Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

List Drama Korea Bertema Detektif yang Wajib Ada Dalam Daftar Tontonan

Penuh aksi dan ketegangan dengan alur cerita yang tak terduga, bersiaplah untuk perjalanan yang akan membuat hati Anda berdebar selama menontonnya.

List Drama Korea Bertema Detektif yang Wajib Ada Dalam Daftar Tontonan

Walaupun citra drama Korea sangat lekat dengan genre romansa (terutama deretan judul drama Korea dari generasi awal yang berhasil mengantarkan industri hiburan Korea ke puncak kesuksesan dan bahkan mendunia), nyatanya kemajuan baik dari segi plot cerita, pengambilan gambar, hingga pengembangan genre dari para pihak-pihak di balik layar seperti mulai dari penulis naskah sampai sutradara memang perlu diacungi jempol. 

Baca juga: Drama-Drama Korea Paling Romantis yang Tak Boleh Anda Lewatkan Seumur Hidup

Tak lagi melulu tentang kisah cinta tragis dari pemeran utamanya, atau mengenai penyakit yang diderita sang pemeran utama, kini daftar drama Korea yang mengusung tema kriminal, aksi, maupun fiksi sudah banyak yang berhasil mencengangkan penonton.

Dan salah satu tema drama yang sedang banyak digemari oleh para penikmat drakor adalah yang menyorot mengenai intrik-intrik kehidupan para detektif ataupun penegak hukum.

Jika Anda merupakan salah satu yang menikmati genre drama ini atau selama ini sudah tertarik namun bingung judul drama mana yang memiliki alur cerita yang bagus, berikut Bazaar rangkumkan 25 judul drama Korea bertema detektif yang layak untuk Anda masukkan ke dalam daftar tontonan:  

1. Signal

Dapat disaksikan di: Netflix / Iqiyi

Hasil kolaborasi yang luar biasa dari penulis naskah Kim Eun Hee (Kingdom, Jirisan) dengan sutradara Kim Won Suk (Misaeng: Incomplete Life, My Mister), Signal yang dibintangi oleh deretan aktor papan atas mulai dari Lee Je Hoon, Kim Hye Soo, hingga Choi Jin Woong ini memang memiliki premis cerita yang cukup menarik.

Tak hanya mengusung tema detektif, drama ini juga mengadopsi alur cerita time traveler yang melibatkan seorang criminal profiler bernama Hae Young (Je Hoon) yang secara misterius menemukan sebuah walkie-talkie yang dapat menghubungkan dirinya dengan seorang detektif bernama Jae Han (Jin Woon) yang hidup di era tahun 2000.

Menjadi salah satu drama paling populer di tahun 2016, maka tak heran rasanya jika drama ini berhasil  menjadi pemenang dari kategori Best Drama di ajang Baeksang Arts Awards tahun 2016.

2. Tell Me What You Saw

Dapat disaksikan di: Viu 

Mengudara pada awal tahun 2020, Tell Me What You Saw menceritakan tentang kisah seorang criminal profiler yang begitu handal bernama Oh Hyun Jae (Jang Hyuk) yang tiba-tiba menghilang tanpa jejak setelah tunangannya meninggal secara tragis di tangan seorang pembunuh berantai.

Sementara itu, Cha Soo Young (Sooyoung) adalah seorang polisi di daerah pedesaan. Istimewanya, ia memiliki kemampuan khusus yang memungkinkan dirinya untuk mengingat semua yang ia lihat. Karena kemampuan khususnya ini, ia pun kemudian terpilih  sebagai detektif pemula yang nantinya akan bermitra dengan Hyun Jae untuk menyelesaikan berbagai kasus kriminal.

3. Life on Mars

Tak hanya Sooyoung saja yang pernah bermain dalam drama bergenre detektif, sang kekasih yang juga seorang aktor, Jung Kyung Ho (Prison Playbook, Hospital Playlist) juga pernah berperan sebagai seorang detektif dengan tema perjalanan waktu.

Berperan sebagai seorang kepala tim investigasi kejahatan bernama ​​Han Tae Joo, suatu hari ia mengalami kecelakaan ketika sedang menginvestigasi sebuah kasus pembunuhan berantai. Akibat dari kecelakaannya, Tae Joo kemudian menemukan dirinya “terlempar” ke tahun 1988. Untuk kembali ke masa sekarang, Tae Joo pun harus memecahkan kasus pembunuhan berantai.

