Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Semua yang Perlu Diketahui Tentang Golden Globe Awards ke-81

Dari semua nominasi yang paling ramai diperbincangkan hingga bagaimana cara Anda dapat menyaksikan Golden Globes tahun ini.

Semua yang Perlu Diketahui Tentang Golden Globe Awards ke-81
Courtesy of Bazaar US

Mengutip Moira Rose, musim terbaik adalah "acara penghargaan." Musim penghargaan 2024 dimulai dengan Golden Globes pada tanggal 7 Januari. Ditayangkan di CBS untuk pertama kalinya dalam lebih dari empat dekade, upacara ke-81 ini akan menghormati karya terbaik dalam film dan televisi. Berdasarkan nominasi, mulai dari Natalie Portman hingga Emma Stone, malam tersebut pasti akan dipenuhi oleh sosok bintang terkenal.

BACA JUGA: 10 Busana Terbaik di The Fashion Awards 2023

CBS tidak menayangkan acara tersebut sejak tahun 1982, dan acara ini akan disutradarai oleh Glenn Weiss, yang juga akan bertugas sebagai co-producer bersama Ricky Kirshner. Sebelumnya, Hollywood Foreign Press Association menyelenggarakan acara tersebut, sampai serangkaian boikot menyebabkan acara tersebut dibatalkan pada tahun 2022.

Saat itu, selebriti melakukan protes ketika diketahui bahwa tidak ada anggota HFPA (Hollywood Foreign Press Association) yang berkulit hitam, dan protes tersebut membawa kekurangan keberagaman umum di antara staf. Kemudian, HFPA merombak kode etika dan perilaku profesionalnya, dan acara ini kembali pada tahun 2023, tetapi HFPA dibubarkan tidak lama setelahnya. Ini akan menjadi kali pertama acara ini ditayangkan di bawah perusahaan produksi baru, Dick Clark Productions dan Eldridge Industries.

Terkait dengan siapa selebriti yang akan menjadi pembawa acara, Golden Globes mengumumkan bahwa komedian Jo Koy akan memegang peran tersebut untuk pertama kalinya. Kabar ini diumumkan dengan unggahan Instagram, di mana Jo dengan antusias mengatakan, "Ini akan selalu menjadi waktu yang menyenangkan, pembawa acara Anda, Jo Koy ... dan saya tidak sabar untuk bertemu dengan kalian semua di sana. Saya mencintai kalian."

Meskipun Jo jelas membawa energi besar, produser Ricky juga menjanjikan akan ada suasana positif dalam upacara 2024. "Menjadi yang pertama dalam urutan penghargaan dan menjadi tuan rumah bagi semua bintang film ini, kita perlu bersikap positif," katanya. "Semua orang berkumpul untuk pertama kalinya. Saya rasa kita tidak perlu melihat ke belakang. Kita seharusnya merayakan kesuksesan semua orang malam itu."

Sebelum Anda menonton pada hari Minggu, 7 Januari pukul 08:00 PM waktu EST (7 Januari 08:00 WIB). Baca terus untuk mengetahui segala yang perlu Anda ketahui tentang pertunjukan ini, mulai dari pemenang yang diproyeksikan hingga pembawa acara potensial.

Siapa yang akan tampil dan mempersembahkan penghargaan?

Courtesy of Bazaar US

Selain pembawa acara Jo Koy, belum ada pengumuman resmi tentang siapa yang akan mempersembahkan acara ini. Namun, line-up tahun lalu termasuk Ana de Armas, Jamie Lee Curtis, Michaela Jaé Rodriguez, Quentin Tarantino, Tracy Morgan, Nicole Byer, Billy Porter, Natasha Lyonne, Niecy Nash-Betts, Ana Gasteyer, dan Colman Domingo. Jadi kita bisa mengharapkan penampilan serupa untuk tampil di panggung pada tahun 2024.

Sementara itu, para nominee tahun ini termasuk Emma Stone, Pedro Pascal, Elle Fanning, Quinta Brunson, Matt Bomer, Timothée Chalamet, Natalie Portman, Jennifer Lawrence, Margot Robbie, Greta Lee, dan lebih banyak bintang lainnya, jadi kita dapat menantikan acara penuh selebriti (dan karpet merah yang modis).

