Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Intip Rahasia Perawatan Kulit Meghan Markle yang Dibagikan Langsung oleh Sang Terapis Facial

Saat berada di New York atau LA, Meghan memercayakan kulitnya kepada para ahli ini untuk membuat kulitnya tampak bersinar dan cantik.

Intip Rahasia Perawatan Kulit Meghan Markle yang Dibagikan Langsung oleh Sang Terapis Facial

Meskipun sulit untuk dibayangkan sekarang, ada suatu masa ketika Meghan Markle membuat blog tentang kecantikan. Di situs gaya hidupnya yang diberi nama The Tig, Meghan, di sela-sela  dirinya mengunggah konten mengenai fashion dan perjalanan serta makanan, sesekali ia juga menulis tentang perawatan kulit, dan, dalam unggahan di bulan Oktober 2016 silam, ia pun menekankan pentingnya perawatan wajah.

Unggahan berjudul “Favourite Facialists Around the World” menyebutkan empat wanita yang ia percayai dengan kulitnya. Untuk itu, Bazaar.com pun berbicara secara eksklusif kepada dua facialist yang mana Meghan memercayai mereka untuk merawat kulitnya, Kate Somerville di Los Angeles dan Joanna Vargas di New York, untuk mengetahui bagaimana kita dapat bersinar seperti sang Duchess, bahkan saat berada di rumah. 

West Coast Glow: Kate Somerville

"Tempat ini adalah kampung halaman yang klasik dengan alasan yang bagus, karena ahli kecantikan yang terampil dan ramah," tulis Meghan tentang Kate Somerville Skin Health Experts di Los Angeles (Meghan sekarang tinggal di Santa Barbara). "Scrub dan perawatan red-light adalah kewajiban, dan ruang yang dirancang dengan indah mengantarkan Anda pada liburan spa kecil untuk hari itu." Kami berbicara secara eksklusif dengan Kate sendiri untuk mengetahui cara menciptakan perawatan kita sendiri berkat "lima hal yang harus dilakukan sehari-hari" yang dibagikan langsung oleh sang facialist.

LANGKAH 1: TAHAP PEMBERSIHAN

“Ini adalah langkah pertama Anda, selalu,” kata Kate, yang juga memiliki spa di kota New York. “Jika Anda memiliki tipe kulit berminyak atau juga tipe pori-pori tersumbat, saya akan menganjurkan Anda untuk melakukan pembersihan ganda. Jika Anda memiliki tipe kulit yang sangat kering seperti saya, cukup lakukan satu kali pembersihan.” Seperti setiap salah satu dari "lima hal yang harus dilakukan sehari-hari", pastikan untuk mengetahui jenis kulit Anda sehingga Anda dapat menyesuaikan produk dengan kebutuhan spesifik Anda. 

LANGKAH 2: EKSFOLIASI

Di situs The Tig, Meghan secara khusus menyebut produk eksfoliasi kulit milik Kate, yang dengan cerdik dinamakan ExfoliKate, yang ditulis oleh Duchess of Sussex "akan melakukan trik untuk memberikan kilau cahaya pada kulit." Kate mengatakan ia mengoleskan produk eksfoliasi dan "biarkan selama sekitar dua menit, lalu saya tepuk-tepuk kulit saya dengan sedikit air dingin.” Selain itu, Kate juga menawarkan masker ExfoliKate, yang dapat "melarutkan lapisan kulit mati, melembapkan, dan benar-benar menghilangkan banyak pori-pori tersumbat di area hidung atau kulit," katanya. (Anda hanya perlu melakukan eksfoliasi beberapa kali seminggu; jika Anda memiliki tipe kulit kering –seperti kebanyakan dari kita ketika berada di musim dingin– batasi menjadi seminggu sekali.) 

LANGKAH 3: HIDRASI

“Kami ingin mendorong asam hialuronat jauh meresap ke dalam kulit, menghilangkan garis-garis halus dan kerutan, serta menghilangkan dehidrasi,” tambah Kate. Untuk itu, maka produk serum DermalQuench milik lininya adalah pilihan yang bagus untuk mengurangi garis-garis halus dan membuat kulit tampak kenyal serta berisi. Versi malam hari dari produk serum ini diketahui juga turut mengandung retinol dan asam hialuronat untuk mengurangi iritasi. "Hidrasi benar-benar kuncinya," kata Kate, "dan mungkin salah satu langkah terpenting untuk benar-benar membuat perubahan pada kulit."