4. Stranger

Dapat disaksikan di: Netflix / Iqiyi

Mengangkat kisah hubungan antara dua lembaga penegak hukum yaitu kejaksaan dan kepolisian, dari pihak kejaksaan diwakili oleh seorang jaksa yang terkenal tak memiliki perasaan atau emosi bernama Hwang Si Mok. Suatu hari ia pun kemudian bertemu dan harus bekerja sama dengan seorang polisi wanita bernama Han Yeo Jin.

Tak hanya menampilkan jalan cerita yang begitu menarik dan tak terduga, chemistry antara dua pemeran utamanya yaitu Cho Seung Woo dan Bae Don Na juga menjadi nilai tambah.

Selain itu, seperti serial Signal, drama ini juga berhasil memboyong tak hanya satu melainkan tiga penghargaan di ajang BaekSang Arts Awards tahun 2018 untuk kategori Best Actor atas penampilan spektakuler dari Cho Seung Woo, Best Screenplay, hingga Daesang atau Grand Prize

5. Item

Bagi Anda yang suka dengan drama Korea bergenre detektif lengkap dengan bumbu-bumbu fantasi, Anda tentu tak boleh melewatkan drama yang diperankan oleh dua bintang besar yaitu Ju Ji Hoon dan Kim Kang Woo.

Bercerita tentang seorang jaksa yang penuh keadilan dan berhati hangat bernama Kang Gon (Ji Hoon), demi menyelamatkan keponakannya, ia kemudian harus mengumpulkan barang-barang  yang memiliki kekuatan gaib bersama dengan criminal profiler Shin So Young (Jin Se Yun).

Baca juga: 15 Fakta Sosok Ju Ji Hoon, Aktor Yang Kariernya Kian Melejit

6. Vagabond

Dapat disaksikan di: Netflix 

Pernah gemar di masanya karena mempertemukan dua bintang besar Korea, Bae Suzy dan Lee Seung Gi. Vagabond menceritakan kisah seorang stuntman bernama Cha Dal Geon (Seung Gi)  yang harus menerima kenyataan bahwa keponakan tersayangnya meninggal secara tragis dalam sebuah kecelakaan pesawat.

Namun siapa sangka, kecelakaan pesawat tersebut bukanlah murni sebuah kecelakaan, Dirinya yang kemudian mengetahui bahwa ini merupakan sebuah konspirasi tingkat tinggi pun akhirnya mengusut siapa dalang di balik kematian keponakannya yang kemudian dibantu oleh seorang agen NIS bernama Go Hae Ri (Suzy)

7. Flower of Evil

Dapat disaksikan di: Netflix / Viu

Menjadi momen reuni antara Lee Joon Gi dan Moon Chae Won setelah sebelumnya pernah bekerja bersama di drama Criminal Minds yang tayang pada tahun 2017 silam, kali ini keduanya berperan sebagai sepasang suami istri bernama Baek Hee Sung dan Cha Ji Won. 

Tampak seperti keluarga harmonis lengkap dengan kehadiran seorang putri yang begitu menggemaskan, rupanya sang suami, Baek Hee Sung menyimpan sebuah rahasia besar bahwa sesungguhnya ia merupakan tersangka utama atas kasus pembunuhan berantai. Demi menutupi kenyataan ini, ia pun rela melakukan segala cara agar sang istri yang berprofesi sebagai seorang detektif tak pernah mengetahui rahasianya ini.

8. Beyond Evil

Dapat disaksikan di: Netflix / Viu

Memang patut diakui drama-drama yang berhasil memenangkan kategori Best Drama di ajang penghargaan BaekSang Arts Awards dapat menjadi barometer kualitas drama tersebut. Setelah Signal dan Stranger yang juga ada di daftar ini, kini giliran kampiun dari tahun 2021 yang tak boleh Anda lewatkan jika penggemar drama bertema detektif.

Mempertemukan aktor veteran Shin Ha Kyun  dengan aktor Yeo Jin Goo, Beyond Evil berlatar di sebuah desa kecil yang menyorot kisah seorang detektif bernama Lee Dong Sik (Ha Kyun). Relatif tenang, semua berubah ketika kasus pembunuhan berantai yang mirip dengan yang pernah terjadi 20 tahun silam kembali muncul. Dong Shik yang penuh dengan rahasia pun mulai menginvestigasi bersama rekan barunya, Han Joo Won (Jin Goo) seorang detektif elit dari kota besar yang secara tak terduga dipindahkan ke polsek desa tersebut.

9. Tunnel

Dapat disaksikan di: Viu

Memiliki premis cerita yang mirip dengan drama Signal (mengingat keduanya sama-sama diangkat dari kisah nyata dari "kasus pembunuhan berantai Hwaseong"), Tunnel yang diperankan oleh Choi Jin Hyuk dan Yoon Hyun Min ini mengambil latar di tahun 1986. 

