Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Kupas Tuntas Akhir dari Stranger Things Musim Keempat, Volume Pertama

Akhir dari asal usul Vecna, kekuatan Eleven, dan bocoran lainnya di masa depan.

Kupas Tuntas Akhir dari Stranger Things Musim Keempat, Volume Pertama

Volume pertama dari Stranger Things musim keempat menjawab beberapa pertanyaan yang kita miliki sejak awal dari drama serial tersebut…dan memberi kita lebih banyak lagi. Penurunan tujuh episode, yang membawa kategori paranormal dari Netflix mencapai sebuah tingkat horor yang baru, berakhir dengan episode panjang dari fitur pertama yang melihat semua bagian dari kru Hawkins menghadapi ancaman dari Upside Down, termasuk Big Bad yang baru, dan luar biasa, Vecna.

Baca juga: Intip 55 Film Orisinal Netflix Terbaik!

Siapa itu Vecna?

Monster humanoid pertama dari Upside Down, Vecna terinspirasi dari penjahat dari film terkenal pada tahun '80-an dan '90-an seperti Freddie Kruger, Pinhead, dan Pennywise, yang sama menakutkannya dengan orang-orang jahat itu. Kita melihat seluruh kekuatan yang ia miliki pada awal episode pertama, ketika ia membunuh pemandu sorak populer, Chrissy, dengan cara yang paling mengerikan. Sosok seperti kerangka itu memiliki tanaman yang merambat dan menonjol dari punggungnya, cakar besar yang ia gunakan untuk menusuk mata korbannya, dan suara serak yang menyeramkan.

MO-nya adalah yang menghubungkan secara psikis dengan seorang remaja yang memiliki trauma di masa lalu, dan menyiksa mereka dengan penglihatan sampai ia akhirnya membunuh mereka. Dalam kematian, para korban, termasuk Chrissy, editor surat kabar untuk mahasiswa (Fred), dan pemain bola basket (Patrick), memasuki trans dan melayang sebelum mata mereka tercungkil dan semua tulang mereka patah.

Geng yang bermarkas di Hawkins, dan beranggotakan Max, Lucas, dan kontingen remaja minus (Jonathan), belajar bahwa salah satu cara untuk memecahkan trans Vecna adalah dengan memainkan lagu-lagu favorit korban (mengarah ke sebuah soundtrack yang populer seperti “Running Up That Hill” dari Kate Bush). Kita juga mengetahui bahwa pembunuhan Vecna berawal sejak tahun 50-an, ketika ia mengutuk rumah Victor Creel dan membunuh keluarganya, membuat Victor kehilangan penglihatannya dan membuatnya masuk ke dalam penjara, padahal ia tidak bersalah. Sekarang, versi Upside Down dari rumah Victor adalah tempat tinggal Vecna.

Adapun efek pembunuhan dari Vecna, setiap kali monster membunuh manusia, ia membuat sebuah robekan lain di antara dimensi yang menjadi gerbang ke Upside Down. Gerbang terbuka setiap kali ada hubungan psikis antara makhluk dari Upside Down dan seseorang dari permukaan, yang menjelaskan tentang portal pertama buatan Eleven ketika ia secara psikis menghubungi Demogorgon pada musim pertama. Tujuan utama Vecna adalah membuka lebih banyak gerbang dan bantuan Mind Flayer untuk mengambil alih dunia.

Apa yang terjadi pada masa lalu Eleven di laboraturium Hawkins?

Kehidupan baru El di California terganggu ketika Dr. Owens merekrutnya untuk melawan Vecna, dan mengklaim bahwa ia dapat mengembalikan kekuatannya yang hilang melalui pelatihan misterius. Ketika pasangan itu tiba di bungker bawah tanah, ternyata “Papa” Eleven, Dr. Brenner, telah mengembangkan sebuah eksperimen yang melibatkan tangki deprivasi sensorik, NINA, yang akan memungkinkan Eleven untuk meninjau kembali waktunya di Lab Hawkins, khususnya menjelang pembantaian yang menjadi pembuka dari musim ini.

