Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

30 Film Fantasi Terbaik Sepanjang Masa

Beberapa film ini akan membuat Anda rindu dengan masa kecil Anda.

30 Film Fantasi Terbaik Sepanjang Masa
Layout by Tevia Andriani

Sebagian dari Anda pastinya pernah berpikir hidup di dunia fantasi akan lebih menyenangkan, bukan? Semua yang diinginkan bisa didapatkan, lingkungan dengan taman yang indah, dan bahkan terkadang bisa saja Anda memiliki ibu peri atau barang-barang ajaib yang bisa mempermudah segalanya. Tapi sayangnya semua itu hanya ada di film, dan tidak akan pernah ada di dunia nyata. 

Namun, walau mengetahui bahwa semua itu hanya ada di film, terkadang kita membutuhkannya untuk menyegarkan pikiran dari kesibukan hari-hari Anda. Maka dari itu, di bawah ini Bazaar telah merangkum film fantasi terbaik sepanjang masa yang bisa menemani Anda berimajinasi dalam dunia fairytale.

1. The Wizard of Oz. 1939

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb

Pernahkah Anda melihat tornado yang akan merubah hidup seseorang? Ketika tornado mendatangi Kansas, Dorothy, yang diperankan oleh Judy Garland, dan anjingnya, Toto, dibawa pergi dari rumah mereka ke tanah ajaib Oz. Mereka mengikuti sebuah jalan bernama Yellow Brick Road menuju Kota Zamrud untuk bertemu dengan seorang penyihir, dan dalam perjalanan mereka bertemu dengan Scarecrow (Ray Bolger), Tin Man (Jack Haley), dan Cowardly Lion (Bert Lahr), tiga tokoh yang akan menemaninya sepanjang perjalanan. 

2. Mary Poppins, 1964

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb

Jane Banks (Karen Dotrice) dan Michael Banks (Matthew Garber) dihadapkan dengan prospek pengasuh baru, mereka sangat terkejut dengan kedatangan Mary Poppins yang ajaib. Memulai serangkaian petualangan fantastis dengannya dan temannya, Bert (Dick Van Dyke), yang berusaha untuk membantu keluarga mereka menemukan kebahagiannya kembali.

3. Excalibur, 1981

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb

Sebuah kisah tentang kerajaan di mana Uthur Pendragon (Gabriel Byrne) diberikan pedang mistik Excalibur oleh seorang penyihir Merlin. Saat kematiannya, Uthur mengubur pedang itu ke dalam batu, dan orang yang bisa mencabutnya adalah Raja Inggris. Beberapa tahun kemudian, Arthur, anak haram dari Uthur, menggambar Excalibur dan menjadi Raja. Namun, saudara tiri Arthur yang jahat, Morgana (Dame Helen Mirren) memiliki seorang putra bersamanya, yang mungkin dijadikan alat untuk menjadi momen kejatuhannya.

4. Conan The Barbarian, 1982

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb

Setelah menyaksikan kematian brutal ayahnya dan pembantaian seluruh desa oleh pengikut pembunuh Thulsa Doom (James Earl Jones), penyihir jahat dan pelayan dewa ular, Conan (Arnold Schwarzenegger), anak muda yatim piatu, dikutuk untuk kehidupan perbudakan. Ia tumbuh menjadi seorang pria, dan setelah bertahun-tahun berlatih keras sebagai gladiator yang ganas, sekarang menjadi sangat kekar dan berani untuk mendapatkan kembali kebebasannya yang berharga. 

5. Ghostbusters, 1984

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb

Apakah Anda seperti Peter Venkman (Bill Murray), Ray Stantz (Dan Aykroyd), dan Egon Spengler (Harold Ramis) yang suka menyelidiki hal berbau mistis? Saat trio ini dikeluarkan dari tempat kerjanya di Universitas Columbia, mereka benar-benar telah memahami paranormal dan terjun ke bisnis untuk diri mereka sendiri yang diberi nama Ghostbusters. Dan mengungkapkan kejadian-kejadian yang menarik tentang aktivitas paranormal di New York City.

