Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Aktivitas Ini Dapat Membantu Anda Mencerahkan Pikiran dan Mengembangkan Potensi Diri

Sambut diri Anda yang baru!

Aktivitas Ini Dapat Membantu Anda Mencerahkan Pikiran dan Mengembangkan Potensi Diri
(Foto: Courtesy of Instagram @npmphoto)

Dalam menjalani kehidupan, bukanlah hal yang sulit untuk selalu terlarut dalam pikiran-pikiran negatif dan destruktif, terutama di masa-masa tak pasti akibat hadirnya pandemi yang telah memorak-porandakan kehidupan atau mungkin rencana besar yang telah Anda rancang selama ini. Untuk itu penting rasanya untuk mulai mengambil tindakan nyata agar potensi diri yang terpendam dapat "dikeluarkan" untuk membawa sederet inspirasi dan kreativitas yang dapat mendukung performa.

Di bawah ini, Bazaar telah merangkum 5 aktivitas yang dapat Anda lakukan untuk mendapat "pencerahan" serta mengembangkan potensi diri:

1. Meditasi

Seperti yang mungkin sering Anda dengar, ada begitu banyak manfaat ketika kita melakukan meditasi. Dengan membawa tubuh kembali ke keadaan tenang dan rileks (terutama setelah menjalani hiruk-pikuk kehidupan), melakukan aktivitas meditasi dapat membantu meningkatkan fokus tidak hanya kepada lingkungan namun juga untuk diri sendiri. 

Kemudian, meditasi juga telah terbukti mampu membantu mengurangi stres dan kecemasan. Dengan duduk dalam posisi santai dan mencoba untuk fokus pada satu hal, tubuh Anda akan memasuki keadaan yang sangat tenang yang dapat membantu Anda mengalihkan perhatian dari kecemasan, stres, dan bahkan pikiran-pikiran negatif yang dapat menghalau pengembangan diri.

(Foto: Courtesy of Headspace)
(Foto: Courtesy of Headspace)

Headspace

Headspace adalah kelas intro yang bagus untuk memperlambat dan fokus pada hal-hal yang baik. Di dalamnya termasuk meditasi terpandu, serta meditasi mini yang hadir dalam rentang durasi sesuai waktu yang Anda miliki mulai dari dua hingga 60 menit.

2. Journaling

Jika di masa kecil Anda gemar menuliskan apa yang terjadi sepanjang hari di dalam buku harian Anda namun telah meninggalkan kebiasaan tersebut ketika beranjak dewasa, mungkin ini saatnya untuk kembali ke hobi menulis diari yang mungkin sekarang lebih dikenal dengan istilah journaling. Tak hanya sekadar dapat menjadi “kenang-kenangan”, nyatanya tekun melakukan journaling memiliki segudang manfaat yang mungkin jarang disadari, di antaranya:

  • Mampu membantu Anda memprioritaskan masalah, ketakutan, dan kekhawatiran.
  • Melacak gejala apa pun setiap hari, sehingga Anda dapat mengenali pemicu dan mempelajari cara untuk mengendalikannya dengan lebih baik.
  • Memberikan kesempatan untuk “melakukan percakapan dengan diri sendiri”, dan mengidentifikasi pikiran dan perilaku yang negatif demi membantu Anda menjadi pribadi yang semakin hari semakin baik.

(Foto: Courtesy of Typo)
(Foto: Courtesy of Typo)

Typo A5 Activity Book
189.900 rupiah

Buku aktivitas ini dapat digunakan sebagai cara sempurna bagi Anda untuk rehat sejenak dari kesibukan sehari-hari dan berlatih untuk menerapkan self-love dan mindfulness dalam hidup.

3. Olahraga

Tidak hanya akan membantu menjaga kebugaran tubuh (yang tentunya secara tak langsung juga memiliki dampak positif bagi kesehatan mental), olahraga juga telah terbukti mampu meningkatkan kesehatan mental dengan mengurangi kecemasan, depresi, dan suasana hati yang negatif dan self-esteem serta fungsi kognitif. Selain itu, studi menemukan bahwa olahraga juga telah mampu meringankan gejala seperti perasaan rendah diri dan anti-sosial.

(Foto: Courtesy of Masari)
(Foto: Courtesy of Masari)

Fitbit Inspire 2
1.899.000 rupiah

Tak hanya digunakan untuk menavigasi keseharian Anda mulai dari langkah, detak jantung, pembakaran kalori per hari, sekarang perangkat Fitbit telah diperlengkapi dengan  fitur menghitung "skor" manajemen stres harian berdasarkan berbagai faktor yang ditinjau dari berbagai faktor mulai ari detak jantung, tingkat aktivitas fisik, hingga data tidur Anda yang dinilai berdasarkan angka 1 hingga 100.

4. Podcast

Akhir-akhir ini, podcast atau yang dikenal dalam Bahasa Indonesia sebagai siniar telah mendapat minat yang lebih, terutama di masa pandemi ketika banyak orang berdiam diri. Untuk itu, manfaatkan sesi mendengarkan podcast dengan memilih topik-topik yang mampu membantu Anda mengembangkan potensi diri. Mulai dari tips dan trik, hingga belajar dari kisah pengalaman pribadi sang podcaster, sekarang Anda tak perlu belajar hal dari cara yang sulit!

(Foto: Courtesy of Spotify)
(Foto: Courtesy of Spotify)

Happier with Gretchen Rubin

5. Buku

Seperti kata pepatah yang berbunyi: Membaca adalah jendela dunia, Dengan membaca, apapun jenis bacaannya entah novel, puisi, atau berita apapun, ini akan menambah manfaat potisif dalam diri seseorang. Selain itu, dengan membiasakan diri untuk gemar membaca, ini juga akan membantu kita memahami hal-hal yang mungkin selama ini tidak dimengerti. 

(Foto: Courtesy of Goodreads)
(Foto: Courtesy of Goodreads)

Discover The Warrior Within You oleh  Lavanya Jayakumar 

Buku karya Lavanya ini akan memberi Anda kesempatan untuk melihat potensi serta kekuatan yang ada dalam diri yang dibalut dalam proses langkah demi langkah untuk menemukan, membangkitkan, dan melepaskan kekuatan batin Anda. 

Sudah siap dengan diri Anda yang baru yang penuh energi positif, bahagia, dan berlimpah akan inspirasi?

Portofolio ini:

Photography: Andre Wiredja 
Fashion Editor: Michael Pondaag 
Makeup: Archangela Chelsea
Model: Julia (@amormodel)
Hair: Rangga Yusuf 
Asst. Photographer: Andrean Lim, Farid Renais 
AsstStylist: Bella Konstantin

(Foto: Courtesy of Instagram @npmphoto)