Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

5 Cara Mencegah Agar Rambut Tidak Kering

Terjamin manjur agar rambut tetap sehat dan kuat.

5 Cara Mencegah Agar Rambut Tidak Kering
Courtesy of unsplash.com

Pada umumnya, rambut kering ditandai dengan rambut yang terlihat rusak, kusam, sulit diatur dan mudah patah. Ditambah lagi, kondisi ini juga identik dengan hilangnya kemampuan rambut dalam menyerap nutrisi agar menjaga kelembapan alaminya. 

BACA LAGI: Patut Dicoba! Ini 31 Produk Terunggul untuk Perawatan Rambut Anda

Rambut memang merupakan bagian penting, apalagi perannya seabagai pelengkap estetika wajah. Karena itu, memiliki rambut kering pastinya tidak diinginkan dan harus dihindari. Nah, yang menjadi pertanyaan hampir setiap perempuan (dan lai-laki) adalah: bagaimana caranya agar rambut tidak kering?

Sebelum mendalami caranya, Anda juga wajib mengetahui faktor penyebab rambut bisa kering. Rambut kering terjadi ketika kulit kepala tidak memproduksi minyak yang cukup untuk melembapkan rambut Anda, atau ketika kutikula rambut mengalami kerusakan.

Tetapi, ada juga faktor lain yang dapat mengakibatkan rambut kering, seperti:

  • Kekurangan gizi
  • Terlalu sering keramas
  • Terlalu sering styling rambut
  • Salah memilih produk sampo dan kondisioner
  • Tidak menggunakan kondisioner setelah keramas
  • Tinggal di negara tropis 

Dengan mengetahui penyebab dan juga menghindarinya, Anda pasti dapat menjauh dari kondisi rambut kering. Namun jangan khawatir, berikut cara mengatasinya apabila Anda memiliki kondisi rambut yang kering.

5 cara mengatasi rambut kering:

1. Hindari keramas setiap hari

Mencuci rambut memang penting untuk membersihkan kotoran yang ada di kulit kepala dan setiap helai rambut. Tetapi tidak berarti Anda harus melakukan ini setiap hari.

Kebiasaan yang salah ini justru dapat membuat rambut Anda semakin kering dan rusak, terutama jika sudah memiliki rambut kering dan berkembang. Ini karena mencuci rambut setiap hari dapat menghilangkan kelembapan alami rambut.

2. Pakai masker rambut

Sama seperti sampo dan kondisioner, masker rambut juga penting digunakan untuk merawat rambut.

Gunakanlah produk yang memakai bahan-bahan alami, seperti minyak zaitun, minyak kelapa dan lidah buaya, agar rambut dan kulit kepala mendapatkan nutrisi yang cukup. Rasakan rambut lebih lembut dan berkilau setelah menggunakan masker rambut minimal sekali seminggu.

Simak 12 rekomendasi masker untuk rambut kering dan mengembang!

3. Pilih sampo yang tepat

Banyak orang tidak memerhatikan bahan-bahan yang ada di sampo, padahal itu adalah hal yang penting!

Pilihlah sampo yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan rambut Anda, contohnya sampo khusus untuk mengatasi rambut kering dan mengembang. Jika pemilihan sampo Anda sudah salah, makan kondisi rambut Anda pun dapat bertambah parah. 

4. Gunakan kondisioner setelah keramas

Kondisioner merupakan tahap krusial yang perlu dipakai setelah keramas.

Produk yang satu ini dapat membuat kutikula rambut tetap sehat dan menjaga kadar minyak alami di rambut Anda sehingga membuat rambut Anda lebih sehat.

Kondisioner yang mengandung biotin, keratin, dan kolagen wajib diincar agar lebih maksimal.

5. Konsumsi makanan sehat dan bergizi

Selain merawat rambut dari dalam, Anda juga harus merawatnya dari dalam, yakni dengan konsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

Makanan tersebut mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh Anda sehingga dapat memberi dampak positif bagi rambut Anda juga. Contohnya, ikan seperti salmon dan tuna yang kaya akan protein dan Omega 3, bayem dapat membantu mengatasi rambut rapuh, atau jambu biji untuk mencegah kerusakan rambut lebih dalam. 

Bazaar juga menawarkan beberapa rekomendasi produk sampo dan kondisioner yang dapat Anda coba:

Tresemmé
Keratin Smooth
Shampoo & Conditioner

Courtesy of Tresemmé

Kombo ini dapat melembapkan sekaligus menutrisi rambut. Mengandung keratin sebagai utamanya, kedua produk ini cocok untuk rambut kering dan mengembang. 

Organic Care Naturals
Deep Nourish
Shampoo

Courtesy of Organic Care

Dengan kandungan argan oil dan cocoa butter, sampo ini memang dirancang untuk memberi kelembapan maksimal bagi rambut kering dan rusak.

Sukin
Deep Cleanse
Shampoo

Courtesy of Sukin

Terkenal karena hanya menggunakan bahan alami dan ramah lingkungan, sampo dari Sukin ini sangat bermanfaat untuk rambut Anda.

Selain dapat mengatasi rambut kering, produk ini juga dapat mengurangi produksi minyak di kulit kepala dan mencegah rontok. 

Olaplex No. 4 Bond Maintenance Shampoo & Olaplex No. 5 Bond Maintenance Conditioner

Courtesy of Olaplex

Sebagai label perawatan rambut yang terkemuka, dua produk Olaplex ini memang sudah terkenal sebagai pilihan yang sempurna untuk semua tipe rambut, terutama rambut kering.

 

Erhalogy
Hydrating Shampoo

Courtesy of Erha

Sampo brand lokal ini mampu melindungi kulit kepala dan rambut, terutama jika sudah dalam kondisi rambut rusak, rapuh, dan patah. Dengan kandungan almond milk extract, amino acid, dan ceramide complex, sampo ini dapat menjaga kadar air pada batang rambut dengan baik. 

Kérastase
Bain Satin 2 Shampoo

Courtesy of Kérastase

Siapa yang tidak familier dengan Kérastase?

Terkenal dengan bahan-bahanya yang berkualitas premium, sampo yang satu ini sangat sepadan dengan harganya. Kérastase Bain Satin 2 Shampoo mengandung banyak lipid dan glacid sehingga dapat mengembalikan rambut yang sehat dan berkilau, sekaligus melembapkannya secara instan.

Briogeo Be Gentle, Be Kind
Banana + Coconut Nourishing Superfood Conditioner

Courtesy of Briogeo

Memiliki tekstur yang ringan dan mengandung bahan-bahan yang bagus untuk rambut (pisang, kelapa, acai), sampo ini cocok untuk segala jenis rambut.

Selain itu, sampo ini juga mengandung banyak vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat membantu proses perbaikan rambut lebih cepat dan efektif. 

Sensatia Botanicals
Balancing Shampoo

Courtesy of Sensatia Botanicals

Sampo dari asal Bali ini juga wajib dimasukkan ke daftar Anda! Dengan kandungan minyak tea tree, minyak peppermint, dan ekstrak ginseng, produk andalan ini dapat membantu mengatasi rambut kering sekaligus menyehatkan rambut. 

BACA LAGI:

Tata Cara Mewarnai Rambut Peek A Boo
Apa Benar Minyak Rosemary Membantu Pertumbuhan Rambut Anda?

(Penulis: Bella Nazelina; Foto: Courtesy of unsplash.com, Tresemmé, Organic Care, Olaplex, Erha, Kérastase, Briogeo, Sukin, Sensatia Botanicals)