Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Apa yang Perlu Anda Ketahui Tentang Tren Kecantikan Lip Blushing

Teknik riasan semi permanen memberi Anda tampilan berbeda yang bertahan hingga dua tahun.

Apa yang Perlu Anda Ketahui Tentang Tren Kecantikan Lip Blushing
Courtesy of Bazaar US

Bagaimana jika, Anda bisa bangun dan secara ajaib memiliki warna bibir yang sempurna, setiap hari? Itulah janji lip blushing. Sejenis riasan semi permanen di mana warna bibir ditato secara harfiah ke bibir. Jika terdengar menakutkan, itu bisa dimengerti. Namun, teknik ini menjadi semakin populer.

Jangan takut, kami menghubungi Connor Noel, seorang seniman tato kosmetik yang berbasis di Woodstock, Georgia, untuk mengetahui secara lengkap tentang apa itu perona bibir, seperti apa pengalamannya termasuk seberapa sakitnya, biayanya, dan banyak lagi, jadi Anda dapat membuat janji dengan tato kosmetik kepercayaan Anda.

BACA JUGA: Cara Memelihara Uban Anda

Apa Itu Lip Blushing atau Perona Bibir?

“Perona bibir adalah tato kosmetik yang dilakukan pada bibir untuk memberikan tampilan seperti lipstik berwarna hingga rona pada bibir,” jelas Connor. “Itu dilakukan seperti tato lain yang Anda pikirkan, menggunakan mesin untuk menyimpan pigmen di bawah kulit.” Meskipun perona bibir sering digunakan untuk menambah warna permanen, Connor mengatakan bahwa teknik ini, “Dapat digunakan untuk mengembalikan warna di tepi luar bibir Anda, di mana kita secara alami cenderung kehilangan pigmentasi seiring waktu dan bertambahnya usia, untuk memberi warna lebih serta penampilan lebih muda dan bersemangat.”

Seperti tato biasa atau warna bibir, dalam hal ini perona bibir disesuaikan dengan warna kulit Anda. “Warna dipilih dan dicampur untuk setiap individu, jadi tidak ada warna tertentu yang harus digunakan, karena disesuaikan dengan tujuan dan warna kulit Anda yang unik,” kata Noel.

Perona bibir
Courtesy of Bazaar US


Seperti Apa Prosesnya?

Kedengarannya agak menakutkan dan bibir cukup sensitif, tetapi sang seniman mengatakan itu tidak terlalu buruk, "Pengalamannya bisa menegangkan, terutama bagi mereka yang tidak memiliki pengalaman membuat tato sebelumnya," aku Connor. “Biasanya janji temu awal membutuhkan waktu sekitar empat setengah jam untuk diselesaikan, yang memungkinkan waktu untuk membentuk, memilih warna, menyelesaikan tato, dan istirahat di sepanjang jalan,” jelasnya.

Namun, ia mencatat bahwa "Umumnya klien menilai rasa sakit dari nol hingga dua dari skala 10." Karena itu, ia menjelaskan bahwa “Krim mati rasa digunakan untuk mencegah rasa tidak nyaman yang berlebihan dan dioleskan kembali selama prosedur berlangsung. Anda dipersilakan untuk memilih keluar dari mati rasa, tetapi saya telah menemukan bahwa sebagian besar klien sangat senang memilikinya.”

Anda juga dapat bertemu dengan seniman tato Anda sebelumnya untuk mengajukan pertanyaan. “Saya selalu bersedia melakukan konsultasi tatap muka gratis bagi siapa pun yang ragu untuk maju,” kata Connor.

Apa yang Harus Anda Harapkan Setelah Melakukan Pengerjaan Perona Bibir?

Hal pertama yang perlu diketahui adalah bahwa semua tato kosmetik memerlukan setidaknya dua kali pertemuan. “Tidak seperti tato seni tubuh lainnya, tato kosmetik hanya diterapkan pada lapisan atas kulit, sedangkan tato seni tubuh yang tradisional ditempatkan lebih dalam di bawah kulit,” jelas Connor. “Bersama dengan jenis tinta yang digunakan, memungkinkannya menjadi semi permanen, bukan permanen. Namun, ini juga mengapa sesi pertemuan kedua selalu diperlukan.”

