Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Mengenal Segudang Manfaat dari Kolagen dan Biotin untuk Rambut!

Ubah rambut capek menjadi ke-charged lewat pilihan produk berkandungan kolagen dan biotin.

Mengenal Segudang Manfaat dari Kolagen dan Biotin untuk Rambut!
(Foto: Courtesy of sofiazhuravets©123RF.com)

Semua tentu setuju bahwa tidak ada satu pun orang yang ingin tampil dengan rambut yang tak prima atau yang akhir-akhir lebih dikenal dengan istilah rambut capek. Untuk itu penting rasanya menghadirkan produk perawatan rambut yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan concern rambut agar berbagai permasalahan rambut dapat terselesaikan.

Baca juga: 4 Hal yang Dapat Dilakukan Saat Weekend Agar Rambut Tidak Capek Seminggu Kedepan

Sebelum masuk memilih produk yang akan menjadi favorit Anda selanjutnya, ada baiknya bagi Anda untuk mengenal dua kandungan paling mutakhir yang telah terbukti mampu mengatasi berbagai permasalahan rambut  yaitu kolagen dan biotin.

Tak hanya bermanfaat untuk menjaga tampilan agar tetap awet muda, nyatanya kolagen juga memiliki segudang manfaat baik yang dapat mendukung tampilan rambut Anda. Mari simak beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh kolagen bagi rambut yang telah Bazaar rangkumkan di bawah ini:

  • Memberikan suplai asam amino 

Karena rambut utamanya terdiri dari protein keratin, maka tubuh menggunakan beberapa asam amino untuk membangun keratin. Jadi bila Anda menggunakan produk berkandungan kolagen, tubuh Anda akan mengubahnya menjadi asam amino yang kemudian digunakan untuk membangun protein. 

  • Membantu melawan kerusakan folikel rambut

Folikel rambut yang setiap orang miliki dapat rusak karena efek dari radikal bebas (radikal bebas bisa terjadi karena  stres, polusi udara, hingga pengaruh lingkungan lainnya).. Untuk itu diperlukan kolagen yang bertindak sebagai antioksidan untuk  melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan rambut.

  • Memperlambat munculnya rambut beruban

Kolagen dapat membantu mengurangi munculnya uban dengan mendukung struktur folikel rambut yang sehat (di mana pigmen yang memberi warna pada rambut diproduksi).

  • Memperbaiki kondisi rambut bercabang dan patah

Menurut penelitian, kolagen telah terbukti sangat efektif dalam perawatan rambut kering dan rapuh. Dengan memilih produk berkandungan kolagen, ini dapat memperbaiki ujung bercabang, serta menjaga tingkat hidrasi agar rambut tetap sehat dan ke-charged!

Bukan hanya kolagen saja yang telah teruji memiliki kemampuan besar untuk mendukung tampilan rambut yang lebih sehat dan baik, kandungan biotin juga tak kalah tangguh dalam hal memperbaiki tampilan rambut capek Anda. 

Di bawah ini adalah beberapa manfaat dari vitamin H atau yang lebih dikenal luas dengan biotin untuk rambut yang perlu Anda ketahui:

  • Meningkatkan kilau

Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa peningkatan asupan biotin dapat meningkatkan juga kualitas rambut secara keseluruhan, termasuk ketebalan dan kilau rambut.

  • Mencegah kerontokan rambut

Biotin telah teruji dapat melawan peradangan, penyebab utama kerontokan rambut. 

  • Meningkatkan volume rambut

Setelah memperbaiki masalah kerontokan rambut, biotin juga mampu meningkatkan volume rambut agar rambut tak hanya terlihat sehat dan juga berkilau tapi juga tebal.

Kabar baiknya, segudang manfaat yang dimiliki oleh kandungan biotin dan kolagen kini sudah dapat Anda dapatkan lewat dua produk terbaru dan dengan cepat menjadi favorit banyak orang persembahan Pantene. 


Yang pertama adalah Pantene Miracles Hair Supplement. Merupakan suplemen rambut pertama di Indonesia, produk inovatif ini digunakan setelah sampoan setiap hari untuk mengatasi masalah rambut kering, rusak, serta rapuh (untuk varian collagen) dan mengatasi masalah rambut  rontok karena patah (untuk varian biotin).

Dan yang kedua adalah Pantene Miracles Supplement Hair Mask yang dianjurkan untuk digunakan setelah langkah sampoan dan suplemen rambut (diamkan selama kurang lebih 2 menit agar produk dapat bekerja lebih efektif) setiap 1-2x seminggu. 

Setelah mengetahui segudang manfaat dari biotin dan kolagen serta rekomendasi produknya, sudah siap mengubah rambut capek Anda menjadi ke-charged?

Baca juga:

Kenapa Keramas dengan Sampo Saja Tak Cukup, dan Harus Pakai Hair Supplement?

Simak Tren Rambut yang Diprediksi Akan Berjaya di Tahun 2022

(Foto: Courtesy of sofiazhuravets©123RF.com, Pantene)