Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

5 Manfaat Body Scrub untuk Kulit Anda

Say bye-bye dead skin cells!

5 Manfaat Body Scrub untuk Kulit Anda
Courtesy of Pexels

Sel-sel kulit mati yang menempel di permukaan kulit dapat menumpuk dan menjadi masalah untuk kulit Anda, sehingga kulit Anda dapat terlihat kusam dan tidak sehat. Jika Anda mengalami masalah ini, mungkin solusinya adalah untuk mulai menggunakan body scrub.

BACA LAGI: 23 Hal Esensial Tentang Perawatan Diri yang Dianut oleh Pakar Dunia Kecantikan Dr. Barbara Sturm

Dikenal sebagai produk eksfoliator tubuh, body scrub berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Meskipun Anda sudah rajin membersihkan tubuh Anda dengan sabun, perlu diketahui bahwa itu tidak cukup. Agar kulit terlihat lebih terawat dan bersih, pastikan Anda menambahkan body scrub dalam rutinitas Anda, sekitar dua hingga tiga kali seminggu.

Mengapa demikian? Berikut lima manfaat body scrub untuk kulit Anda.

1. Membantu membersihkan kulit agar terlihat lebih bersinar

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, fungsi utama body scrub adalah untuk membersihkan kulit secara maksimal dan mendalam sehingga membantu Anda dalam meraih penampilan kulit yang paripurna. Pastinya terlihat sehat dan glowing. Ini karena produk perawatan tersebut mengandung bahan-bahan yang menutrisi kulit, seperti sea salt.

2. Mengangkat sel kulit mati 

Tidak hanya membantu membersihkan kulit, body scrub juga dapat membantu proses regenerasi sel kulit baru lebih cepat. Ini karena sel-sel kulit mati yang tertumpuk di lapisan terluar kulit bisa dapat dibersihkan dengan mudah. Kulit Anda pastinya akan terasa lebih halus dan lembut setelah setiap pemakaian. 

3. Mencegah ingrown hair dan pertumbuhan jerawat

Menggunakan body scrub juga membawa manfaat lain. Seperti membantu membuka pori-pori yang tersumbat oleh sel kulit mati dan kotoran, dan juga mencegah pertumbuhan rambut ke dalam. Ini juga sering disebut dengan ingrown hair. Hal ini juga dapat mencegah pertumbuhan jerawat di bagian tubuh Anda.

4. Meremajakan kulit

Seiring waktu berjalan, tanda-tanda penuaan pasti muncul dan dapat terlihat di kulit Anda. Namun, jangan khawatir, karena dapat diatasi dengan perawatan body scrub yang rutin. Masalah yang sering ditemukan adalah selulit, yang mampu dikurangi penampilannya oleh produk yang satu ini.

5. Memaksimalkan kegunaan pelembap

Rajin menggunakan pelembap tubuh tidak berarti kulit Anda akan terasa lebih halus. Ini disebabkan karena pelembap dihalangi oleh tumpukan sel mati dan kotoran di lapisan kulit sehingga tidak dapat meresap ke dalam kulit secara maksimal. Body scrub tentu dapat mengatasi hal ini karena fungsi utamanya adalah mengangkat kotoran-kotoran tersebut. 

Memiliki kulit yang sehat dan bersih merupakan mimpi setiap orang. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apa yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkan skin goals tersebut. Untuk membantu Anda lebih jauh, Bazaar pun mempunyai beberapa rekomendasi body scrub yang dapat Anda coba.

Sensatia Botanicals
Coffee & Cacao Brown Sugar Scrub

Sensatia Botanicals Coffee & Cacao Brown Sugar Scrub

Courtesy of
Sensatia Botanicals

Mengandung coffee dan cacao brown sugar, produk ini aman untuk kulit sensitif dan berfungsi dalam mencerahkan kulit. Selain itu, produk lokal Indonesia ini juga dapat memudarkan selulit dan menjaga kelembapan kulit sehingga terlihat lebih lembut dan terhidrasi.

Wardah
Soft Body Scrub

Wardah Soft Body Scrub
Courtesy of Wardah

Body scrub dari Wardah ini juga aman untuk kulit kering dan sensitif karena tidak menyebabkan iritasi dan tidak mengandung parfum. Kandungan olive oil dan coconut oil juga membantu dalam melembapkan kulit dengan sempurna.

The Body Shop
Fuji Green Tea Body Scrub

The Body Shop Fuji Green Tea Body Scrub
Courtesy of The Body Shop

Selain dapat membantu mengatasi jerawat, body scrub ini mempunyai efek cooling yang dapat membuat kulit terasa dingin setelah beraktivitas. The Body Shop Fuji Green Tea Body Scrub juga memiliki kandungan green tea yang tinggi sehingga terbukti berfungsi dalam mengangkat sel kulit mati dengan maksimal agar kulit terlihat lebih cerah.

Tree Hut
Coconut Lime Shea Sugar Scrub

Tree Hut Coconut Lime Shea Sugar Scrub
Courtesy of Tree Hut

Formula scrub ini, yang mengandung kombinasi antara gula dan pumice beads, dapat bekerja secara optimal dalam membersihkan sel kulit mati yang tersumbat, terutama pada kulit kering dan kusam. 

Dior
J’Adore Les Adorables Shimmering Scrub

Dior J’Adore Les Adorables Shimmering Scrub
Courtesy of Dior

Memiliki tekstur yang lembut dan creamy, body scrub ini dapat mengeksfoliasi dan juga rejuvenasi kulit Anda agar lebih terhidrasi dari sebelumnya.  

BACA LAGI:
Tubuh Anda Juga Memerlukan Retinol
8 Produk yang Ampuh untuk Menghilangkan Komedo

(Penulis: Bella Nazelina; Foto: Courtesy of Pexels, Sensatia Botanicals, Wardah, The Body Shop, Tree Hut, Dior)