Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Berikut 13 Penyebab Bibir Anda Makin Hitam

Dari gaya hidup hingga alergi terhadap beberapa zat tertentu.

Berikut 13 Penyebab Bibir Anda Makin Hitam
Courtesy of Pexels

Bibir yang cerah dan merah merona menandakan bibir yang sehat dan memesona. Namun, jika tidak dijaga, dapat berubah warna menjadi lebih gelap dengan tekstur yang tidak menarik. Lalu, bagaimana bisa?

BACA LAGI: Cara Merawat Bibir Kering dan Rekomendasi Produk yang Dapat Menutrisinya

Inilah 13 penyebab yang dapat membuat bibir Anda menghitam. Jangan sampai dilakukan, ya!

  1. Kebiasaan merokok
    Selain dapat memicu penyakit kesehatan lainnya, merokok dapat juga mengakibatkan bibir Anda untuk menghitam. Sebatang rokok tembakau mengandung ratusan zat-zat yang berbahaya untuk tubuh Anda, termasuk nikotin dan benzopyrene, yang dapat mendorong produksi melanin pada kulit. Akibatnya, kulit Anda akan mengalami risiko hiperpigmentasi lebih tinggi, termasuk di area bibir. Merokok, terutama jika sudah adiksi, akan menyebabkan bibir kering dan semakin menghitam seiring berjalannya waktu.

  2. Minum alkohol
    Meskipun tubuh membutuhkan cairan yang cukup agar tetap sehat dan tidak mengalami dehidrasi, minuman beralkohol bukan solusinya. Zat asam yang terkandung di dalam alkohol dapat menyebabkan tubuh Anda kekurangan cairan, sehingga jika dikonsumsi terlalu banyak, tentu dapat menimbulkan efek negatif pada tubuh.

  3. Dehidrasi
    Dehidrasi, atau kekurangan cairan, akan mengakibatkan bibir Anda menjadi kering. Tidak hanya itu, bibir kering dapat menyebabkan bibir pecah-pecah sehingga peluang warna bibir menggelap secara perlahan semakin tinggi. Maka dari itu, jangan lupa untuk minum air putih yang cukup!

  4. Sering konsumsi kafein
    Makanan dan minuman yang mengandung kafein adalah salah satu penyebab utama bibir menghitam. Di dalam kafein, terdapat zat diuretik yang dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil Anda, sehingga dapat menyebabkan tubuh Anda kekurangan cairan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kekurangan cairan dapat menyebabkan bibir Anda kering dan dapat menghitam. Konsumsi kafein setiap hari tidak apa-apa, asalkan dalam jumlah yang batas wajar, yaa!

  5. Kandungan kosmetik
    Kosmetik merupakan sebuah kebutuhan bagi kebanyakan wanita, terutama lipstik, karena dianggap sebagai penyempurna penampilan wanita. Walaupun dianggap essential, tidak menutup kemungkinan bahwa lipstik dapat menjadi penyebab bibir menghitam. Sebagai contoh, formula lipstik dapat mengeringkan bibir atau bahkan kandungannya tidak cocok. Maka dari itu, pastikan Anda memilih kualitas lipstik yang berkualitas agar menjaga kesehatan bibir Anda.

  6. Paparan sinar matahari
    Jika bibir Anda sering terekspos ke sinar matahari, dapat memicu tubuh Anda untuk memproduksi lebih banyak melanin untuk menyerap sinar ultraviolet. Karena paparan yang berlebihan, kulit dan bibir Anda dapat mengalami kerusakan dan dapat menyebabkan bercak coklat dan perubahan warna pada bibir.

  7. Kehamilan
    Selama kehamilan, banyak sekali perubahan yang dapat dialami tubuh wanita, salah satunya perubahan pada kulit. Sebagai contoh, timbulnya bercak kulit yang gelap dan perubahan pada warna kulit bibir adalah kondisi yang wajar yang dapat dialami saat hamil. Ini karena wanita mengalami perubahan kadar hormon dalam tubuh, termasuk di area bibir, dahi, puting, pipi, dan hidung.

  8. Anemia
    Kondisi kesehatan ini disebabkan karena kekurangan hemoglobin, yaitu zat yang membawa oksigen dan zat gizi di dalam darah. Zat ini juga yang memberikan warna merah pada darah. Karena itu, kekurangan hemoglobin dapat menyebabkan warna bibir menghitam.

  9. Keracunan
    Selain dapat menghitam karena terpapar sinar matahari, warna bibir juga dapat menjadi gelap akibat terpapar zat-zat racun seperti merkuri, perak, tembaga, dan beberapa jenis logam yang berbahaya lainnya.

  10. Kekurangan biotin (Vitamin B7)
    Salah satu penyebab utama warna bibir menghitam adalah dehidrasi dan bibir kering. Kondisi ini dapat mengindikasikan bahwa tubuh Anda kekurangan vitamin B7, terutama biotin, karena hal ini dapat menyebabkan kulit kering bersisik dan belah-belah di sudut mulut Anda.

  11. Penyakit Addison
    Sejumlah masalah kesehatan dapat menyebabkan hiperpigmentasi, salah satunya adalah penyakit Addison. Penyakit ini adalah masalah dengan sistem kekebalan dan produksi hormon penting yang berkurang. Ini dapat menyebabkan bercak gelap pada kulit, termasuk bibir dan gusi gelap.

  12. Reaksi alergi terhadap pasta gigi
    Selain dapat menyebabkan ruam pada kulit sekitar mulut untuk muncul, alergi terhadap pasta gigi tertentu dapat juga ditandai dengan bibir bersisik dan rasa gatal yang terus menerus. Jika tidak diatasi secara langsung, tentunya bibir Anda dapat mengalami perubahan yang drastis, termasuk warnanya yang menghitam.

