Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

15+ Drama Korea yang Dipastikan Memiliki Season Lanjutan

Sudah siap untuk petualangan lebih lanjut dengan deretan judul favorit Anda?

15+ Drama Korea yang Dipastikan Memiliki Season Lanjutan

Perlu diakui perkembangan industri hiburan Korea memang mengalami pergerakan yang cukup pesat. Bila Anda termasuk yang sudah konsisten mengikuti deretan judul drama Korea lebih dari satu bahkan dua dekade, Anda tentu dapat merasakan kepesatan transformasi tidak hanya dari segi pengambilan gambar, kepiawaian para jajaran aktor dan aktrisnya, tetapi juga dari segi ide cerita yang semakin segar dan ”out of the box”.

Baca juga: List Drama Korea Bertema Detektif yang Wajib Ada Dalam Daftar Tontonan

Namun tidak hanya dari poin-poin yang telah Bazaar sebutkan saja di atas, nyatanya format episode juga menjadi salah satu elemen yang telah mengalami pergeseran. Bila disadari kini lebih banyak drama Korea yang mengadopsi tren episode yang cenderung singkat. Hampir jarang sekarang kita menjumpai drama Korea dengan jumlah episode yang di atas 24 episode. Bahkan rasanya jika bisa semakin singkat episodenya semakin baik, karena tidak hanya akan meminimalisir biaya produksi, namun juga mendukung perilaku kehidupan penontonnya sendiri yang semakin hari semakin sibuk.

Untuk menyiasatinya, kini rumah produksi mulai turut mengdopsi sistem season atau musim seperti yang telah diterapkan oleh serial-serial dari produksi kawasan Barat. Dan berikut adalah 16 judul drakor yang dipastikan akan kembali untuk musim lanjutannya!

1. The Good Detective 2

Drakor
(Foto: Courtesy of JTBC)

Rencana tayang: Juli 2022

Menjadi judul drama Korea yang akan segera menampilkan kisah lanjutannya (dijadwalkan tayang pada akhir bulan Juli ini), musim pertama The Good Detective memang berhasil mencuri hati penggemar ketika drama ini sukses menyoroti kehidupan yang realistis dari para detektif polisi dalam investigasi ketika mereka berjuang untuk mengungkap kebenaran di samping konflik personal mereka. 

Akan kembali dibintangi oleh Son Hyun Joo, Jang Seung Jo, dan Tim Kejahatan Kekerasan Polisi Incheon Barat dua, tim produksi berbagi bahwa musim kedua akan menampilkan jalan cerita serta chemistry antar pemain yang semakin solid.

2. Work Later, Drink Now 2

Drakor
(Foto: Courtesy of Tving)

Rencana tayang: Oktober 2022

Berdasarkan webtoon, Work Later, Drink Now adalah tentang tiga sahabat wanita yang selalu berkumpul minum-minum setelah pulang kerja. Lee Sun Bin berperan sebagai penulis naskah televisi Ahn So Hee, Han Sun Hwa berperan sebagai instruktur yoga Han Ji Yeon, Jung Eun Ji Apink berperan sebagai YouTuber origami Kang Ji Goo, lengkap dengan teman laki-laki mereka Choi Siwon  berperan sebagai Kang Book Goo yang merupakan seorang produser variety show (PD).

Sejak tayang perdana pada tanggal 22 Oktober, jumlah pelanggan Tving meningkat lebih dari empat kali lipat, membuktikan popularitasnya. Video highlight yang dirilis di YouTube juga tercatat sebanyak 1,3 juta penonton. Sehingga pada tanggal 23 November kemarin dikabarkan bahwa tim produksi drama telah memutuskan untuk membuat musim lanjutan dan mengabarkan bahwa seluruh pemeran utama sedang meninjau secara positif tawaran untuk kembali.

3. Missing: The Other Side 2

Drakor
(Foto: Courtesy of AsianWiki)

Rencana tayang: paruh kedua 2022

Menceritakan tentang sebuah desa tempat para arwah yang meninggal namun jasadnya belum ditemukan, drama yang diperankan oleh Go Soo, Heo Jun Ho, dan Ahn So Hee yang tayang pada tahun 2020 kemarin dilaporkan akan kembali untuk musim keduanya.

