Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Wawancara Eksklusif: CEO Lee Sue Kyung Berbincang Lebih dalam Mengenai Masa Depan SK-II, Termasuk Sustainability

Menyimak bincang-bincang antara Bazaar dengan CEO SK-II mengenai arah SK-II untuk masa depan.

Wawancara Eksklusif: CEO Lee Sue Kyung Berbincang Lebih dalam Mengenai Masa Depan SK-II, Termasuk Sustainability
(Foto: Courtesy of SK-II)

Namanya di industri kecantikan memang sudah tidak asing lagi, telah menjadi kawan setia bagi para wanita di seluruh dunia selama lebih dari 42 tahun, lini kecantikan asal Jepang, SK-II memang sukses membawa inovasi demi inovasi yang krusial bagi perkembangan dunia kecantikan. 

Baca juga: Perayaan Virtual untuk Formula Pitera™ yang Ikonis Milik SK-II

Beberapa saat lalu, dalam rangka merayakan salah satu penemuan terbesarnya sepanjang masa yaitu formula Pitera™, SK-II dengan bangga menghelat acara World Pitera™  Day sekaligus dalam momen istimewa ini juga turut merilis kampanye akbar bertajuk "Late Night Portraits". 

Di tengah semarak perilisan ini, Bazaar pun kemudian berkesempatan untuk melakukan wawancara ekslusif bersama CEO dari SK-II, Lee Sue Kyung tentang proyek kampanye terbarunya, pandangannya mengenai Gen Z, hingga inovasi baru apa yang layak untuk disimak di bawah ini:

Sebagai salah satu merek terpopuler sejak tahun 1980, apa strategi Anda untuk menjadikan SK-II sebagai merek yang terkenal dan disegani di antara semua generasi? Selain meluncurkan kampanye "Pitera and Me" yang menonjolkan kekuatan Gen Z. Lalu, apakah ada kemungkinan Gen Z akan menjadi segmen yang berperan secara signifikan pada SK-II kedepannya? 

Konsumen kami adalah bagian utama dari semua yang kami lakukan. Memahami dan terlibat dengan audiens yang lebih muda, terutama konsumen Gen Z sangat penting bagi kami karena mereka mewakili generasi berikutnya dari konsumen kecantikan dan perawatan kulit yang bergengsi. 

Kami juga percaya bahwa audiens yang lebih muda adalah generasi pembeli barang mewah yang paham digital. Kami tahu bahwa mereka menghabiskan sebagian besar waktu penelusuran informasi secara online dan mobile di media sosial seperti TikTok, Instagram, dan masih banyak lagi. Untuk itu kami mengetahui bahwa mereka lebih cenderung untuk berbelanja online dan berburu brand untuk memberikan pengalaman berbelanja secara omni-channel. Kami juga mengetahui bahwa mereka mencari makna dan tujuan dari brand yang mereka beli dan menyelaraskan diri mereka, terutama dalam hal prinsip yang kuat terhadap masalah lingkungan dan sosial. 

Ke depannya, kami akan terus mencari cara baru untuk menciptakan pengalaman brand yang lebih bermakna dan pendekatan yang lebih humanis bagi konsumen. Kami akan melibatkan audiens kami di platform yang mereka jelajahi dan menjangkau mereka di berbagai saluran, sambil tetap setia pada tujuan dan identitas merek kami. 

SK-II World PITERA Day
(Foto: Courtesy of SK-II)

Apa sebetulnya tujuan dari kampanye "Late Night Portraits" dan kisah menarik di balik inspirasinya? 

Kampanye Late Night Potraits didasarkan pada temuan inovatif dari studi terbaru kami, yaitu Pitera™ 24/7 Skin Fluctuation Study. Studi ini menemukan bahwa kondisi kulit wanita yang terdiri dari tekstur, pori-pori, kemerahan, kusam, hidrasi, dan barrier function sangat berfluktuasi dalam satu hari, bahkan dapat terlihat hampir 10 tahun lebih tua karena berbagai stres harian. Dan waktu terburuknya? Saat larut malam. 

Berangkat dari problem inilah akhirnya "Late Night Portraits" dianggap sebagai uji stres Pitera™  kami yang paling berani, untuk melihat kekuatan Pitera™  dalam menstabilkan fluktuasi kulit setiap hari.

Kami juga mendapat ide untuk menantang para brand ambassador selebriti kami untuk difoto secara natural di saat-saat terburuk mereka pada hari itu, dan mereka pun menerima tantangan tersebut. 

Dalam kampanye ini, para brand ambassador mempersiapkan kulit mereka hanya dengan menggunakan Pitera™ untuk pemotretan, dan difoto dengan kondisi kulit yang natural, serta menunjukkan bahwa dengan kekuatan Pitera™ , kulit mereka tetap dapat tampil sebening kristal bahkan pada saat-saat terburuk mereka. 

"Untuk itu lewat kampanye ini, kami ingin menginspirasi para wanita untuk merasa percaya diri dengan kulit mereka, bahkan di saat-saat terburuk mereka. 

Pesan apa yang ingin Anda ungkapkan dengan mendorong bintang SK-II di seluruh dunia untuk berbagi wajah tanpa filter mereka? 

Difoto secara natural di saat-saat terburuk Anda tentu akan menjadi hal yang menakutkan bagi siapa pun, termasuk brand ambassador kami. Memperlihatkan bare skin atau wajah natural sering menjadi tantangan bagi wanita, karena kita khawatir tentang kekurangan yang terlihat dan apakah kita terlihat "cukup baik" di depan umum. Untuk itu lewat kampanye ini,  kami ingin menginspirasi para wanita untuk merasa percaya diri dengan kulit mereka, bahkan di saat-saat terburuk mereka. 

