Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

14 Manfaat Berendam di Air Dingin

Tren kesehatan sekarang adalah berendam dengan air yang sangat dingin.

14 Manfaat Berendam di Air Dingin
COURTESY OF BAZAAR US

Jika suhu air di kamar mandi saya tidak terlalu panas, saya menolak untuk masuk. Jika Anda seperti saya yang menyukai berendam air dingin sebagai sebuah latihan kebugaran dan pemulihan yang umum dilakukan, tidak terdengar seperti aktivitas yang menenangkan. Namun, penelitian menunjukkan bahwa berendam di air dingin memiliki banyak manfaat untuk fisik dan mental. Dan jika itu belum cukup untuk membuat Anda yakin, banyak atlet berprestasi yang memuji kesuksesan mereka berkat kombinasi meditasi dan berendam air dingin.

Di sini, kami akan menjelaskan semua yang perlu Anda ketahui tentang berendam untuk kesehatan Anda, mulai dari cara kerjanya, manfaatnya, dan apakah Anda layak untuk mencobanya atau tidak.

BACA JUGA: Ini Manfaat Ritual Berendam atau Mandi Mewah yang Termasuk Self-Healing untuk Melepas Penat di Rumah

Apa yang Dimaksud dengan Berendam Air Dingin?

"Berendam dalam air dingin adalah tindakan merendam tubuh Anda dalam air dingin (59 derajat Fahrenheit atau kurang) untuk waktu yang lama. Berendam di air dingin adalah alat yang luar biasa untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan pikiran," kata Jonathan Leary, Pendiri Remedy Place, klub kesehatan dan kebugaran yang digemari para selebriti.

Ada banyak cara untuk berendam air dingin termasuk, tidak terbatas pada melompat ke laut, mandi es atau mandi air dingin. Berendam air dingin ini sering ditemukan di spa mewah, pusat kebugaran, dan pusat pemulihan. "Meskipun manfaatnya beragam tergantung pada cara yang Anda lakukan. Semua paparan air baik untuk kita," kata Frank D'Agostino, spesialis nutrisi kebugaran.

Apa Saja Manfaat dari Berendam Air Dingin?

Dengan menurunkan suhu tubuh Anda, cold plunge dapat memberikan berbagai manfaat. Mungkin yang paling penting adalah membangun ketahanan mental dan disiplin: paparan suhu dingin secara konsisten membuat pikiran merasa nyaman dalam kondisi tidak nyaman, yang akan meningkatkan kemampuan dalam menghadapi stres. "Mengajarkan tubuh bagaimana menangani kondisi ekstrem, rendaman es mengajarkan tubuh dan pikiran Anda untuk memegang kendali," tambah Jonathan. "Tidak hanya ada kepuasan tersendiri dalam menyelesaikan sesuatu yang sulit, tetapi semakin rutin Anda berendam air es, Anda akan menemukan bahwa ada berbagai praktik sederhana. Dengan begitu, membuat Anda memegang kendali dan secara tak terelakkan mengajarkan Anda cara mengatasi stres dengan lebih baik."

Manfaat fisik dari berendam air dingin sangatlah banyak. Para ahli mengatakan bahwa berendam di air dingin dapat:

  • mengurangi peradangan
  • memberikan aliran endorfin yang sangat besar
  • meningkatkan dopamin
  • meningkatkan kualitas tidur dan suasana hati
  • mengurangi stres
  • membantu mengatasi rasa sakit dan nyeri
  • mempercepat pemulihan akibat cedera
  • mengurangi pembengkakan
  • meningkatkan testosteron
  • meningkatkan drainase limfatik
  • mengatur hormon
  • mempercepat metabolisme

Paparan air dingin juga dianggap memiliki efek positif pada kulit karena air dingin dapat menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan, yang dapat membuat kulit tampak lebih bercahaya untuk sementara.

Berapa Lama Anda Harus Berendam Air Dingin?