Masih akan menampilkan empat karakter utamanya yaitu Kim Wook (Go Soo), Jang Pan Seok (Jun Ho), Lee Jong A (So Hee), serta Shin Joon Ho (Ha Joon), kini drama itu akan menceritakan kisah desa 3 Gongdan di mana orang-orang yang telah meninggal, termasuk Kang Eun Sil (Lee Jung Eun/Our Blues) dan Oh Il Yong (Kim Dong Hwi/Stranger 2) bermukim. Sementara itu, keempat pemeran utamanya masih akan terus berusaha menemukan mayat orang hilang termasuk Eun Sil dan Il Young dan mengejar kebenaran di balik kematian mereka.

4. D.P. 2

Drakor
(Foto: Courtesy of Netflix)

Rencana tayang: akhir tahun 2022 atau tahun 2023

Menjadi salah satu mega proyek persembahan platform streaming Netflix yang sukses meraup penggemar besar, yaitu serial bertema militer yang dibintangi oleh Jung Hae In. 

Pada tanggal 31 Mei kemarin, tim produksi D.P. telah membagikan cuplikan pembacaan naskah untuk drama tersebut. Selain akan kembali disutradarai oleh Han Joon Hee, musim kedua juga akan kembali menghadirkan jejeran aktornya mulai dari Jung Hae In, Goo Kyo Hwan, Kim Sung Kyun sebagai Sersan Park Beom Gu, serta aktor yang akhir-akhir ini sukses menyita perhatian publik berkat perannya di serial My Liberation Notes, Son Seok Ku sebagai Letnan Im Ji Seob.

Di samping para aktor yang akan kembali meramaikan proyek musim kedua ini, D.P. juga semakin istimewa dengan menyambut dua pemain barunya yaitu Ji Jin Hee (Designated Survivor: 60 Days) yang akan memerankan karakter Goo Ja Woon seorang kepala petugas hukum dari markas besar tentara dan aktris  Kim Ji Hyun (Thirty Nine) yang akan berperan sebagai Letnan Kolonel Seo Eun, petugas operasi Kantor Kejaksaan Kementerian Pertahanan Nasional.

5. Taxi Driver

Drakor
(Foto: Courtesy of SBS)

Rencana tayang: paruh pertama tahun 2023

Bercerita tentang layanan taksi misterius yang memberikan kesempatan untuk para korban yang mungkin ingin mendapatkan keadilan dan balas dendam namun tidak bisa mendapatkannya dari jalur hukum yang resmi, drama yang dibintangi oleh aktor Lee Je Hoon ini memang sukses mendulang penonton berkat alur ceritanya yang segar.

Untuk itu pada tanggal 9 Juni kemarin, SBS membagikan berita bahagia bahwa serial ini akan kembali dengan musim keduanya. Pemeran utama yang terdiri dari Lee Je Hoon, Kim Eui Sung, Pyo Ye Jin, Jang Hyuk Jin, dan Bae Yoo Ram, yang memerankan 5 anggota tim Rainbow Taxi semuanya akan kembali bergabung. 

Namun sayangnya salah satu karakter penting yang ada di musim pertama yaitu jaksa Kang Ha Na yang diperankan oleh Esom dengan berat hati harus mundur dari proyek musim kedua dikarenakan konflik jadwal kerja.

6. All of Us Are Dead 2

Drakor
(Foto: Courtesy of Netflix)

Rencana tayang: 2023

Salah satu drama “underdog” karena tidak didukung dengan jajaran pemain bertabur bintang ini memang sukses menggemparkan dunia perdrakoran ketika pertama kali mengudara di awal tahun 2022 kemarin.

Menceritakan tentang sekelompok siswa SMA yang harus bersatu dan berjuang bersama melawan wabah zombie yang tiba-tiba menyerang sekolah mereka, drama yang diadaptasi dari webcomic ini memang berhak untuk melanjutkan kisahnya. 

Selain karena masih banyak hal yang belum terselesaikan (termasuk nasib beberapa karakter krusialnya) penampilan para aktor muda mulai dari Park Ji Hu, Yoon Chan Young, Cho Yi Hyun, hingga aktor blasteran Park Solomon memang layak untuk dinantikan!

7. Strong Woman Kang Nam Soon

Drakor
(Foto: Courtesy of AsianWiki)

Rencana tayang: 2023

Sekuel untuk drama hits Strong Woman Do Bong Soon akan segera tayang!

Bila Anda penggemar drama yang tayang di tahun 2017 silam yang menampilkan akting serta chemistry luar biasa dari Park Hyung Sik serta Park Bo Young, kini cerita yang ditulis oleh penulis naskah Baek Mi Kyeong akan kembali dengan sekuelnya.