6. Labyrinth, 1986

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb

Sarah (Jennifer Connelly) yang berusia enam belas tahun dipaksa oleh ayah dan ibu tirinya untuk mengasuh adik bayinya, Toby, saat mereka berada di luar rumah. Toby tidak berhenti menangis dan Sarah berharap saudara tirinya diambil oleh Raja Goblin Jareth (David Bowie). Tiba-tiba, Toby berhenti menangis dan ketika Sarah mencarinya di buaian, ia mengetahui bahwa keinginannya dikabulkan dan Raja Goblin Jareth. Ia pun diberi waktu tiga belas jam untuk memecahkan sebuah labirin dan menyelamatkan adiknya.

7. The Princess Bride, 1987

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb

Film yang berasal dari novel William Goldman "The Princess Bride" menceritakan sebuah petualangan dongeng tentang seorang wanita muda yang cantik, Buttercup (Robin Wright), dan cinta sejatinya, Westley (Cary Elwes). Westley harus menemukannya setelah lama berpisah dan menyelamatkannya dengan tantangan melewati kejahatan kerajaan mitos Florin untuk bersatu kembali. 

8. Edward Scissorhands, 1990

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb

Di sebuah kastil yang tinggi di atas bukit, hidup ciptaan terbesar seorang penemu, Edward (Johnny Depp), orang yang hampir sempurna. Sang pencipta meninggal sebelum ia bisa menyelesaikan tangan Edward, sebagai gantinya, ia ditinggalkan dengan gunting logam untuk tangannya. Sejak itu, ia tinggal sendirian, sampai seorang wanita baik hati bernama Peg (Dianne Wiest) menemukan dan menyambutnya di rumahnya. Pada awalnya, semua orang menyambutnya dengan baik, tetapi secara perlahan semuanya mulai berubah menjadi lebih buruk.

9. Hook, 1991

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb

Peter Pan (Robin Williams) telah tumbuh menjadi pengacara dan akuisisi yang kejam, dan menikah dengan cucu perempuan Wendy (Dame Maggie Smith), Moira (Caroline Goodall). Kapten James Hook (Dustin Hoffman) menculik anak-anaknya, Jack (Charlie Korsmo) dan Maggie (Amber Scott), dan Peter kembali ke Neverland bersama Tinkerbell (Julia Roberts). Dengan bantuan Lost Boys, ia harus ingat bagaimana menjadi Peter Pan lagi untuk menyelamatkan anak-anaknya dengan bertarung dengan Kapten Hook lagi.

10. Hocus Pocus, 1993

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb

300 tahun telah berlalu sejak saudara perempuan Sanderson (Sarah Jessica Parker, Bette Midler, dan Kathy Najimy) dieksekusi karena mempraktikkan ilmu hitam. Kembali hidup berkat kombinasi mantra yang diucapkan sebelum kematian mereka dan tindakan tidak disengaja oleh Max (Omri Katz), anak baru di kota itu, dan mereka hanya memiliki satu malam untuk mengamankan keberadaannya yang telah hidup kembali.

11. Mortal Kombat, 1995

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb

Terinspirasi dari sebuah video game populer dengan nama yang sama "Mortal Kombat" menceritakan kisah turnamen kuno di mana yang terbaik dari yang terbaik di alam yang berbeda saling bertarung. Tujuannya, dari sepuluh kemenangan untuk dapat secara legal menyerang Realm yang kalah. Outworld sejauh ini telah mengumpulkan sembilan kemenangan melawan Earthrealm, diserahkan langsung pada Lord Rayden dan para pejuangnya untuk menghentikan Outworld mencapai kemenangan terakhir.

