Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

7 Bahan Skincare Ini Dapat Membantu Mencerahkan Kulit Wajah Anda!

Ucapkan selamat tinggal untuk kulit kusam!

7 Bahan Skincare Ini Dapat Membantu Mencerahkan Kulit Wajah Anda!

Kulit kusam memang menjadi salah satu masalah umum bagi banyak wanita. Ini juga bisa menjadi tanda kulit tidak sehat. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan kulit kusam, mulai dari gaya hidup yang tidak sehat, tidak merawat kulit dengan benar, hingga paparan sinar matahari dan polusi. 


Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mencerahkan kulit kusam adalah dengan merawat kulit menggunakan produk skincare yang tepat -- mengandung bahan skincare yang bisa membantu mencerahkan kulit. Langsung simak ulasannya di bawah ini, tujuh bahan skincare yang bisa membantu mencerahkan kulit Anda. 


1. Vitamin C

Jika Anda bertanya kepada dokter kulit tentang daftar bahan skincare terbaik untuk mencerahkan kulit, vitamin C mungkin berada di urutan teratas. Dikutip dari salah satu laman majalah lifestyle, vitamin C adalah antioksidan kuat yang dapat melawan radikal bebas, yang dapat menyebabkan kulit kusam dan munculnya tanda-tanda penuaan dini. 


Selain itu, menurut sebuah studi tahun 2005 dalam jurnal Dermatologic Surgery, menunjukan bahwa vitamin C juga telah terbukti dapat membantu memudarkan hiperpigmentasi, termasuk sunspots dan age spot. Dengan kata lain, mengaplikasikan produk skincare dengan ingredients vitamin C di dalamnya dapat membantu memudarkan bintik-bintik hitam, membuat warna kulit lebih cerah dan merata. 


Dibutuhkan waktu berminggu-minggu penggunaan produk skincare berbahan vitamin C untuk melihat hasilnya pada kulit. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena vitamin C aman untuk digunakan setiap hari untuk jangka waktu yang lama -- kecuali kulit Anda tidak cocok dengan bahan skincare ini. 


2. Niacinamide

Tak hanya vitamin C, Niacinamide juga masuk ke dalam daftar bahan skincare terbaik untuk mencerahkan kulit. Berdasarkan sebuah studi tahun 2004 dalam Journal of Cosmetic Dermatology, Niacinamide adalah bentuk vitamin B3 yang dipercaya sangat efektif dalam mengatasi kulit kusam, hiperpigmentasi, dan warna kulit tidak merata, sehingga membuatnya tampak lebih glowing, cerah, dan merata. Bahkan, bahan skincare ini juga disebut-sebut tidak kalah efektif untuk membantu meminimalisir tampilan pori-pori, mengontrol produksi sebum tanpa mengeringkan kulit, serta memperbaiki tampilan garis-garis halus dan kerutan. Niacinamide juga dapat membantu meringankan kemerahan akibat eksim, jerawat, dan kondisi kulit inflamasi lainnya.


3. Alpha arbutin

Alpha arbutin adalah komponen alami yang diekstrak dari daun bearberry, yang dikenal efektif untuk membantu mencerahkan kulit, memudarkan dark spots, dan meratakan warna kulit. 


Menurut artikel yang dipublikasikan dalam Journal of Cutaneous and Aesthetic Surgery, menjelaskan bahwa Alpha arbutin dapat menghambat tirosinase, atau enzim yang membantu produksi melanin, sehingga dapat membantu memudarkan dark spots, membuat warna kulit lebih merata, dan menawarkan efek cerah pada kulit.


Selain itu, Alpha arbutin juga memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu memperlambat proses penuaan pada kulit. 


4. Glycolic acid

Glycolic acid adalah salah satu kandungan AHA (Alpha Hydroxy Acid) yang paling populer. Bahan skincare ini dipercaya dapat membantu meminimalkan tampilan garis-garis halus dan kerutan, memudarkan age spots dan bekas jerawat, mencerahkan kulit, serta meratakan warna kulit secara keseluruhan. 


Asam glikolat adalah eksfoliator yang bekerja dengan mengangkat sel-sel kulit mati di lapisan atas kulit. Ketika sel-sel kulit mati yang kusam terangkat, kemudian digantikan dengan sel-sel kulit baru yang membuat kulit tampak lebih cerah dan bersih, serta seiring berjalannya waktu dapat membantu memudarkan scars dan hiperpigmentasi. 


