Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Fakta Film Disney Jungle Cruise, Apakah Akan Ada Sekuel?

Banyak hal menarik tentang pembuatan film ini lho!

Fakta Film Disney Jungle Cruise, Apakah Akan Ada Sekuel?
Courtesy of Netflix

Film Disney yang dirancang untuk menemani musim panas Anda telah dirilis sejak 28 Juli 2021 lalu. Namun, banyak sekali tentangnya yang membuat kami tidak bisa lepas membicarakannya.

Baca juga: Fakta Tentang Spider-Man: No Way Home

Dari mulai set, chemistry, hingga riasan wajah yang luar biasa, untuk masing-masing anggota suku yang ada. Dilengkapi dengan pemeran yang luar biasa yaitu pemenang Golden Globe aktris Inggris, Emily Blunt, bintang Fast & Furious, Dwayne Johnson, aktor nominasi Emmy Award, Édgar Ramírez, dan komedian, Jack Whitehall. Mereka semua telah memberikan pengalaman imajinasi dan tawa yang tak akan membuat kami lupa akan Jungle Cruise.

Courtesy of Instagram @disneysjunglecruise

Inilah semua hal yang menjadi sorotan dari film yang disutradarai oleh Jaume Collet-Serra.

Konsep dari atraksi Disneyland sejak 1995

Para pecinta Disney di luar sana pasti sudah tahu bahwa Jungle Cruise merupakan salah satu nama atraksi di Disneyland. Atraksi tentang menjelajahi sebuah hutan dan melihat berbagai macam hewan (tidak asli pastinya), dengan skipper atau pembawa kapal yang melontarkan berbagai lelucon kepada para hadirin. Ya begitu juga yang terapkan pada filmnya, tetapi ditambah dengan aksi-aksi menakjubkan untuk menyelesaikan sebuah misi. 

Courtesy of Disney

Di mana ceritanya Dr. Lily Houghton (Emily Blunt) meminta bantuan skipper Frank Wolff (Dwayne Johnson) untuk membawanya ke Amazon dengan perahunya yang sudah tidak berfungsi secara optimal. Bersama-sama, mereka mencari pohon kuno yang memiliki kekuatan untuk menyembuhkan, sebuah penemuan yang akan mengubah masa depan kedokteran.

Lihat trailernya di sini.

Salah satu set terbesar yang dirancang oleh Disney

Disney tidak akan pernah ingin mengecewakan para penggemarnya saat membicarakan set film. Untuk film yang satu ini, mereka mengungkapkannya melalui Twitter dan juga Instagram bahwa Jungle Cruise miliki salah satu set terbesar yang pernah dibuat. Dengan unggahan sebuah cuplikan Dwayne yang membicarakan bahwa "film ini telah dalam pembuatan bertahun-tahun, dan dari lubuk hati saya merasa terhormat, kita semua merasa terhormat, untuk membagikan cerita yang kaya ini untuk Anda semua seluruh dunia. Pada 1995, Walt Disney berimajinasi, mendesain, dan membuat Jungle Cruise Ride pertama dengan ia sendiri yang menjadi skipper pertamanya. Saya merasa sangat terhormat dapat memerankan peran ini dan membagikan ceritanya," ucapnya. 

Klik di sini untuk melihat cuplikan tersebut.

Courtesy of Twitter @DisneyStudios

Dalam unggahan yang sama, akun Instagram resmi Disney dan film memberikan keterangan, "*tonton sampai akhir dan lihat salah satu set paling inspiratif & masif yang pernah dibuat dari sangat dasar." Emily dan pemain lainnya bergabung pada tahun 2018, dengan pembuatan film berlangsung di Hawaii, Atlanta, dan Georgia, dari Mei hingga September tahun itu. Namun, Hawaii menjadi sebagian besar tempat pembuatannya. 