12. Jumanji, 1995

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb

Jumanji, salah satu permainan papan unik dan berbahaya yang pernah ada, jatuh ke tangan remaja yang sangat ingin tahu, Alan Parrish (Robin Williams). Misterius sekaligus ajaib, permainan ini membawa anak laki-laki itu ke hutan rimbun dan liar dari sebuah alam mitos. Hampir tiga dekade kemudian, ketukan drum suku hutan yang liar dan tak henti-hentinya memanggil Alan yang sekarang sudah menjadi lebih dewasa. Intinya, orang yang melempar dadu tidak boleh membatalkan apa yang telah dimulai. 

13. Matilda, 1996

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb

Matilda Wormwood (Mara Wilson) adalah gadis kecil yang cantik dan cerdas. Sayangnya, Matilda tidak disukai oleh keluarganya karena dia sangat berbeda dari cara hidup mereka. Seiring berjalannya waktu, Matilda akhirnya memulai sekolah, memiliki guru yang ramah, teman yang setia, dan kepala sekolah yang sadis. Saat ia muak dengan kekejaman yang terus-menerus menghampirinya, Matilda mulai menyadari bahwa ia memiliki karunia kekuatan telekinetik (kemampuan batin yang mampu menggerakkan obyek fisik).

14. The Mummy, 1999

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb

Seorang pustakawan Inggris bernama Evelyn Carnahan (Rachel Weisz) tertarik untuk memulai penggalian arkeologi di kota kuno Hamunaptra. Ia mendapatkan bantuan Rick O'Connell (Brendan Fraser), setelah menyelamatkannya dari kematiannya. Yang tidak sadari Evelyn, kakaknya, Jonathan (John Hannah), dan Rick adalah bahwa sekelompok penjelajah lain tertarik pada penggalian yang sama. Sayangnya, kelompok ini akhirnya melepaskan kutukan yang dijatuhkan pada Imam Besar Imhotep (Arnold Vosloo) yang sudah mati. Sekarang "Mummy" telah bangun dan akan membutuhkan lebih dari sekadar senjata untuk mengirimnya kembali ke tempat asalnya.

15. Harry Potter and the Sorcerer's Stone, 2001

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb

Siapa dari Anda yang terobsesi dengan semua serial dan film Harry Potter? Berarti kita satu pikiran! Film pertama yang keluarkan dari serial aslinya, menceritakan kisah Harry Potter (Daniel Radcliffe), seorang anak laki-laki yang biasa melayani (semacam budak) untuk bibi dan pamannya yang mengetahui bahwa ia sebenarnya adalah seorang penyihir, serta telah diundang untuk menghadiri sekolah sihir, Hogwarts. Harry dibawa jauh dari keberadaannya yang normal oleh Rubeus Hagrid (Robbie Coltrane), penjaga taman Hogwarts, dan dengan cepat dilemparkan ke dunia yang sangat asing dan baru baginya. 

16. The Lord of the Rings: The Return of the King, 2003

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb

Meskipun The Lord of The Rings sukses sebelum film ketiganya ini, tetapi harus dikatakan bahwa film ini merupakan trologi yang wajib ditonton. Konfrontasi terakhir antara kekuatan baik dan jahat yang berjuang untuk menguasai masa depan Middle-earth. Frodo (Elijah Wood) dan Sam (Sean Astin) mencapai Mordor dalam upaya mereka untuk menghancurkan One Ring, sementara Aragorn (Viggo Mortensen) memimpin pasukan kebaikan melawan pasukan jahat Sauron di kota batu Minas Tirith.

17. Pirates of the Caribbean: The Curse of the Black Pearl, 2003

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb

Kisah ini mengikuti pencarian kapten Jack Sparrow (Johnny Depp), seorang bajak laut yang cerdas, dan Will Turner (Orlando Bloom), seorang blacksmith, saat mereka mencari Elizabeth Swann (Keira Knightley). Elizabeth, putri gubernur dan cinta hidup Will, telah diculik oleh Kapten Barbossa (Geoffrey Rush) yang ditakuti. Sedikit yang mereka tahu, Barbossa yang galak dan pintar telah dikutuk. Ia, bersama dengan tim yang besar, berada di bawah kutukan kuno, ditakdirkan untuk selamanya mati. Kecuali ada pengorbanan darah.

