Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Cara Memelihara Uban Anda

Cara cerdas untuk bertransisi ke rambut uban serta produk terbaik yang dapat menjaga rambut putih.

Cara Memelihara Uban Anda
Courtesy of Bazaar UK

Mengapa, meskipun banyak uban baru yang tumbuh, kita tidak pernah bisa mengelolanya? Sebagai seorang editor kecantikan, saya cenderung lebih bisa menerima tanda-tanda penuaan, memilih apakah harus membiarkannya atau melakukan perawatan untuk menutupinya. Namun, ketika harus beruban, saya mengakui adanya sedikit kebingungan. Dihadapkan di awal usia empat puluhan dengan helaian uban pertama saya, dan mengetahui bahwa pada usia 50 tahun akan memiliki setengah dari uban di kepala, Saya bertanya-tanya betapa mudahnya bagi siapa pun untuk menua dengan anggun.

BACA JUGA: Tips Mengatasi Uban

Seorang teman yang lelah dengan perawatan terus-menerus untuk menutupi akar rambutnya mengatakan kepada saya bahwa ia mempertimbangkan untuk beruban sepenuhnya tetapi tidak bisa mengambil risiko, karena anak-anaknya menangis setiap kali ia membatalkan pewarnaan rambutnya. Masalahnya, menurut psikolog perilaku, Profesor Carolyn Mair, adalah bahwa "kita hidup dalam masyarakat yang terobsesi dengan kemudaan, di mana norma yang berlaku adalah menghilangkan tanda-tanda penuaan". Jadi, ia menjelaskan, "tidak mempertahankan penampilan awet muda dianggap sebagai tindakan yang tidak merawat diri".

Courtesy of Bazaar UK

Namun, saya selalu menganggap bahwa menjadi diri saya yang sebenarnya adalah barometer kecantikan yang sesungguhnya, yaitu memprioritaskan kepercayaan diri di atas anti-penuaan. Mungkin jika saya dapat menemukan kepercayaan diri untuk menjadi beruban dengan cara saya sendiri, saya mungkin dapat menemukan ruang yang menyenangkan antara mengambil sudut pandang moral yang sehat tentang penuaan dan tampil sebaik mungkin.

Lagipula, beberapa wanita yang paling diidamkan di dunia, termasuk Jamie Lee Curtis, Diane Keaton, Andie MacDowell, dan Ratu Letizia dari Spanyol telah memilih untuk menerima rambut beruban mereka. Terlebih lagi, role model saya, Catherine Hayward, direktur fashion yang sebelumnya bekerja di Esquire, memilih untuk memiliki rambut beruban sejak usia awal tiga puluhan saat bertransisi ke rambut putih.

"Saya hanya mengikuti arus dari apa yang ingin dilakukan oleh rambut saya, menjadi lebih terang di bagian depan dan lebih gelap di bagian belakang," kata Catherine kepada saya. "Itu seperti gaya Debbie Harry, dan sedikit rock 'n' roll. Meskipun saya membenci rambut kusut, saya benar-benar tidak keberatan dengan pemutihannya. Dalam setahun terakhir ini, saya melihat orang lain mulai merasakan hal yang sama. Saya selalu dihentikan di jalan oleh para wanita yang menanyakan bagaimana saya mendapatkan penampilan seperti ini."

Jawabannya, tampaknya, adalah melalui banyak uji coba. "Tantangan dengan rambut beruban adalah teksturnya. Saya menghabiskan banyak kondisioner dan masker saat tidur, dan saya telah melakukan blow-dry mingguan di salon. Ketika saya bepergian untuk bekerja, saya menjadwalkan dengan salon disela-sela kegiatan, dan blow-dry adalah hal pertama yang saya lakukan ketika saya tiba di New York."

Courtesy of Bazaar UK

Courtesy of Bazaar UK

Memang, dengan rambut beruban, kita harus memikirkan kembali rak kamar mandi kita. Ketika rambut kehilangan butiran melaninnya, rambut dapat mulai berubah bentuk dan kehilangan sifat elastisitasnya. "Ini adalah mitos bahwa rambut beruban itu lebih kasar. Faktanya, rambut beruban lebih halus, meskipun teksturnya berubah. Pada saat yang sama, produksi dari kelenjar minyak di kulit kepala melambat, yang menyebabkan rambut terasa lebih kering," jelas Dr Joseph Cincotta dari Federici Brands. Rambut kering, karena tidak dapat memantulkan cahaya, bisa jadi kurang bersinar, sehingga sangat diperlukan perawatan smoothing dan glossing. Joseph juga merekomendasikan untuk memilih formula yang cocok untuk rambut yang rapuh atau bahkan diwarnai, serta sampo yang dirancang untuk membilas mineral yang ditemukan dalam air keran yang berisiko mengubah warna rambut.

Kemudian muncul pertanyaan tentang bagaimana mempertahankan spektrum warna yang berubah-ubah. Memantau akar rambut Anda yang mulai berubah warna hingga rambut Anda benar-benar beruban bisa memakan waktu bertahun-tahun. Catherine menghabiskan lebih dari satu dekade dengan susah payah untuk mengecat akar rambutnya. Kecuali untuk semiran khasnya, kebiasaan mingguan yang ia putuskan untuk tinggalkan tahun lalu, meskipun "sebelum menemukan penata rambut yang luar biasa bernama Marley Xavier di Josh Wood yang akhirnya mengerti cara mengelola pertumbuhan rambut dengan benar," katanya kepada saya. Marley, seorang penata warna ahli yang biasanya ditemukan di belakang panggung Miu Miu dan Marc Jacobs, menyebutnya sebagai 'lip glossing' untuk rambut. Menyemir bagian yang lebih gelap pada akar rambut dan menyamarkannya agar senada dengan uban yang baru tumbuh.