Namun kabar buruknya, kedua pemeran utama tidak akan kembali dalam proyek ini melainkan akan diisi oleh deretan aktor bertabung bintang yang tak kalah hebat mulai dari  Lee Yoo Mi (Squid Game, All of Us Are Dead) yang akan berperan sebagai Kang Nam Soon, Ong Seung Wu mantan personel boyband Wanna One, Byeon Woo Seok (Record of Youth), serta aktris senior Kim Hae Sook (Hospital Playlist, Start-Up) sebagai Gil Joong Gan.

Sekuelnya akan berkisah tentang sepupu jauh Do Bong Soon, Kang Nam Soon yang juga memiliki kekuatan luar biasa. Tidak hanya ia memiliki kekuatan yang besar, tetapi juga ibunya Hwang Geum Joo dan neneknya Gil Joong Gan yang akan menemukan dirinya mencoba menguak tentang kejahatan narkoba baru yang terjadi di Gangnam.

8. Tale of The Nine Tailed 2 & 3

Drakor
(Foto: Courtesy of AsianWiki)

Rencana tayang: akhir tahun 2023 

Dibintangi oleh Lee Dong Wook dan Kim Bum, drama ini juga menjadi salah satu drama yang dikonfirmasi untuk kembali melanjutkan kisahnya tidak hanya dalam satu namun dua musim!

Untuk musim keduanya yang akan diberi judul Tale of The Nine Tailed 1938, aktris pemeran utama Jo Bo Ah dikonfirmasi tidak akan kembali ke proyek ini dan akan digantikan oleh aktris Kim So Yeon (Penthouse).

Berbeda dari sebelumnya yang berlatar era modern, musim kedua ini masih akan menceritakan tentang aksi gumiho laki-laki (rubah berekor sembilan mitos) Yi Yeon (Lee Dong Wook) namun di era tahun 1938. Selain akan menampilkan kisah yang lebih seru tentang makhluk mitos Korea, drama ini juga akan memiliki adegan aksi yang dinamis dan karakter yang beragam. 

Lebih lanjut, Meskipun Yi Yeon telah menemukan akhir yang bahagia dengan Nam Ji Ah (karakter Jo Bo Ah) di musim pertama, ia akan terseret dalam insiden tak terduga dan menemukan dirinya kembali ke tahun 1938. Musim kedua juga akan menggambarkan perjuangan Yi Yeon untuk kembali ke masa kini, hari di mana semua orang yang berharga baginya berada.

9. Squid Game 2

Drakor
(Foto: Courtesy of Netflix)

Rencana tayang: akhir tahun 2023 atau  tahun 2024

Setelah menikmati kesuksesan yang begitu gemilang baik di skala lokal maupun internasional, dipastikan serial yang dibintangi oleh dua aktor veteran Lee Jung Jae dan Lee Byung Hyun  akan kembali memerankan karakter mereka di samping Gong Yoo yang dikabarkan langsung oleh sutradara, penulis, serta eksekutif produser, Hwang Dong Hyuk juga kemungkinan akan kembali terlibat di musim kedua.

Selain itu, dua karakter yang tak ketinggalan sukses mencuri atensi yaitu Cho Sang Woo yang diperankan oleh Park Hae Soo dan Kang Sae Byeok yang  dilakoni oleh Jung Ho Yeon juga dikabarkan mungkin juga akan muncul di musim kedua sebagai “saudara kembar” karakter mereka di musim pertama.

Walau masih belum jelas bagaimana premis cerita yang akan dikembangkan oleh Hwang Dong Hyuk selepas mewujudkan mimpinya untuk menghidupkan cerita yang sejatinya telah rampung lebih dari satu dekade yang lalu, namun melihat kesuksesan dan respons positif para penonton dari seluruh penjuru dunia, semoga Squid Game musim kedua dapat memenuhi ekspektasi yang para penonton yang akan menanti dengan sabar kelanjutan ceritanya.

10. Kingdom: Tale of the Crown Prince

Drakor
(Foto: Courtesy of AsianWiki)

Rencana tayang: TBC

Bisa dibilang menjadi serial orisinal Netflix yang membuka pintu kesempatan bagi proyek-proyek orisinal lainnya sesukses dan dikenal seperti sekarang ini selain Love Alarm yang menjadi proyek orisinal Netflix pertama yang dirilis, pengaruh drama berlatar era kerajaan yang dibintangi oleh dua aktor besar, Ju Ji Hoon dan Jun Ji Hyun memang menjadi salah satu proyek yang paling dinanti kelanjutan ceritanya.

