Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Manfaat Olahraga Renang untuk Wanita

Kegiatan yang dapat membangkitkan energi positif.

Manfaat Olahraga Renang untuk Wanita
Courtesy of Pexels

Renang menjadi salah satu kegiatan olahraga yang cukup digemari oleh banyak orang dari beragam usia, mulai dari anak-anak sampai dewasa.

Biasanya kegiatan berenang selalu dikaitkan dengan manfaatnya yang dapat mempermudah pertumbuhan tinggi tubuh untuk anak-anak. 

BACA JUGA: 8 Label Swimwear Lokal yang Perlu Anda Ketahui

Selain memiliki manfaat untuk anak-anak, kegiatan berenang juga dikenal memiliki banyak manfaat untuk orang dewasa, seperti membantu menjaga kesehatan jantung karena dapat membuat sistem kardiovaskular berfungsi optimal melalui gerakan renang dan membuat tidur lebih nyenyak lagi karena olahraga ini membuat tubuh jauh lebih rileks. 

Selain memiliki manfaat secara general, sebenarnya kegiatan ini juga memiliki manfaat yang cukup baik untuk wanita, diantaranya mencegah osteoporosis dan banyak manfaat lainnya.

Untuk mengetahui lebih jauh, Bazaar sudah merangkum beberapa manfaat olahraga renang untuk wanita yang dapat menjadi informasi untuk Anda, mari simak!

  1. Mencegah Osteoporosis

    Saat memasuki usia diatas tiga puluh dan empat puluh tahun, tulang mulai melemah dan tidak jarang akan rapuh dan berujung menjadi osteoporosis.

    Berdasarkan beberapa penelitian membuktikan bahwa wanita lebih rentan terkena osteoporosis daripada pria. Kegiatan berenang yang menggerakkan seluruh tubuh dapat menjadi jawaban untuk wanita mencegah osteoporosis, karena olahraga ini meliputi menggerakkan seluruh badan yang membantu untuk menguatkan sendi dan mencegah kerapuhan pada tulang. 

  2. Efektif Menurunkan Berat Badan

    Tidak hanya olahraga yang memerlukan keringat berlebih untuk menurunkan berat badan, karena dengan melakukan beberapa gerakan renang yang dilakukan secara konsisten akan membantu Anda untuk mencapai berat badan ideal.

    Berenang selama satu jam akan membantu Anda membakar kalori sebanyak 500 kalori dengan seluruh otot tubuh yang bekerja. 

  3. Mencegah Stres

    Aktivitas padat yang Anda hadapi setiap harinya dapat membawa Anda pada posisi stres, karena kegiatan yang padat terkadang mengharuskan Anda untuk melakukan tugas multitasking yang kemudian dapat meningkatkan kecemasan, perubahan mood, dan stress.

    Dengan melakukan olahraga berenang, di mana otot Anda akan bergerak dan fokus dengan satu hal yaitu menggerakkan seluruh tubuh di dalam air dapat membantu untuk menenangkan hati, pikiran, dan meningkatkan mood Anda.

    Maka dari itu olahraga ini dikenal sebagai olahraga mencegah stres. 

  4. Membantu Anti-Aging

    Berenang dapat menjadi salah satu olahraga yang meningkatkan sirkulasi darah, kelancaran dari sirkulasi darah tentu akan memberikan efek yang baik untuk tubuh. Apabila Anda melakukan olahraga ini dengan rutin, kulit Anda akan jauh lebih cerah, kencang, dan segar, tentunya jangan lupakan sunblock dan sunscreen untuk menjaga kulit dari sinar matahari. 

  5. Meningkatkan Energi

    Melakukan renang secara rutin semisal melakukannya satu jam setiap hari akan membuat energi positif untuk tubuh Anda. Akan membantu untuk selalu menjaga kesehatan dan membuat otot tubuh Anda tidak akan cepat lelah dan terus berenergi untuk melakukan tugas sehari-hari. 

Ternyata manfaat dari olahraga renang itu cukup banyak bukan? Hal-hal positif yang diberikan tentu saja akan membuat Anda jadi lebih mudah menjalani hari-hari setelah memantapkan hati untuk berenang. 

Untuk meningkatkan kemantapan niat berenang Anda dapat memulainya dengan memilih pakaian renang yang sesuai dengan hati, berikut ini ada rekomendasi baju renang yang dapat Anda lihat, disamping itu hal menggembirakan lainnya adalah produk dibawah ini lokal loh!

Sehingga sangat mudah untuk Anda dapatkan rekomendasi pakaian renang yang sudah Bazaar kurasi di bawah ini!

Cover Me Not

swimsuit
Courtesy of Instagram Covermenot

Summer Chicks

swimsuit
Courtesy of Instagram summerchicks

Kerokoo

swimsuit
Courtesy of Instagram Kerokoo

Olenka

swimsuit
Courtesy of Instagram Olenka

Tale of Two

swimsuit
Courtesy of Tale of Two

BACA JUGA:
Cara Meningkatkan Kualitas Ritual Mandi Harian Anda
Mari Kenali Tekstur Kulit Strawberry

(Penulis: Farah Armelia Khadijah; Foto: Courtesy of Instagram Cover Me Not, Summer Chicks, Kerokoo, Olenka, Tale of Two)