Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Mari Kenali Tekstur Kulit Strawberry

Katakan selamat tinggal bintik-bintik!

Mari Kenali Tekstur Kulit Strawberry
Courtesy of Pexel

Seberapa sering Anda memperhatikan kulit dan pernahkah Anda melihat ada bintik-bintik hitam di permukaan kulit Anda? Apabila iya, itu merupakan keadaan kulit bernama Strawberry skin atau kulit yang memiliki tekstur Strawberry. Ditandai dengan munculnya bintik-bintik hitam pada permukaan kulit. 

Kondisi ini biasanya akan membuat kulit tampak seperti buah strawberry yang memiliki bintik-bintik hitam di atasnya. Tidak jarang kondisi ini akan membuat Anda jadi tidak percaya diri, karena keadaan kulit ini akan terlihat sangat jelas di permukaan kulit Anda. 

BACA JUGA: Apa Benar Minyak Rosemary Membantu Pertumbuhan Rambut Anda?

Ditambah apabila Anda memiliki masalah kulit ini maka tekstur kulit Anda akan terasa kering dan tidak lembut, biasanya permasalahan ini sering kali ditemukan pada kulit kaki.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan dari terjadinya bintik hitam di permukaan kulit, di antaranya: 

  • Folliculitis, keadaan di mana bakteri dan kotoran masuk ke dalam folikel rambut. Biasanya hal ini terjadi saat Anda sedang menggunakan alat cukur yang kurang bersih, pakaian yang tidak dicuci bersih, atau terlalu kasar saat menggosok kulit. 

  • Pori-pori kulit yang tersumbat, apabila pori-pori kulit Anda tersumbat maka kulit akan memproduksi minyak alami yang jauh lebih banyak. Minyak yang diproduksi kulit akan terkontaminasi dengan udara dan akan membuat bintik hitam di atas kulit. 

  • Keratosis Pilaris, keadaan kulit yang muncul saat Anda berada di cuaca dingin dan bisa juga penyebabnya adalah saat kulit terkena bahan kimia yang ada di kolam renang. 

Beberapa faktor di atas menjadi munculnya bintik hitam pada permukaan kulit. Selain menurunkan kepercayaan diri, hal ini juga dapat membuat kulit Anda kering dan kurang terhidrasi, apabila Anda mengidap strawberry skin berikut ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk mengatasinya:

  1. Melembapkan kulit secara teratur 
    Kulit yang lembab akan meminimalisir terjadinya strawberry skin atau disaat Anda sudah memilikinya maka kulit Anda akan lebih lembut mencegah kekeringan yang lebih parah.

  2. Laser therapy
    Teknik ini dapat menghilangkan rambut kaki dengan optimal serta mencegah timbulnya strawberry skin. Walaupun sebenarnya praktik ini dilakukan untuk menghilangkan rambut dan cukup optimal dilakukan walaupun membutuhkan 2-6 kali treatment untuk mendapatkan yang Anda inginkan. 

  3. Lakukan eksfoliasi kulit
    Mengangkat sel kulit mati akan membantu untuk membersihkan kulit sampai pori-porinya dan dengan melakukan eksfoliasi adalah salah satunya, karena akan mengangkat minyak dan kotoran.

  4. Gunakan shaving cream atau sabun saat mencukur rambut
    Waxing lebih baik untuk dilakukan daripada mencukur rambut, walaupun lebih baik jangan lupa untuk gunakan shaving cream atau sabun saat mencukur rambut untuk mencegah kulit menjadi iritasi dan kering. Sehabis itu jangan lupa untuk aplikasikan pelembap dan body oil. 

Untuk dapat menjaga kulit Anda lembap, dibawah ini Bazaar memiliki rekomendasi produk yang dapat Anda gunakan. 

Bioderma Atoderm Creme 

Courtesy of Bioderma

Aveeno Daily Moisturizing Lotion

Courtesy of Aveeno

Cetaphil Moisturizing Cream

Courtesy of Cetaphil

Wardah Pure Olive Oil

Courtesy of Wardah

Sensatia Botanicals Invigorating Body Lotion

Courtesy of Sensatia Botanicals

Azzarine 5 in 1 Nourishing Message Oil

Courtesy of Azzarine

BACA JUGA:
5 Manfaat Body Scrub untuk Kulit Anda
Berikut 13 Penyebab Bibir Anda Makin Hitam

(Penulis: Farah Armelia Khadijah; Foto: Courtesy of Pexels, Cetaphil, Bioderma, Aveeno, Sensatia Botanicals, Azzarine, Wardah)