Dengan seorang detektif bernama Park Gwang Ho (Jin Hyuk) yang berusaha mati-matian menangkap seorang pembunuh berantai. Ia pun tanpa sadar mengejar sang pembunuh berantai dan melewati terowongan yang membawanya ke tahun 2017. Di mana sang pembunuh berantai terus melanjutkan pembunuhan yang dimulai 30 tahun yang lalu. Detektif Gwang Ho pun akhirnya  bekerja sama dengan Detektif Kim Sun Jae ( Hyun Min) dan Profesor Psikologi Kriminal Shin Jae Yi (Lee Yoo Young) untuk menangkap sang pembunuh.

10. Mouse

Dapat disaksikan di: Viu / Iqiyi

Menyuguhkan akting brilian dari aktor multitalenta Lee Seung Gi, Mouse yang tayang di tahun 2021 ini mengikuti kisah seorang polisi junior bernama Jung Ba Reum (Seung Gi). Di awal cerita, Ba Reum terlihat memiliki kepribadian yang ramah, adil, dan suka menolong. 

Suatu waktu, bersama dengan detektif Go Mu Chi (Lee Hee Jun), ia kemudian diperhadapkan dengan kasus pembunuhan berantai yang berhasil mengundang ketakutan bagi seluruh negeri. Walaupun akhirnya berhasil memecahkan kasus ini, namun kehidupan Ba Reum berubah total.

11. Voice

Dapat disaksikan di: Netflix / Viu

Telah menayangkan empat musim dengan deretan aktor ternama yang turut memeriahkan serial ini mulai dari Jang Hyuk, Lee Jin Wook, hingga yang terbaru aktor veteran Song Seung Heon, Voice berkisah tentang sebuah unit pusat panggilan darurat 112 yang digawangi oleh Kang Kwon Joo (Lee Ha Na) yang memiliki kemampuan pendengaran yang sangat baik.

Bersama para mitra dan anggotanya, mereka pun memecahkan kasus demi kasus pembunuhan berantai.

12. Criminal Minds

Dapat disaksikan di: Viu / Iqiyi

Diadaptasi dari serial asal Amerika yang begitu terkenal, Criminal Minds versi Korea yang tayang di tahun 2017 ini menampilkan enam anggota yang terdiri dari Kim Hyun Joon (Lee Joon Gi), Ha Sun Woo (Moon Chae Won), Na Na Hwang (Yoo Sun), Yoo Min Young (Lee Sun Bin), Lee Han (Go Yoon), serta dikepalai oleh Kang Ki Hyung (Son Hyun Joo).

Tak jauh berbeda dengan versi aslinya, kelompok profilers ini berusaha untuk memecahkan berbagai kasus kriminal dengan cara menyelami perspektif para penjahat.

13. You’re All Surrounded

Dapat disaksikan di: Netflix / Viu / Iqiyi

Dibintangi oleh Cha Seung Won, Lee Seung Gi, dan Go Ara, You're All Surrounded mengikuti kisah empat detektif pemula di Kantor Polisi cabang Gangnam. Bersama kepala tim tiga, Seo Pan Seok (Seung Won), para detektif rookie pun memulai perjalanan mereka di dunia kepolisian.

14. Mad Dog

Dapat disaksikan di: Netflix

Tak seperti kebanyakan drama yang ada di dalam daftar ini yang mengikuti kisah dari sudut pandang para penegak hukum Mad Dog yang dibintangi oleh Yoo Ji Tae dan Woo Do Hwan ini menceritakan kisah sebuah kelompok pembela kebenaran yang digawangi oleh Choi Kang Woo (Ji Tae), seorang mantan detektif yang  sekarang bekerja sebagai penyelidik untuk sebuah perusahaan asuransi. Ia bersama anggota setianya pun kerap kali mencoba mengungkap kasus penipuan asuransi.

Baca juga: 15 Fakta Woo Do Hwan, Aktor Muda yang Sedang Bersinar

15. The Good Detective

Dapat disaksikan di: Netflix / Viu

Tayang di tahun 2020 kemarin, The Good Detective secara mengejutkan berhasil menarik perhatian banyak penonton dan bahkan mampu meraup angka rating yang diluar ekspektasi. 

Berlatar di kota Incheon, The Good Detective menceritakan kisah Kang Do Chang (Son Hyun Joo) yang telah bekerja sebagai detektif selama 18 tahun terakhir yang kemudian dipasangkan dengan seorang detektif elit bernama Oh Ji Hyeok (Jang Seung Jo) yang juga berlatar dari keluarga kaya raya.

