Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Deretan Drama Korea Bertema Komedi Romantis yang Tak Boleh Dilewatkan

Bersiaplah karena deretan drama ini tak hanya akan menghangatkan hati dengan rangkaian adegan romantis namun juga mengocok perut Anda.

Deretan Drama Korea Bertema Komedi Romantis yang Tak Boleh Dilewatkan

Setelah diartikel sebelumnya Bazaar telah memberikan rekomendasi judul drama Korea paling romantis yang tak boleh Anda lewatkan seumur hidup, terutama bagi Anda yang mengaku sebagai pencinta drama Korea, maka kali ini Bazaar kembali mengumpulkan deretan judul drama Korea bergenre komedi romantis yang layak untuk masuk dalam jejeran drakor favorit Anda.

Tak hanya menyuguhkan momen-momen manis yang tentunya akan menghangatkan hati, 15 judul drama rom-com di bawah ini tentunya akan mengundang gelak tawa berkat kekonyolan yang tak jarang ditampilkan oleh para pemeran drama tersebut. Dan tanpa perlu berlama-lama berikut adalah daftarnya:

Baca juga: Drama-Drama Korea Paling Romantis yang Tak Boleh Anda Lewatkan Seumur Hidup

1. What’s Wrong with Secretary Kim

Dapat disaksikan di: Netflix / Viu / Iqiyi

Rilis pada tahun 2018 dan sempat gempar di masanya, What’s Wrong with Secretary Kim menceritakan tentang seorang sekretaris wanita bernama Kim Mi So (diperankan oleh Park Min Young) yang bekerja bagi atasannya bernama Lee Young Joon (Park Seo Joon). Semuanya terlihat berjalan lancar hingga akhirnya secara tiba-tiba Mi Soo mengajukan surat pengunduran dirinya pada Young Joon. 

Keputusan tak terduga sekretaris yang selalu dapat Young Joon andalkan ini membuat dirinya begitu terkejut. Berbagai cara dan usaha pun dilakukan oleh Young Joon demi mempertahankan Mi Soo di posisinya termasuk meminta Mi Soo untuk menikah dengannya. 

2. Full House

Dapat disaksikan di: Netflix / Iqiyi

Jika Anda penggemar setia drama Korea, Anda tentu tak mungkin tak tahu dengan drama ini. Drama yang berhasil mengantarkan industri hiburan Korea ke tingkat internasional ini dirilis pada tahun 2004 dan diperankan oleh dua artis besar yaitu Song Hye Kyo dan penyanyi Rain. 

Mengangkat tema pernikahan kontrak antara seorang aktor mega bintang dengan wanita biasa, kita dapat melihat perjalanan keduanya yang awalnya masih membenci berubah saling menyayangi. Proses perubahannya pun menyuguhkan berbagai momen manis yang bahkan menjadi adegan ikonis hingga saat ini. Mulai dari pertikaian kecil keduanya, jangan mengaku Anda penggemar drama Korea jika belum menonton drama ini!

3. Strong Woman Dong Bong Soon

Dapat disaksikan di: Netflix / Iqiyi

Dibintangi oleh Park Bo Young, Park Hyun Sik, dan Ji Soo, drama yang tayang di tahun 2017 ini menceritakan kisah seorang wanita bernama Bong Soon (Bo Young) yang lahir dengan kekuatan seperti manusia super.

Suatu hari, Bong Soon membantu seorang sopir bus yang sedang diserang oleh sekelompok preman, ia pun dengan mudah dapat mengalahkan mereka.

Menyaksikan baku hantam tersebut, seorang CEO perusahaan pengembang video game, Min Hyuk (Park Hyun Sik) percaya bahwa Bong Soon adalah sosok paling tepat untuk melindungi dirinya dari ancaman anonim. 

Berbagai momen yang akan mengocok perut Anda pun tak absen disajikan, terutama bagaimana drama ini seolah ingin mematahkan budaya patriarki yang telah mengakar di kehidupan masyarakat.