Setelah terakhir merilis episode spesial yang berfokus pada cerita personal Ashin dan asal-muasal lahirnya tanaman saengsacho (resurrection plant), kini giliran cerita personal sang Putra Mahkota, Lee Chang yang akan mendapatkan kesempatan untuk diceritakan.

Akan mengadopsi alur cerita maju-mundur, Putra Mahkota Lee Chang lahir dari Raja dan selir kerajaan. Meskipun ibunya bukan Ratu, Lee Chang menjadi Putra Mahkota. Selama bertahun-tahun, ia tumbuh sebagai pribadi yang berwibawa dan Putra Mahkota yang siap bertarung melawan zombie.

11. The Uncanny Counter 2

Drakor
(Foto: Courtesy of Instagram @clean_0828)

Rencana tayang: TBC

Diadaptasi dari webtoon hits berjudul Amazing Rumour, The Uncanny Counter bercerita tentang kisah empat orang yang menjalankan toko mie di siang hari dan berburu iblis saat mereka tidak bekerja. Mengudara pada November 2020 hingga Januari 2021 dengan rapuan ranting yang tergolong tinggi, drama yang dibintangi oleh Kim Se Jeong sebagai Do Ha Na, Joe Byeong Gyu sebagai So Mun, Yu Jun Sang sebagai Ga Mo Tak, dan Yum Hye Ran sebagai Chu Mae Ok memang telah dipastikan untuk musim keduanya.

Kendati demikian, hingga kini masih belum ada tanggal yang dikonfirmasi tentang jadwal produksi hingga target rilis.

12. Arthdal Chronicles 2

Drakor
(Foto: Courtesy of AsianWiki)

Rencana tayang: TBC

Sempat tertunda proses syutingnya akibat pandemi Covid-19, akhirnya perusahaan produksi Studio Dragon mengonfimrasi bahwa musim kedua Arthdal ​​Chronicles yang sangat dinanti-nantikan dijadwalkan memulai produksi tahun ini.

Meskipun telah dikonfirmasi akan melanjutkan ceritanya ke musim selanjutnya yang akan berfokus pada kisah tentang apa yang akan terjadi di Arth lebih dari satu dekade sejak musim pertama, namun perihal jajaran pemerannya yang sebelumnya dimeriahkan oleh Song Joong Ki, Jang Dong Geun, Kim Ji Won, dan Kim Ok Vin belum dipastikan akan kembali terlibat dalam proyek ini.

Di tengah-tengah ketidakpastian jajaran pemainnya, pada bulan April kemarin muncul berita bahwa Lee Joong Gi (Again My Life) dan Shin Se Kyung (Run On) mendapat tawaran untuk memerankan karakter utama dan sedang mengevaluasinya secara positif.

13. Sweet Home 2 & 3

Drakor
(Foto: Courtesy of Netflix)

Rencana tayang: TBC

Sweet Home secara resmi dikonfirmasi untuk kembali tidak hanya satu tapi dua musim lagi!

Setelah menutup musim pertama dengan banyak tanda tanya, akhirnya perjalanan Song Kang yang memerankan karakter Cha Hyun Su akan kembali diteruskan. 

Menurut laporan, musim kedua yang akan kembali dimeriahkan oleh penampilan pemain aslinya mulai dari Song Kang, Lee Jin Wook, Lee Si Young, Park Gyu Young, hingga Go Min Si ini akan berpusat pada kejadian setelah  Hyun Soo nyaris lolos dari Green Home dan ditangkap oleh militer. Sementara Sang Wook (Lee Jin Wook) muncul dengan bekas luka bakarnya yang telah sembuh. Musim baru juga akan memperlihatkan bagaimana Lee Kyung (Lee Si Young), Eun Yoo (Go Min So), dan Ji Soo (Park Gyu Young) akan bertahan hidup di dunia yang penuh dengan monster. 

