Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Ekspresi Seni Kontemporer di Art Jakarta Gardens 2024

Rasakan pengalaman panorama seni di ruang terbuka yang hadir kembali pada tanggal 23 – 28 April 2024.

Ekspresi Seni Kontemporer di Art Jakarta Gardens 2024
Courtesy of Art Jakarta Gardens

Art Jakarta Gardens kembali hadir untuk memperkaya ragam acara seni di kota metropolitan. Edisi ketiga ini digelar pada tanggal 23 – 28 April 2024 di Hutan Kota by Plataran, Jakarta. Pekan seni tersebut menampilkan 23 galeri terkemuka dan 30 patung luar ruangan yang memikat, di mana karya-karya tersebut menghiasi beberapa sudut di Hutan Kota by Plataran.

BACA JUGA: Menyambut Hari Film Nasional dengan Para Sineas Tanah Air

Courtesy of Plataran

Tahun ini, Art Jakarta Gardens memboyong karya patung para seniman piawai lintas generasi. Karya dari G. Sidharta, Nyoman Nuarta, dan tak lupa juga seniman muda yang tidak kalah memukaunya, seperti Dian Hardiansyah turut menghiasi sculpture garden tersebut. Pengunjung berkesempatan untuk merasakan ekspresi artistik dengan latar oasis di tengah Jakarta, yang mana Hutan Kota by Plataran bermetamorfosis menjadi pameran seni luar ruangan. Para penikmat karya tidak hanya melihat seni melalui lukisan ataupun instalasi, Anda dapat mengetahui apa cerita dan narasinya di balik pembuatan karya tersebut.

Courtesy of Art Jakarta Gardens

Instalasi-instalasi di pameran seni ini juga berkolaborasi dengan para mitranya dengan menghasilkan karya-karya spektakuler. Instalasi pertama ialah Bibit x Erwin Windu Pranata yang menampilkan sebuah inflatable sculptures, dinamakan 'The Bouquet: Fall, Grow'. Instalasi kedua adalah Treasury x Naufal Abshar yang menghadirkan instalasi bertajuk 'Gold is King'. Untuk memeriahkan Art Jakarta Gardens, Treasury memproduksi koin emas untuk edisi terbatas yang dapat Anda koleksi.

Selain itu, iForte x Tomy Herseta mempersembahkan 'We Hear You’re Here and There'. Instalasi ini tergolong unik karena ini merupakan karya seni bunyi spasial. Mitra Art Jakarta Gardens berikutnya adalah Xiaomi x Davy Linggar. Hasil karya yang disuguhkan bertajuk 'Face to Face', yaitu sebuah site-specific photography installation. Instalasi Roca juga hadir memeriahkan pekan seni ini. Berkolaborasi dengan Sigit D. Pratama/thisPlay untuk menyajikan site-specific installation bertajuk 'Luxury Crime'. 

Courtesy of Art Jakarta Gardens

Enin Supriyanto, Artistic Director, menyatakan pada Art Jakarta Gardens 2024 tak hanya berfokus pada seni saja, melainkan pertunjukan musik juga hadir guna menyemarakkan pekan seni ini. White Shoes & the Couples Company, Oomleoberkaraoke, Monica Hapsari, dan musisi Indonesia berbakat lainnya turut menyajikan suguhan musik-musik istimewa di Art Jakarta Gardens 2024.

Hari pertama Art Jakarta Gardens dibuka untuk pengunjung VIP sementara masyarakat umum dapat mengunjunginya mulai hari Rabu, 24 April 2024.

BACA JUGA:

Panduan Utama Mengoleksi dan Berinvestasi dalam Seni

Art Jakarta Garden 2024

(Teks: Fenny Marandita, Foto: Courtesy of Art Jakarta Gardens, Courtesy of Plataran)