4. Weightlifting Fairy Kim Bok Joo

Dapat disaksikan di: Netflix / Iqiyi

Jika Anda suka dengan drama yang menampilkan karakter wanita yang kuat dan setara dengan para lelaki, seperti Strong Woman Dong Bong Soon, maka drama yang berhasil melambungkan kedua pemeran utamanya yaitu Lee Sung Kyung dan Nam Joo Hyuk ini pastinya juga akan menjadi favorit Anda.

Mirip seperti karakter Bong Soon, Kim Bok Joo yang adalah seorang mahasiswa atlet angkat besi ini juga memiliki kepribadian yang kuat dan independen. Namun karena penampilannya yang cenderung tomboi membuatnya tak memiliki kekasih.

Selain Bok Joo, hadir pula karakter Joon Hyung (Joo Hyuk) yang merupakan seorang mahasiswa atlet renang. Seperti sebuah jalan takdir yang telah terukir, keduanya pun bertemu secara tak sengaja kembali setelah sempat berpisah ketika masih belia. Perjalanan asmara antara Bok Joo dan Joon Hyung pun resmi dimulai.

5. Descendants of The Sun

Dapat disaksikan di: Netflix / Viu / Iqiyi

Menjadi drama yang mempertemukan Song Hye Kyo dengan Song Joong Ki, Descendants of The Sun menceritakan kisah seorang kapten pasukan khusus bernama Yoo Shi Jin (Song Joong Ki) yang langsung jatuh hati pada pandangan pertama pada seorang dokter bernama Kang Mo Yeon (Song Hye Kyo) ketika bertemu di unit gawat darurat. 

Rupanya takdir memang berpihak padanya, Shi Jin kemudian dipertemukan kembali dengan Mo Yeon yang ikut dalam rombongan sukarelawan ke negara Uruk. Cinta pun bersemi di Uruk untuk keduanya.

Menariknya lagi, tak hanya kisah cinta para pemeran utamanya yang penuh dengan momen manis yang pastinya akan membuat Anda terus tersenyum ketika menyaksikannya, kisah cinta pasangan pemeran kedua juga layak untuk Anda ikuti. Mempertemukan aktor Jin Goo yang berperan sebagai tangan kanan Shi Jin dan rekan sesama tentara yang dilakoni oleh Kim Ji Won. Kisah cinta keduanya juga mendapat banyak dukungan dan perhatian penonton.

6. Crash Landing on You

Dapat disaksikan di: Netflix

Mengudara pada tahun 2020 silam, Crash Landing on You memang berhasil menarik perhatian banyak penonton ketika periode penayangannya. Dengan kisah sekaligus takdir tragis yang dialami oleh seorang Kapten asal Korea Utara bernama Ri Jeong Hyeok (Hyun Bin) dengan seorang pebisnis wanita ternama asal Korea Selatan bernama Yoon Se Ri (Son Ye Jin).

Walaupun harus terhalang oleh negara yang tak dapat mempersatukan keduanya, namun cinta mereka tetap kuat walaupun harus teruji waktu. Berbagai momen manis ketika Se Ri “terdampar” ke Korea Utara juga mampu menghangatkan hati para penonton dan juga perjuangan Jeong Hyeok menuju ke Korea Selatan demi melindungi pujaan hatinya.

Baca juga: Segala Hal yang Perlu Diketahui Mengenai Perjalanan Hubungan Hyun Bin dan Son Ye Jin

7. She Was Pretty

Dapat disaksikan di: Netflix / Viu / Iqiyi

Satu lagi drama yang dibintangi oleh aktor Park Seo Joon bertema rom-com yang kayak untuk masuk dalam daftar ini. Jauh sebelum Seo Joon melakoni peran sebagai seorang CEO berkepribadian narsistik di drama What’s Wrong with Secretary Kim, sebetulnya dirinya pernah memerankan karakter serupa di drama She Was Pretty yang tayang pada tahun 2015 silam dan turut dimeriahkan oleh penampilan aktris Hwang Jung Eum dan Choi Siwon dari Super Junior.

