Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Ternyata, Menerapkan Skincare Routine Bisa Berdampak Positif Bagi Kesehatan Mental

Menerapkan skincare routine dapat memberikan rasa stabil hingga mengurangi rasa kekhawatiran.

Ternyata, Menerapkan Skincare Routine Bisa Berdampak Positif Bagi Kesehatan Mental

Melakukan kegiatan perawatan kulit mungkin sudah menjadi rutinitas harian Anda. Tetapi, pernahkan Anda menyadari mood menjadi lebih baik setelah menjalani skincare routine? Ya, riset telah menunjukan bahwa menerapkan skincare routine dapat berdampak positif bagi kesehatan mental. 

Menerapkan rutinitas perawatan kulit digambarkan sebagai “life-changing" bagi banyak orang. Tidak hanya dalam arti bahwa produk-produk perawatan kulit tersebut dapat membantu merawat kondisi fisik, tetapi juga karena dapat membantu membentuk rutinitas perawatan diri, yang mana keduanya sama-sama dapat meningkatkan kesehatan mental. 

Untuk mengetahui lebih jelas terkait hal ini, simak ulasannya di bawah ini!

Melansir dari salah satu kutipan di majalah lifestyle ternama, berdasarkan sebuah studi tahun 2010 yang diterbitkan dalam Asian Journal of Beauty & Cosmetology menemukan bahwa, di antara wanita paruh baya dan lansia di seluruh Korea yang memiliki rutinitas perawatan kulit, diketahui membantu mereka dalam meningkatkan kepercayaan diri yang pada gilirannya mengarah pada peningkatan kepercayaan diri dan kebahagiaan secara keseluruhan.

Penelitian lain yang melibatkan 30 wanita rentan berjerawat berusia antara 18 hingga 45 tahun yang mulai menerapkan skincare routine. Hasilnya menunjukan bahwa kortisol atau hormon stres menurun sekitar 83 persen, dan partisipan merasa lebih percaya diri saat berswafoto dibandingkan sebelumnya. 

Menerapkan Skincare Routine Memberikan Rasa Stabil

Menurut Matt Traube, seorang psikoterapis klinis berlisensi dan psikodermatolog, mengungkapkan bahwa menerapkan rutinitas, seperti menjalani kebiasaan pola makan sehat, rutin berolahraga, journaling, dan skincare routine dapat memengaruhi kesehatan Anda secara keseluruhan, baik secara fisik maupun mental.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan tahun 2018 di Lancet Psychiatry, para peneliti menemukan bahwa orang-orang yang memiliki rutinitas kurang konsisten dikaitkan dengan kemungkinan lebih tinggi menderita gangguan depresi, bipolar mayor, perubahan mood, merasa kesepian, dan merasa tidak bahagia.

Menerapkan rutinitas yang Anda lakukan secara konsisten, termasuk rutinitas perawatan kulit dapat membuat Anda merasa lebih bahagia, menghibur, serta memberikan rasa stabil dalam hidup, kata Traube. 

Memanjakan Kulit Secara Teratur Dapat Membantu Meningkatkan Mood

Dalam praktik perawatan kulit wajah, termasuk mengaplikasikan masker wajah dan memijat wajah diketahui dapat membantu meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik, mengusir rasa khawatir, dan membuat diri menjadi lebih fokus sehingga terlepas dari pikiran-pikiran negatif. 

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada Januari 2018 di Frontiers in Psychology, melakukan kegiatan positif termasuk merawat kulit terbukti mampu mengaktifkan area tertentu di korteks prefrontal, wilayah otak yang terkait dengan perasaan bahagia. 

Untuk semakin meningkatkan suasana hati, Anda bisa menerapkan rutinitas skincare ditemani dengan lilin aromaterapi dan musik favorit Anda. 

Menciptakan Ikatan Kuat Dengan Orang Terdekat

Menghabiskan waktu dengan orang terdekat atau orang tersayang saja sudah dapat membuat perasaan lebih bahagia, apalagi jika menghabiskan waktunya sambil menerapkan skincare routine, misalnya mengaplikasikan masker wajah bersama. 

Berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan pada Mei 2018 di Journal Psychological Science, secara umum, menghabiskan waktu dengan orang terdekat untuk melakukan hobi atau aktivitas yang menyenangkan dikaitkan dengan tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi. 

Membantu Mengurangi Rasa Kekhawatiran
 

Sudah disinggung sedikit sebelumnya bahwa menerapkan rutinitas perawatan kulit dapat membantu mengurangi rasa khawatir. Traube menjelaskan, orang yang mengalami gangguan kecemasan hingga depresi seringkali melaporkan bahwa kondisinya memburuk 30 menit hingga satu jam sebelum tidur. Ini karena pada waktu-waktu tersebut, orang cenderung memiliki waktu luang untuk memikirkan banyak hal (overthinking).

Nah, ketika Anda melakukan suatu aktivitas positif, termasuk memasak atau menerapkan skincare routine, dapat membantu Anda keluar dari pikiran dan lebih fokus pada apa yang Anda lakukan. 

Studi tahun 2019 di Frontiers in Psychology yang melibatkan lebih dari 1.100 orang dewasa menunjukan bahwa, praktik ini dapat membantu otak Anda melepaskan diri dari pikiran-pikiran negatif yang dapat menimbulkan rasa kekhawatiran. 

Secara keseluruhan, menerapkan skincare routine merupakan bentuk self-love, self-acceptance, dan healing. Ada titik-titik tertentu di wajah yang mendorong relaksasi, karena saat melakukan teknik aplikasi produk skincare yang tepat memungkinkan darah mengalir sehingga otot-otot di wajah lebih rileks dan menempatkan Anda dalam pola pikir yang positif. 

(Foto: Dmitrii [email protected])