Terkait dengan penampilan, nominee untuk Best Original Song tahun ini termasuk Bruce Springsteen, Billie Eilish, dan Dua Lipa, yang bisa berarti beberapa penampilan besar juga.

Siapa yang diproyeksikan sebagai pemenang?

Courtesy of Bazaar US

Ada banyak film besar yang dinominasikan tahun ini, mulai dari Killers of the Flower Moon hingga Maestro. Namun, kita pikir akan sulit bagi film manapun untuk mengalahkan kekuatan Barbenheimer.

Ketika Barbie dan Oppenheimer dirilis bersamaan musim panas lalu, kedua film mendominasi box office dan menerima ulasan positif dari para kritikus. Jadi tidak akan mengherankan jika Barbie membawa pulang penghargaan untuk Best Motion Picture Musical atau Comedy. Sementara Oppenheimer meraih penghargaan untuk Best Motion Picture – Drama (dan angka yang dibagikan oleh Daily Mail sepertinya mendukung hasil ini). Ini hanya akan memperkuat tahun luar biasa kedua film tersebut.

Sejauh televisi, PureWow memprediksi bahwa Abbott Elementary akan memenangkan penghargaan untuk Best Television Series – Musical atau Comedy, sementara musim terakhir Succession akan mengklaim penghargaan untuk Best Drama. Mengingat kedua seri ini telah mendominasi di Emmys, kita tidak akan terkejut dengan kemenangan ini.

(Jika Anda membutuhkan lebih banyak bukti, Barbie dan Succession sama-sama mendapatkan jumlah nominasi terbanyak malam itu, masing-masing dengan sembilan, diikuti oleh Oppenheimer dengan delapan.)

Adakah kategori baru tahun ini?

Ada, sebenarnya ada dua kategori baru tahun ini. Pada tahun 2024, kita akan melihat debut Golden Globes untuk “Cinematic and Box Office Achievement" dan “Best Performance in Stand-Up Comedy on Television.”

Kategori baru pertama mengakui film untuk popularitasnya di bioskop dan streaming platform. Nominasinya termasuk: Barbie, Guardians of the Galaxy Vol. 3, John Wick: Chapter 4, Mission: Impossible - Dead Reckoning Part One, Oppenheimer, Spider-Man: Across the Spider-Verse, The Super Mario Bros. Movie, dan Taylor Swift: The Eras Tour.

Sementara itu, nominee dalam kategori stand-up adalah: Ricky Gervais (Ricky Gervais: Armageddon), Trevor Noah (Trevor Noah: Where Was I), Chris Rock (Chris Rock: Selective Outrage), Amy Schumer (Amy Schumer: Emergency Contact), Sarah Silverman (Sarah Silverman: Someone You Love), dan Wanda Sykes (Wanda Sykes: I’m an Entertainer).

Bagaimana cara Anda menonton?

Courtesy of Golden Globes

Acara tahun ini akan ditayangkan secara langsung pada pukul 8:00 malam, waktu EST, pada 7 Januari 2024 di CBS, untuk Anda yang menonton melalui televisi kabel atau siaran. Program ini juga akan disiarkan secara streaming di Paramount+ dan akan tersedia di aplikasi CBS sebagai bagian dari kesepakatan baru antara jaringan dan Golden Globes.

Sebagai opsi terakhir, acara ini juga seharusnya dapat ditonton melalui paket Hulu + Live TV dan layanan langganan TV langsung lainnya, seperti YouTube TV, DirecTV Stream, dan Fubo.

BACA JUGA:

Angga dan Shenina Tampil Memukau di TIFF Awards dengan Bulgari

Intip 30 Penampilan Karpet Merah Terbaik dari Academy Awards ke-95

(Penulis: Joel Calfee; Artikel ini disadur dari: BAZAAR US; Alih bahasa: Riza Arya; Foto: Courtesy of BAZAAR US)