Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

"Kucing Oren" yang Fenomenal dan Beberapa Selebriti yang Memeliharanya

Dikenal cerewet dan nakal, ternyata kucing "oren" atau kucing berwarna oranye ini memiliki sisi manja dan penyayang lho!

Belakangan ini, kucing oren (atau yang berwarna oranye) seringkali menjadi perbincangan publik karena tingkahnya. Sekadar memberi info sebenarnya dalam Bahasa Indonesia yang baku, arti oren sendiri adalah buah limau atau air limau. Namun untuk penempatan oren pada "kucing oren" di sini merupakan bahasa slang dari (warna) oranye.

Nah, banyak sekali lelucon dan video-video yang menunjukkan tingkahnya yang lucu dan sangat ekstrovert. Jika Anda belum tahu atau belum pernah melihat kucing oren, sudah banyak juga film yang telah mendeskripsikan sifat dan karakteristik dirinya seperti Cat dari Breakfast at Tiffany's, Goose dari Captain Marvel, dan mungkin yang paling terkenal yaitu Garfield dari sekuel Garfield.

Courtesy of Captain Marvel
Courtesy of Captain Marvel

Courtesy of Breakfast at Tiffany's
Courtesy of Breakfast at Tiffany's

Courtesy of Garfield
Courtesy of Garfield

Dari beberapa film tersebut Anda pasti akan melihat tingkah lakunya yang sesuka hati, tidak bisa diam, terkadang iseng, tetapi gampang berteman. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai keistimewaan dan karakteristik kucing oren, mari simak beberapa fakta dan jenisnya yang telah Bazaar kurasi di bawah ini.

FAKTA MENGENAI KEISTIMEWAAN DAN KARAKTERISTIK KUCING OREN

1. Merupakan jenis kucing tabby

Meskipun kucing oren pantas untuk ditempatkan dalam kategori mereka sendiri, namun pada nyatanya kucing oranye tidak memenuhi syarat sebagai ras yang berbeda-beda. Sebaliknya, bulu oranye hanyalah salah satu variasi bulu yang ditemukan di sejumlah ras, dengan warna mulai dari pastel krem hingga warna oranye tua buah jeruk. Tetapi, bukan berarti semua jenis kucing tabby hanya berwarna oranye. 

Keturunan kucing tertentu lebih cenderung menghasilkan kucing berwarna oranye. Beberapa breed yang cukup beruntung untuk memakai bulu oranye adalah American bobtail, shorthair eksotis, devon rex, dan Scottish fold.

2. Semuanya memiliki motif garis dengan pola yang berbeda

Anda tidak akan pernah menemukan kucing oren dengan warna penuh, karena semuanya pasti memiliki pola dengan empat tipe berbeda:

  • Klasik: bulu klasik yang terlihat seperti swirl atau bentuk pusaran warna oranye yang berbeda.

Courtesy of Instagram @mytigerjojo
Courtesy of Instagram @mytigerjojo
  • Mackerel: paling menyerupai belang harimau.

Courtesy of Instagram @princesshoneybee
Courtesy of Instagram @princesshoneybelle
  • Spotted: terkadang selain pola mackerel, kucing oren akan memiliki bintik-bintik dari pada bergaris.

Courtesy of Instagram @leo_orangetabby
Courtesy of Instagram @leo_orangetabby
  • Double Spotted: biasanya dapat dilihat pada kucing dengan dominan warna oranye tetapi memiliki warna lain pada tubuhnya.

Courtesy of Instagram @amaccho5160
Courtesy of Instagram @amaccho5160
  • Ticked: pola ini adalah di mana kucing mungkin tampak dengan warna yang solid, tetapi garis-garis klasik muncul di wajah.

Courtesy of Instagram @euro_curry
Courtesy of Instagram @euro_curry

3. Didominasi dengan kelamin jantan

Secara genetik, Anda akan jauh lebih mudah untuk menemukan jantan oranye dari pada betina. Sebuah kekalahan 80% dari semua kucing oranye adalah laki-laki, karena ada keunikan pada kromosomnya. Untuk menghasilkan warna bulu yang indah itu, betina membutuhkan dua gen oranye (satu dari setiap induknya), sedangkan jantan hanya membutuhkan satu. Jadi, jauh lebih mudah untuk berakhir dengan anak laki-laki. Jauh lebih langka dari dari calico jantan, dengan permasalahan yang sama.

