Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Kumpulan Informasi Tentang Lotion dengan Kandungan Retinol

Kandungan aktif perawatan kulit ini kini merambah area di bawah leher - tapi apakah kita harus menggunakan bahan kuat ini dengan sembarangan?

Kumpulan Informasi Tentang Lotion dengan Kandungan Retinol
Courtesy of Harper's Bazaar UK

Kemungkinan besar Anda pernah mencoba dunia retinoid sebelumnya: sementara bahan aktif perawatan kulit ini dulu hanya bisa diresepkan oleh dokter kulit, dalam beberapa tahun terakhir telah terjadi lonjakan retinoid yang nyata, dengan berbagai merek memenuhi rak dengan serum dan krim, bersaing untuk menciptakan retinol terbaik yang tersedia – semuanya tanpa perlu resep.

Banyak dari kita yang telah menggunakan produk aktif ini, tertarik oleh manfaat multifaset yang dijanjikan oleh retinoid – dan memang, dalam banyak kasus, hasilnya luar biasa. Baik Anda ingin menghaluskan garis halus yang mulai muncul atau menghentikan jerawat hormonal, retinol sering kali bisa memberikan hasil. Jadi masuk akal bahwa formula kuat ini kini merambah area di bawah leher dan menjadi berbagai produk retinol untuk tubuh.

Tentu saja, produk yang dapat menawarkan manfaat mengencangkan, mencerahkan, dan menghaluskan dari retinoid, yang dirancang untuk digunakan pada décolletage, lengan, dan bahkan tangan, terdengar menarik. Namun, mengoleskan lotion tubuh dengan retinol secara berlebihan bukanlah rekomendasi kami: sebenarnya, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat menggunakan bahan aktif perawatan kulit di bawah leher, seperti yang dijelaskan oleh praktisi estetika medis Dr. Sophie Shotter.

“Retinoid memang memiliki potensi manfaat untuk kulit tubuh serta wajah,” ia mengonfirmasi fakta tersebut. “Namun kita juga perlu berhati-hati, karena ada area permukaan kulit yang jauh lebih besar di tubuh dan sehingga memungkinkan untuk 'overdosis' retinol dan menyerap lebih banyak vitamin A secara sistemik. Ada beberapa krim tubuh dengan retinoid, tetapi banyak yang menghindarinya karena alasan ini.”

Memang, saat ini ada diskusi di industri mengenai 'overdosis' retinol. Lebih banyak tidak selalu lebih baik: menanggapi meningkatnya penggunaan produk perawatan kulit dengan retinol yang tampaknya tak terbendung, Komisi Eropa saat ini sedang meninjau peraturan seputar produk berbasis retinoid tanpa resep, membatasi persentase retinol murni yang diizinkan hingga 0,03 persen pada produk wajah dan 0,05 persen pada produk tubuh. Tinjauan ini didasarkan pada laporan dari Komite Ilmiah Keamanan Konsumen, yang menyatakan: "paparan vitamin A melalui makanan mungkin sudah sangat mendekati UL (batas atas yang direkomendasikan) dan sumber paparan tambahan apa pun, termasuk produk kosmetik, dapat melebihi UL ini."

Seperti yang dijelaskan Dr. Sophie, “jika diserap ke dalam aliran darah, retinoid dapat meningkatkan kadar vitamin A, yang dapat dikaitkan dengan toksisitas.” Namun, penting untuk mempertimbangkan parameter seputar toksisitas retinol: kemungkinan besar Anda harus menggunakan jumlah yang sangat ekstrem untuk menyebabkan bahaya pada diri sendiri. Meski begitu, penting untuk mematuhi aturan: jika Anda ingin menggunakan retinol pada tubuh Anda, pastikan itu adalah produk yang secara khusus diformulasikan untuk penggunaan tersebut, karena “biasanya akan memiliki persentase bahan aktif yang lebih rendah,” kata Dr. Sophie. “Pilihan lain adalah menggunakannya hanya pada area yang menjadi perhatian - misalnya, untuk memperbaiki tampilan kulit yang kendur, stretch mark, atau jerawat tubuh.”

Versed Gentle Retinol Body Lotion

Paula's Choice Retinol Body Treatment

Kopari Ultra Renewal Retinol Body Cream

Naturium Retinol Body Lotion

Jika Anda ingin merasakan manfaat mencerahkan dan mengencangkan dari retinol, tetapi tidak begitu tertarik untuk menggunakannya dari ujung kepala hingga ujung kaki, pertimbangkan produk tubuh canggih terbaru yang dikembangkan oleh beberapa dermatologis terbaik di London dan dirancang untuk meningkatkan rejimen perawatan tubuh Anda. Layanan dermatologi daring Dr. Emma Wedgeworth, Klira, baru saja merilis Body Special: krim tubuh kuat dengan asam azelaic, niacinamide, peptida kolagen, dan asam kojic yang mengurangi pigmentasi untuk mengatasi bintik hitam dan kulit kendur. Produk ini sangat menjanjikan untuk tangan dan dada.

Untuk sesuatu yang menggabungkan bahan-bahan berbasis sains dengan sedikit sensasi spa, beralihlah ke Joonbyrd oleh Dr. Alexis Granite. Sebagai produk yang menyenangkan sekaligus fungsional, formula beraroma gourmand ini benar-benar memungkinkan Anda menikmati manfaatnya sepenuhnya: cobalah Daydreamer Body Serum dengan peptida dan antioksidannya untuk mengencangkan kulit yang kendur, serta krim tubuh Sunday Sofa sebagai pelembab ultra-kaya yang dipenuhi dengan inulin prebiotik yang menyeimbangkan dan daun rambutan yang meregenerasi, yang disebut Dr. Alexis sebagai alternatif alami retinol.

Klira The Body Special

Joonbyrd Daydreamer Body Serum

BACA JUGA:
Jenis Antioksidan yang Dapat Anda Gunakan untuk Kulit

Ternyata, Tidak Semua Orang Membutuhkan Retinol untuk Perawatan Wajah

(Penulis: Roberto Schroeder; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih Bahasa: Aleyda Hakim; Foto: Courtesy of Bazaar UK)