuk dibeli adalah karpet. Kaki merupakan salah satu indikator badan dalam beberapa situasi, karena kaki lebih sering terbuka dibandingkan bagian tubuh lainnya. Maka dari itu, Anda juga harus memerhatikan hal kecil seperti hal tersebut.

10. Turntable

Courtesy of Instagram @zoesugg
Courtesy of Instagram @zoesugg

Turntable masih jarang sekali dimiliki oleh orang-orang, sebab belum banyak yang menyadari bahwa barang ini dapat meningkatkan produktivitas serta menghilangkan stres. Tak hanya itu, bentuknya juga mampu menambah estetika rumah. Beberapa brand internasional memiliki beragam jenis dan modelnya, sehingga Anda dapat memilih turntable yang sesuai dengan tema rumah Anda. 

(Penulis: Gracia Sharon, Layout: Sophie El Fasya, Foto: Courtesy of @thelocalproject, @moie.studio, @ikea, @archdigest, @thediymommy, @tresarq, @fornasetti, @zoesugg, @tuviedesign)