Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

8 Bunga yang Akan Meningkatkan Mood Anda di Akhir Tahun

Inilah cara membuat pengaturan vas rumah yang sempurna, menurut toko bunga terkemuka.

8 Bunga yang Akan Meningkatkan Mood Anda di Akhir Tahun
Courtesy of Bazaar UK

“Koneksi dengan alam benar-benar koneksi yang Anda rasakan saat ini,” psikoterapis yang berfokus pada solusi Gin Lalli memberi tahu kami. Menahan diri di sini dan sekarang, dapat membantu kita menghindari kecemasan ramalan masa depan, dan merenungkan masa lalu secara negatif. Ia mengatakan bahwa flora bisa menjadi alat untuk membantu kita melakukan ini.

Baca juga: Tanaman Hias di Meja Kerja Dapat Tingkatkan Produktivitas

“Bunga menarik perhatian kita secara visual, dengan warna cerah dan penampilannya yang indah, serta melalui aroma dan teksturnya, yang dapat kita rasakan dan hubungkan.” Memang, aroma mereka bisa sangat kuat.

“Dari semua indera kita, penciuman adalah satu-satunya yang melewati talamus, atau ‘detektor kesadaran’, yang terkadang disebut sebagai penjaga gerbang otak,” lanjut Gin. “Jadi, aroma bunga bisa masuk ke otak kita dan melekat pada ingatan kita tanpa kita harus memprosesnya secara sadar, ini adalah respons otomatis.” Ia menjelaskan bahwa kita tidak benar-benar memproses informasi dengan kata-kata, kita memprosesnya melalui emosi, yang dapat kita kaitkan dengan aroma. “Jika Anda pernah merasa santai atau bahagia saat berada di sekitar bunga, yang sering dilakukan banyak orang, Anda memicu emosi yang sama dengan menghirup aroma yang sama,” katanya.

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

Gin menambahkan bahwa dengan menghadirkan alam bebas, melalui penggunaan bunga potong atau tanaman hias, kita mengingatkan diri kita sendiri akan keberadaan alam, bahkan di sepanjang musim dingin saat kita secara alami menghabiskan sedikit waktu di luar ruangan.

“Sepanjang musim dingin, beberapa orang menderita Seasonal Affective Disorder, perasaan suasana hati yang buruk atau depresi yang ditimbulkan selama bulan-bulan yang lebih gelap, karena berkurangnya paparan sinar matahari,” jelasnya. “Ketika segala sesuatu di luar gelap dan abu-abu, bunga memberikan kontras yang sangat besar untuk itu. Mereka adalah pengingat berharga bahwa masih ada warna dan keindahan di dunia, dan memilikinya di rumah dapat sangat bermanfaat dalam mengurangi suasana hati yang buruk, kecemasan, dan stres.”

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

Ini adalah terapi yang sangat mudah diakses. “Alam secara umum tidak menuntut. Itu indah apa adanya, sangat kuat untuk mencapai rasa nyaman. Itu sebabnya kami memberi orang bunga ketika mereka sedih atau sakit. Merawat sesuatu, bahkan tanaman dan bunga, juga dapat membawa sejumlah manfaat kesehatan mental, karena kita memperoleh kepuasan dari memelihara sesuatu.”

Ahli florist Raysa Farah, pemilik layanan pengiriman bunga online LK Verdant, juga percaya pada kekuatan bunga untuk meningkatkan mood seseorang dengan mudah. Di sini, para profesional telah memilih delapan bunga yang membuat pengaturan vas musim dingin yang menakjubkan, untuk mencerahkan tidak hanya rumah Anda, tetapi juga semangat Anda.

Selain itu, Raysa menjelaskan cara membuat karangan bunga untuk pajangan Anda sendiri, dengan tips memperpanjang umur bunga potong, dan cara menggunakannya untuk tujuan tambahan.

8 Bunga untuk Pengaturan Vas Rumah Musim Dingin yang Sempurna

1. Chrysanthemum (Bellavista)

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

“Saya menyebutnya bunga kembang api. Ini memiliki lapisan kelopak kecil dan tipis yang menyebar dengan cara yang mencolok dari bagian kepala, mereka sangat indah untuk dilihat. Saya pikir ketika kita bisa melihat alam dan mengagumi keindahannya, terutama dari kenyamanan rumah kita sendiri, itu akan selalu baik untuk jiwa Anda. Sementara bellavista biasanya berwarna oranye dua warna, chrysanthemum datang dalam berbagai warna, dan itu adalah jenis bunga yang Anda akan perhatikan setiap kali Anda melewatinya.”

2. Red Rose

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

“Mawar merah memiliki aroma yang hangat dan manis, serta terasa seperti beludru. Kebanyakan orang mengasosiasikannya dengan cinta dan romansa, jadi memilikinya di sekitar rumah atau sebagai bagian dari pajangan bunga Anda akan selalu menambahkan 'sesuatu yang istimewa' itu. Bunga mawar pada umumnya diketahui banyak mengandung antioksidan kuat. Mereka digunakan untuk membuat teh mawar dan air mawar, dan dengan kelopak yang kaya vitamin C, mereka juga merupakan bahan pilihan dalam produk perawatan kulit tertentu. Mawar yang lebih besar bagus untuk mengisi kreasi buket Anda. ”

3. St John's Wort

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

“Tanaman hijau ini tumbuh sepanjang tahun dan digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati berbagai kondisi, termasuk gangguan mood seperti kecemasan dan Seasonal Affective Disorder. Ini adalah semak berbunga yang berbau tanah dan hangat. Di musim panas, St John's Wort mekar dan terlihat seperti bintang kuning kecil sehingga menarik untuk digunakan sepanjang tahun. Minyak yang dibuat dari tanaman juga telah digunakan untuk membantu penyembuhan luka.”