Memiliki kepribadian yang bertolak belakang, keduanya pun harus mencoba mengesampingkan ego dan kebiasaan ketika harus mengungkap misteri kasus yang keduanya tangani.

16. Team Bulldog: Off-duty Investigation

Dapat disaksikan di: Viu / Iqiyi

Hadir dalam format 12 episode, drama yang sama seperti The Good Detective tayang di tahun 2020 kemarin menceritakan kisah seorang detektif bernama Jin Kang Ho (Cha Tae Hyun) yang memiliki tekad yang besar dan selalu  mencoba menangkap penjahat dengan segala cara. 

Sedangkan Kang Moo Young (Lee Sun Bin) merupakan seorang sutradara yang penuh semangat dari sebuah program investigasi TV. Program ini mencoba menangkap penjahat yang tidak bisa dilakukan polisi. 

Suatu hari Kang Ho dan Moo Young pun secara tak terduga bertemu dan mereka mulai bekerja sama untuk menyelidiki sebuah kasus yang belum terpecahkan.

17. Police University

Dapat disaksikan di: Viu

Bagi Anda yang jatuh hati pada kepiawaian akting Cha Tae Hyun, terutama setelah menonton drama Team Bulldog: Off-duty Investigation, Anda tentu tak boleh melewatkan drama lain yang ia bintangi dan turut mengangkat tema seputar aksi detektif. 

Baru saja menayangkan episode terakhirnya di awal Oktober kemarin, di drama Police University, Tae Hyun kembali berperan sebagai seorang detektif bernama Yoo Dong Man. Setelah bekerja sebagai detektif selama hampir 20 tahun di berbagai departemen, termasuk kejahatan kekerasan dan kejahatan dunia maya, ia pun sekarang bekerja sebagai seorang profesor di universitas kepolisian. 

Di sana ia pun mulai membina para polisi rookie termasuk Kang Sun Ho (Jin Young) dan Oh Kang Hee (Krystal). 

18. The Guest

Dapat disaksikan di: Netflix

Pencinta drama bergenre detektif yang dibalut nuansa mistis? Tak perlu mencari lebih jauh karena drama ini tentu akan membuat hati Anda berdebar-debar dari awal hingga akhir.

Terdiri dari seorang paranormal bernama Yoon Hwa Pyung (Kim Dong Wook), seorang pendeta Katolik, Choi Yoon (Kim Jae Wook) dan seorang detektif wanita, Kang Kil Young (Jung Eun Chae)  ketiganya menyatukan kekuatan untuk melawan kekuatan supranatural yang menyerang para penduduk sebuah pesisir di desa.

19. Two Cops

Dapat disaksikan di: Netflix

Mempertemukan aktor Jo Jung Seok, Hyeri, dan Kim Seon Ho, Two Cops mengikuti kisah seorang detektif bernama Cha Dong Ta (Jung Seok) dan seorang penipu bernama Gong Soo Chang (Seon Ho) yang menemukan diri mereka bertukar roh setelah terlibat dalam sebuah kecelakan. Roh detektif dan penipu itu pun akhirnya bekerja sama untuk memecahkan kasus. 

Baca juga: 27 Fakta Kim Seon Ho, Aktor yang Akhirnya Mendunia Semenjak 12 Tahun Debut di Dunia Teater

20. Watcher

Dapat disaksikan di: Viu

Jika Anda penggemar aktor Seo Kang Joon setelah menonton dirinya  memerankan salah satu karakter ikonisnya di drama Cheese in The Trap, maka Anda perlu untuk menonton drama bergenre thriller/crime yang menampilkan sisi lain dari kemampuan aktingnya. 

Berperan sebagai Kim Young Koon, ia merupakan salah satu anggota dari tim investigasi urusan internal yang dikepalai oleh Do Chi Gwang (Han Suk Kyung-Dr. Romantic) yang memiliki misi untuk menggali kebenaran dari siapa dalang dibalik peristiwa tragis yang terjadi dalam drama tersebut.

Tak hanya menampilkan Kang Joon dan aktor veteran Suk Kyung, Watcher juga turut dimeriahkan oleh penampilan Kim Hyun Joo (Hellbound, Undercover) yang berperan sebagai seorang mantan jaksa yang sekarang menjadi pengacara bernama Han Tae Joo yang turut bergabung dengan tim urusan internal.

