Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Ini 6 Cara Melembutkan Rambut Mengembang & Mudah Kusut!

Cara ini bisa membantu Anda melembutkan rambut mengembang dan mudah kusut

Ini 6 Cara Melembutkan Rambut Mengembang & Mudah Kusut!

Memiliki rambut mengembang dan mudah kusut, atau rambut frizzy, terkadang bisa membuat frustasi, jangan khawatir — karena hampir semua orang sangat mungkin berurusan dengan rambut frizzy

Rambut frizzy biasanya terjadi karena rambut kering yang kekurangan kelembapan, bisa disebabkan karena produk perawatan rambut yang mengandung alkohol, alat styling rambut yang panas, atau sampo yang bersifat basa. 

Jika Anda sedang mencari cara mengatasi rambut mengembang atau rambut frizzy? Bazaar akan membahas segala yang perlu Anda tahu untuk melembutkan rambut mengembang dan mudah kusut. 

1. Cuci rambut dengan air dingin

Mandi dengan menggunakan air hangat mungkin terasa sangat menenangkan dan bisa melemaskan otot-otot Anda, namun itu tidak memberikan hasil yang sama untuk rambut Anda. Dilansir dari laman kesehatan, mencuci rambut dengan air hangat justru akan membuat rambut membutuhkan lebih banyak kelembapan. Inilah yang kemudian membuat rambut kering mengembang dan mudah kusut. Oleh karena itu, setelah mencuci rambut, bilas rambut Anda dengan menggunakan air dingin. 

2. Gunakan sampo dengan kandungan yang menghidrasi

Dikutip dari laman majalah lifestyle, Menurut Stephen Thevenot, seorang penata rambut profesional, menjelaskan bahwa menggunakan produk yang mengandung alkohol tinggi cenderung membuat rambut dehidrasi, sehingga rambut membutuhkan lebih banyak kelembapan. 

Untuk mencegah rambut frizzy dan mudah kusut, gunakan sampo dengan bahan-bahan yang menghidrasi seperti gliserin, yang bersifat humektan. Ini berarti dapat menarik kelembapan extra di udara untuk menciptakan lapisan pelindung di atas helaian rambut.

3. Gunakan coconut oil sebagai perawatan rambut

Berdasarkan sebuah studi tahun 2003 yang dipublikasikan di Journal of Cosmetic Science, melaporkan bahwa minyak kelapa mengandung asam laurat tinggi, yang saat diaplikasikan pada rambut dapat dengan mudah diserap, dapat membantu menambah kelembapan pada rambut, dan mengurangi rambut kehilangan protein.

Gunakan minyak kelapa sebagai perawatan rambut sebelum atau setelah mencuci rambut untuk memberi kelembapan pada rambut, mengurangi rambut frizzy dan mudah kusut.

Caranya, cukup aplikasikan sedikit minyak kelapa organik pada rambut, lalu pijat rambut secara lembut. Diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, cuci rambut Anda dengan sampo hingga tidak ada lagi minyak kelapa yang menempel pada rambut. 

Anda juga bisa mengaplikasikan sedikit minyak kelapa pada rambut setelah keramas. Berhati-hatilah untuk hanya mengaplikasikan sedikit minyak kelapa, agar rambut tidak terasa sangat berminyak.

4. Menggunakan argan oil sebagai perawatan rambut frizzy

Selain minyak kelapa, Anda juga bisa menggunakan argan oil sebagai perawatan rambut frizzy. Sebuah artikel yang dipublikasikan di International Journal of Trichology, melaporkan bahwa minyak argan (argan oil) kaya akan bahan-bahan yang melembapkan seperti asam oleat dan asam linoleat, serta antioksidan seperti vitamin E. Semua kandungan ini dipercaya bisa membantu melembutkan rambut dan melindungi rambut dari kerusakan. 

Anda cukup mengaplikasikan beberapa tetes argan oil secara merata setelah mencuci rambut — saat rambut setengah kering. Berhati-hatilah untuk hanya menggunakan sedikit minyak argan, agar rambut tidak terlihat atau terasa berminyak.

5. Kurangi gesekan kasar

Menggosokan handuk secara agresif ke rambut dapat membuat kutikula kasar, yang menyebabkan rambut frizzy dan mudah kusut. Sebagai gantinya, Stephen Thevenot merekomendasikan mengeringkan rambut Anda dengan menggunakan handuk microfiber untuk mencegah rambut mengembang dan sulit diatur. Handuk microfiber terbuat dari serat yang lebih halus, ini artinya akan ada lebih sedikit gesekan pada rambut Anda.

6. Melindungi rambut dari suhu panas

Sebagaimana yang sudah disebutkan sebelumnya, rambut frizzy bisa disebabkan karena penggunaan alat styling rambut yang panas. Ada baiknya untuk mengurangi penggunaan alat styling rambut — jika memungkinkan. Akan tetapi, jika pada hari spesial Anda perlu menata rambut, Anda disarankan untuk menggunakan produk perawatan rambut yang bisa melindungi dari suhu panas alat styling. Ini bertujuan untuk mencegah dan mengurangi kerusakan pada rambut Anda.

Baca juga: 

Rawat Rambut Indah dengan 8 Bahan Alami untuk Perawatan Rambut

6 Cara Merawat Rambut Keriting yang Perlu Anda Ketahui

15 Masker Rambut untuk Atasi Kulit Kepala Kering

(Foto: [email protected])