Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Segala Hal yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Stranger Things Musim Ke-5

Ross & Matt Duffers menjelaskan bahwa “musim keempat akan menjadi musim kedua terakhir, dan musim kelima akan menjadi yang terakhir untuk seri ini.”

Segala Hal yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Stranger Things Musim Ke-5
Courtesy of Bazaar US

Artikel ini mengandung spoilers dari Stranger Things Season 4, Volume 2.

It’s official! Musim kelima dari serial Stranger Things akan segera tayang.

Tiga bulan sebelum premier musim keempat, Netflix dan para Duffer Brothers mengonfirmasikan bahwa serial bergenre sci-fi favorit ini akan berlanjut ke musim kelima. Pengumuman ini datang bersama surat terbuka yang dipublikasikan oleh para pencipta seri tersebut, yang juga menjelaskan bahwa musim ke-5 ini akan menjadi musim terakhir untuk serial ini.  

BACA JUGA: 22 Stand Up Komedi Terbaik di Netflix

“Tujuh tahun yang lalu, kami menulis plot cerita komplit untuk Stranger Things,” Tulis Matt dan Ross Duffer. “Di waktu itu, kami memprediksi bahwa cerita kami akan bertahan hingga empat sampai lima musim. Ternyata ceritanya terlalu besar untuk disampaikan hanya dalam empat musim."

Berikut adalah beberapa fakta yang berhasil Bazaar kumpulkan mengenai musim kelima dari serial Stranger Things. 

Musim kelima akan menjadi kisah terakhir untuk geng Hawkins

Di surat terbuka yang dibagikan oleh pencipta seri tersebut, Matt dan Ross Duffer, mereka menjelaskan bahwa musim kelima akan merampungkan kisah  semua karakter di Hawkins. Mereka juga memberi bocoran bahwa dunia Stranger Things memiliki kemungkinan untuk berlanjut, dengan adanya spin-off atau sekuel.  

“Masih ada banyak cerita seru yang harus disampaikan dari dunia Stranger Things. Mulai dari misteri baru, petualangan baru, hingga pahlawan yang tidak diduga,” kata para pencipta seri ini.  "Tapi pertama, kami harap Anda tetap bersama kami saat menyelesaikan kisah perempuan kuat yang bernama Eleven dan teman-teman pemberaninya. Dan juga kisah kepala polisi bersama seorang ibu yang 'ganas', di kota kecil bernama Hawkins di mana ada dimensi alternatif bernama Upside Down.” 

Seperti yang diutarakan oleh sebuah media besar, seri ini belum memulai tahap produksi untuk musim finalnya, maka dari itu Anda harus bersabar untuk menanti berita mengenai seri atau musim lain.

Linda Hamilton telah bergabung sebagai pemeran di musim kelima

Stranger Things telah berhasil menarik ikon baru dari tahun '80-an untuk musim final ini. Netflix telah mengumumkan bahwa bintang film Terminator yaitu Linda Hamilton, akan bergabung di musim ke-5. Hal tersebut juga diumumkan saat fan event persembahan Netflix bertajuk Tudum. Detail lebih lanjut dari peran aktris tersebut masih dirahasiakan untuk sekarang, karena musim ke-5 tidak akan mengudara di Netflix untuk setidaknya setahun lagi.

David Harbour mengatakan bahwa Hopper akan muncul musim kelima

Dalam wawancara bersama Gold Derby, David membocorkan bahwa Stranger Things akan berlanjut melewati musim ke-4. Ia mengungkapkan bahwa “Saya akan memberi tahu kepada kalian bahwa di musim ke-4 dan 5, jika kami mendapatkan kesempatan untuk syuting lagi, akan ada banyak yang harus diungkapkan mengenai isu kompleks dalam cerita Hopper, yang sangat bermakna, dan saya sangat bersemangat untuk membagikannya dengna kalian.” Pada dasarnya, plot cerita karakter Hopper akan berlanjut ke dua musim tersebut yaitu yang musim keempat & kelima.

Courtesy of Instagram @dkharbour

Courtesy of Instagram @dkharbour

Ia juga memberi petunjuk, “Karena kami sudah tahu akhir dari kisah seri ini, maka Anda bisa kembali dan menonton apa yang sudah kami sajikan di musim ketiga, dan yang akan semakin jelas di musim keempat & kelima."

