Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Rawat Rambut Indah dengan 8 Bahan Alami untuk Perawatan Rambut

Bisa membuat rambut sehat, cantik, dan berkilau alami.

Rawat Rambut Indah dengan 8 Bahan Alami untuk Perawatan Rambut

Banyak produk perawatan rambut yang sarat akan bahan kimia buatan (artificial chemicals). Menurut Indian Journal of Dermatology, dalam produk perawatan rambut, sampo, mengandung sekitar 10 hingga 30 bahan kimia berbeda. Namun sayangnya, beberapa bahan kimia dalam produk perawatan rambut dapat menyebabkan iritasi kulit dan rambut kering.  

Tetapi untungnya, ada beberapa bahan alami yang bermanfaat untuk kesehatan rambut. Kira-kira apa saja? Berikut beberapa bahan alami terbaik untuk perawatan rambut. 

1. Coconut Oil 

Minyak kelapa (coconut oil) merupakan salah satu oil yang telah terbukti sebagai bahan alami paling baik untuk perawatan rambut. Sebuah ulasan tahun 2015 dalam International Journal of Trichology menunjukan bahwa minyak kelapa merupakan sebagai bahan yang efektif dalam perawatan rambut, yang dapat mencegah hilangnya protein pada rambut, penyebab rambut kering, frizzy, susah diatur, dan rapuh. 

Dengan menggunakan minyak kelapa dapat membuat rambut Anda lebih kuat. Anda direkomendasikan untuk mengoleskan minyak kelapa ke rambut Anda sebelum Anda membasahinya untuk melindungi rambut Anda dari kerusakan.

2. Argan Oil

Minyak argan (argan oil) kaya akan zat yang dapat menembus batang rambut dan mengurangi kekeringan. Ini termasuk vitamin E, asam oleat, dan asam linoleat. Dikutip dari salah satu majalah lifestyle, minyak argan sangat bagus untuk menambah kilau pada rambut, tidak terkecuali pada rambut yang diwarnai.

Sebuah studi tahun 2013 dalam Journal of Cosmetics yang menguji keefektifan minyak argan pada rambut yang diwarnai menemukan bahwa minyak argan efektif dalam mencegah kehilangan protein dan mengurangi kerusakan yang biasanya disebabkan oleh pewarna rambut.

3. Madu

Madu kaya akan antioksidan, yang berarti dapat melawan kerusakan rambut akibat radikal bebas dan stres oksidatif. Dengan kata lain, madu dapat membantu mencegah dan mengembalikan kerusakan rambut akibat terlalu lama terpapar sinar matahari dan polusi lingkungan.

Selain itu, madu juga bersifat humektan, ini artinya membantu mempertahankan kelembapan pada rambut. 

Selanjutnya, madu juga dapat membantu mengatasi masalah rambut ketombe. Menurut sebuah studi dalam European Journal of Medical Research yang melibatkan 30 peserta dengan masalah rambut ketombe menunjukan bahwa,  setengah dari peserta yang melakukan perawatan rambut menggunakan madu selama empat minggu mengalami pengurangan rasa gatal akibat ketombe secara signifikan, serta mengalami pengurangan kerontokan rambut.

4. Tea Tree Oil

Tea tree oil terkenal karena sifat anti jamurnya, yang artinya dapat mengurangi rasa gatal dan ketombe akibat jamur. Ini karena tea tree oil dapat mengurangi pertumbuhan ragi Malassezia, yang dapat menyebabkan ketombe.

Manfaat tea tree oil untuk ketombe diuraikan dalam sebuah studi tahun 2002 di mana para peneliti menemukan bahwa sampo yang mengandung tea tree oil diketahui lebih efektif untuk mengurangi ketombe. 

Anda direkomendasikan untuk menambahkan sedikit tea tree oil ke sampo, dan mencoba test spot terlebih dahulu untuk mencegah iritasi dan memastikan Anda tidak memiliki reaksi negatif terhadap bahan ini. 

5. Avocado Oil

Avocado oil merupakan emollient alami, yang berarti dapat melembutkan dan menghaluskan rambut. Secara spesifik, bahan alami ini dapat membantu menghidrasi batang rambut dan juga dapat mencegah kerusakan rambut akibat heat styling. 

Dengan kata lain, avocado oil dapat meningkatkan kesehatan rambut secara keseluruhan dan mencegah kerusakan rambut. Ini karena avocado oil mengandung asam lemak, yang dapat membantu memperbaiki kutikula, menghidrasi rambut, dan mencegah kerusakan pada rambut. Selain itu, avocado oil juga mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi rambut dari radikal bebas. 

6. Lidah Buaya (Aloe Vera)

Bahan yang satu ini memang terkenal memiliki segudang manfaat. Tak hanya bermanfaat untuk kulit tetapi juga untuk rambut. Lidah buaya dapat menjaga rambut tetap terhidrasi, menghasilkan rambut yang lebih halus, membantu menguatkan rambut, dan membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. 

Lidah buaya juga dapat mengurangi ketombe, karena penelitian telah menunjukkan bahwa aloe vera memiliki sifat antibakteri dan antijamur. 

Selain itu, jika Anda memiliki kulit kepala dan rambut berminyak, aloe vera dapat mengurangi minyak berlebih di sekitar folikel rambut dan membersihkan kulit kepala. 

Anda dapat mengoleskan gel lidah buaya ke kulit kepala dan rambut beberapa kali seminggu. Atau, Anda juga bisa menggunakan sampo dan kondisioner yang mengandung aloe vera di dalamnya.

7. Rosemary Oil

Jika Anda ingin meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengurangi kerontokan rambut? Rosemary oil adalah jawabannya! Ini karena, sebuah penelitian menunjukan bahwa minyak alami ini mampu merangsang pertumbuhan rambut baru. 

Campurkan satu atau dua tetes rosemary oil ke dalam minyak pembawa, lalu aplikasikan pada rambut sembari dipijat lembut, bilas rambut hingga bersih. Anda juga bisa menambahkan satu atau dua tetes rosemary oil ke dalam sampo atau kondisioner yang Anda gunakan. 

8. Geranium oil

Minyak geranium (geranium oil) dapat membantu memperkuat, menghidrasi, dan memulihkan rambut, serta meningkatkan pertumbuhan rambut. Campurkan beberapa tetes geranium oil ke dalam minyak pembawa dan gunakan sebagai masker rambut. Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes ke sampo dan kondisioner yang biasa Anda gunakan. 

Baca juga : 

7 Bahan Alami yang Sebaiknya Tidak Anda Aplikasikan Pada Wajah

Manfaat Argan Oil untuk Mengatasi Masalah Rambut

(Foto: [email protected])