4. Helenium (Autumn Fire)

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

Helenium sering terlihat seperti bunga matahari mini. Beberapa berwarna kuning cerah dengan bagian tengah kecil berwarna coklat kehijauan, atau seperti yang Anda lihat lebih sering dengan varian api musim gugur, campuran kuning dan merah yang menawan. Mereka memancarkan kepositifan kepada saya dan menambahkan sedikit sinar matahari ke tampilan bunga apa pun. Kami mengasosiasikan warna kuning dengan kebahagiaan, kehangatan, kesenangan, dan tawa, jadi menambahkan beberapa helenium ke pengaturan Anda akan memberikan nuansa yang lebih ceria.”

5. Lavender

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

“Tanaman berbunga ini berdiri tegak dengan kuncup ungu dan biru yang cantik, yang memiliki aroma manis dan bersahaja. Saya menemukan tanaman ini sangat membumi untuk berada di sekitar. Ini biasanya digunakan dalam aromaterapi melalui minyak esensial, untuk membantu kita tidur, dan memberikan efek menenangkan secara keseluruhan. Ini tersedia di Inggris sepanjang tahun."

6. Ranunculus (Sangria)

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

“Bagi saya, bunga yang indah ini menyerupai rok seorang balerina. Ini serbaguna dan tidak terlalu beraroma, jadi sangat cocok untuk mereka yang sensitif terhadap bunga dengan aroma mencolok. Ada banyak jenis ranunculus yang berbeda. Mereka akan membuat pengaturan apa pun tampak cerah dan indah dengan cara yang meningkatkan suasana hati Anda setiap kali Anda lewat."

7. Tuberose (Elsa)

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

“Kepala putih atau merah muda pada bunga yang tinggi dan elegan ini terlihat luar biasa dalam pengaturan vas, melengkapi palet warna apa pun. Aroma bunganya yang manis sangat kuat dan kaya sehingga digunakan dalam banyak parfum dan lilin. Jika Anda memiliki cukup banyak, tuberose dapat bertindak sebagai versi alami dari diffuser beraroma untuk menjaga ruangan tetap segar."

8. Peppermint

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

Peppermint berbau segar dan menyegarkan, dapat bekerja sebagai pengusir serangga secara alami. Ini adalah obat populer untuk masalah pencernaan dan kondisi lainnya. Jadi, selain memberikan kepenuhan dan kedalaman pengaturan vas Anda, Anda dapat menyimpan beberapa untuk membuat teh yang menyegarkan. Ini sesederhana menambahkan beberapa daun ke dalam secangkir air panas, merendamnya selama beberapa menit dan kemudian mengeluarkannya. Ini juga bermanfaat jika Anda mengalami pilek atau hidung tersumbat, karena peppermint dikenal dapat meredakan hidung tersumbat.”

Tips Raysa Farah Merangkai Bunga di Rumah

Cobalah tips ini untuk memastikan penataan yang sempurna di rumah, dan menjaganya tetap segar selama mungkin.

– “Isi vas pilihan Anda dengan dua pertiga air yang sangat dingin. Suhu dingin akan membuat bunga lebih segar lebih lama.”

– “Tambahkan sedikit pemutih untuk mencegah bakteri. Ini, sekali lagi, akan membantu menjaga pengaturan bunga Anda tetap segar.”

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

– “Selalu potong batang dengan gunting tajam untuk memungkinkan penyerapan air secara maksimal. Potong mereka di bawah aliran air yang stabil untuk mengurangi kemungkinan terbentuknya kantong udara yang dapat menghalangi kemampuan mereka untuk minum air.”

– “Selalu letakkan bunga dengan kepala terbesar di bagian depan dan tengah vas untuk menjadi pusat perhatian. Dalam hal ini, itu akan menjadi mawar merah atau ranunculus.”

– “Buat 'bunga pengisi' Anda, helenium, chrysanthemum, dan lavender, tersebar di sekitar bunga besar dan menutup sebagian besar celah.”

– "Dedaunan dan tanaman hijau apa pun, dalam hal ini peppermint dan St John's Wort, harus didistribusikan secara merata di sekitar vas pada ketinggian dan posisi yang berbeda untuk menambahkan sentuhan akhir lebih detail."

Baca juga:

Simak Tips Menata Karangan Bunga Bernuansa Oriental Romantis dari MOIE dan Desainer Francine Denise Tjoitang

6 Bunga yang Berkhasiat Dalam Perawatan Kulit

5 Tanaman Untuk Tidur yang Lebih Nyenyak

(Penulis: Bridget March; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih Bahasa: Gracia Sharon; Foto: Courtesy of Bazaar US)