Lebih lanjut, setelah kehilangan beberapa karakter favorit seperti Lee Eun Hyeok yang diperankan oleh Lee Do Hyun dan Jung Jae Heon yang dilakoni oleh Kim Nam Hee, ada beberapa tambahan pemeran baru yang telah dikonfirmasi mulai dari Yoo Oh Sung (The Veil), Oh Jung Se (It’s Okay to Not Be Okay) , Kim Moo Yeol (Juvenile Justice) , dan Jinyoung B1A4 (Police University)

14. Money Heist: Korea - Joint Economic Area Part 2

Drakor
(Foto: Courtesy of Instagram @netflixkr)

Rencana tayang: TBC

Baru saja merilis bagian pertamanya yang terdiri dari enam episode di akhir bulan Juni kemarin, drama yang diadaptasi dari serial hits asal Spanyol ini memang akan kembali melanjutkan separuh ceritanya lagi di bagian kedua. 

Walaupun telah dipastikan akan kembali, namun kabar buruknya tanggal perilisannya hingga kini belum diumumkan. Akankah kisahnya berlanjut di tahun 2022 atau para penggemar harus menunggu lebih lama lagi? Apapun jawabannya, mari kita nantikan pengumuman resminya!

15. Pachinko

Drakor
(Foto: Courtesy of Harper's Bazaar)

Rencana tayang: TBC

Walau bukan serial yang diproduksi secara lokal di Korea, namun drama yang dibintangi oleh Lee Min Ho, Youn Yuh Jung, dan aktris pendatang baru Kim Min Ha yang diangkat dari novel terlaris dengan nama yang sama karya Lee Min Jin Lee memang layak untuk ditunggu musim keduanya.

Pada 29 April, Apple TV+ secara resmi mengumumkan bahwa serial tersebut telah diperbarui untuk musim kedua. Seperti yang dikutip dari Soompi, pencipta, penulis, dan produser eksekutif, Soo Hugh turut angkat suara mengenai kesempatan untuk melanjutkan kisah mengenai perang, perdamaian multi-generasi, cinta serta perpisahan yang melibatkan antar ras yaitu Korea, Jepang, dan Amerika Serikat.  

“Tidak ada kata-kata tidak yang dapat mengungkapkan kegembiraan saya karena dapat terus menceritakan kisah luar biasa dari keluarga yang gigih ini. Saya berterima kasih kepada tim yang luar biasa di Apple dan studio Media Res karena mempercayai dan mendukung acara ini dan kepada penggemar kami yang bersemangat yang telah mendukung kami. Merupakan suatu kehormatan untuk dapat terus bekerja dengan para pemain dan kru yang luar biasa ini,” tuturnya.

Sayangnya hingga saat ini belum ada konfirmasi apakah para pemain original akan kembali terlibat serta kapan waktu pasti dari perilisan drama ini.

16. Alchemy of Souls Part 2

Drakor Alchemy of Souls Part 2
(Foto: Courtesy of Instagram @netflixkr)

Drama yang tayang pada bulan Juni 2022 kemarin dan sukses menyita perhatian publik menjadi judul drakor terbaru yang dipastikan akan melanjutkan perjalanan ceritanya ke bagian selanjutnya. Dibintangi oleh  Lee Jae Wook (Extraordinary You) dan Jung So Min (Monthly Magazine Home), Alchemy of Souls adalah drama roman fantasi  berlatar di negara fiksi Daeho, sebuah negara yang tidak ada dalam sejarah atau di peta. Drama ini juga turut memuat unsur-unsur sihir dan kemampuan menukar jiwa orang.

Pada tanggal 12 Juli kemarin, sebuah media melaporkan bahwa Alchemy of Souls sudah memulai syuting untuk part 2 dan mengungkapkan berita mengejutkan bahwa pemeran utama wanita di bagian selanjutnya akan diperankan oleh Go Yoon Jung. Namun ketika dimintai keterangan kepada pihak produksi maupun agensi yang menaungi So Min, kedua belah pihak masih enggan membeberkan lebih lanjut mengenai nasib So Min di bagian kedua dari drama ini dengan menuturkan. “Sulit untuk mengonfirmasi detail terkait bagian kedua  karena bisa jadi spoiler untuk bagian pertama yang saat ini sedang tayang.”

Dari 16 drama Korea yang telah dikonfirmasi akan kembali lagi untuk musim lanjutannya, mana judul yang paling tak sabar ditunggu penanyangannya?

Baca juga:

Deretan Drama Korea Bertema Komedi Romantis yang Tak Boleh Dilewatkan

Update! Berikut adalah Drama-Drama Korea Dengan Rating Tertinggi Sepanjang Masa

(Layout:Tevia Andriani; Foto: Courtesy of Soompi, AsianWiki, Instgram, Netflix)