Saat ia menghidupkan kembali ingatannya mengenai belajar untuk menggunakan kekuatannya, dan menjadi korban bullying dari beberapa anak yang lebih tua, ia berteman dengan seorang petugas lab yang mengatakan kepadanya bahwa ia mengingatkannya pada “One,” anak pertama yang melakukan uji coba di lab. Meskipun Owens mengatakan One tidak pernah ada, petugas memberi tahu El bahwa ia Owens berbohong kepadanya, dan juga mengagumi kekuatan yang El miliki.

Pada episode ketujuh, petugas mencoba membantu Eleven untuk melarikan diri dari lab melalui terowongan, tetapi mengatakan bahwa ia tidak bisa bergabung dengannya karena terdapat pelacak di lehernya. El menawarkan untuk membantunya dan melepaskan pelacaknya dengan kekuatannya…tetapi itu bukan hanya sekadar pelacak. Tanpa itu, yang tertib mengungkapkan kekuatan batinnya sendiri, dan suatu kebenaran mengenai identitas dari dirinya adalah One akan terungkap. Ia kemudian meninggalkan El di lemari, di mana ia mendengar teriakan dan kemudian muncul ke mayat anak-anak, petugas, dan penjaga. One membantai semua orang sendiri, sebagai bentuk balas dendam atas perlakuan yang ia alami sebagai subjek tes pertama, termasuk penyiksaan yang ia alami di bawah komando Papa.

Bagaimana Eleven terhubung dengan Vecna?

Kemudian muncul pengungkapan terbesar sejauh ini dalam sejarah Stranger Things: Salah satunya adalah Putra Victor Creel, Henry, yang lahir dengan kekuatan aneh dan selalu terkucilkan selama masa kecilnya, merasa tertindas oleh kehidupan manusia yang monoton. Setelah pindah ke Hawkins, anak itu mulai melatih kekuatan yang ia miliki, menjangkau ke dalam pikiran binatang dan kemudian menghantui orang tuanya (menyebabkan apa yang disebut kutukan).

Ketika ibunya berusaha untuk membuatnya “menjadi lebih baik,” Henry membunuhnya dengan cara yang biasa: ia melayang, tulangnya patah, dan matanya tercungkil. Ia kemudian melakukan hal yang sama kepada saudara perempuannya dan (ia percaya) ayahnya, tetapi ia melebih-lebihkan kekuatannya dan akhirnya jatuh koma. Ketika Henry bangkit dari koma, ia berada di bawah kendali Dr. Brenner, sebagai subjek tes pertama ilmuwan. Pada titik tertentu, kekuatannya sedikit berkurang karena tertekan, mungkin karena ia seorang pembunuh, dan ia akhirnya menjadi tertib.

Setelah pembantaian, Eleven menolak untuk bekerja sama dengan Henry/One. Mereka bertarung dan pada akhirnya El menang, dalam proses mengirim One ke Upside Down melalui sebuah gerbang. Saat ia memasuki dimensi gelap, ia mengubah penampilan, melalui sambaran petir dan ketertarikannya pada laba-laba. Ia sekarang adalah Vecna, dengan bidikan terakhir dari Volume Pertama yang memperlihatkan tato 001 di pergelangan tangan Vecna.

Apakah Eleven mendapatkan kekuatannya kembali?

Tujuan dari eksperimen yang mengambil sebagian besar alur cerita Eleven pada musim ini, dan mengarah kepada pengungkapan Vecna/One/Henry Creel, adalah untuk menghidupkan kembali kekuatannya sehingga ia dapat menyelamatkan Hawkins dari sesuatu yang pembunuhan (pada saat ia tidak tahu itu Vecna) misterius. Ketika ia merekrutnya, Owens mengatakan bahwa El, yang takut bahwa ia adalah monster dan bukan pahlawan, perlu merangkul sisi baik dan buruknya, sesuatu hal yang kemudian Brenner ungkapkan. Meskipun itu adalah alasan di balik kembalinya ke masa lalu, petunjuk pertama dari kekuatan Eleven yang muncul kembali datang ketika ia mencoba melarikan diri dari bunker, melepaskan ledakan yang melumpuhkan para penjaga.

