Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Tren Terbaru Manikur Natural yang Kembali Populer

Intip lebih dalam gaya manikur bertema “quiet luxury” ini yang cocok untuk gaya apa pun dan bagi siapa pun.

Tren Terbaru Manikur Natural yang Kembali Populer
Courtesy of Bazaar UK

Meskipun pilihan gaya manikur secara garis besar ditentukan oleh selera pribadi, tidak dipungkiri bahwa gaya bertema “quiet luxury” mendominasi selera manikur banyak orang. 

Secara kolektif, banyak orang ingin kukunya terlihat natural dan lebih baik atau disebut your-nails-but-better, sebagai simbol untuk terlihat elegan secara sederhana. Manikur yang terlihat minimalis ini pun juga menjadi simbol status untuk menunjukkan bahwa Anda terlihat sehat, bersih dan secara implisit ‘berkelas’ secara effortless

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Krim Tangan yang Akan Merawat Tangan Anda

Lihat Sophia Richie, seorang selebriti yang tahun ini sangat terkenal telah mengimplimentasi gaya atau aesthetic bertema “quiet luxury”. Pada pernikahannya yang diselenggarakan di musim semi kemarin, Sophia memiliki gaya kuku pendek berbentuk persegi dengan tepi kuku tumpul. Kuku Sophia dibaluri oleh cat kuku berwarna Sweet Candy Breath, yaitu warna peach/pink muda dengan sentuhan warna nude yang terlihat sangat halus. Berdasarkan nail artist Sophia, yaitu Georgia Rae, ia menggunakan merek Bio Sculpture’s Gemini Nourishing Nail Polish untuk membuat gaya kuku ini sesuai dengan yang diinginkan. 

Tentunya, manikur natural ini telah menjadi andalan para pengantin sejak dulu. Karena modelnya yang klasik dan elegan memperkuat tampilan gaun pengantin yang cocok dengan tema apa pun. Gaya manikur ini kemudian tak hanya digemari dalam ranah pernikahan, tetapi di luar itu, telah menarik perhatian banyak orang. “Saya melihat jelas adanya tren manikur dengan tampilan bersih dan natural yang diaplikasikan klien-klien saya,” kutip nail technician ternama bernama Metta Francis pada Bazaar US. “Banyak orang sekarang ingin memiliki gaya kuku bermodel “sempurna” dan terlihat sehat dan glowy seperti kulitnya.

Di satu sisi, banyak orang lebih menyukai kuku polish-free (tanpa cat kuku apa pun) dan hanya ingin manikur biasa dengan kuku asli yang terawat.

Di sisi lainnya yang telah mengisi feed media sosial kami, adalah gaya kuku natural yang tetap menggunakan cat kuku berwarna neutral-toned semi-transparent polish (seperti kuku signature Hailey Bieber yang bertema glazed donut skin, dan kuku Margot Robbie yang bertema American Manicure saat ajang Oscar). Ada juga gaya kuku ‘milk manicure’ atau ‘lip gloss nails’ yang menjadi tren besar di sosial media.

Liana Thomson, pakar kecantikan di Nails.co.uk mengatakan bahwa walaupun desain-desain kuku ini termasuk “nail art”, tampilan kuku ini tetap menunjukkan gaya elegan dan understated sophistication, yang cocok dengan aesthetic minimalis bertema “quiet luxury”. 

Courtesy of Bazaar UK

Tetapi, banyak dari kami dan A-listers lainnya, berada di tengah-tengah dalam konteks berbusana anggun dengan gaya manikur yang sangat simpel. Seperti yang terlihat di tampilan Cate Blanchett, Hoyeon Jung, Jodie Comer, dan Anya Taylor-Joy, mereka memilih untuk menghadiri acara-acara besar dengan kuku colour-free bersama manikur simpel dan polished.

Sesuai dengan apa yang ditunjukkan, tampilan kuku ini selalu cocok dengan outfit atau acara apa pun. “Kuku yang bersih dan natural melengkapi semuanya. Kuku tersebut adalah gaya klasik yang tidak akan terlihat aneh di tempat kerja atau acara khusus apa pun,” ucap Metta. 

Apa yang Mendefinisikan Tren Manikur Bertema “Your-nails-but-better” ?