Millie Bobby Brown ingin karakternya, Eleven, untuk memiliki “akhir yang baik”

Saat wawancara dengan sebuah media di bulan Agustus 2020, Millie Bobby Brown berbagi opininya mengenai bagaimana Stranger Things kemungkinan akan berakhir, apalagi mengenai karakternya, Eleven. Millie sering bercanda kepada para Duffers bahwa bisakah karakternya “senyum satu kali saja dalam satu adegan?” Ia berharap agar karakternya mendapatkan plot akhir yang baik. “Saya sangat percaya kepada para Duffers bahwa cerita akhir karakter saya akan sangat indah dan saya akan mencintainya apa pun yang terjadi.” 

Khususnya, Millie memiliki harapan penuh soal hubungan Eleven dengan Mike, dan kekuatan luar biasanya yang sempat ia miliki. “Tetapi saya ingin Eleven untuk mendapatkan kekuatannya kembali karena ia adalah seorang pahlawan, ia seperti superwoman,” ucap Millie. “Dan ia mencintai Mike. Saya ingin mereka untuk menikah, itulah apa yang saya butuhkan. Saya membutuhkan sebuah adegan pernikahan untuk Stranger Things.

Millie lalu bercanda, “Eleven dalam gaun pernikahan putih dan mengucapkan ‘Sorry, my nose is bleeding, It’s a white dress.’ tidakkah hal tersebut akan terlihat sangat cocok?.”

Para Duffers mengatakan bahwa musim kelima kemungkinan menampikan plot "time jump"

Saat sesi wawancara di bulan Juni dengan sebuah media, para pencipta seri mengungkapkan bahwa mereka telah menguraikan outline cerita untuk musim ke-5, dan mengatakan bahwa serial tersebut telah “dirancang dengan baik.” Mereka juga mengatakan bahwa mereka belum menentukan tanggal untuk memulai tahap syuting, dan mereka kemungkinan akan mengubah sedikit premis cerita berdasarkan apa yang sudah mereka pelajari saat syuting musim ke-4.   

“Kami telah belajar banyak hanya dari bekerja dengan semua aktor baru dan aktor yang sudah bekerja dengan kami untuk waktu yang lama sampai sekarang. Maka dari itu, saya yakin bahwa hasilnya akan berubah sedikit dari premis cerita awal,” ucap Matt Duffer. “Membuat plot akhir adalah hal yang susah. Itu tentunya sesuatu yang membuat saya cukup stres.” 

Ross Duffer menambahkan bahwa plot acara seri ini akan kemungkinan mengusung konsep "time jump", karena jarak umur para aktor dan karakter mereka semakin jauh. 

“I’m sure we will do a time jump,” ucap Ross kepada media. “Secara ideal, kami seharusnya melakukan syuting untuk musim keempat & kelima secara back to back. Jadi hal ini akan menjadi topik pembahasan dengan penulis kami saat rapat nanti.”

Untungnya, waktu menanti untuk musim kelima tidak terlalu lama lagi 

Dengan musim keempatdiakhiri dengan cliffhanger di mana portal antara dunia Upside Down dengan Hawkins telah terbuka, para fans telah menanti kapan mereka akan mendapatkan episode baru (jawaban yang diharapkan adalah segera dan secepatnya). Untungnya, para Duffers sendiri menyampaikan kepada salah satu media besar bahwa mereka telah mengajukan puncak cerita musim kelima kepada Netflix dan jarak waktu rilis antara musim keempat & kelima seharusnya akan lebih pendek dibandingkan jarak 3 tahun yang biasanya diadopsi. 

“Jangan terlalu memegang perkataan kami, tetapi jarak waktu seharusnya lebih pendek untuk kali ini, karena kita sudah memiliki initial outline, dan kita tidak bisa membayangkan bahwa akan ada hiatus lagi selama enam bulan,” kata mereka kepada media. 

Bersama dengan rilisnya Volume 2, para Duffers memberi update kepada Collider mengenai garis waktu produksi, dan mengungkapkan bahwa mereka akan siap untuk mulai menulis naskah musim kelima setelah istirahat sejenak. “Kami akan berlibur di bulan Juli," tutur Ross. “Dan kami akan kembali. Saya tahu bahwa ruangan penulis akan mulai ramai di minggu pertama bulan Agustus.”

