Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Jenis Antioksidan yang Dapat Anda Gunakan untuk Kulit

Beberapa ternyata juga bisa digunakan untuk mencegah penuaan!

Jenis Antioksidan yang Dapat Anda Gunakan untuk Kulit
Courtesy of [email protected]

Membicarakan masalah kulit, pastinya banyak sekali penyebab yang terlihat maupun tidak terlihat, seperti salah satunya radikal bebas. Dan sejauh ini, cara yang banyak digunakan oleh para pecinta dunia kecantikan serta anjuran para ahli ialah menggunakan skincare yang mengandung bahan-bahan kaya akan antioksidan. 

Baca juga: 14 Serum Wajah Antioksidan Terbaik untuk Semua Jenis Kulit

Antioksidan adalah molekul yang melawan radikal bebas dalam tubuh Anda. Dan radikal bebas adalah senyawa yang dapat membahayakan jika kadarnya menjadi terlalu tinggi dalam tubuh Anda, yang dapat menyebabkan penyakit-penyakit kronis pada kulit maupun tubuh. Namun, terkadang radikal bebas juga memiliki fungsi penting yang untuk kesehatan. Misalnya, sel kekebalan Anda menggunakan radikal bebas untuk melawan infeksi. Akibatnya, tubuh Anda perlu menjaga keseimbangan radikal bebas dan antioksidan. Ketika radikal bebas melebihi jumlah antioksidan, itu yang dapat mengancam kesehatan, dan biasa disebut stres oksidatif.

Oleh karena itu, simak beberapa bahan antioksidan yang dapat diperhatikan saat membaca daftar kandungan, pada produk perawatan kulit yang Anda pilih.

KANDUNGAN ANTIOKSIDAN TINGGI PADA SUPERFOODS YANG SEBISA MUNGKIN HARUS ANDA KONSUMSI

Sebelum membahas langsung ke bahan yang terkandung dalam skincare, Anda juga dapat mengonsumsi beberapa makanan atau minuman, yang tinggi akan antioksidan. Seperti 5 di bawah ini:

  • Berries: faktanya, buah seperti blueberry, raspberry, blackberry, strawberry, dan goji berry, punya kandungan antioksidan yang sangat tinggi, terutama pada kulitnya. Jadi, jika Anda ingin membuatnya menjadi jus buah, pastikan tidak melepaskan kulit dari buahnya.

Courtesy of Healthline
Courtesy of Healthline
  • Sayuran Hijau (Vibran): bukan hanya sayuran sembarangan, tetapi Anda harus memilih jenis sayur yang miliki warna hijau tua yang pekat. Karena sayuran yang miliki warna hijau vibran miliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi.

Courtesy of Medical News Today
Courtesy of Medical News Today
  • Teh Hijau: teh sendiri memiliki fungsi yang bagus untuk tubuh Anda dan, khususnya teh hijau, mempunyai sifat antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas.

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK
  • Dark Chocolate: dalam memilih produk cokelat, Anda benar-benar ingin mengonsumsi yang miliki kadar kakao setidaknya 70% keatas, untuk mendapatkan fungsi terbaiknya.

Courtesy of Bazaar Indonesia
Courtesy of Bazaar Indonesia
  • Bawang putih: jika Anda pecinta bawang putih, Anda telah berada di posisi yang aman. Karena kebanyakan orang tidak menyukai bau dan rasanya, sehingga ada yang benar-benar tidak mengkonsumsinya. Padahal bawang putih banyak sekali manfaatnya, salah satunya antioksidan.

Courtesy of Anima Derm
Courtesy of Anima Derm

Baca juga: Ini Manfaat Cokelat untuk Kecantikan Kulit dan Juga Rambut

ANTIOKSIDAN YANG DAPAT ANDA GUNAKAN, YANG TERKANDUNG DALAM PRODUK SKINCARE

1. Retinol

Selain berfungsi untuk mencegah dan memperbaiki tanda-tanda penuaan, turunan dari vitamin A juga merupakan antioksidan yang sangat efektif karena struktur molekulnya yang kecil. Memungkinkannya untuk menembus cukup dalam ke dalam kulit sehingga secara efektif dapat merangsang produksi kolagen dan mempercepat pembaruan serta perbaikan sel. 

Baca juga: Sebagai Anti Aging, Ini Manfaat Retinol Untuk Wajah

2. Niacinamide

Niacinamide yang juga dikenal sebagai vitamin B3 adalah antioksidan yang dapat membantu memperbaiki tekstur, warna kulit, dan menenangkan. Berkat kemampuannya untuk menenangkan peradangan, niacinamide juga dapat menenangkan jerawat, meningkatkan fungsi skin barrier dan membantu melawan kemerahan. Vitamin ini sering digunakan untuk mengobati kondisi kulit seperti rosacea dan jerawat. Tidak terbukti menyebabkan reaksi yang merugikan, sehingga ideal untuk tipe kulit sensitif.