Tidak seperti cat kuku berwarna tradisional “nude” padat, tren manikur ini menggunakan cat kuku yang warnanya hampir sama dengan warna kulit pengguna, dan ketebalan warnanya semi-transparan atau sangat sheer. Ketebalan dan opasitas warna kuku juga harus menunjukkan kontras antara pelat kuku dan ujung kuku (tetapi lebih halus dari kuku “telanjang” Anda atau jika kuku Anda bermodel French manicure tradisional dengan tip kuku putih). Polesan kuku model ini cenderung sangat mengkilat atau memiliki glossy finish. Sama seperti deskripsi Metta di mana “tangan terlihat terhidrasi, termasuk kulit di sekeliling kuku dan kutikula adalah sangat penting.”

Dari segi bentuk, “kuku dengan bentuk sedikit pendek dan model 'squoval' atau sedikit bulat mendefinisikan gaya manikur ini,” kata Metta. “Saat ingin menentukan mau bentuk apa, ikutilah bentuk kutikula Anda,” saran Metta. “Tujuannya adalah agar kuku Anda terlihat natural dan effortless”. Sama seperti tren kecantikan “low maintenance” lainnya, ternyata perawatan dan keahlian untuk mencapai model kuku ini butuh effort yang besar. 

Cat Kuku Terbaik untuk Tampilan Kuku “Your-nails-but-better”

Jika Anda memilih cat kuku dengan formula gel yang dapat bertahan selama tiga minggu, Metta menyarankan cat kuku bermerek CND Shellac.

Bouquet adalah nuansa warna yang indah untuk warna kulit yang lebih terang. Warna ini memiliki undertone dingin jadi jika Anda ini warna yang lebih hangat, Satin Slippers merupakan warna yang sempurna. Veiled juga tipe warna yang indah dengan undertone hangat, dan akan cocok bagi yang memiliki warna kulit lebih gelap.”

Metta menjelaskan bahwa “satu lapisan warna akan menghasilkan model natural indah yang tipis dan bersih, sementara dua lapisan akan menghasilkan model kuku yang lebih semi-opaque,” seperti yang terlihat di karyanya di gambar atas.  

Selebihnya, “CND Plexigel warna Oatmilk adalah shade yang bagus untuk warna kulit yang lebih gelap, sementara warna Porcelain memiliki undertone yang dingin.

Kelebihan dari berkonsultasi dengan ahli manikur seperti Metta adalah mereka dapat membuat warna custom yang cocok dengan warna kulit Anda dengan cara melapiskan beberapa layer polesan cat kuku.  

Jika Anda lebih memilih cat kuku biasa dibandingkan cat kuku gel, Metta menyarankan merek dan warna berikut untuk mencari shade yang mirip dengan warna kulit Anda. “CND Vinylux di warna Bouquet dan Satin Slippers, OPI di warna Bubble Bath, Nails Inc di warna Get Discovered dan Knightsbridge Nights Out, Hermès Nail Enamel di warna Rose Coquille, dan Essie di warna Ballet Slippers.” 

O.P.I Nail Polish Bubble Bath
Courtesy of Bazaar UK
Nails Inc 45 Second Speedy Gloss Knightsbridge Nights Out
Courtesy of Bazaar UK

Hermès Nail Enamel
Courtesy of Bazaar UK

Essie Nail Colour 6
Courtesy of Bazaar UK

Cara Merawat Gaya Manikur “Your-Nails-But-Better” 

Metta mengajarkan bahwa cara terbaik merawat kuku adalah, “Dengan mengaplikasikan minyak kutikula dua kali sehari dan secara teratur melembabkan tangan, apalagi jika Anda sering mencuci tangan atau menggunakan hand sanitiser”. 

Paling tidak seminggu sekali, “Gunakanlah scrub tangan dan masker tangan agar terus terlihat dan terasa halus.” Ini akan membantu mengurangi kulit mati yang menumpuk, ucap Metta. 

“Anda juga bisa secara perlahan mendorong balik kulit di area kutikula Anda setelah mandi, di saat kulit Anda dalam kondisi halus agar area tersebut terlihat bersih dan rapi.”

Inspirasi untuk Tren ini

Berikut merupakan beberapa pilihan favorit Bazaar dari tren manikur yang bisa Anda coba sendiri atau tunjukkan ke nail artist Anda.

BACA JUGA:

Cara Meningkatkan Kualitas Ritual Mandi Harian Anda

5 Manfaat Body Scrub untuk Kulit Anda

(Penulis: Bridget March; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Vala Makki; Foto: Courtesy of BAZAAR UK)