LANGKAH 4: PELEMBAP

Jangan bingung antara arti hidrasi dengan kelembapan. "Hidrasi sebenarnya adalah level air di dalam sel, di mana pelembap akan lebih banyak pada bekerja pada lapisan lipid dan ceramide Anda," katanya. Setiap perawatan kulit yang rutin akan membahas keduanya: serum ringan untuk menambah kelembapan, lalu krim atau minyak oklusif untuk mengunci hidrasi.

LANGKAH 5: SPF

Tabir surya ibaratnya seperti polis asuransi untuk semua produk yang baru saja Anda terapkan. Bahkan jika Anda jarang keluar rumah akhir-akhir ini, Anda tetap membutuhkan tabir surya. "Cahaya biru dari perangkat elektronik sebenarnya sangat merusak kulit," katanya. Pantau terus musim semi ini untuk agenda peluncuran produk baru dari lini Kate, "tabir surya khusus untuk dalam ruangan" yang akan bekerja melindungi kulit dari cahaya biru ponsel Anda.

Meskipun kelima langkah tersebut penting, “pengubah permainan paling krusial sebenarnya adalah pada tahap eksfoliasi kulit, yang dapat mengubah kulit sesaat setelah Anda melakukannya, dan memiliki produk pelembap yang tepat untuk mengunci dan melindungi pelindung tersebut," katanya. 

ExfoliKate Intensive Exfoliating Treatment
Kate Somerville

dermstore.com

88.00 dolar (1.258.400 rupiah)

Dermalquench Wrinkle Warrior Advanced Hydrating + Plumping Treatment
Kate Somerville

dermstore.com

98.00 dolar (1.401.400 rupiah)

Dermalquench Liquid Lift Advanced Hydration Treatment
Kate Somerville

dermstore.com

98.00 dolar (1.401.400 rupiah)

Dermalquench Liquid Lift + Retinol
Kate Somerville

dermstore.com

98.00 dolar (1.401.400 rupiah)

East Coast Glow: Joanna Vargas

Saat berada di kota New York, Anda bisa menemukan Meghan berada di Joanna Vargas Salon, yang merupakan "institusi di kota New York untuk selebritis papan atas dan siapa saja yang ingin mencari kulit yang bersinar dari dalam," tulisnya. “Hanya dengan menggunakan produk alami dan mengkhususkan diri pada perawatan arus mikro untuk mengirimkan denyut nadi melalui jaringan wajah, ini akan melatih dan mengangkat otot wajah. Serta oasis perawatan kulit ini adalah yang terbaik di Big Apple.” (Joanna juga memiliki salon di Los Angeles.)

Sebelumnya, ahli facialist dan selebritas kulit merinci beberapa cara favoritnya untuk merawat kulit. (Jika Anda menggali lebih banyak lagi, Anda akan menemukannya dalam buku karya Joanna berjudul Glow from Within yang dirilis tahun lalu.)

KULIT BERKILAU ADALAH TENTANG LEBIH DARI SEKADAR PRODUK

Kulit adalah jendela menuju ke dalam apa yang terjadi secara internal di tubuh Anda.


“Ada banyak hal yang didapat dari meraih tampilan kulit yang bagus,” kata Joanna. "Karena kulit adalah jendela menuju ke dalam apa yang terjadi secara internal di tubuh Anda. Aspek perawatan kulit yang baik adalah merawat diri sendiri secara keseluruhan." Memiliki pola makan yang baik itu penting, katanya, serta "memperhatikan hal-hal yang membuat pencernaan lebih lamban adalah penting karena ini dapat menyebabkan lebih banyak peradangan internal, yang berujung dapat menciptakan lebih banyak jerawat." Produk susu merupakan pemicu bagi sebagian orang, seperti halnya alkohol, yang dapat membuat "kulit terlihat lelah dan kehilangan elastisitas". Olahraga juga penting, dan bahkan jika kita tidak bisa pergi ke studio olahraga favorit kita sekarang, "sekadar berjalan-jalan dapat membantu sistem limfatik berfungsi lebih baik," katanya. "Sistem limfatik bertanggung jawab untuk membuang kotoran dan mengirimkan nutrisi ke kulit."