Emily Blunt dan Dwayne Johson mempunyai chemistry lucu di dalam maupun di luar set

Jika Anda melihat peran Lily dan Frank di film sangat cocok, Anda benar. Karena, Jake pemeran MacGregor Houghton saja mengatakan hal tersebut dalam sebuah video di belakang layar Disney+ dengan mengatakan, "mereka miliki chemistry yang menakjubkan di dalam dan di luar layar." Kita semua tahu bahwa Dwayne merupakan sosok selebriti yang mempunyai rasa humor tinggi, tetapi ternyata Emily sama sepertinya. Beberapa adegan paling lucu dari film tersebut ternyata telah dilakukan improvisasi oleh keduanya. 

Courtesy of Instagram @disneysjunglecruise

Tak hanya terlihat dalam film, Anda juga bisa melihat hubungan baik keduanya dari berbagai wawancara yang ia jalani bersama. Tidak ada satu momen wawancara pun yang tidak dipenuhi oleh lelucon, tawa, dan satu sama lainnya yang saling bergurau. Semua itu tidak tahu dari mana munculnya, padahal keduanya baru pertama kali mendapatkan satu proyek film bersama dan tidak baru dekat semenjak itu.

Terinspirasi oleh beberapa film

Hanya dengan melihat set, pakaian, dan karakter, harusnya Anda sudah menerka-nerka dari film manakah Jungle Cruise terinpirasi. Ya, Indiana Jones, Pirates of The Caribbean, dan The African Queen, ketiga genre film tersebut sangat menantang dan penuh penjelajahan. Dalam sebuah wawancara, para pemain dan kru telah mengungkapkan bahwa estetika dan karakter sangat terinspirasi oleh Indiana Jones. Namun, waralaba Pirates Of The Caribbean benar-benar menjadi patokan untuk proyek ini. 

Dwayne dan Emily mengungkapkan kepada Inside the Magic bahwa, di samping juga Romancing The Stone, Pirates Of The Caribbean adalah sesuatu yang terus-menerus diingat kembali oleh kru ketika mencari kesuksesan untuk Jungle Cruise. Terakhir, The African Queen adalah salah satu film penting dalam genre perhutanan, awalnya mereka memengaruhi Walt Disney saat membuat wahana. Pertunjukan Behind The Attraction Disney+ bahkan menyebutkan bahwa kostum yang dikenakan Emily dan Dwayne di film terakhir sangat terinspirasi oleh Ratu Afrika pada film.

Riasan wajahnya membutuhkan seorang make-up expert pemenang Oscar

Apakah Anda sudah nonton dan memerhatikan riasan wajah para karakter? Mungkin untuk karakter utama, mereka dirias seperti manusia sewajarnya, kami membicarakan para anggota suku di hutan dan penjahat. Semua itu membutuhkan make-up expert yang penuh dedikasi dan talenta untuk bisa fokus, itu semua dilakukan oleh perancang rias pemenang Oscar, Joel Harlow. Di mana ada sekitar 400 karakter sekunder yang membutuhkan dirinya, dari mulai membuat efek sengatan matahari hingga gigitan serangga dan 65 anggota suku yang membutuhkan tindikan palsu, cat tubuh, dan tato.

Akan mengeluarkan sekuel!

Setelah Dwayne Johnson mengonfirmasi bahwa filmnya mencapai pemasukan sebesar 92 juta US Dolar (sekitar 1,3 triliun rupiah) pada minggu pertama peluncurannya, kurang lebih satu bulan kemudian ia mengabarkan bahwa Jungle Cruise akan membuat sekuel keduanya. Melalui akun Instagram-nya, ia kembali mengonfirmasi bahwa dirinya dan Emily akan kembali dengan sutradara dan penulis yang sama yaitu Jaume Collet-Serra dan Michael Green. Hingga saat ini kabar mengenai pembuatan dan cerita belum diketahui, tetapi pastinya akan menghibur kami semua.

Courtesy of Instagram @disneysjunglecruise

Baca juga:

30 Film Fantasi Terbaik Sepanjang Masa

Fakta Tentang Serial Televisi Sex Education Season 4

Apakah Serial Squid Game Akan Hadir Season 2?

(Penulis: Gracia Sharon, Foto: Courtesy of Disney, Twitter @DisneyStudios, Instagram @disneysjunglecruise)