Jonathan memperingatkan bahwa dalam hal perendaman air dingin, Anda harus memastikan bahwa Anda tetap berada di suhu tertentu. "Di Remedy Place, kami membatasi setiap perendaman dalam beberapa menit pada suhu 38 derajat F, tetapi itu tergantung pada seberapa dingin airnya," katanya. "Pada suhu yang lebih hangat, Anda dapat bertahan lebih lama, tetapi sebenarnya itu semua tergantung pada respons fisik Anda saat itu."

Jika Anda belum pernah berendam sebelumnya, penting untuk memulai dengan waktu yang singkat (satu hingga dua menit) dan secara bertahap meningkatkannya seiring dengan adaptasi tubuh Anda terhadap suhu dingin. "Ketika seseorang mulai menggigil, itu merupakan indikasi kuat bahwa mereka telah mencapai batas kemampuan mereka untuk berendam," tambah Jonathan. "Harap diingat bahwa kinerja Anda setiap hari dapat berubah berdasarkan tuntutan eksternal lainnya. Sebagai contoh, kami mengatakan kepada pelanggan tetap kami jika mereka telah keluar malam sebelum minum, keesokan harinya mereka mungkin tidak dapat bertahan selama seperti biasanya." Ingatlah untuk mendengarkan tubuh Anda dan jangan biarkan ego Anda menghalangi, tidak perlu memaksakan diri terlalu keras jika Anda mulai merasa tidak nyaman.

Bisakah Anda berendam air dingin setiap hari?

Ya, Anda bisa melakukannya setiap hari. Tapi Frank menyarankan untuk membuat rutinitas yang dimulai dengan tiga hari per minggu, selama beberapa minggu pertama, sehingga Anda bisa mencatat bagaimana perasaan tubuh Anda saat memperkenalkan stimulus baru. "Penelitian terbaru menunjukkan bahwa 11 menit seminggu untuk berendam adalah waktu yang ideal. Hal ini dapat dibagi dalam beberapa cara. Secara pribadi, saya mencoba untuk berendam air es setiap dua hari sekali atau dua sampai tiga kali seminggu," kata Jonathan.

Jika Anda merasa bahwa berendam air dingin mulai berdampak negatif pada suasana hati Anda, maka ada baiknya untuk mengurangi. "Ingatlah bahwa berendam di air es sangat menguras energi tubuh dan dibutuhkan banyak energi untuk menghangatkan tubuh Anda," tambah Jonathan. "Sama seperti Anda dapat overtrain ketika berolahraga, hal yang sama berlaku untuk berendam air es. Daripada melatih sistem muskuloskeletal Anda, ini merupakan pelatihan untuk termoregulator."

Serena Williams
COURTESY OF BAZAAR US

Serena Williams
COURTESY OF BAZAAR US

Serena Williams
COURTESY OF BAZAAR US

Siapa yang Harus Menjauh

Menurut para ahli, ada beberapa orang yang harus menghindari berendam air dingin atau berhati-hati saat melakukannya:

  • Individu dengan penyakit kardiovaskular atau hipertensi
  • Individu dengan sindrom Reynaud
  • Individu yang sedang hamil
  • Individu dengan tekanan darah tinggi, penyakit jantung, atau masalah peredaran darah lainnya
  • Individu yang memiliki suhu tubuh rendah saat awal
  • Individu yang menggunakan alat pacu jantung (kecuali jika mereka memiliki izin medis dan/atau pengawasan medis langsung)

Temui Para Ahli

Jonathan Leary, DCM, adalah pendiri Remedy Place dan pakar kesehatan serta kebugaran yang dicari secara global. Ia memiliki gelar Doktor dari Southern California University of Health Sciences dalam bidang Kedokteran Chiropractic dan Pengobatan Alternatif. Dan juga terlatih dan bersertifikat dalam bidang pengobatan fungsional.
Frank D'Agostino, NASM, adalah spesialis nutrisi kebugaran, pelatih pribadi, dan pendiri Hero X Health.

BACA JUGA:
11 Tips dan Aturan Berendam di Onsen Jepang
6 Cara Mudah Mengubah Kamar Mandi Anda Menjadi Tempat Spa

(Penulis: Iman Balagam; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Celine Setiawan; Foto: Courtesy of BAZAAR US)