  13. Kandungan obat tertentu
    Salah satu alasan utama mengapa bibir Anda dapat menjadi hitam adalah masalah hiperpigmentasi. Sejumlah obat dapat menyebabkan hiperpigmentasi, termasuk obat antimalaria dan minocycline antibiotik oral. Tetapi jangan khawatir, karena kulit Anda dapat kembali ke normal setelah pengobatan selesai. 

Penampilan bibir yang menghitam tentunya mengganggu kecantikan penampilan bibir Anda dan bukanlah tampilan yang ideal. Oleh karena itu, ada beberapa cara dan produk yang dapat Anda coba untuk mengembalikan warna bibir Anda menjadi cerah dan merah merona kembali.

Berikut 5 hal yang dapat Anda lakukan untuk mencerahkan bibir:

1. Eksfoliasi sekali seminggu

Seperti wajah dan tubuh Anda, bibir pun wajib dieksfoliasi setidaknya sekali seminggu. Selain dapat mengangkat sel-sel kulit mati pada bibir, Anda akan juga merasakan permukaan bibir yang tampak lebih lembut, halus, dan kenyal dibanding sebelumnya. Dengan rajin melakukan ini, warna bibir Anda akan terjamin semakin cerah dan terlihat lebih sehat!

La Mer
The Lip Polish

La Mer The Lip Polish

Courtesy of La Mer

Seperti frasa “Ada harga, ada kualitas”, inilah yang dibuktikan oleh sederet produk La Mer. La Mer The Lip Polish akan membantu mengatasi bibir kering dan pecah-pecah karena bibir Anda akan terasa lebih halus dan terhidrasi kembali dengan pemakaian yang konsisten. 

Burt’s Bees
Conditioning Lip Scrub

Burt's Bees Conditioning Lip Scrub
Courtesy of Burt's Bees

Mengandung beberapa key ingredients seperti madu, caster oil, dan shea butter, lip scrub ini efektif dalam mengatasi bibir kering dan membantu mempercantik bibir agar cerah dan sehat kembali.

Fresh Lip
Polish Exfoliator

Fresh Lip Polish Exfoliator
Courtesy of Fresh

Selain terkenal dengan teksturnya yang juara dan memiliki ‘smooth consistency’, lip scrub yang satu ini juga mengandung shea butter dan jojoba oil yang memberi hidrasi dan efek kekenyalan pada bibir Anda. 

2. Gunakan lip balm yang berkualitas

Lip balm sangat berfungsi dalam mengatasi beberapa masalah bibir, termasuk bibir kering dan pecah-pecah yang dapat menyebabkan kehitaman. Oleh karena itu, Anda harus invest dalam lip balm yang berkualitas, baiknya yang alami dan tidak mengandung bahan kimia, sehingga tidak berpotensi mengiritasi kulit bibir. Selain itu, pilih juga lip balm yang mengandung SPF untuk menjaga bibir Anda dari paparan sinar matahari. 

Supergoop
Lipscreen Shine SPF 40

Supergoop Lipscreen Shine SPF 40
Courtesy of Supergoop

Tidak hanya melembapkan, Supergoop Lipscreen Shine SPF 40 juga membantu melindungi bibir Anda dari paparan sinar ultraviolet. Yup, lip balm yang satu ini mengandung SPF 40, serta kandungan shea butter, kelapa, dan minyak biji matahari yang membantu memberi hidrasi pada bibir.

Laneige
Lip Sleeping Mask

Laneige Sleeping Mask
Courtesy of Laneige

Dengan kandungan antioksidan yang berasal dari berry dan vitamin C, serta teknologi “moisture wrap”, Laneige Lip Sleeping Mask merupakan salah satu lip mask terbaik dan menjadi favorit banyak beauty enthusiasts. Dengan pemakaian rutin pada malam hari, Anda akan mendapatkan bibir yang halus dan lembap di pagi hari. 

Chanel
Hydra Beauty Nourishing Lip Care

Chanel Hydra Beauty Nourishing Lip Care
Courtesy of Chanel

Produk lip yang mewah milik Chanel ini tidak hanya mengandung jojoba oil, shea butter, dan meadowfoam seed oil, tetapi juga ada ekstrak bunga kamelia yang memberi hidrasi maksimal yang bertahan lama pada bibir Anda. 

3. Minum air putih yang cukup

Dehidrasi, atau kekurangan cairan, adalah salah satu masalah utama penyebab bibir menjadi hitam. Solusi tersimpel yang dapat dilakukan Anda setiap harinya adalah dengan minum air putih yang cukup agar tubuh Anda mendapat cairan yang diperlukan untuk berfungsi dan menjaga kesehatan.

4. Oles gel lidah buaya

Gel lidah buaya dapat menghambat produksi melanin yang dapat mencegah hiperpigmentasi pada kulit. Cara pemakaiannya adalah cukup oles gel tersebut sekali sehari. Lalu, setelah kering, bilas sampai bersih dengan air hangat. 

5. Perbaiki gaya hidup

Minum minuman beralkohol, merokok dan konsumsi kafein yang berlebihan merupakan salah satu bentuk gaya hidup. Maka dari itu, Anda harus mencoba untuk memperbaiki gaya hidup Anda agar proses pemulihan dan pencerahan warna bibir Anda akan lebih cepat.

BACA LAGI:
Kembalikan Bibir Indah Anda, Mari Simak 5 Cara untuk Menghilangkan Kerutan di Bibir
Inilah Penyebab Bibir Anda Kering dan Pecah-Pecah!

(Penulis: Bella Nazelina, Foto: Courtesy of Pexels, La Mer, Burt’s Bees, Fresh, Supergoop, Laneige, dan Chanel)