Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Mengingat Kebajikan Bumi Bersama Starbucks

Anda dapat turut berpartisipasi merayakan Bulan Bumi bersama Starbucks.

Mengingat Kebajikan Bumi Bersama Starbucks
Courtesy of Starbucks Indonesia

Selaku pionir dalam hal food and beverage, Starbucks terus mengaplikasikan gerakan sustainability di setiap langkahnya. Guna merayakan Bulan Bumi pada tahun 2024, komitmen yang difokuskan dalam bulan April ini yakni untuk terus menggunakan bahan-bahan daur ulang. Tak hanya dilakukan oleh seluruh tim internal, Starbucks juga menggandeng para pelanggan untuk sama-sama mewujudkan mimpi emas mereka. Hal ini disampaikan langsung oleh Liryawati, Chief Marketing Officer, PT Sari Coffee Indonesia.

BACA JUGA: Ini Perbedaan Diet Plant-Based dan Diet Vegan

Courtesy of Starbucks Indonesia

Tentu inisiatif hijau ini bukanlah suatu hal yang baru dilakukan gerai kopi ini. Sejak tahun 2018, Starbucks telah turut andil melestarikan bumi dengan mengubah sedotan plastik menjadi sedotan berbahan dasar kertas serta mengganti gelas plastiknya dengan gelas daur ulang. Selain itu, aksi konkret lainnya yakni program Bring Your Own Tumbler (BYOT) setiap hari Kamis juga masih berjalan hingga saat ini. Dan pada tanggal 22 setiap bulannya, Starbucks menawarkan pelanggan untuk menggunakan for-here mug jika ingin menikmati minuman di dalam gerai.

Untuk Bulan Bumi tahun ini, dengan mengusung program ‘A Team Effort’-nya, Starbucks menciptakan beberapa merchandise dari bahan upcycle, menu-menu teranyarnya berbahan dasar plant-based, serta merangkul pelanggan untuk memberikan kembali kepada bumi. 

Rangkaian Kreasi Daur Ulang

Courtesy of Starbucks Indonesia

Produk-produk upcycle yang lahir edisi Bulan Bumi kali ini antara lain circular cup berbahan dasar kopi dan RPP (recycled polypropylene). Tumbler ini berkapasitas 12oz dengan material silicon seal yang anti-bocor, dan dapat menahan panas atau dinginnya minuman favorit Anda. Setiap pembeliannya, Anda akan mendapatkan stiker Earth Month secara gratis untuk menghiasi tumbler edisi ini. 

Courtesy of Starbucks Indonesia

Upcycled Tote Bag dan Laptop Bag juga turut memeriahkan rangkaian merchandise earth month. Kedua merchandise ini berbahan dasar canvas twill dan upcycle plastic yang dapat menemani keseharian Anda dalam berbagai kegiatan.

Menu Baru Edisi Bulan Bumi

Courtesy of Starbucks Indonesia

Beralih ke bagian makanan, Anda dapat merasakan nikmatnya Vegan Vish Sandwich. Baguette sandwich dari gandum ini berisi potongan protein nabati dari kedelai, dan tepung rumput laut yang menyerupai “ikan”, serta saus Caesar dan mayo dari bahan nabati. Kabar baik bagi Anda sang pecinta dessert, Vegan Blueberry Cheesecake Parfait hadir untuk menyempurnakan rangkaian makanan penutup. Krim keju vegan yang gurih, crispy crumble, dan topping selai bluberi merupakan kombinasi apik yang menyatu dalam dessert vegan ini. Vegan Cinnamon Spikoe Cookie juga hadir sebagai camilan vegan yang memiliki aroma kayu manis yang hangat dan gula aren dengan potongan kacang sebagai topping-nya.

Courtesy of Starbucks Indonesia

Susu nabati juga hadir untuk alternatif susu bagi berbagai menu minuman favorit Anda. Soymilk, almondmilk, hingga oatmilk dapat menjadi pelengkap minuman berbasis kopi maupun non-coffee beverage.

Kampanye Pengupayaan Bersama

Courtesy of Starbucks Indonesia

Untuk lebih menyemarakkan Bulan Bumi, Starbucks juga melangsungkan kampanye #ATeamEffort. Anda berkesempatan untuk ikut serta menyumbangkan bibit pohon kopi kepada para petani kopi di beberapa area di Indonesia. Hal ini dapat direalisasikan dengan melakukan transaksi pembelian 5 produk Earth Month menggunakan aplikasi Starbucks Rewards. 

Courtesy of Starbucks Indonesia

Courtesy of Starbucks Indonesia

Courtesy of Starbucks Indonesia

Di akhir periode, lima pelanggan yang berhasil mengumpulkan coffee seeds terbanyak di aplikasi berhak mengikuti Coffee Trip bersama Starbucks ke Bali selama 3 hari 2 malam. Anda dapat mengikuti seremonial penyerahan donasi bibit pohon kopi kepada petani kopi di Bali. Masih di Pulau Dewata, Anda juga berkesempatan untuk tur ke Starbucks Reserve Dewata termasuk Coffee Experience Center, dan juga Starbucks Kintamani.

BACA JUGA:

Ini Panduan Lengkap Mengenai Cara Menerapkan Pola Diet Plant-Based

Panduan Membeli Denim Ramah Lingkungan

(Teks: Fenny Marandita; Foto: Courtesy of Starbucks Indonesia)