18. Peter Pan, 2003

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb

Di malam London yang indah, Wendy Darling (Rachel Hurd-Wood) memberikan cerita dongeng kepada saudara-saudaranya setiap malam sebelum tidur, tentang permainan pedang, swashbuckling, dan kapten Hook (Jason Isaacs) yang menakutkan. Tetapi semua kaget saat tiba-tiba Peter Pan (Jeremy Sumpter) terbang ke kamar mereka pada suatu malam dan membawa mereka melewati atap yang diterangi cahaya bulan melalui galaksi bintang dan hutan lebat Neverland. Wendy dan saudara laki-lakinya bergabung dengan Peter dalam kehidupan yang menggembirakan, bebas dari aturan orang dewasa, sementara juga menghadapi pertarungan yang tak terhindarkan dengan Hook yang haus pertarungan.

19. Nanny McPhee, 2005

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb

Rumah tangga Mr. Cedric Brown (Colin Firth) baru saja bercerai, sehingga ia mencoba untuk mengasuh tujuh anaknya yang berperilaku sangat buruk. Anak-anak telah berhasil mengusir tujuh belas pengasuh sebelumnya, tetapi ketika Nanny McPhee (Thompson) mengambil kendali, mereka mulai menyadari bahwa perilaku keji mereka sekarang mengarah balik kepada mereka sendiri dengan cepat dan ajaib, serta mendapatkan konsekuensi yang mengejutkan.

20. Willy Wonka & the Chocolate Factory, 2005

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb

Another Johnny Depp movie! Ketika Willy Wonka membiarkan lima anak masuk ke pabrik cokelatnya, ia memutuskan untuk melepaskan lima tiket emas di lima batang cokelat terpisah, yang ia tidak ketahui akan menyebabkan kekacauan total. Tiket mulai ditemukan, dengan tiket kelima jatuh ke tangan anak laki-laki yang sangat istimewa, bernama Charlie Bucket. Charlie bergabung dengan anak-anak lainnya untuk masuk ke dalam pabrik paling menakjubkan yang pernah ada. Namun, saat sudah di dalam pabrik, semuanya tidak berjalan sesuai rencana.

21. The Chronicles of Narnia, 2005

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb

Empat anak dari keluarga yang sama harus meninggalkan kota mereka karena bom Perang Dunia II. Saat bermain petak umpet di sebuah rumah baru, anggota keluarga termuda, Lucy (Georgie Henley), menemukan lemari untuk bersembunyi. Ia berjalan ke lemari dan menemukan tempat bernama Narnia. Setelah masuk dua kali, keempat anak itu masuk bersama untuk terakhir kalinya. Mereka melawan serigala, bertemu binatang yang bisa berbicara, bertemu dengan penyihir putih yang jahat (Tilda Swinton) dan bertemu dengan singa yang luar biasa bernama Aslan (Liam Neeson). 

22. Pan’s Labyrinth, 2006

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb

Film Spanyol-Mesiko ini menceritakan seorang gadis, yang terpesona dengan dongeng, dikirim bersama ibunya yang sedang hamil untuk tinggal bersama ayah tirinya yang baru, seorang kapten tentara Spanyol yang kejam. Pada malam hari, ia bertemu peri yang membawanya ke faun tua di tengah labirin. Ia mengatakan padanya bahwa ia seorang putri, tetapi harus membuktikan royalti dengan tiga tugas mengerikan. Jika ia gagal, ia tidak akan pernah membuktikan dirinya sebagai putri sejati dan tidak akan pernah melihat ayah kandungnya, raja, lagi.

23. Twilight, 2008

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb

Kristen Stewart dan Robert Pattinson tidak pernah mengecewakan dalam film satu ini. Ketika Bella Swan (Kristen) pindah ke sebuah kota kecil di Pacific Northwest, ia jatuh cinta dengan Edward Cullen (Robert), teman sekelas misterius yang mengungkapkan dirinya sebagai vampir berusia 108 tahun. Namun, semakin dekat mereka, semakin rumit kisah percintaannya yang terlarang. 

