Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Kim Kardashian Tanggapi Kritik Terhadap Penampilannya di Met Gala Kemarin

Beberapa mencapnya "distasteful" sementara yang lain memujinya karena tidak menempuh jalan mainstream.

Kim Kardashian Tanggapi Kritik Terhadap Penampilannya di Met Gala Kemarin
Courtesy of Bazaar UK

Met Gala adalah acara yang menyediakan tempat untuk kemewahan dan keberanian di karpet merah dan kebanyakan tampilan fashion di ajang tersebut akan membuat orang membicarakannya.

Baca juga: Kim Kardashian Membalut Kepala Sampai Ujung Kakinya dengan Busana Balenciaga di Pesta Kanye West

Tapi bisa dibilang ansambel yang paling diperbincangkan dari acara tahun ini datang dari Kim Kardashian, yang hadir dalam tampilan Balenciaga yang benar-benar tertutup, termasuk balaclava yang menutupi wajah. Pengguna media sosial dengan cepat berbondong-bondong ke Instagram, Twitter, dan TikTok untuk mempertanyakan bagaimana pakaian serba hitamnya relevan dengan tema 'In America: A Lexicon of Fashion', atau acara perayaan kemerdekaan Amerika.

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

Kim kemudian turun ke Instagram untuk membalas dengan, "Apa yang lebih menampilkan Amerika daripada kaos dari ujung kepala sampai ujung kaki ?!"

Courtesy of Instagram @kimkardashian
Courtesy of Instagram @kimkardashian

Courtesy of Instagram @kimkardashian
Courtesy of Instagram @kimkardashian

Tampilan kontroversial dirancang oleh direktur kreatif Balenciaga, Demna Gvasalia, dan menampilkan gaun kaos di atas bodysuit, dikenakan dengan balaclava dan sarung tangan yang serasi, yang tidak meninggalkan apa pun selain kuncir kuda panjang Kim yang ramping.

Seorang penulis Muslim, Hafsa Lodi, yang mengkhususkan diri dalam mode sederhana, menyuarakan bagaimana ia menemukan penampilan Kim "aneh" dan "tidak menyenangkan", karena ia "secara efektif mengenakan burkak".

"Ketika wanita Muslim memilih untuk mengenakan abaya dan burkak yang menutupi kulit, mereka menganggap itu menindas, hal yang sangat jauh dari fashion tinggi dan glamor," tulisnya. "Burkak dapat memberi pemakainya anonimitas, yang dianggap sebagai 'ancaman terhadap keamanan' di banyak wilayah di dunia Barat."

Perbandingan lain yang lebih sepele diambil dari karakter Harry Potter atau referensi game, atau klaim bahwa ia tampak seperti muncul di acara itu dengan "kaus kaki".

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

Namun, yang lain memujinya karena mengenakan sesuatu yang memicu diskusi dan tidak memilih Old Hollywood yang jelas ditebak, seperti yang dilakukan banyak peserta lainnya.

Seorang pengguna menjelaskan di TikTok, "Ini menantang, menggugah pikiran, dan ambigu."

"Kim tidak menunjukkan wajahnya, tubuhnya, atau fitur apa pun yang dapat dikenali, tetapi segera dunia tahu itu Kim Kardashian. Siluet yang dibuat adalah salah satu yang sangat kita kenal dalam budaya pop dan budaya Amerika. "

Pengguna lain mengkritik karena ia bermain aman ketika itu bisa menjadi kesempatan untuk menjadi lebih politis di karpet merah, sementara yang lain menunjukkan bahwa mungkin anonimitas adalah versi Kim tentang kemerdekaan Amerikanya sendiri, sebagai salah satu wanita yang paling banyak difoto di dunia.

"Saya merasa ini agak politis dan itulah yang kami cari di Met Gala," katanya. "Kim dikenal karena kecantikannya dan penampilannya, jadi saya pikir untuk menghapusnya dan hanya memberi kita tampilan tanpa citra itu bisa menjadi politis, tapi itulah yang saya pikirkan."

Baca juga: 

150 Tampilan Busana Red Carpet dari Met Gala 2021

Beyoncé Lewatkan Acara Met Gala 2021 untuk Berlibur dengan Mega Yacht

(Penulis: Jessica Davis; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih Bahasa: Gracia Sharon; Foto: Courtesy of Bazaar UK)