21. Rugal

Dapat disaksikan di: Netflix

Diangkat dari kisah webcomic dengan judul yang sama karya penulis Rilmae, serial ini mengikuti perjalanan seorang detektif elit bernama Kang Ki Beom (Choi Jin Hyuk) yang saat ini sedang menyelidiki organisasi kriminal bernama Argos. Karena misi berbahaya ini, istrinya terbunuh dan kedua bola matanya juga dicungkil. 

Ketika Ki Beom bangun, ia menemukan dirinya berada di rumah sakit dan ia dituduh melakukan pembunuhan. Karena hal ini, NIS pun kemudian mendekati Ki Beom dan menawarkannya menjadi anggota Rugal, sebuah  tim khusus yang diorganisir oleh NIS. Melalui bioteknologi, ia memperoleh dua bola mata buatan dengan kemampuan khusus. Ki Beom dan tim Rugal pun mulai bergerak menjatuhkan organisasi kriminal yang telah merenggut kehidupannya.

22. Hometown

Dapat disaksikan di: Iqiyi

Salah satu drama dengan tema detektif terbaru adalah serial rilisan stasiun tvN. Berlatar di tahun 1999, Choi Hyung In (Yoo Jae Myung) bekerja sebagai seorang detektif. 10 tahun sebelumnya, istrinya meninggal dalam serangan teroris.  Suatu hari, ketika ia menyelidiki kasus pembunuhan yang terjadi di sebuah kota kecil. Ia mulai curiga bahwa kasus pembunuhan itu entah bagaimana terkait dengan serangan teroris yang merenggut nyawa istrinya.

Di lain sisi, 10 tahun yang lalu kakak laki-laki Jo Jung Hyun (Han Ye Ri-Minari) ikut serta dalam serangan teroris yang menyebabkan dirinya dicap sebagai anggota keluarga teroris. 

Keduanya pun akhirnya bersatu dan mencari jawaban atas insiden yang menimpa kedua keluarga mereka satu dekade yang lalu. 

23. The Lies Within

Dapat disaksikan di: Netflix

Jo Tae Sik (Lee Min Ki) adalah seorang detektif yang pernah sangat berprestasi dan memiliki ambisi yang tinggi, namun sekarang ia telah berubah dan mengajukan permohonan untuk dipindahkan ke kantor polisi di desa kecil tanpa banyak penduduk. 

Sebelum resmi pindah, ia menangani kasus kematian anggota parlemen Kim Seung Cheol yang meninggal dalam kecelakaan mobil, namun semakin dalam Tae Sik menyelidikinya, semakin banyak muncul kejanggalan seputar kematian sang anggota parlemen. 

Sedangkan Kim Seo Hui (Lee Yoo Young) adalah putri bungsu dari mendiang anggota parlemen. Demi menguak kebenaran di balik kematian ayahnya dan menyelamatkan suaminya yang hilang., ia pun akhirnya menjadi anggota parlemen.

24. Awaken

Dapat disaksikan di: Netflix / Viu / Iqiyi

Setelah sukses menjadi seorang dokter hingga manajer sebuah klub bisbol, kini Nam Goong Min bertransformasi menjadi seorang detektif bernama Do Jung Woo yang menangani deretan kasus misterius yang terjadi di sebuah kota kecil. Semakin menggali kasus ini bersama tim-nya dan juga seorang agen FBI berdarah campuran, Jamie Leighton (Lee Chung Ah), mereka pun menemukan bahwa kasus ini memiliki keterkaitan dengan apa yang terjadi pada kedua pemeran utama 26 tahun yang lalu.

25. Nobody Knows

Dapat disaksikan di:  Viu / Iqiyi

Terpukau dengan kharisma luar biasa yang disajikan oleh aktris Kim Seo Hyung ketika dirinya bermain di drama makjang berjudul Mine yang tayang tahun 2021 ini atau ketika dirinya berperan sebagai guru les di drama Sky Castle? Jika iya, maka Anda perlu menonton dramanya yang lain yang tak kalah seru bertajuk Nobody Knows. 

Berperan sebagai detektif bernama Cha Young Jin (Kim Seo Hyung), ia bertekad untuk mengungkap misteri di balik pembunuhan sahabatnya Choi Soo Jung (Kim Shi Eun).  Namun setelah 19 tahun berlalu, kasus ini tetap belum terpecahkan hingga akhirnya sang tersangka pembunuh berantai mulai membunuh lagi bahkan secara tak langsung melukai teman remajanya hingga koma. 

Kira-kira judul drama yang mana yang berhasil menarik perhatian untuk masuk dalam daftar tontonan Anda?

(Layout: Tevia Andriani; Foto: Courtesy of AsianWiki, tvN, Netflix, Viu, MBC, KBS, SBS, OCN, JTBC, IMDb)