24. The Hobbit: An Unexpected Journey, 2012

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb

Bilbo Baggins (Martin Freeman) tertarik ke dalam pencarian untuk merebut kembali Kerajaan Dwarf Erebor yang hilang dari naga Smaug yang menakutkan. Didekati secara tiba-tiba oleh penyihir Gandalf (Ian McKellen), Bilbo mendapati dirinya bergabung dengan tiga belas kurcaci yang dipimpin oleh prajurit legendaris, Thorin Oakenshield (Richard Armitage). Perjalanan mereka akan membawa mereka ke alam liar, melalui tanah berbahaya yang dipenuhi dengan Goblin dan Orc, warg dan laba-laba raksasa yang mematikan, shapeshifters dan penyihir.

25. Into the Woods, 2014

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb

Into the Woods adalah sentuhan modern pada dongeng Brothers Grimm dalam format musik yang mengikuti kisah klasik Cinderella, Little Red Riding Hood, Jack and the Beanstalk, dan Rapunzel. Semua diikat menjadi cerita yang melibatkan seorang tukang roti dan istrinya, keinginan mereka untuk memulai sebuah keluarga dan interaksi mereka dengan penyihir yang telah mengutuk mereka.

26. Fantastic Beats, 2016

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb

Jika Anda penonton setia Harry Potter, Anda akan mengerti film ini. Petualangan penulis Newt Scamander (Ediie Redmayne) di komunitas rahasia penyihir dan penyihir di New York tujuh puluh tahun sebelum Harry Potter membaca bukunya di sekolah. 

27. The Shape of Water, 2017

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb

Memenangkan penghargaan Oscar pada tahun 2018, sudah pasti The Shape of Water sangat layak untuk ditonton. Dongeng dengan latar belakang era Perang Dingin Amerika sekitar tahun 1962. Di laboratorium pemerintah dengan keamanan tinggi yang tersembunyi tempat ia bekerja, Elisa (Sally Hawkins) terjebak dalam kehidupan dari isolasi. Kehidupan Elisa berubah selamanya ketika ia dan rekan kerja Zelda (Octavia Spencer) menemukan eksperimen rahasia. 

28. Maleficent: Mistress of Evil, 2019

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb

Lima tahun yang damai telah berlalu sejak kematian raja, Raja Stefan, di film Maleficent 2014, dan sekarang, peristiwa yang tak terduga tetapi menggembirakan akan menyatukan kerajaan fana Ulstead dan alam peri Moor yang terpesona. Namun, pengkhianatan telah menghalangi cinta muda sejati, karena kecemburuan jahat, ambisi tak terbatas, dan pikiran tercela merayap di hati manusia. Maleficent (Angelina Jolie) dan Aurora (Elle Fanning) mulai mempertanyakan ikatan keluarga kompleks yang mengikat.

29. Mulan, 2020

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb

Film masa kecil yang sangat menghangatkan hati. Seorang gadis muda China, Hua Mulan, rela menyamar sebagai prajurit laki-laki untuk menyelamatkan ayahnya dari wajib militer yang secara tiba-tiba diberlakukan untuk melawan pasukan Khan. Mulan melarikan diri dengan baju besi, kuda, dan pedangnya untuk bergabung menggantikannya.

30. Jungle Cruise, 2021

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb

Meskipun tergolong baru, Jungle Cruise akan membuat Anda mencintai Disney lebih dalam. Terinspirasi dari perjalanan taman hiburan Disneyland di mana perahu sungai kecil membawa sekelompok penjelajah melalui hutan yang penuh dengan hewan dan reptil berbahaya tetapi dengan elemen supernatural. Di mana Frank Wolf (Dwayne Johson) dan Lily Houghton (Emily Blunt) berusaha mencari kebenaran akan sebuah kalung ajaib yang banyak diincar oleh pihak lain.

(Penulis: Gracia Sharon, Layout: Tevia Andriani, Foto: Courtesy of IMDb)