Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Dalam Merayakan Hari Bumi, Berikut 10 Selebriti Dengan Busana Ramah Lingkungan

Dari memakai ulang gaun-gaun karpet merah hingga meluncurkan merek-merek etis mereka sendiri, para bintang ini bertujuan untuk sadar lingkungan dengan penampilan mereka.

Dalam Merayakan Hari Bumi, Berikut 10 Selebriti Dengan Busana Ramah Lingkungan
Courtesy of Bazaar US

Hari Bumi telah tiba — saatnya untuk merayakan planet ini yang kita sebut sebagai rumah, dan juga untuk merenungkan bagaimana kita bisa merawatnya dengan sedikit lebih baik. Tentu saja, di Harper’s Bazaar, kami melihat segalanya melalui lensa fashion, dan karena industri ini sering kali bersalah atas banyak pemborosan, penting bagi kami untuk mendukung orang-orang (dan merek-merek) yang melakukan bagian mereka untuk membuat fashion lebih berkelanjutan. Jadi, kami telah memutuskan untuk menyoroti 10 selebriti yang mendekati gaya mereka dengan cara yang ramah lingkungan, baik itu dengan mengubah tampilan masa lalu di karpet merah atau meneruskan karya haute couture mereka sehingga orang lain dapat menikmatinya.

BACA JUGA: Panduan Membeli Denim Ramah Lingkungan

1. Cate Blanchett

Courtesy of Bazaar US

Pemenang Oscar ini tidak pernah takut untuk memakai ulang busana karpet merah. Memakai atasan biru mengkilap ini dari Louis Vuitton, yang pertama kali dipakai oleh Cate di Oscar 2023—di mana ia memadukannya dengan rok hitam panjang—sebelum membawanya keluar lagi setahun kemudian di Paris Fashion Week. Seperti yang dikatakan oleh stylist-nya, Elizabeth Stewart, "Mengulangi penampilan adalah chic," dan bahkan ia mengutip Cate yang mengatakan, "Hal-hal indah bisa muncul dari keberlanjutan!"

2. Angelina Jolie

Courtesy of Bazaar US

Angelina mendukung banyak bentuk aktivisme, di antaranya keberlanjutan. Dan jelas ia telah menularkan passion ini kepada anak-anaknya, seperti yang terbukti dengan fakta bahwa putri sulungnya, Zahara, telah mengenakan beberapa gaun karpet merah masa lalu Angelina untuk acara-acara. Misalnya, ketika ibu dari enam anak itu menghadiri karpet merah Eternals bersama keluarganya pada tahun 2021, putrinya mengenakan gaun Elie Saab berwarna perak yang sama berkilauan yang dikenakan oleh Angelina di Oscar 2014.

3. Billie Eilish

Courtesy of Bazaar US

Baik dalam produksi album maupun desain panggung, Billie telah sangat aktif dalam mencoba membuat karyanya ramah lingkungan, dan hal itu juga tercermin dalam gaya fashionnya. Sepanjang kariernya, ia sering berkolaborasi dengan Gucci, dan tampilan yang ia pakai untuk Environmental Media Awards 2022 adalah hasil pemakaian ulang set Gucci yang ia kenakan untuk Billboard Awards 2020. Pertahankan itu, Billie.

4. Kate Middleton

Courtesy of Bazaar US

Sebagai seorang bangsawan Inggris, Putri Catherine dengan mudah bisa memiliki semua pakaian yang dia inginkan, tetapi ia lebih berdedikasi untuk memperbarui potongan-potongan yang sudah ia cintai. Butuh bukti? Gaun BAFTA-nya pada tahun 2023 adalah gaun Alexander McQueen yang ia kenakan ke acara yang sama empat tahun sebelumnya. Untuk memberikan sentuhan segar pada gaun tersebut, sang putri membuat ulang lengan asimetrisnya, dan ia menambahkan sepasang sarung tangan opera hitam yang memberikan sentuhan dua warna dramatis pada keseluruhan ensemble.

5. Meghan Markle

Courtesy of Bazaar US

Berbicara tentang bangsawan yang peduli lingkungan, Duchess Meghan juga sangat memperhatikan pilihan pakaian yang ramah lingkungan. Masih ingat ketika ia mengenakan gaun maxi tanpa lengan dari Martin Grant yang sama, ke sebuah acara penerimaan kepemimpinan pemuda setahun setelah ia mengenakannya untuk tur kerajaan? Namun, Anda juga dapat melihat dedikasi Meghan dalam merek-merek yang dipilihnya, mulai dari DeMellier (merek yang menggunakan kulit sebagai hasil sampingan dari industri makanan) hingga Everlane (yang mengambil bahan-bahan etis dan transparan tentang proses produksinya).