Vecna kemungkinan akan menjadi pemeran antagonis utama lagi di musim klime 

Di episode final musim ke-4, Stranger Things memperkenalkan Vecna, karakter antagonis yang susah terkalahkan. Di episode tersebut mengungkapkan bahwa sang monster, yaitu Henry Creel (pasien subyek tes milik Dr. Brenner) merupakan "otak" di balik dunia Upside Down semenjak musim pertama. Mengambil alih Hawkins agar ia bisa menguasai kedua dunia merupakan rencana utamanya. 

Dua episode di Volume 2 akan menunjukkan pertarungan antara Vecna dengan para karakter yang masih hidup. Walau sampai saat ini para penonton tidak pernah melihat tubuh sang Vecna, Will merasakan sensasi merinding yang biasanya ia rasakan di akhir musim. Dengan hal tersebut, terdapat kemungkinan bahwa Vecna masih hidup dan musim kelima akan menjadi pertarungan final antara Eleven, Vecna, dan takdir dunia tersebut. 

Walaupun tidak ada detail mengenai musim yang mendatang, aktor yang melakoni karakter Vecna yaitu Jamie Campbell Bower memberi cuplikan halus bulan lalu bahwa ia akan menjadi bagian dari musim kelima. Saat wawancara dengan sebuah media, Jamie memberi petunjuk dengan mengatakan, “Let me put it this way: I know about season 5. Take from that what you will." 

Will akan memiliki “peran yang besar dan dalam” di musim terbaru  

Setelah kisah cinta dengan  Eleven agar ketersampingkan, Will akan memiliki peran yang lebih besar di musim mendatang ini. Matt Duffer memberi tahu media bahwa musim final akan menunjukkan karakternya yang menemukan jati dirinya perlahan-lahan, dan hal tersebut terdengar seperti akan adanya pembahasan mengenai seksualitas Will di layar. 

“Will akan memiliki peran yang besar dan dalam, hanya itulah yang bisa saya katakan soal musim kelima mengenai petualangannya. Kami mulai bisa melihat pertumbuhannya, yang membuat banyak hal semakin sulit untuk beberapa alasan, dan sebagian alasan yang berbau supernatural. Tetapi, Anda akan mulai bisa melihat Will menjalani rintangannya untuk menemukan jati dirinya,” tutur Matt.  

Ross Duffer menambahkan, “Plot cerita kehidupan pribadi para karakter mungkin akan kembali lagi seperti musim pertama. Anda bisa lihat bahwa di beberapa cerita puncak karakter, bukan hanya Will, tetapi juga dengan Steve dan Nancy, hubungan Nancy dengan Jonathan memiliki banyak masalah yang belum terselesaikan. Karakter-karakter ini mungkin telah membuat beberapa perubahan dalam hidupnya, seperti Will. Tetapi, perjalanan mereka belum sepenuhnya selesai. Semua ini akan berperan besar saat kami melengkapi musim berikutnya.” 

Para Duffers mengatakan bahwa musim kelima tidak akan menampilkan banyak karakter baru. 

Saat diwawancarai oleh sebuah media, para Duffers bercerita soal keinginannya untuk mengembangkan karakter-karakternya, dan mengungkapkan bahwa mereka ingin fokus ke karakter-karakter inti dalam seri tersebut di musim final nanti. 

“Setiap kami memperkenalkan karakter baru, kami ingin memastikan bahwa mereka akan memiliki peran signifikan kepada cerita intinya,” jelas Ross Duffer. “Tetapi, setiap kami melakukan itu, kami cemas karena kami berpikir kami memiliki kumpulan karakter dan aktor yang luar biasa di sini, tetapi untuk setiap momen yang dihabiskan dengan karakter baru, kami mengambil waktu dari salah satu karakter lainnya juga. Maka dari itu, kami sangat hati-hati saat ingin memperkenalkan karakter baru." 

“Kami mencoba sebaik mungkin untuk tidak memperkenalkan karakter baru untuk musim ke-5 nanti. Kami tidak ingin melakukan itu agar bisa fokus ke karakter-karakter inti dari acara ini," ucap Matt Duffer. 

BACA JUGA: 

Berikut yang Perlu Anda Ketahui dari Musim Terakhir Succession

International Ballet Super Star Gala Akan Kembali Hadir di Indonesia

 (Penulis: Amy Mackelden, dan Quinci Legardye; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Vala Makki; Foto: Courtesy of BAZAAR US)