Tip: Gunakan Glycolic acid pada malam hari setelah membersihkan wajah, dan sebelum menggunakan serum dan pelembap. Hindari menggunakan produk skincare lain berbahan retinol atau vitamin C segera setelahnya, karena dapat meningkatkan risiko iritasi kulit.


5. Retinol

Retinol adalah salah satu bahan skincare yang terkenal ampuh mencegah penuaan dini. Namun ternyata, retinol juga dapat membantu mencerahkan kulit wajah. Retinol bekerja dengan cara merangsang sel-sel kulit di lapisan terluar kulit untuk regenerasi lebih cepat, sehingga dapat menghasilkan sel-sel kulit baru. Ini menghasilkan kulit yang lebih halus dan warna kulit yang tampak lebih merata.


Kulit kusam dapat disebabkan oleh beberapa hal, termasuk stres, kerusakan akibat sinar matahari, kebiasaan gaya hidup yang buruk, atau polusi lingkungan. Sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam Journal of Drugs in Dermatology, mempelajari efek produk skincare yang mengandung retinol 0,5% pada 25 orang dengan hiperpigmentasi ringan hingga sedang. Pada minggu ke-4, peserta menunjukkan adanya pengurangan hiperpigmentasi pada kulit mereka. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa, retinol bekerja dengan baik untuk membantu meratakan dan mencerahkan warna kulit. 


Tip: ​​Aplikasikan produk skincare berbahan retinol pada malam hari, dan hindari layering dengan produk skincare dengan kandungan AHA, BHA, dan vitamin C. Selalu aplikasikan SPF di pagi hari, karena retinol membuat kulit Anda lebih sensitif terhadap matahari. 


6. Lactic acid

Sama seperti Glycolic acid, Lactic acid juga termasuk ke dalam AHA (Alpha Hydroxy Acid) yang dapat membantu mencerahkan, menghaluskan, dan meratakan kulit, sekaligus membuatnya tampak lebih kencang. Lactic acid bekerja dengan mengangkat sel-sel kulit mati pada lapisan kulit teratas, kemudian merangsang pergantian sel-sel kulit baru. Ini yang membuat kulit tampak lebih cerah, halus, dan bersih. 


Aplikasikan produk skincare dengan kandungan Lactic acid pada malam hari setelah membersihkan wajah, dan sebelum mengaplikasikan serum dan pelembap. 


Ketika Anda berkomitmen untuk menggunakan Lactic acid, sebaiknya selalu lindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari dengan selalu menggunakan sunscreen -- minimal SPF 30 PA +++. Ini karena, Lactic acid dapat membuat kulit Anda lebih sensitif terhadap sinar matahari, sehingga Anda lebih rentan terhadap kerusakan akibat sinar UV.


Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sensitivitas terhadap sinar matahari dapat bertahan hingga empat minggu setelah Anda berhenti menggunakan produk atau setelah perawatan kulit. Oleh sebab itu, selalu gunakan sunscreen meskipun Anda sedang / sudah tidak menggunakan produk skincare dengan kandungan ini. 


7. Licorice root extract 

Bahan skincare lainnya yang tidak kalah efektif untuk membantu mencerahkan kulit wajah, yakni Licorice root extract. Dalam sebuah jurnal yang diterbitkan di MDPI, menemukan adanya beberapa senyawa bermanfaat yang ditemukan dalam Licorice root, yang memberikan efek antioksidan dan anti-inflamasi untuk membantu memudarkan bintik hitam (dark spots). Senyawa dalam licorice root ini bekerja dengan menghambat aktivitas enzim tirosinase yang bertanggung jawab untuk produksi melanin dan mengurangi penggelapan kulit akibat paparan sinar matahari. Selain itu, sifat antioksidan yang dimiliki Licorice root extract juga dapat membantu melawan penuaan dini pada kulit. 

Baca juga :

Intip Rahasia Perawatan Kulit Meghan Markle yang Dibagikan Langsung oleh Sang Terapis Facial

Ternyata, Menerapkan Skincare Routine Bisa Berdampak Positif Bagi Kesehatan Mental

Alasan Camu-Camu Berry Mulai Digunakan di Dalam Skincare, Lihat Manfaatnya!

(Foto: [email protected])