Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

6 Cara Merawat Rambut Keriting yang Perlu Anda Ketahui

Termasuk kesalahan yang paling sering ia temukan.

6 Cara Merawat Rambut Keriting yang Perlu Anda Ketahui

Tampil dengan ikal alami Anda memang tak pernah sepopuler sekarang ini, tetapi mendapatkan yang terbaik dari tekstur alami Anda memerlukan sedikit persiapan. Lagi pula, rambut keriting alami membutuhkan produk penataan rambut, model potongan rambut, dan perawatan setelahnya yang sangat spesifik.

Dari tatanan rambut gelombang tebal hingga ikal padat, ada begitu banyak jenis rambut yang diklasifikasikan sebagai "keriting", tetapi pola rambut setiap orang pasti bervariasi, karena kita semua memiliki tekstur rambut, pertumbuhan dan kepekaan rambut yang berbeda-beda, menurut Errol Douglas, penata rambut dan spesialis rambut bertekstur untuk Living Proof.

"Rambut ikal sangat berbeda dari orang ke orang," jelasnya. "Untuk itu penting bagi Anda agar merawat rambut ikal Anda dengan berinvestasi pada produk yang tepat untuk pola ikal spesifik bagi rambut Anda (baik itu gelombang maupun ikal)."

Di artikel ini, Errol mengungkapkan enam hal yang ia ingin diketahui semua orang yang memiliki tipe rambut keriting, sehingga mereka bisa mendapatkan hasil maksimal dari tekstur alami mereka yang indah.

(Foto: Courtesy of Instagram @livingproofuk)
(Foto: Courtesy of Instagram @livingproofuk)

1. MENGENAL PERBEDAAN ANTARA RAMBUT KERITING DAN KERING

"Dengan klien yang saya lihat di salon, keriting dan kekeringan adalah dua masalah utama. Rambut keriting memiliki struktur molekul yang sangat berbeda dengan rambut lurus: asam amino dan distribusi lipid juga sangat berbeda, yang membuat rambut keriting dapat terasa kering, rapuh, dan mudah rusak."

2. PAHAMI STRUKTUR RAMBUT ANDA

"Rambut keriting tidak tumbuh serata rambut lurus dan perlu dirawat dengan ekstra hati-hati. Ini juga membutuhkan potongan 'keriting' yang spesifik. Kutikula dapat tak merata sehingga distribusi lipid tidak teratur, yang berarti rambut dapat kemungkinan kurang bersinar dan kurang hidrasi. Dan tanpa lipid barrier yang kuat, rambut kurang mampu mempertahankan diri dari stres eksternal."

3. GUNAKAN PRODUK YANG DIRANCANG KHUSUS UNTUK RAMBUT KERITING

"Produk terbaik akan mengatasi masalah unik dan spesifik pada rambut  ikal, seperti Healthy Curl Complex yang dipatenkan dalam Koleksi Living Proof Curl. Produk ini memberi kekuatan pada rambut ikal Anda, membuatnya tiga kali lebih kuat dan mengurangi kerusakan untuk menciptakan rambut ikal yang lebih kuat, lebih sehat, dan berkilau."

"Saya akan merekomendasikan untuk menggunakan produk yang membuat rambut Anda tahan daripada terlalu melembapkan, seperti Living Proof Curl Enhancer dan Curl Defining Gel. Ini akan membantu menciptakan volume dan menahan rambut. Mulai dari model Ikal sedang hingga tebal sering kali membutuhkan bantuan untuk mempercantik tampilannya untuk memberikan hasil akhir yang mengilap."

Living Proof Born To Be Curly Kit
35.00 pound sterling (711.900 rupiah)

Living Proof Curl Enhancer
33.00  pound sterling (674.190 rupiah)

Living Proof Curl Defining Gel 150ml
27.00 pound sterling (551.610 rupiah)

Living Proof Curl Moisturizing Shine Oil
31.00 pound sterling (633.330 rupiah)

4. USAHAN PRODUK ANDA BEBAS SILIKON 

"Klien menjadi lebih sadar akan efek merusak dari silikon pada rambut mereka. Terlepas dari ilusi kehalusan, ini dapat menyebabkan penumpukan dan sulit dihilangkan. Ini juga menarik debu dan kotoran ke rambut yang sebenarnya lebih dapat terlihat pada rambut keriting daripada di rambut lurus."

"Dan semua produk Living Proof bebas dari silikon. The Curl Moisturizing Shine Oil sangat menarik karena ringan dan bergizi, dan akan membuat rambut terasa terhidrasi dan terlihat berkilau tanpa menggunakan silikon."

5. BANTU SESI MENGURAI RAMBUT KUSUT MENJADI LEBIH MUDAH UNTUK DIRI ANDA

"Mengurai rambut kusut adalah tantangan yang saya lihat banyak terjadi pada klien saya yang memiliki tipe rambut keriting. Rambut bertekstur bisa menjadi sangat rumit, terutama ketika selepas tidur semalaman akibat gesekan pada bantal. Untuk itu menggunakan turban rambut sutra dapat meminimalkan gesekan ini."

6. MINIMALKAN GANGGUAN SAAT MENCUCI RAMBUT

"Saat rambut basah, kutikula akan lebih rapuh - jadi semakin banyak gesekan, semakin banyak kerusakan yang bisa Anda timbulkan, yang juga dapat menyebabkan kekeringan. Untuk itu gerakan lembut saat mencuci, jangan terlalu kuat, dan cobalah untuk menghindari gerakan yang dapat membuat rambut kusut. Saran yang baik bagi mereka yang memiliki jenis rambut yang sangat rapuh adalah mengoleskan Moisturizing Shine Oil ke rambut terlebih dahulu dan biarkan selama lima menit sebelum membilasnya dengan Curl Shampoo. Langkah ini dapat membantu meringankan gesekan dan meminimalisir kemungkinan rambut kusut."

(Penulis: Sarah Ilston; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar UK)