Berperan sebagai Sung Joon (Seo Joon), ia adalah seorang editor di majalah mode, di sana ia bertemu dengan pegawai magang bernama Hye Jin (Jung Eum) yang terlepas bekerja di sebuah majalah mode memiliki penampilan yang tak modis dan menawan. 

Usut punya usut, rupanya keduanya merupakan teman masa kecil yang harus terpisah ketika Sung Joon pindah ke Amerika Serikat bersama ayahnya dan salah satu alasan Sung Joon kembali ke Korea adalah untuk menemukan teman masa kecilnya, Hye Jin.

8. My Love From Another Star

Dapat disaksikan di: Netflix / Viu / Iqiyi

Pernah gempar di masanya, My Love From Another Star yang mempertemukan aktris senior Ju Ji Hyun dengan salah satu aktor dengan bayaran termahal (di masa ini), Kim Soo Hyun mengangkat kisah percintaan yang terjalin antara seorang alien dengan manusia biasa. 

Alien yang telah hidup di bumi selama 400 tahun ini bernama Do Min Joon (Soo Hyun) yang digambarkan memiliki penampilan sempurna sehingga tak jarang dipuja-puja oleh para kuam hawa. Suatu hari ia pun bertemu dan jatuh cinta dengan seorang aktris bernama Cheon Song Yi (Ji Hyun) yang juga kemudian menjadi tetangganya.

Dengan karakternya yang tak takut untuk memperlihatkan sifat apa adanya, Song Yi pun sukses membuat para penonton jatuh hati pada pesonanya yang juga mampu mengundang gelak tawa.

9. True Beauty

Dapat disaksikan di:  Viu 

Disiarkan pada akhir tahun 2020 hingga awal tahun 2021 kemarin, drama yang diangkat dari serial webcomic ini menceritakan kisah seorang perempuan remaja bernama Im Ju Kyung (Moon Ka Young) yang kerap kali mengalami perudungan karena wajahnya yang dianggap tak cantik. Setelah terus menerus di bully, akhirnya ia pun memutuskan untuk pindah sekolah dan memulai lembaran baru dengan cara menutupi ketidaksempurnaannya dengan menggunakan riasan. 

Di sekolahnya yang baru, kehidupannya pun berubah drastis, ia dipuja-puja karena kecantikannya, dan di sana ia kemudian bertemu dengan Lee Soo Ho (Cha Eun Woo) dan Han Seo Joon (Hwang In Yeop), dua laki-laki paling tenar dan rupawan. Tanpa disadari, Ju Kyung pun terlibat dalam pusaran cinta segitiga.

Selama 16 episode penayangannya, berbagai momen lucu tak absen tersaji, baik dari sikap konyol Ju Kyung demi menyembunyikan rahasianya, maupun karakter tiap anggota keluarga Ju Kyung yang tak jarang konyol.

Baca juga: 15 Fakta Menarik Tentang Cha Eun-Woo, Sang Rising Star

10. It’s Okay To Not Be Okay

Dapat disaksikan di: Netflix / Viu / Iqiyi

Menjadi salah satu drama paling hits yang tayang tahun 2020, Anda memang tak boleh melewatkan drama yang satu ini. Kental akan isu kesehatan mental, drama yang diperankan oleh aktor Kim Soo Hyun dan Seo Yea Ji ini menceritakan tentang seorang pria bernama Moon Kang Tae yang berprofesi sebagai perawat di sebuah rumah sakit jiwa. 

Selain itu, ia pun harus mengurus sang kakak laki-laki yang memiliki kondisi autisme. Di tengah kehidupannya yang sudah berat, ia bertemu dan jatuh cinta pada seorang penulis buku anak bernama Ko Moon Young yang memiliki kepribadian anti-sosial. 

Tak dapat dibayangkan bukan bagaimana Kang Tae harus berhadapan dengan dua orang yang sangat keras kepala dan posesif ini?

