Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Bukan Masalah, Ternyata Rumah Marie Kondo Juga Berantakan

"The Queen of Tidying up" menunjukkan kepada kita bagaimana memilih kegembiraan pribadi di atas ekspektasi masyarakat.

Bukan Masalah, Ternyata Rumah Marie Kondo Juga Berantakan
COURTESY OF BAZAAR US

Sudah hampir satu dekade sejak ahli organisasi Marie Kondo menjadi terkenal dengan peluncuran buku terlarisnya The Life Changing Magic of Tidying Up pada tahun 2014 di Amerika Serikat.

Metode KonMari ciptaannya mengambil alih dunia pengorganisasian rumah, menghasilkan dua film dokumenter Netflix dan sumbangan yang berlimpah di berbagai toko barang bekas. Puncak gelombang Tidying Up melanda Amerika Serikat tepat sebelum pandemi membawa pergeseran konsumerisme ke arah belanja online, kekacauan terjadi, dan percakapan sehari-hari tentang rantai pasokan. Sekarang, di tahun 2023, bahkan rumah Kondo sedikit lebih berantakan.

BACA JUGA: 12 Ide Menata Rumah Seperti di Drama Korea

Dalam sebuah webinar untuk buku terbarunya, Marie mengungkapkan bahwa kehidupan dan rumahnya telah mengalami perubahan sejak ia menyambut anak ketiganya di tahun 2021. "Rumah saya berantakan, tetapi ini merupakan cara menghabiskan waktu yang tepat untuk saat ini," katanya, seperti dilansir dari sebuah media asal Amerika. "Sampai sekarang, saya adalah pribadi yang sangat rapi dan selalu melakukan yang terbaik untuk menjaga rumah tetap rapi setiap saat. Saya sudah lama tidak lagi menganut aliran itu. Dan itu adalah hal yang baik. Sekarang saya menyadari bahwa yang terpenting adalah menikmati waktu bersama anak-anak di rumah."

Marie mengaku bahwa, bahkan The Queen of Tidying up pun tidak memiliki rumah yang sempurna sepanjang kariernya: Hal ini rentan dan penuh nuansa, dan mengundang respon yang memecah belah di media sosial.

Ketika sang ahli menjadi publik figur utama di tahun 2019, setelah penayangan perdana Netflix pertamanya, ia mendapat banyak kritik keras yang menentang metodenya. Banyak pengkritiknya yang lantang mengklaim bahwa ia menuntut formula yang ketat. Dengan menyingkirkan sebagian besar barang Anda, termasuk buku dan barang berharga. Padahal metodenya melibatkan saran untuk merapikan rumah berdasarkan memprioritaskan hal-hal yang membuat Anda senang di dalam rumah.

MARIE KONDO
COURTESY OF BAZAAR US

Orang yang menanggapi kekacauan Marie dengan schadenfreude (atau dikenal sebagai kemalangan) daripada belas kasihan, keterkaitan ataupun mengurusi bisnis mereka sendiri. Mereka bahkan ingin mempertahankan persepsi publik tentang "brand" Marie Kondo daripada melihat keseluruhan pribadinya. Di era intelektual ini, menyaring teori dan metode menjadi kata kunci, sang ahli telah mengurangi pendalaman metode pemahaman dan meme yang bertahan lama. Dedikasinya yang terus menerus untuk menjalin hubungan yang jujur dengan para pembacanya menunjukkan bahwa ia layak mendapatkan lebih.

Metode KonMari selalu tentang menjalani dan mengatur kehidupan yang disesuaikan dengan apapun yang membuat seseorang bahagia. Bagi banyak orang, termasuk saya, momen budaya yang diterapkan Marie dalam aliran minimalis ini adalah saat pertama kalinya mereka memeriksa barang-barang mereka dengan mengakumulasi benda-benda, uang yang dihabiskan untuk membelinya, dan dampak psikologis dari mengumpulkan berbagai benda fisik dan membawanya berpindah dari satu tempat ke yang lain. Tidak pernah ada jumlah tertentu yang ditetapkan untuk merapikan barang dengan metode ini, namun orang Amerika cenderung mengumpulkan lebih banyak barang daripada yang dibutuhkan untuk menumbuhkan perasaan aman. Keinginan untuk merasa aman tersebut semakin terasa selama pandemi, ketika masyarakat umum yang kebingungan membeli lebih banyak barang daripada sebelumnya pada saat kita harus berjuang sendiri.

Seperti yang ditunjukkan oleh banyak pendukung Marie, sang pakar tidak sendirian dalam keputusannya untuk menyerah pada kerapian sepenuhnya. Sejauh ini, sekitar tahun 2020, orang-orang menyadari perlunya perubahan pribadi dan sosial. Dari tren Great Resignation hingga "soft life" di TikTok, orang-orang meninggalkan standar lama mereka untuk mendapatkan "kehidupan yang sempurna." Baik itu keyakinan yang dipaksakan oleh orang sekitar atau diri sendiri.

Marie adalah satu di antara jutaan orang yang mengambil langkah untuk menanamkan nilai-nilai baru dalam kehidupan, meskipun karena status budayanya, penerimaan terhadap perubahan menarik lebih banyak tanggapan publik. Pengakuannya membawa lebih banyak tanggapan negatif, tetapi juga diharapkan akan mengguncang beberapa orang yang tadinya ragu untuk bergabung dengannya dalam upaya mencapai kehidupan yang lebih baik.

BACA JUGA:
10 Objek Favorit Bazaar Dari Louis Vuitton Objets Nomades dan Hard Sided Trunk untuk Mempercantik Rumah Anda

13 Ide Rak Tanaman Rias Dalam Ruangan Maupun Balkon

(Penulis: Quinci Legardye; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Celine Setiawan; Foto: Courtesy of BAZAAR US)