6. Jane Fonda

Courtesy of Bazaar US

Sejak awal, Jane telah menjadi seorang aktivis vokal untuk apa yang ia yakini, memperjuangkan segala hal mulai dari hak-hak perempuan hingga melawan Big Oil. Tak heran besar, hal ini juga tercermin dalam penampilan karpet merahnya, di mana Jane tampaknya selalu mempertimbangkan lingkungan. Salah satu momen berkelanjutan favorit kami dari bintang ini adalah ketika ia memakai ulang gaunnya di Festival Film Cannes 2014 untuk Academy Awards ke-92 (mengganti gaya rambut baru untuk kedua kalinya).

7. Emma Watson

Courtesy of Bazaar US

Salah satu pendukung pakaian sadar lingkungan terbesar adalah Emma Watson, yang telah menggunakan pakaian vintage sejak zaman Harry Potter. Belum lagi, bintang ini merupakan pendukung Good on You, sebuah situs yang memberi peringkat kepada pengecer berdasarkan dampak lingkungan mereka. "Sejujurnya, kita semua bisa berperan dalam mendorong fashion untuk menjadi lebih berkelanjutan dan etis," Sebut Emma di situs Good on You. "Dengan memilih untuk mengenakan pakaian dari label-label yang mengadopsi metode produksi yang transparan, kreatif, dan inovatif; dan dengan memakai ulang, mendaur ulang, menukar, dan berbelanja di toko barang bekas. Bersama-sama, kita sedang membangun gerakan yang lebih besar dan lebih baik setiap hari."

8. Rooney Mara

Courtesy of Bazaar US

Bintang Women Talking telah mendukung kata-katanya dengan tindakan dalam hal berpakaian secara berkelanjutan, dengan mendirikan merek pakaian miliknya sendiri, Hiraeth Collective, yang bertujuan untuk menyatukan desain berkualitas tinggi dengan praktik produksi yang etis. "Produk kami bebas dari kulit, bulu, wol, dan sutra," demikian pernyataan misi label ini. "Dengan bahan-bahan alternatif yang bersumber dari pabrik-pabrik di Italia, Prancis, Jepang, dan Inggris, setiap potongan pakaian dibuat dengan hati-hati di pusat kota Los Angeles."

9. Gisele Bündchen

Courtesy of Bazaar US

Sebagai seseorang yang telah menjadi model selama puluhan tahun, Gisele mengetahui seluk-beluk industri tersebut, dan tampaknya ia berkomitmen untuk menjaga mode sebersih mungkin. Itulah mengapa ia telah memakai ulang beberapa potongan pakaian, termasuk gaun putih Stella McCartney ini, yang pertama kali ia kenakan untuk Gala Hollywood for Science pada tahun 2019. Lebih baik lagi, Gisele juga mengadakan lelang gaun itu malam itu dengan harga $48.000, untuk membantu mengumpulkan dana untuk upaya penghijauan kembali di Brasil asalnya.

10. Rosario Dawson

Courtesy of Bazaar US

Bintang Ahsoka ini memiliki banyak credit film di namanya dan banyak upaya lingkungan di daftar pengalamannya juga. Untuk memulai, ia adalah salah satu pendiri Studio One Eighty Nine bersama Abrima Erwiah; merek ini memproduksi pakaian yang terinspirasi oleh Afrika melalui metode tradisional dan memenangkan penghargaan CFDA Lexus Fashion Initiative for Sustainability. Rosario juga memulai Voto Latino, yang mendorong keterlibatan warga dalam komunitas Latinx dan berfokus pada dampak lingkungan. "Kampanye pertama saya adalah menyelamatkan pohon ketika saya berusia 10 tahun," katanya kepada salah satu media lifestyle pada tahun 2020. "Saya membuat banyak poster karena saya tidak memikirkannya dengan begitu jelas." Sekarang, Rosario tentu memikirkan setiap dampak kecil yang ia buat.

BACA JUGA:

Bisakah Kita Hidup Tanpa Plastik?

Mengingat Kebajikan Bumi Bersama Starbucks

(Penulis: Joel Calfee; Artikel ini disadur dari: BAZAAR US; Alih bahasa: Fenny Marandita; Foto: Courtesy of BAZAAR US)