Baca juga: Intip Fashion Mewah Seo Yae Ji di It’s Okay To Not Be Okay

11. I Am Not A Robot

Dapat disaksikan di:  Netflix / Viu 

Menceritakan kisah seorang pria bernama Kim Min Kyu (Yoo Seung Ho), ia adalah pemegang saham terbesar dari sebuah perusahaan keuangan. Ia memiliki wajah yang tampan dan cerdas, tetapi ia harus hidup dalam terisolasi karena memiliki kondisi alergi pada sentuhan orang.

Untuk menemani hari-harinya, ia pun meminta untuk dibuatkan sebuah robot android kepada ilmuwan Baek Gyun (Uhm Ki Joon). Namun sebuah kecelakaan terjadi yang membuat robot buatannya bernama Aji 3 rusak, terpepet waktu tenggat, Baek Gyun pun meminta mantan kekasihnya yang juga merupakan model wajah untuk karyanya menggantikan sang robot.

12. Her Private Life

Dapat disaksikan di:  Netflix / Viu / Iqiyi

Tak hanya Park Seo Joon yang memiliki dua judul drama di film ini, lawan mainnya Park Min Young yang terkenal dengan julukan “Queen of K Drama Rom-Coms” juga memiliki drama lain yang layak untuk masuk dalam daftar ini. 

Jika di drama What’s Wrong with Secretary Kim dirinya berperan sebagai seorang sekretaris, maka di sini ia berprofesi sebagai seorang  kurator di sebuah galeri seni. 

Namun di balik penampilan kalemnya di kantor, rupanya Sung Deok Mi (Min Young) merupakan penggemar berat dari anggota grup idola Shi An bahkan diam-diam menjalankan situs web penggemar tentang sang idola. 

Suatu hari, Ryan (Kim Jae Wook) mulai bekerja sebagai direktur baru untuk galeri seni tempat Deok Mi akhirnya mengetahui rahasia besar Deok Mi dan mulai tertarik padanya.

13. The Secret Life of My Secretary

Dapat disaksikan di:  Netflix / Viu 

Tayang di waktu yang hampir bersamaan dengan drama What’s Wrong with Secretary Kim dan memiliki premis cerita yang tak jauh berbeda, serial yang menampilkan aktor Kim Young Kwang dan Jin Ki Joo ini juga tak kalah menarik dan berhasil mencuri banyak hati penonton drama Korea, terutama bagi pencinta genre komedi romantis. 

Mengangkat kisah cinta antara seorang direktur yang memiliki kondisi tak bisa mengenali wajah orang, ia kemudian tanpa sadar jatuh cinta pada asistennya sendiri yang selalu mengenakan jaket berwarna merah agar sang atasan dapat mengenalinya dengan mudah.

14. Welcome to Waikiki

Dapat disaksikan di:  Netflix / Viu 

Rasanya jika berbicara mengenai daftar drakor bergenre rom-com, drama Welcome to Waikiki yang menampilkan Kim Jung Hyun, Lee Yi Kyung, dan Son Seung Won tak boleh Anda kecualikan. 

Menceritakan tentang kisah tiga pria yang menjalankan penginapan Waikiki di Itaewon, Korea Selatan. Namun di tengah dilema usaha yang menghadapi kebangkrutan, tiba-tiba muncul seorang bayi misterius dan sang ibu tunggal  di Waikiki.

15. Secret Garden

Dapat disaksikan di: Netflix / Viu / Iqiyi

Jika Anda salah satu penggemar Hyun Bin yang jatuh hati ketika dirinya berperan sebagai seorang agen Korea Utara yang penuh kharisma dan wibawa, maka Anda perlu menonton karya-karya terdahulunya terutama drama Secret Garden yang tayang 10 tahun sebelumnya bersama dengan aktris Ha Ji Won. 

Berperan sebagai Kim Joo Won, suatu hari ia menemukan dirinya bertukar jiwa dengan seorang wanita bernama Gil Ra Im yang berprofesi sebagai stuntwoman. Lantas apa yang terjadi pada Joo Won dan Ra Im?

Baca juga: Update! Berikut adalah Drama-Drama Korea Dengan Rating Tertinggi Sepanjang Masa

(Layout: Tevia Andriani; Foto: AsianWiki, IMDb, Viu, Netflix)