Bazaar melihat SK-II selalu berusaha menonjolkan dan merangkul sisi natural seorang wanita, hal ini terlihat melalui konsep kampanye yang sering dilakukan (seperti #BareSkinProject). Apakah Anda mencoba untuk menyampaikan kepada audiens bahwa Anda harus menerima diri Anda apa adanya? 

Nilai otentik selalu menjadi hal utama bagi kami di SK-II dan kami ingin melakukan ini dengan cara merayakan tentang diri kita yang sesungguhnya. Membantu konsumen mencapai transformasi nyata untuk meraih tampilan kulit sebening kristal melalui penggunaan formula andalan kami yaitu Pitera™ adalah salah satu cara yang dapat kami lakukan dan yang selaras dengan tujuan serta keyakinan kami. 

Ayaka Miyoshi
(Foto: Courtesy of SK-II)

Menurut Anda apa yang membuat Pitera™ begitu istimewa? Bisakah Anda membagikan inovasi terbaru Pitera™ khusus untuk pembaca Bazaar? Apakah ada kemungkinan untuk menambahkan bahan super lainnya di masa depan? 

Pitera™ adalah inti dari SK-II. Ini adalah hadiah berharga dari alam. Ini juga merupakan bahan perawatan kulit yang diturunkan secara alami, diambil dari proses fermentasi ragi yang eksklusif untuk SK-II. Itu ada di setiap produk SK-II dan merupakan kunci dari jutaan transformasi kulit di seluruh dunia. 

Pitera™ pada dasarnya tetap tidak berubah selama lebih dari 40 tahun. Namun, keajaiban penemuan dan inovasi ilmiahnya terus kami lakukan tanpa lelah. Selama bertahun-tahun, kami telah membuat banyak penemuan penting pertama di dunia tentang Pitera™ dan yang terbaru, kami menemukan melalui Pitera™ 24/7 Skin Fluctuation Study bahwa Pitera™ dan Pitera™ Essence adalah perawatan kulit yang esensial untuk menyeimbangkan fluktuasi kulit setiap hari. 

Untuk itu kami selalu berkomitmen pada bahan perawatan kulit yang merupakan inti merek kami, yaitu Pitera™ , sambil terus menjadi pelopor dalam bidang ilmu kulit dan kesehatan kulit.

"...penelitian terbaru kami tentang penuaan kulit dini menemukan bahwa kulit muda Asia mengalami penurunan elastisitas dan kekencangan lebih cepat antara usia 10 hingga 40 tahun dibandingkan dengan usia yang lebih tua dari 40 tahun ke atas."

Apa yang secara konsisten dilakukan SK-II untuk memastikan bahwa semua produk menampilkan inovasi terbaru?

Walaupun seperti yang telah kami bahas sebelumnya, bahwa Pitera™ sendiri tidak pernah berubah selama lebih dari 40 tahun, tetapi masih banyak yang harus diteliti dan diungkap tentang kekuatan transformatif kulitnya. Sebagai pelopor terkemuka dalam ilmu kulit dan penelitian kesehatan kulit, SK-II secara konsisten berinvestasi dalam penelitian ekstensif tentang Pitera™.

Sebagai contoh, penelitian terbaru kami tentang penuaan kulit dini menemukan bahwa kulit muda Asia mengalami penurunan elastisitas dan kekencangan lebih cepat antara usia 10 hingga 40 tahun dibandingkan dengan usia yang lebih tua dari 40 tahun ke atas, serta hilangnya kekencangan adalah pemicu pertama untuk beberapa tanda penuaan.

Kami pun menemukan jalan keluar untuk permasalahan ini lewat kekencangan multi-dimensi adalah kunci untuk membantu mencapai kulit terbaiknya, melalui penanganan tiga dimensi kekencangan secara holistik: tekstur kulit, penghalang kulit, dan struktur kulit.

SK-II World PITERA Day
(Foto: Courtesy of SK-II)

Sejauh mana SK-II sudah menerapkan konsep sustainability?

Di SK-II, tujuan kami adalah Change Destiny for Skin, Life and Planet. Nilai sustainability telah tertanam dalam tujuan dan keyakinan kami sebagai sebuah brand.

Di Shiga Plant SK-II, satu-satunya tempat di dunia di mana Pitera™ dibuat, kami telah membuat langkah besar dalam kelestarian lingkungan.

Saat ini, konsumsi air adalah salah satu masalah terbesar, jadi kami secara aktif mengambil langkah-langkah untuk membangun masa depan yang positif terhadap air. Kami bangga bahwa Shiga Plant SK-II sekarang memiliki sistem resirkulasi air limbah yang meregenerasi air minum berkualitas pertama dari P&G. Dengan ini, kami berhasil mensirkulasi ulang 11% penggunaan air pabrik dan sedang dalam proses memperluas inovasi ini untuk mensirkulasi ulang 100% limbah industrinya. 

Inisiatif lainnya adalah bahwa 100% listrik di Shiga Plant SK-II berasal dari sumber terbarukan, dan kami menjadi tuan rumah pembangkit listrik tenaga surya di lokasi pertama di P&G Jepang. Kami juga telah mencapai zero construction waste ke TPA dengan gedung administrasi baru kami dengan menggunakan bahan berkelanjutan seperti baja karbon rendah.

Dengan langkah-langkah yang telah kami ambil ini, Shiga Plant SK-II telah mengurangi emisi Gas Rumah Kaca sebesar 53% per unit produksi sejak 2010. 

Baca juga:

Punya Mata Panda? Atasi dengan Produk Terbaru dari SK-II

Review: Cara Efektif Pakai SK-II Facial Treatment Essence

(Foto: Courtesy of SK-II)