Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

10 Drama Korea Bertema Olahraga yang Dapat Anda Jadikan Tontonan untuk Mengisi Waktu Luang

Anda pencinta olahraga dan juga drama Korea? Mari merapat untuk menemukan daftar tontonan baru Anda.

10 Drama Korea Bertema Olahraga yang Dapat Anda Jadikan Tontonan untuk Mengisi Waktu Luang

Di masa PPKM Darurat yang membuat banyak dari kita memiliki lebih banyak waktu luang yang dihabiskan di dalam keamanan rumah dan juga dalam semangat menyambut Olimpiade 2020 yang akan dilangsungkan di Tokyo, Jepang pada tanggal 23 Juli mendatang, apa yang telah Anda persiapkan untuk menyambut euforia ini? Membeli jersey untuk negara yang Anda dukung? Membeli peralatan olahraga baru untuk menemani sesi olahraga di rumah sambil menyaksikan pertandingan yang Anda nantikan? Atau Anda memiliki pendekatan lain? Misalnya mungkin menonton drama Korea bertema olahraga? 

Jika Anda secara refleks tersenyum dan mengangguk mengiyakan dalam hati ketika membaca pertanyaan di atas, berikut Bazaar telah merangkum 10 judul drama Korea yang mengusung tema olahraga dan layak dimasukkan dalam daftar tontonan, terutama untuk mengisi waktu luang Anda:

1. Weightlifting Fairy Kim Bok-Joo


Dapat disaksikan di: Netflix

Sempat gempar di masanya, drama yang mengangkat kisah para mahasiswa atlet angkat besi dan mempertemukan aktris cantik Lee Sung Kyung yang berperan sebagai Kim Bok Joo dan Nam Joo Hyuk yang berperan sebagai mahasiswa atlet renang memang tak hanya menyajikan kisah yang unik dan segar, namun juga mempresentasikan standar kecantikan yang diluar arus utama, tepatnya ketika karakter pemeran utama wanita yang diperankan oleh Sung Kyung memiliki kepribadian yang maskulin. Bahkan dalam sebuah wawancara, Sung Kyung mengaku untuk memerankan karakter Kim Bok Joo ini, ia harus menaikkan berat badannya sebanyak 5 kilogram.

Baca juga: 25 Fakta Nam Joo Hyuk, Aktor yang Tahun Ini Namanya Sangat Bersinar

2. Racket Boys


Dapat disaksikan di: Netflix

Ya, menjadi salah satu drama yang sedang ramai diperbincangkan, serial orisinal persembahan Netflix yang mengangkat kisah mengenai dunia bulutangkis ini menyorot perjalanan tim bulu tangkis putra di sebuah sekolah menengah di Haenam saat mereka bersaing dalam kompetisi atletik junior. Penuh dengan gelak tawa dan kehangatan, saksikan bagaimana perjuangan para siswa dalam meraih impian mereka.

3. Run On

Dapat disaksikan di: Netflix

Menampilkan akting serta chemistry yang sempurna baik pasangan utama (Im Si Wan-Shin Se Kyung) maupun pasangan kedua (Sooyoung SNSD-Kang Tae Oh), Run On mengikuti perjalanan seorang atlet sprinter nasional yang tiba-tiba mengambil keputusan besar untuk berhenti dari kariernya yang sedang menanjak naik. Tak hanya akan menelusuri alasan di balik langkah tak terduga yang ia ambil, Run On juga mengangkat sisi lain yang mungkin jarang disorot dari dunia olahraga seperti bagaimana cara kerja agen olahraga dan pengaruhnya bagi sang atlet itu sendiri.

4. Hot Stove League


Dapat disaksikan di: Netflix, Viu

Berhasil menjadi pemenang dari nominasi Best Drama di salah satu ajang paling bergengsi di industri hiburan Korea Selatan yaitu BaekSang Arts Awards 2020, tak heran memang jika Hot Stove League sempat sangat dicintai oleh para penonton drama Korea. Tidak hanya didukung dengan deretan aktor berbakat seperti Nam Goong Min, Park Eun Bin, dan Oh Jung Se, Hot Stove League juga mengangkat sisi lain dari dunia bisbol yang seperti kita ketahui juga merupakan salah satu cabang olahraga yang paling diminati di Korea Selatan. Alih-alih mewartakan kisah dari sisi para pemain saja, di Hot Stove League kita dapat melihat seluk-beluk dan intrik drama yang terjadi di belakang layar, tepatnya apa yang dilakukan serta tugas dari seorang manajer umum dari liga bisbol profesional. 