SADAR AKAN KEKUATAN SHEET MASK

"Jika Anda tidak bisa pergi ke salon, maka belilah beberapa produk khas seperti JV Face Mask untuk perawatan di rumah," tulis Meghan di situs The Tig. Jika Anda ingin meniru layanan profesional di rumah, "gunakan masker selama 20 menit," saran Joanna. “Jawab beberapa email, atau terkadang orang bahkan masuk ke dalam bak mandi sambil memakai masker. Apapun cara yang paling cocok untuk Anda. Jadikan ini momen perawatan diri yang baik.” Setelah menggunakan masker, "ikuti dengan serum," katanya. “Saya jelas menyukai sheet masks. Saya memiliki begitu banyak koleksi di rumah saya. Dengan produknya yang mudah untuk digunakan, Anda bisa menganggap masker sebagai perawatan untuk menargetkan apa yang terjadi dengan kulit Anda."

Twilight Face Mask
Joanna Vargas

dermstore.com

75.00 dolar (1.072.500 rupiah)

HADIRKAN PRODUK DENGAN KANDUNGAN RETINOL KE RUTINITAS KECANTIKAN MALAM ANDA SEKALI ATAU DUA KALI SEMINGGU

“Retinol dapat membantu mengatasi permasalahan di semua jenis kulit,” bagi Joanna. “Ini dapat mengencangkan, mengurangi jerawat, dan merangsang produksi kolagen di kulit. Itu salah satu bahan yang cocok untuk semua orang, tidak peduli seberapa sering Anda menggunakannya." Jadi jika Anda seorang pemula dalam penggunaan produk retinol, Joanna menyarankan untuk menggunakannya sekali seminggu sebagai permulaan untuk melihat apa yang kulit Anda cocok, lalu naikkan menjadi dua kali seminggu. “Bahkan jika Anda hanya menggunakannya sekali seminggu, itu tetap dapat melakukan tugasnya. Penting untuk memiliki gudang senjata Anda," katanya.

PUNYA RENCANA PERAWATAN KULIT TERSENDIRI KHUSUS UNTUK KETIKA MELAKUKAN PERJALANAN

“Sebelum Covid, saya selalu menjadi orang di pesawat yang mengenakan sheet mask, dan saya selalu bepergian dengan face oil,” cerita Joanna. "Ketika berada di pesawat, ini akan membuat kulit Anda sangat mengering." Jadi ketika Anda memang harus bepergian, penting untuk fokus pada rutinitas kulit setelah penerbangan. "Begitu Anda turun dari pesawat dan tiba di tempat tujuan, cuci muka dan hidrasi ulang kulit Anda lagi menggunakan minyak wajah," katanya. "Ini akan menenangkan peradangan di kulit."

Kemudian Joanna juga menyarankan untuk menggunakan sheet mask dengan faktor pertumbuhan epidermal, khususnya Masker Twilight di lini produknya, yang "sangat efektif dalam menyembuhkan dan mengatur ulang kulit". Saat Anda bepergian, “bawalah tiga atau empat jenis sheet mask dan diagnosa diri Anda saat Anda melakukan perjalanan,” katanya. Mengalami bengkak di wajah Anda setelah seharian bepergian? “Saat saya sampai di tempat tujuan, aktivitas yoga biasa dapat membantu membuat masalah pembengkakkan mereda,” ungkap Joanna. “Saya melakukan beberapa peregangan dan pose yoga untuk memastikan tubuh saya bergerak lagi. Ini juga akan membantu sistem limfatik merasa seperti sembuh sendiri setelah penerbangan."

UCAPKAN KATA-KATA POSITIF PADA DIRI SENDIRI KETIKA BERCERMIN

“Menjadi seorang ahli kecantikan untuk waktu yang lama, begitu banyak klien saya yang menatap diri mereka sendiri di cermin pada malam hari dan menemukan semua kekurangan mereka,” catatnya. “Praktik yang baik adalah, saat Anda mencuci muka di malam hari, pikirkan sesuatu yang Anda sukai tentang diri Anda atau sesuatu yang Anda lakukan dengan baik hari itu. Kedengarannya memang tidak penting dan tidak bermakna, tetapi hal itu dapat membuat perbedaan besar dalam cara Anda memperlakukan diri sendiri secara keseluruhan. Kita semua begitu cantik dengan caranya sendiri. Oleh sebab itu saya berharap kita bisa merangkul dan menerima diri itu secara utuh, baik kelebihan maupun kekurangannya."

(Penulis: Rachel Bruchfield; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar US)