3. Vitamin C

Menurut Dr. Liv Kraemer M.D., Ph.D., seorang ahli dermalotogi dan dokter kulit berbasis di Switzerland, mengatakan bahwa, "Vitamin C merupakan yang paling banyak dan paling bagus terbukti berpengaruh bagus dalam penelitian saintifik, khususnya untuk menghadapi kerusakan akibat polusi," ucapnya. "Bagi Anda yang tinggal di lingkungan atau kota yang sangat berpolusi, Anda harus melindungi diri Anda sendiri dari dalam dan juga dari luar, dengan antioksidan," tambahnya. Penggunaannya bisa Anda lakukan di pagi hari saat Anda bersiap untuk pergi keluar, sebelum menggunakan tabir surya ataupun riasan wajah.

Baca juga: Manfaat Vitamin C untuk Kulit Wajah

4. Vitamin E

Vitamin satu ini banyak sekali tersedia di banyak makanan sehat dan juga suplemen yang dijual di luaran sana. Namun, apa fungsi sebenarnya? Vitamin E adalah antioksidan kuat yang mungkin efektif (karena tidak semua orang akan cocok) untuk mengurangi kerusakan akibat sinar UV pada kulit. Dan vitamin E yang dioleskan dapat membantu menurtisi dan melindungi kulit Anda dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, tentunya.

5. Resveratrol

Resveratrol dikenal sebagai "molekul berumur panjang" berkat kemampuan anti aging yang mengesankan. Antioksidan yang sebagian besar ditemukan di kulit buah-buahan seperti anggur dan berries, resveratrol berfungsi sebagai pelindung tanaman, dan memiliki efek reparatif yang sama ketika digunakan dalam produk perawatan kulit. Paling baik digunakan di malam hari, karena paparan sinar UV dapat menghambat efektivitasnya.

6. Koenzim Q10

Jika Anda punya koenzim Q10 atau CoQ10 yang melimpah di tubuh Anda, tidur semalaman Anda tidak akan berdampak buruk pada kulit Anda. Menurut Rowena Tsai, co-produser dan juga pembawa acara Beauty Within sebuah kanal YouTube yang membahas mengenai skincare, kecantikan, dan kesehatan, mengatakan "CoQ10 adalah enzim alami yang diproduksi oleh tubuh kita dan ditemukan di seluruh sel (paling banyak di mitokondria)." Namun seiring bertambahnya usia, keberadaan koenzim Q10, juga dikenal sebagai ubiquinone, dalam tubuh kita perlahan berkurang, membuat kita lebih rentan terhadap kerutan dan penuaan dini. Jadi, CoQ10 dapat Anda gunakan untuk membantu permasalahan tersebut.

7. Polifenol

Ada ribuan jenis polifenol (resveratrol adalah salah satunya) yang ditemukan dalam buah-buahan, sayuran, teh hijau atau hitam (juga disebut flavonoid) dan tumbuhan lainnya. "Senyawa ini memiliki sifat anti-inflamasi, imunomodulator (pengatur sistem kekebalan tubuh), dan antioksidan untuk mencegah kerusakan kulit akibat sinar UV,” jelas Dr. Rhonda. Studi menunjukkan bahwa konsumsi dan penggunaan topikal bahan yang kaya polifenol membantu meningkatkan pertahanan alami kulit kita terhadap stres oksidatif, mencegah tanda-tanda penuaan dan memperbaiki kerusakan DNA.

8. Flavonoid

Seperti yang telah disebut di atas, flavonoid merupakan bagian dari polifenol yang miliki fungsi untuk menenangkan peradangan kulit, mengurangi stres oksidatif, menunda penuaan kulit, serta mencegah photoaging dan kerusakan pada kulit. 

9. Charcoal

Bagi Anda pencinta dunia kecantikan pastinya sudah tahu bahwa charcoal atau arang sering digunakan sebagai masker, untuk membersihkan kulit wajah secara mendalam. Tapi tak hanya itu, arang memiliki manfaat antibakterial dan antioksidan yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat. Karena arang mampu untuk mengangkat kotoran, racun, membersihkan pori-pori, minyak berlebih, dan mengurangi munculnya blackhead dan jerawat, akibat seluruh polusi serta radikal bebas setelah melakukan aktivitas seharian.

Baca juga: 7 Manfaat Charcoal yang Perlu Anda Ketahui Sekarang!

10. Kunyit

Kami tahu bahwa kunyit bisa saja Anda gunakan langsung secara alami, tetapi dengan tidak mengetahui dosis yang seharusnya, ini bisa saja meninggalkan rasa menyengat pada kulit, sehingga sebaiknya gunakanlah produk skincare yang mengandung kunyit. Dengan baunya yang menyengat dan rasanya yang pedas, kunyit ternyata dapat membantu menurunkan risiko kanker kulit dan psoriasis lho! Menurut National Psoriasis Foundation (NPF), manfaat tersebut bisa Anda rasakan dengan menambahkan ekstraknya pada makanan. Kunyit juga sudah digunakan secara bertahun-tahun oleh banyak budaya, dijadikan sebagai obat untuk menyembuhkan kondisi tubuh. 

Baca juga:

8 Manfaat Kunyit untuk Kulit Wajah

Cara Mencerahkan Kulit Wajah Dalam Waktu Singkat

8 Skincare Anti-Polusi yang Dapat Melindungi Wajah Anda

(Penulis: Gracia Sharon, Foto: Courtesy of [email protected], Anima Derm, Bazaar Indonesia, Bazaar UK, Medical News Today, Healthline)