Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

10 Film Horor Yang Wajib Anda Tonton Tahun 2020

Film-film horor yang dapat menemani (dan menakuti) Anda sambut Halloween.

10 Film Horor Yang Wajib Anda Tonton Tahun 2020

Sebuah studi terbaru menemukan bahwa penggemar film horor lebih mudah menjalani situasi pandemi ini yang berarti para penonton harus menonton lebih banyak film horor untuk menikmati sisa tahun di tengah situasi ini. Beruntungnya, kita sangat dekat menyambut Halloween sehingga waktu yang tepat untuk menyaksikan film-film menyeramkan terbaik tahun ini sebagai tameng untuk menjalani sisa tahun 2020 ini.

Ketika matahari terbenam dan suhu semakin dingin, saatnya Anda menyiapkan cokelat panas dan sebuah selimut untuk menikmati film yang menakutkan dan juga membuat penasaran. Mulai dari membongkar kisah kelam sebuah keluarga hingga menyelami psikologi manusia yang menakutkan, serta lubang kegelapan dari ambisi, film-film ini menyeramkan dan menghibur tetapi juga perhatian. Pasti, Anda harus tidur dengan lampu tidur setelah menyaksikan beberap dari film ini, tetapi akan menjadi pengalaman yang tidak sia-sia.

1.  The Lodge

Suasana duka menyelimuti film karya penulis sekaligus sutradara Severin Fiala dan Veronika Franz yang mengisahkan sepasang saudara (Lia McHugh dan Jaeden Martell) yang kehilangan sang ibu dan begitu cepat menjalin hubungan baru dengan tunangan sang ayah yang misterius (Riley Keough).

Ketika ketiganya terjebak di satu rumah mewah yang sama, banyak hal menyeramkan terjadi yang menyebabkan pasangan saudara serta calon ibu tiri mereka curiga satu sama lain. The Lodge adalah sebuah film yang sangat menyeramkan tetapi juga membuat Anda memahami setiap karakter dengan akhirnya yang menakutkan.

2.  Relic

Era horor saat ini berhasil menarik penonton, bahkan yang paling takut sekalipun, melupakan berbagai kejutan di dalamnya dan fokus pada situasi yang dialami tokoh film tersebut. Namun dengan Relic, penulis sekaligus sutradara Natalia Erika James melakukan keduanya.

Perlahan membagikan kondisi gangguan mental yang dialami penderita dimensi, kreator film ini berhasil membawa audiens ke dalam sebuah kisah keluarga yang menyedihkan dan juga menaktukan. Kami bertemu Edna (Robyn Nevin), seorang wanita lansia yang berjuang menjalani kenyataan ketika sang putri (Emily Mortimer) dan cucu perempuannya (Bella Heathcote) berkunjung.

Mereka diisi dengan ketakutan yang terjadi di rumah tersebut, begitu juga semua orang. Natalia mengisahkan genre rumah menyeramkan dengan sebuah emosi cerita yang berbeda.

3.  Metamorphosis

Sebuah contoh kisah horor di masa lampau yang dibuat untuk menghibur penonton masa kini. Kreator film asal Korea, Hong-seon Kim menceritakan plot kerasukan klasik dan memberikan sentuhan baru dalam kisah sebuah keluarga yang saling mencintai.

Halusnya kisah The Thing karya John Carpenter dan ketakutan dari film Metamorphosis datang dari kekhawatiran setiap anggota – sebuah roh jahat yang berpindah dari satu orang ke orang lain yang terus mereka cari dan keluarkan. Kim kemudian menginterogasi roh jahat yang telah ada di dalam keluarga tersebut. Film ini akan membuat Anda memandang saudara, bahkan orang tua Anda berbeda.

4.  #Alive

Siapa yang mengira bahwa kemunculan zombie relevan dengan masa kini? Penulis dan sutradara asal Korea Il Cho membawa kisah bertahan hidup ketika hubungan manusia dihantikan dengan kanibal dan sinyal telepon yang rendah.

Memusatkan kisah pada seorang pahlawan yang unik – anak muda (Ah-In Yoo) yang terdampar sendiri di apartemennya, bergantung dengan mie instan dan harapan kecil. Situasi yang semakin menakutkan akhirnya mendorongnya untuk bertahan hidup yang belum pernah ia lakukan sebelumnya.

Tentu, zombie di dalam film ini sangatlah menakutkan, tetapi dilema yang dihadapi Cho akan terus menghantui Anda: Lebih baik mengambil risiko untuk keluar dari apartemen Anda atau berdiam di dalam apartemen dan membiarkan para zombie menemukan Anda. Dengan kata lain, apa pilihan hidup Anda?