Courtesy of Bazaar UK

Colorist saya sendiri, Adam Reed, memberi tahu saya bahwa transisi menuju tampilan uban menjadi jauh lebih mudah dilakukan, sebagian karena pergeseran budaya, tetapi juga karena perusahaan-perusahaan kecantikan besar telah mengembangkan beberapa produk yang sangat baik untuk memudahkan prosesnya. "Warna sangat luar biasa sekarang sehingga tidak perlu waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk menumbuhkan rambut Anda, diwarnai atau tidak," katanya. "Saya dapat mengembalikan warna alami Anda, dan membaurkan ubannya sehingga Anda tidak akan melihat akar atau pertumbuhannya kembali. Tidak ada bagian yang harus menutupi uban, saya dapat menyamarkan rambut beruban agar terlihat sangat feminin."

Tetapi tidak ada produk atau penata rambut yang bagus yang dapat membuat keputusan untuk kita. Dalam kata-kata Catherine, "Anda harus mengelevasikannya sendiri". Demikian juga, meskipun saya tidak bisa sendirian meyakinkan dunia bahwa wanita dengan rambut beruban sama cantiknya dengan pria, saya bisa memilih untuk memamerkannya sendiri. Dan semoga bisa menularkannya dengan penuh semangat. Seperti yang dikatakan Mair, "Tidak muda bukan berarti kita tidak berjiwa muda."

Courtesy of Bazaar UK

Cara merawat rambut beruban

Saat mengelevasi rambut uban, beberapa produk tertentu dapat membuatnya tetap terlihat baik. "Rambut beruban tidak memiliki pigmen alami sehingga dapat berubah menjadi kuning seiring berjalannya waktu," jelas Katie Allan, manajer kreatif di Charles Worthington. "Untuk mencegah hal ini terjadi, gunakan produk penjernih rambut setiap minggu untuk membasmi radikal bebas dan kotoran." Kami menyukai Living Proof Triple Detox Shampoo.

Juga berinvestasilah pada silver shampoo (seperti L'Oréal Professionnel Série Expert Silver Shampoo), saran Adam, "karena sampo ini membersihkan dan memurnikan serat rambut sekaligus menetralkan warna kekuningan, untuk memberikan kejernihan, kilau dan kelembutan".

Terakhir, Anda akan menyadari bahwa kurangnya pigmen pada rambut beruban juga mempengaruhi teksturnya. "Ini juga bisa menjadi sangat kering dan berserabut," Katie menegaskan, jadi tambahkan masker pelembab mingguan pada perawatan rambut Anda. Berikut produk yang kami rekomendasikan khusus untuk rambut beruban.

PARA PAHLAWAN RAMBUT BERUBAN REKOMENDASI BAZAAR

Courtesy of Bazaar UK

John Frieda Shimmering Silver Shampoo

£6 (sekitar 111.848 Rupiah) tersedia di Boots

Sempurna bagi mereka yang ingin menambahkan kilauan pada rambut kusam, sampo ini menetralkan warna kusam dan mencerahkan rambut beruban yang bersih dan mencolok.

Courtesy of Bazaar UK

Philip Kingsley Philip Kingsley Pure Blonde/Silver Brightening Daily Shampoo

£24 (sekitar 447.393 Rupiah) tersedia di Sephora.co.uk

Sampo vegan ini memiliki pigmen ungu yang intens untuk mengurangi perubahan warna pada rambut. Untungnya, tidak seperti produk berpigmen intens lainnya, warna ungu tidak akan menodai rambut Anda dan cukup lembut untuk digunakan setiap hari.

Courtesy of Bazaar UK

Philip Kingsley Pure Silver Conditioner

£21 (sekitar 391.469 Rupiah) tersedia di Sephora.co.uk

Kondisioner ini membuat uban menjadi lebih cerah dan sehat, tanpa meninggalkan warna ungu atau menodai rambut seperti yang dapat dilakukan oleh beberapa formula ungu.

Courtesy of Bazaar UK

L'Oréal Professionnel Serie Expert Silver Shampoo

£16 (sekitar 298.262 Rupiah) tersedia di Sephora.co.uk

Formula bergizi yang menggunakan magnesium, produk ini tidak hanya membantu mengelevasi warna tetapi juga melindungi serat rambut dan melembutkan setiap helai rambut.

Courtesy of Bazaar UK

Aveda Nutriplenish Multi-Use Hair Oil

£33 (sekitar 615.166 Rupiah) tersedia di Lookfantastic

Kombinasi dari lima minyak, gunakan ini untuk mengatasi kekeringan dan tanda-tanda kerusakan rambut. Ditambah lagi, aromanya yang fantastis dari kombinasi kapulaga, jahe, dan kakao.

Courtesy of Bazaar UK

Virtue Smooth Conditoner

£40 (sekitar 745.656 Rupiah) tersedia di Sephora.co.uk

Diperkaya dengan Alpha Keratin, kondisioner ini merupakan solusi bagi rambut yang rusak. Diperkaya dengan shea butter dan pomelo, kondisioner ini menghaluskan rambut dan melindungi rambut dari kelembapan. Sangat sempurna untuk memasuki musim panas.

BACA JUGA:
Makanan Penyebab Uban Tumbuh Lebih Cepat
10 Suplemen Untuk Rambut yang Sehat dan Berkilau

(Penulis: Katy Young; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Celine Setiawan; Foto: Courtesy of BAZAAR UK)