Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Alasan Kafein Baik Dikonsumsi Sebelum Olahraga

Hasil studi menunjukan bahwa kafein bisa membantu performa dalam olahraga

Alasan Kafein Baik Dikonsumsi Sebelum Olahraga

Cara termudah untuk membuat agenda olahraga Anda semakin efektif dan efisien adalah dengan mengonsumsi kafein dalam kadar yang tepat, yakni sekitar empat gelas kopi, sekitar satu jam sebelum berolahraga atau melakukan pertandingan.

Hasil studi yang dilakukan oleh para peneliti dari University of São Paulo ini telah membalik teori yang sebelumnya dipercaya bahwa atlet harus berhenti mengonsumsi kafein beberapa hari terlebih dulu untuk mendapatkan manfaat maksimal dari kafein di saat sebelum pertandingan.

Para peneliti melakukan tes dari efek  400 mg kafein terhadap para pesepeda, di mana hasilnya kebanyakan dari para pesepeda ini memacu sepedanya lebih keras dan cepat setelah mengonsumsi pil kafein. Performa para pesepeda ini bisa dikatakan meningkat 3,3%, yang merupakan jumlah yang cukup siginifikan, mengingat tambahan waktu per detik dapat berarti banyak bagi pelari dan pesepeda.

Para pesepeda ini mengonsumsi pil kafein satu jam sebelum memacu sepeda dan mereka sanggup membakar 450 kalori.

Hasil bahwa tambahan suntikan kafein dari tubuh ini tidak berpengaruh apakah individu biasa mengonsumsi kafein sehari-hari atau tidak. Bahkan bagi Anda yang biasa mengonsumsi kafein dalam jumlah banyak secara rutin, konsumsi 400 mg kafein sebelum berolahraga bisa meningkatkan performa seseorang. Efek yang sama juga bisa dihasilkan dari jenis minuman lain yang mengandung kafein, seperti Red Bull atau teh. 

Akan tetapi Anda mesti tahu bahwa ada batas aman dalam mengonsumsi kafein setiap harinya, yakni hanya sekitar 400 mg per hari.

Artikel ini disadur dari Harper's Bazaar UK.


(Alih bahasa: Daniar Cikita. Foto: Victoria's Secret)