5. The Grudge

Suara-suara aneh dan mencekam dari sungai ikonis dengan sosok jahat di dalamnya, hantu perempuan yang terus menakuti semua orang yang hidup dekat dengan sungai tersebut. Nicolas Pesce, penulis dan sutradara, berhasil mengeksplorasi trauma, horor, dan amarah dari film yang orisinil Jepang berjudul Ju-on lalu diadaptasi dalam versi bahasa Inggris, The Grudge.

Menangkap sebuah amarah yang tersimpan, cerita menyeramkan ini berkisah tentang dosa masa lalu dan sebuah kenyataan yang terulang di masa sekarang seperti yang dialami seorang ibu (Andrea Riseborough) dan ayah (John Cho).

6.  Rent-a-Pal

Seperti kita semua, penulis sekaligu sutradara, Jon Stevenson tidak pernah membayangkan bahwa filmnya akan rilis di era ketika semua orang kehilangan koneksi dan menjalani keseharian penuh sepi.

Namun film Rent-a-Pal berlatar tahun 1990-an, ia mengisahkan kesepian yang dialami David (Brian Landis Folkins), seorang laki-laki yang tinggal bersama sang ibu. Setelah gagal menemukan pasangan melalui jasa kencan, David menemukan sebuah biro yang menawarkan hal yang sama, Rent-a-Pal sebuah aplikasi yang mencarikan teman bagi Anda.

Karena sosok teman, Andy (Wil Wheaton), justru menyerang kelemahan David dan mengubahnya menjadi orang yang berbeda. Belum dapat dipastikan apakah Andy berperan aktif dalam perubahan David atau lebih menakutkan, David sudah berada di ujung sebelum Andy masuk ke dalam hidupnya. Namun, dari dua kemungkinan telah membutuhkan bagaimana kesepian dapat menjadi sesuatu yang menakutkan.

7.  Hosts

Kadang ada membutuhkan film horor yang brutal untuk melalui tahun yang menyeramkan ini dan memberikan perspektif bahwa semua hal dapat menjadi lebih buruk. Sederhananya, Anda dapat menjadi salah satu karakter dalam film arahan Adam Leader, Hosts bersama dengan Richard Oakes.

Film ini mengisahkan sepasang kekasih (Nadia Lamin dan Neal Ward) yang merayakan Malam Natal yang kemudian berubah menjadi peperangan berdarah ketika menghadiri acara keluarga tetangga mereka. Sebuah film penuh darah dan peperangan yang perlu Anda alami sendiri.

8. Warning: Do Not Play

Setelah Ringu / The Ring menghiasi layar lebar, tidak ada karakter dalam film horor yang boleh menyentuh film yang misterius atau rekaman VHS sama sekali. Namun, kreator film penuh ambisi, Mi-Jung (Ye-ji Seo) tidak mendapatkan pesan tersebut ketika ia menginvestigasi sebuah film misterius dan terlarang dalam film arahan Kim Jin-won.

Pencarian ini membawanya ke dalam jalan yang kelam – tetapi yang di luar dugaan adalah roh jahat yang Anda di dalamnya. Mungkin Anda harus menyaksikan film ini dengan lampu menyala.

9.  Z

Kita tentu sering menonton kisah seorang anak yang berubah menjadi sosok jahat di dalam film-film horor. Namun, sutradara, Brandon Christensen menghadirkan sudut pandang baru dalam film ini dengan orang ketiga yang tidak terduga.

Tetapi, ketakutan paling banyak mengisi dua per tiga film ini ketika sang ibu (Keegan Connor Tracy) berjuang untuk mengontrol perilaku maniak putranya (Jett Klyne). Anda menyaksikan film yang tepat jika mencari kejutan yang menakutkan.

10.  Spiral

Anda akan merasa takut ketika teman Anda di Twitter merekomendasikan dokumenter semacam ini. Hal yang sama terjadi dalam film arahan Kurtis David Harder mengisahkan pasangan gay (Jeffrey Bowyer- Chapman dan Ari Cohen) yang pindah ke pinggir kota yang banyak didominasi orang-orang menentang hubungan sesama jenis yang mengacam keberadaan mereka.

Jika hal tersebut tidak menyeramkan, ini merupakan sebuah film yang akan menyimpan misteri mereka sepanjang Anda menyaksikannya.

(Penulis: Candice Frederick; Alih Bahasa: Vanessa Masli; Artikel ini disadur dari BAZAAR US; Foto: Courtesy of BAZAAR US)