Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Cara Meningkatkan Kualitas Ritual Mandi Harian Anda

Apakah Anda telah menyempurnakan rutinitas mandi sehari-hari Anda? Pikirkan lagi...

Cara Meningkatkan Kualitas Ritual Mandi Harian Anda
Courtesy of Bazaar UK

Dalam hal ritual harian, mandi ada di sana dengan salah satu aktivitas run-of-the-mill yang telah kami kuasai selama bertahun-tahun. Tapi bisakah kita memanfaatkan waktu menyendiri dalam kegiatan yang sakral ini sedikit lebih baik?

BACA JUGA: Berikut 13 Penyebab Bibir Anda Makin Hitam

TikTok tampaknya berpikir demikian, karena tagar 'everything shower' menampilkan praktik perawatan diri yang mencakup banyak sekali langkah untuk menyaingi perawatan spa. Berhasil menembus lebih dari 32 juta penayangan di platform tersebut.

Meskipun mudah untuk menganggap mandi setiap hari sebagai kebutuhan daripada kemewahan, menikmati sedikit waktu sambil memperbaiki kulit dan rambut Anda tampaknya tidak perlu dipikirkan lagi. Selain rambut berkilau dan kulit bercahaya, melangkah ke bilik kamar mandi juga dapat mengurangi kelelahan, rasa sakit, dan stres. Sebuah penelitian telah menemukan bahwa panas mendorong otak kita melepaskan oksitosin, atau dikenal dengan 'hormon bahagia' yang pada gilirannya membuat kita lebih tenang.

Mandi air dingin, di sisi lain, diyakini meningkatkan sirkulasi darah, sehingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan tingkat stres, jika Anda merasa cukup berani untuk menurunkan suhu.

Mau itu kegiatan mandi yang hanya mencakup membersihkan tubuh dan pergi atau membersihkan tubuh cukup lama, kami bertanya kepada Catherine Borysiewicz, dokter kulit di klinik kulit Dr David Jack bagaimana Anda dapat memaksimalkan waktu mandi untuk menuai lebih banyak dari ritual biasanya.

Atur suasana untuk ritual mandi Anda

Mengatur ulang pola pikir Anda dari tugas biasa menjadi ritual yang menyenangkan adalah kunci untuk memaksimalkan mandi Anda, menurut Catherine.

“Masuk ke pola pikir yang benar untuk mandi sangat bergantung pada apakah Anda lebih suka mandi pagi untuk membantu Anda bangun, atau mandi santai di penghujung hari,” katanya. “Ini adalah kesempatan bagi Anda untuk meluangkan waktu dari hari sibuk Anda untuk fokus pada perawatan diri. Bersenang-senang lah! Sebagai ibu yang sibuk, saya suka saat-saat damai yang dibawa oleh mandi.”

Baik itu menyalakan lilin favorit Anda, atau menyetel lagu yang menenangkan atau ceria, atur suasana untuk memaksimalkan waktu Anda. Dari sudut pandang kecantikan, coba pijat kulit kepala Anda untuk meregangkan sel-sel folikel rambut Anda dan merangsang pertumbuhan rambut, dan sikat tubuh dari kepala hingga ujung kaki untuk membuka pori-pori yang tersumbat, meningkatkan sirkulasi, mengurangi selulit, dan menstimulasi sistem limfatik Anda. 

Shower
Courtesy of Bazaar UK

Tentukan urutan mandi

Bagaimana mencuci tubuh dan rambut Anda penting dan dapat berarti perbedaan antara kulit halus dan pori-pori yang tersumbat.

“Saya merekomendasikan mandi setiap hari untuk menghindari penumpukan bakteri dan polusi pada kulit,” jelas Catherine. “Jaga agar mandi tetap singkat, usahakan maksimal 10 menit karena ini akan mencegah penggunaan air yang tidak perlu dan menghindari pengupasan minyak pelindung dari kulit Anda. Pertahankan air hangat, tapi jelas tidak terlalu panas karena ini akan merusak penghalang kulit dan perancah kolagennya.

Mengenai urutan, Catherine menyarankan untuk memulai dengan sampo jika Anda sedang mencuci rambut, lalu oleskan kondisioner dan biarkan selama Anda membersihkan tubuh. “Ini akan memberi waktu pada kondisioner untuk bekerja dan Anda juga bisa melakukan pijatan cepat di kulit kepala di sini. Saya selalu menyarankan klien untuk beralih ke shower gel bebas sabun untuk menghindari kulit kering dan menjaga mikrobioma-nya.

Setelah membersihkan tubuh, jika Anda ingin mencukur maka saat itu saat yang tepat, karena Anda dapat memanfaatkan kulit yang bersih dan siap serta pori-pori yang terbuka. Ini akan menghindari iritasi dan ruam cukur. Setelah membilas kondisioner, bersihkan wajah Anda akan memastikan tidak ada residu produk seperti perawatan rambut pengkondisian pada wajah Anda yang dapat menyebabkan jerawat. Turunkan suhu sedikit untuk menghindari kekeringan dan raih pembersih Anda.

Saya juga menggunakan ini sebagai kesempatan untuk menggunakan produk aktif apa pun seperti produk pembersih AHA yang lembut jika kulit wajah atau tubuh saya tersumbat atau kasar.”

Jangan melewatkan perawatan setelah mandi

Tidak ada yang seperti melangkah keluar dari pancuran air hangat dengan handuk lembut untuk mengatur ulang suasana hati dan merasa seperti diri Anda sendiri.

Tapi saran ini tidak berhenti di situ. “Setelah mandi, manfaatkan kelembapan yang menumpuk di kamar mandi Anda untuk mengunci kelembapan dengan pelembab tubuh dan wajah yang baik,” kata Catherine. “Aplikasikan ke arah pertumbuhan rambut agar tidak menyumbat kulit Anda dan jika Anda punya waktu, Anda juga bisa menggunakan produk masker wajah atau mata sebagai perawatan.”

Di bawah, lihat produk favorit Bazaar untuk meningkatkan ritual mandi Anda:

Aesop Body Cleansing Slab
Courtesy of Bazaar UK

Susanne Kaufmann Refining Scalp & Body Scrub
Courtesy of Bazaar UK

Barbara Sturm Body Brush Soft No 1
Courtesy of Bazaar UK

Ouai Medium Hair Bundle
Courtesy of Bazaar UK

Kitsch Eco-Friendly Microfiber Hair Towel
Courtesy of Bazaar UK

Augustinus Bader The Body Oil
Courtesy of Bazaar UK

BACA JUGA: 
Apa yang Perlu Anda Ketahui Tentang Tren Kecantikan Lip Blushing

Cara Memelihara Uban Anda

(Penulis: Jessica Harris; Artikel ini disadur dari: Bazaar UK; Alih bahasa: Farah Armelia Khadijah; Foto: Courtesy of Bazaar UK)