4. Memiliki tanda 'M' di dahinya

Tanda yang ada pada dahi atau atas mata kucing oren merupakan salah satu ciri khas jenis tabby. Ini akan terlihat di semua kucing tabby, jadi bukan hanya kucing oranye yang dapat membanggakan dekorasi tambahan keren ini! Namun, semua bentuk tanda bergantung pada induk, dan mungkin sudah tidak berlaku untuk kucing yang sudah modern. 

5. Dapat memiliki tiga pilihan warna mata

Kucing oranye dapat memiliki mata emas, hijau, atau tembaga. Setiap warna memberikan kontras yang indah untuk bulu mereka. Secara fisik tidak mungkin bagi kucing oranye untuk membawa warna genetik lainnya. Sementara warna dasar dapat sedikit berbeda antara emas dan kuning muda, karena mata mereka tetap memiliki warna dasar yang relatif sama.

6. Ramah dan penyayang

Meskipun setiap kucing memiliki kepribadian khusus, kemungkinan besar kucing oranye akan sangat penyayang. Mereka cenderung sangat penurut, suka bersosialisasi, dan gampang berbaur dengan manusia atau kucing lainnya. Anda mungkin lebih cenderung memilih anak kucing oranye dari induk, karena merekalah yang akan datang untuk melihat Anda, manja, mencari perhatian, dan menggosok seluruh kaki Anda.

7. Terkadang malas

Kucing ini memiliki reputasi yang sangat dingin,  beberapa dari mereka bahkan malas. Jika Anda menginginkan kucing yang akan duduk di sisi Anda kapan pun Anda siap untuk waktu senggang, inilah pilihan kucing Anda. Energi mereka yang rendah secara alami membuat mereka menjadi teman yang ideal untuk anak-anak kecil atau manula. Mereka juga bekerja dengan baik di rumah tangga dengan banyak peliharaannya, karena sifatnya yang tidal pedulian.

8. Memiliki relasi pada keturunan rambut merah

Keturunan manusia? Ya betul. Keturunan harimau mini Anda berasal dari pigmen yang bertanggung jawab atas warna oranye kucing disebut pheomelanin, yang juga menyebabkan rambut merah alami pada manusia. Terwujud dalam berbagai warna dari merah hingga krem, pigmen inilah yang membuat bulu kucing Anda menonjol.

9. Sangat banyak keinginannya

Jika Anda pernah mendengar bahwa kucing tabby oren merupakan salah satu kucing yang bawel, itu sangatlah benar. Selain saat mencari perhatian, jenis kucing ini merupakan jenis yang mungkin saja membangunkan Anda tengah malam hanya untuk meminta makanan, karena sangat mencintai makan. Maka dari itu, kebanyakan dari kucing tabby memiliki tubuh yang lebih besar dan tinggi dari kucing lainnya. 

10. Polanya berfungsi untuk kamuflase

Seperti layaknya harimau dan keturunan kucing besar lainnya, warna oranye dan pola yang mereka miliki berfungsi sebagai kamuflase untuk membantu mereka berbaur saat berburu. Walaupun kucing oren Anda tidak mungkin berburu, tapi itulah yang membuatnya unik.

BEBERAPA KUCING OREN YANG DIPELIHARA SELEBRITI

1. Nagita Slavina

Courtesy of YouTube RANS Entertainment
Courtesy of YouTube RANS Entertainment

2. Baim Wong & Paula Verhoeven

Courtesy of Instagram @baimwong
Courtesy of Instagram @baimwong

3. Eva Celia

Courtesy of Instagram @evacelia
Courtesy of Instagram @evacelia

4. Elisabeth Moss

Courtesy of Instagram @elisabethmossofficial
Courtesy of Instagram @elisabethmossofficial

5. Jason Mraz

Courtesy of Instagram @jason_mraz
Courtesy of Instagram @jason_mraz

6. Song Min-ho (Mino Winner)

Courtesy of Instagram @realllllmino
Courtesy of Instagram @realllllmino

7. Jenna Fischer

Courtesy of Instagram @msjennafishcer
Courtesy of Instagram @msjennafishcer

8. Mandy Moore

Courtesy of Instagram @mandymooremm
Courtesy of Instagram @mandymooremm

(Penulis: Gracia Sharon, Foto: Courtesy of YouTube RANS Entertainment, Instagram @baimwong, @evacelia, @elisabethmossofficial, @jason_mraz, @realllllmino, @msjennafischer, @mandymooremm, @mytigerjojo, @princesshoneybelle, @leo_orangetabby, @amaccho5160, @euro_curry, Captain Marvel, Garfield, Breakfast at Tiffany's)