5. Prison Playbook


Dapat disaksikan di: Netflix, Viu

Menjadi salah satu karya brilian dari duet luar biasa antara sutradara Shin Won Ho dan penulis naskah Jung Bo Hoon, Prison Playbook mengangkat kisah Je Hyeok (Park Hae Soo), seorang atlet bisbol profesional kebanggan Korea Selatan yang bahkan sudah selangkah lagi masuk ke liga utama harus menemukan kenyataan bahwa dirinya harus mendekam di penjara akibat penyerangan yang ia lakukan pada seseorang yang berusaha untuk menyakiti adik perempuannya. Walaupun dunianya terasa terjungkir balik, namun kisah hidupnya serasa baru benar-benar di mulai ketika ia mulai beradaptasi pada dunia penjara, bagaimana ia menemukan apa arti keluarga dengan para teman sel tahanan, hubungannya dengan para sipir, dan tentunya ketika ia menemukan sisi lain dari bakatnya saat masih diberi kesempatan untuk berlatih sekaligus mengasah skill bisbolnya walaupun berada di balik jeruji besi.

Baca juga: Penuh Pesan Moral, Ini 10 K-Drama yang Harus Anda Tonton!

6. Short 

Kang Ho Young (diperankan oleh Kang Tae Oh) adalah seorang speed skater untuk kategori trek pendek. Berbeda dengan para atlet lainnya, ia belajar cara berseluncur di arena skating kecil di sebuah pedesaan. Namun karena bakatnya yang luar biasa, ia akhirnya berhasil masuk ke Universitas Kangbaek. Di sana, ia kemudian bertemu dengan Park Eun Ho (Yeo Hoi Hyeon) yang terkenal dengan gelarnya sebagai “The King of Short Track Speed Skating”. Bagaimana arah hubungan antara Ho Young dan Eun Ho? Akankah mereka menjadi rival atau menjadi sepasang sahabat yang saling mendukung?  

7. Fight For My Way


Dapat disaksikan di: Netflix, Viu

Diperankan oleh aktor besar Park Seo Joon dan aktris Kim Ji Won (Descendants of the Sun), Fight For My Way menceritakan tentang kisah sepasang sahabat Choi Ae Ra (Ji Won) dan Dong Man (Seo Joon) yang memiliki latar belakang sebagai atlet taekwondo di masa sekolah dan sekarang merupakan atlet kontrak yang mengejar gelar UFC, drama bergenre rom-com yang akan membawa Anda dalam perjalanan melihat keempat sahabat meraih impian mereka tentunya akan membuat Anda tertawa dan berlinang air mata.

Baca juga: 18 Fakta Park Seo Joon, Termasuk Percintaan dan Fashion

8. Thumping Spike 


Dapat disaksikan di: Viki

Mengikuti kisah seorang pemain bola voli wanita muda bernama Kang Se Ra (Hwang Seun Eon), ia harus menelan fakta menyakitkan bahwa ia terancam harus mengakhiri kariernya akibat sebuah insiden. Untuk “menyelamatkan” dirinya dari keterpurukan, ia akhirnya memutuskan untuk menjadi pelatih dari sebuah tim voli sekolah menengah pria di mana ia bertemu dengan seorang atlet muda dengan bakat yang luar biasa bernama Hwang Jae Woong (Song Jae Rim). Lantas akankah Se Ra berhasil membawa tim voli yang dibinanya menjadi juara sekaligus menemukan kembali dirinya?

9. Heading to the Ground 

Dimeriahkan oleh sederet penampilan aktor papan atas mulai dari Yunho TVXQ, Go Ara, hingga Lee Sang Yoon, Heading to the Ground mengikuti kisah perjalanan Cha Bong Kun (U-Know Yunho) yang bermimpi untuk menjadi pemain sepak bola dan bermain di liga utama Inggris. Saat mengejar impiannya, Bong Kun kemudian bertemu dan jatuh cinta pada agen sepak bola Kang Hae Bin (Go Ara).

10. To The Beautiful You

Menjadi salah satu karya besar dari mendiang aktris sekaligus penyanyi Sulli, To The Beautiful You yang rilis pada tahun 2012 lalu dan turut diperankan oleh rekan sesama agensinya, Minho SHINee, menceritakan tentang kisah Jae Hee (Sulli) seorang wanita yang menyamar sebagai seorang laki-laki untuk bisa membantu idolanya yang merupakan seorang peraih medali emas dalam lompat tinggi, Kang Tae Joon (Minho) yang sedang terpuruk akibat mengalami cedera. Akan seperti apa kehidupan Jae Hee ketika harus hidup di antara para laki-laki? Mungkinkah rahasianya akan terbongkar?

(Layout: Sophie El Fasya; Foto: Courtesy of IMDb, AsianWiki, Wikipedia, MyDramaList; Video: YouTube)