Setelah janji temu Anda, ada beberapa hal yang ingin Anda lakukan untuk merawat bibir Anda. “Saya memberi semua klien saya paket perawatan yang mencakup pembersih dan salep pada pertemuan pertama mereka, bersama dengan instruksi terperinci,” kata Connor. “Ini bervariasi dari orang ke orang tentang seberapa cepat pembengkakan turun dan penyembuhan terjadi. Ada begitu banyak hal berbeda yang dapat mempengaruhi penyembuhan tato, seperti halnya beberapa orang menyembuhkan luka atau keropeng lebih cepat daripada yang lain. Namun, ia mengatakan bahwa secara umum, "Biarkan setidaknya 48-72 jam sampai pembengkakan berkurang, dan sekitar empat sampai enam minggu untuk penyembuhan terjadi."

Aquaphor Lip Repair

Aquaphor Lip Repair
Courtesy of Bazaar US


Berapa Lama Perona Bibir Bertahan?

“Perona bibir akan bertahan sekitar dua tahun,” kata Connor. “Namun, disarankan agar Anda melakukan sentuhan sekitar setahun sekali atau lebih untuk mempertahankan pekerjaan.” Karena tinta semi-permanen, katanya, "Ini akan memudar seiring waktu, sehingga membuatnya tetap segar, dan mengembangkan area pigmen yang tidak merata."


Siapa yang Bisa Mengikuti Tren Perona Bibir?

Karena warna tinta disesuaikan untuk setiap bentuk bibir yang unik, perona bibir bisa dilakukan pada semua warna kulit. “Ini juga dapat digunakan untuk warna kulit yang lebih gelap untuk menetralkan area yang lebih gelap di bibir dan memberi warna yang lebih merata dan merah muda,” jelas Connor. “Warna yang berbeda digunakan untuk menghilangkan beberapa bagian yang lebih gelap di bibir dan kemudian warna merah yang diinginkan diterapkan di atasnya untuk memastikan warnanya merata di seluruh bibir.”

Namun, ada beberapa orang yang harus melanjutkan dengan hati-hati sebelum membuat janji. “Hal utama dengan perona bibir adalah siapa pun yang pernah menderita sakit flu harus minum L-Lysine setidaknya lima hari sebelum janji temu dan lima hari setelahnya untuk mencegah wabah,” kata Connor, yang mengatakan ia merekomendasikan ini untuk semua klien untuk berjaga-jaga. Selain itu, ia menambahkan, “Apabila terkena flu dapat memengaruhi penyembuhan dan retensi, jadi yang terbaik adalah melakukan sesuatu yang aman!”

Mereka yang pernah melakukan filler bibir di masa lalu mungkin mengalami periode pembengkakan yang lebih lama. “Ini adalah sesuatu yang saya pelajari sebagai seorang seniman, dan ingin mengingatkan orang-orang tentang hal ini,” kata Connor. Meskipun Anda masih dapat melakukan perona bibir jika Anda menggunakan filler, ia mengatakan bahwa, “Hal itu dapat membuat Anda memerlukan sesi tambahan. Jika area tersebut menjadi terlalu bengkak selama pengangkatan, akan menjadi sangat sulit untuk menyimpan pigmen dan dapat menyebabkan ketidaknyamanan yang meningkat bagi klien. Jadi, saya lebih suka menyiarkan di sisi aman dan menambahkan sesi ketiga untuk memuluskan masalah apa pun daripada mencoba terus bekerja dengan area yang sudah sangat mengganggu.”

Berapa Biaya Treatment Perona Bibir?

Ini bervariasi menurut seniman tato. “Biasanya, sesi awal akan menelan biaya sekitar 600-800 dollar US, tetapi saya telah melihatnya setinggi 1000 dollar US, tidak termasuk perbaikan apa pun,” kata Connor. Touch-up akan ditambahkan 200-300 dollar US per sesi dan perlu diingat bahwa Anda mungkin membutuhkan lebih dari satu untuk mencapai tampilan akhir yang Anda inginkan.

BACA JUGA:
Cara Menyebut L'Occitane, Oribe, Shiseido, dan Merek Kecantikan Lainnya
23 Hal Esensial Tentang Perawatan Diri yang Dianut oleh Pakar Dunia Kecantikan Dr. Barbara Sturm

(Penulis: Lindy Segal; Artikel ini disadur dari: Bazaar US; Alih bahasa: Farah Armelia Khadijah; Foto: Courtesy of Bazaar US)