Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Alasan Camu-Camu Berry Mulai Digunakan di Dalam Skincare, Lihat Manfaatnya!

Dan salah satunya adalah untuk melawan tanda-tanda penuaan dini!

Alasan Camu-Camu Berry Mulai Digunakan di Dalam Skincare, Lihat Manfaatnya!
(Foto Courtesy of ildipapp©123RF.com)

Pernahkan Anda mendengar tentang camu-camu berry? Jika nama tersebut masih terasa asing di telinga Anda, jangan khawatir karena Anda tidak sendiri. 

Camu-camu atau yang nama ilmiahnya dikenal sebagai myrciaria dubia adalah salah satu buah yang termasuk ke dalam keluarga besar beri dan tumbuh di daerah Amazon (tepatnya dibudidayakan di tanah subur daerah Brasil, Venezuela dan Peru).

Walaupun tergolong memiliki ukuran yang relatif kecil, namun khasiat yang terkandung di dalam buah ini tidak boleh dipandang sebelah mata. Manfaat utama dari camu-camu adalah kandungan vitamin C-nya yang melimpah bahkan jauh lebih banyak daripada saudaranya, buah ceri dan buah jeruk. 

Karena segala kandungan baik yang terkandung di dalamnya, hal ini pun akhirnya membuat camu-camu belakangan ini dilirik oleh industri kecantikan untuk dimuat kedalam produk skincare mereka. Namun sayangnya, karena permintaan pasar yang tinggi secara global, produksi buah camu-camu saat ini belum cukup untuk memuaskan kebutuhan pasar.

Sebelum memilih produk skincare dengan kandungan camu-camu di dalamnya, ada baiknya untuk Anda mempelajari lebih lanjut segudang khasiat camu-camu untuk kesehatan kulit Anda:

1. Mengandung Vitamin C 60x lebih banyak dibandingkan jeruk!

Fakta yang ditemukan, bauh camu-camu memiliki kandungan Vitamin C 60x lebih banyak dibandingkan buah jeruk. Yang berarti dapat diterjemahkan bahwa satu sendok teh olahan camu camu memiliki 1180 persen dari asupan harian yang direkomendasikan untuk konsumsi vitamin C. 

2. Mengatasi masalah pigmentasi


Karena mengandung vitamin C dan vitamin B3 yang tinggi, artinya camu-camu dapat membantu memudarkan perubahan warna kulit, melawan pigmentasi, dan mengurangi munculnya bintik-bintik dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati.

3. Memberikan nutrisi yang diperlukan oleh kulit


Selain dilengkapi oleh vitamin C dan vitamin B3, camu-camu juga mengandung sederet nutrisi baik bagi kulit dan tubuh beberapa di antaranya seperti zat besi, serine, riboflavin, fosfor, kalium, beta-karoten, kalsium, dan asam amino yang semuanya diperlukan oleh kulit agar tetap terjaga kesehatannya. 

Selain itu ada pula kandungan camu-camu yang sangat bermanfaat, di antaranya:

  • Valine

Valine adalah asam amino yang ditemukan terkandung di dalam camu-camu. Valine sendiri merupakan asam amino esensial, yang artinya kita harus mendapatkannya dari makanan karena tubuh kita tidak dapat memproduksinya sendiri. Valine digunakan oleh tubuh untuk mencegah kerusakan otot dan penting untuk sistem saraf dan fungsi kognitif.

  • Kalium

Tubuh kita sejatinya membutuhkan kalium untuk dapat membantu fungsi kerja jantung dan ginjal. Dan dengan mengonsumsi camu-camu ini menjadi salah satu cara termudah untuk mendapatkan kalium.

  • Serine

Serine menjadi kunci untuk kelancaran pencernaan karena serine dapat membantu memecah ikatan dalam protein dan polipeptida sehingga dapat digunakan oleh tubuh untuk melakukan proses pencernaan.

  • Leusin

Ini adalah asam amino esensial lainnya selain valine yang ditemukan terkandung di dalam buah camu-camu, asam amino leusin bekerja untuk membantu pertumbuhan dan pemulihan jaringan otot dan tulang serta produksi hormon pertumbuhan.

    • Flavonoid

    Flavonoid merupakan senyawa yang ditemukan pada tumbuhan dan merupakan bagian yang memberi warna pada buah dan sayuran yang berfungsi  sebagai antioksidan, menetralkan radikal bebas berbahaya. Dan kabar baiknya, flavonoid terkandung di dalam buah camu-camu. 

    • Asam Ellagic

    Selain flanovoid yang memiliki sifat antioksidan, asam ellagic juga memiliki kandungan antioksidan dan dapat ditemukan dalam buah camu-camu. Dari penelitian yang dilakukan, asam ellagic telah terbukti memiliki efek penangkal kanker. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa asam ellagic memiliki efek anti diabetes. 

    4. Melindungi kulit dari paparan UV

    Ketika mengombinasikan produk yang mengandung cami-cami dengan produk SPF tinggi, vitamin C dan flavonoid, camu-camu akan bekerja untuk memberikan perlindungan antioksidan terhadap paparan UV. Selain itu, camu-camu juga akan melindungi kulit dari dampak negatif lingkungan seperti polusi.

    5. Memerangi tanda-tanda penuaan dini


    Selain bekerja untuk memberikan perlindungan antioksidan, vitamin C juga diperlukan untuk menunjang produksi kolagen dalam tubuh. Karena seperti yang kita ketahui, kolagen sangat penting untuk kulit karena dapat membuat kulit kita terlihat lebih awet muda dan melawan garis-garis halus dan hilangnya elastisitas.

    Setelah mengetahui berbagai manfaat baik yang terkandung dalam camu-camu, apakah Anda sudah siap untuk memasukkannya ke dalam produk perawatan andalan Anda?

    Tidak hanya baik untuk kulit, camu-camu juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh

    Tidak hanya memiliki segudang manfaat baik bagi kesehatan kulit, camu-camu juga kaya manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Melalui riset yang dilakukan, camu-camu dipercaya memiliki khasiat anti-virus yang dapat membantu mengatasi berbagai penyakit herpes, mulai dari herpes mulut, herpes, herpes zoster, dan penyakit flu biasa.

    Selain itu, dengan mengonsumsi camu-camu, buah yang memiliki ukuran hampir sama dengan buah lemon, namun berwarna oranye terang ini juga baik untuk kesehatan mulut dan gusi, dapat meningkatkan daya tahan tubuh, serta efektif membantu mengurangi berat badan sehingga cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalani program diet. 

    Berikut adalah produk skincare dengan kandungan camu-camu rekomendasi Bazaar:

    The Body Shop Vitamin C Skin Boost Primer 


    379.000 rupiah

    Peter Thomas Roth Camu Camu Power C X 30 Vitamin C Brightening Serum

     1.135.855 rupiah

    DHC Camu-Camu Whitening Mask (isi 5)

    393.470 rupiah

    (Foto: Courtesy of ildipapp©123RF.com, The Body Shop, Peter Thomas Roth, DHC)