Saat ia berteman dengan One dalam ingatannya, petugas itu mengatakan kepadanya bahwa ia menyalurkan memori yang memicu kemarahan dan kesedihan untuk membuat kekuatannya lebih kuat. Tetapi di akhir, ia memenangkan pertarungan dengan membawa kenangan sedih dan penuh dengan cinta, mengingat saat ibunya menggendongnya di rumah sakit ketika ia lahir dan mengatakan bahwa ia mencintainya. Meskipun kita tidak melihat apakah ia telah mendapatkan kembali kekuatannya di dunia nyata setelah pertarungan, di mana kita harus menunggu untuk Volume Kedua. Penemuan bahwa kombinasi ingatan yang memiliki nuansa, memperkuat kekuatannya dan mungkin akan berguna di ronde kedua dengan Vecna, atau hanya membantu perjalanan penemuan dirinya.

Apakah Nancy, Steve, Robin, dan Eddie lolos dari Upside Down? 

Di episode keenam, remaja tertua dari Geng Hawkins, dan anggota baru sekaligus pemimpin Klub Hellfire, Eddie Munson, menemukan salah satu dari banyak gerbang Vecna di bawah Lover’s Lake, dan Steve tersedot melalui itu ke dalam dunia Upside Down. Nancy, Robin, dan Eddie mengejarnya, menyelamatkannya dari monster, dan menuju ke rumah Nancy, versi dimensi itu. Mereka menggunakan trik ringan Will dari musim pertama untuk berkomunikasi dengan Dustin, Max, Lucas, dan Erica, yang membawa mereka ke gerbang di trailer dari Eddie, tempat Chrissy meninggal.

Setelah Robin dan Eddie melewati gerbang, Nancy terpengaruh oleh mantra dari Vecna, di mana monster itu menyalurkan rasa bersalahnya atas kematian Barb. Setelah seorang detektif super mendapatkan kilas balik terperinci tentang kebenaran di balik pembunuhan Victor, Vecna mulai menunjukkan visinya tentang Barb yang sekarat, sementara Nancy berhubungan dengan Steve. Pada akhir dari Volume Pertama, Nancy masih berada di bawah pengaruh mantra dari monster itu dan masih menjadi budak. Nancy dan Steve masih berada di sisi Upside Down dari gerbangnya. Jadi, kembalinya cinta segitiga antara Nancy/Steve/Jonathan, harus menunggu.

Apakah Mike, Will, Jonathan, dan Argylle akan bersatu kembali dengan Eleven?

Setelah Eleven tertangkap karena menyerang pengganggunya, dan kemudian pergi ke bunker bersama Owens, Mike, dan saudara-saudara Byers, serta dengan beberapa agen Owens untuk melindungi mereka dari Vecna dan kontingen agen pemerintah lainnya yang mengira bahwa El telah melakukan pembunuhan, dan ingin membunuhnya. Anak-anak melarikan diri dari penyergapan dengan bantuan teman stoner Jonathan, Argylle, dan seorang agen yang sekarat memberitahu mereka untuk memanggil “NINA” (menyebutkan nama mesin kerusakan sensorik) dan meninggalkan mereka nomor untuk menemukan El.

Nomor tersebut mengarah ke komputer, jadi untuk melacaknya, mereka melakukan perjalanan ke Salt Lake City untuk meminta bantuan satu-satunya dari seorang kutu buku computer yang mereka kenal selain Dustin, kekasih dari Suzy. Setelah mengungkapkan beberapa hal yang meyakinkan dan melibatkan cerita tentang “SuperNintendo,” penyanyi “Neverending Story” melacak mesin NINA ke Nevada. Kita dapat berasumsi bahwa para anak laki-laki itu akan menuju ke sana untuk membawa Eleven ke Hawkins di episode baru.

Akankah Hopper kembali ke rumah untuk menyelamatakan Hawkins?

Hopper benar-benar berada dalam kondisi yang sulit di musim keempat, banyak orang-orang yang memukulinya saat ia melakukan pekerjaan kasar di penjara Rusia. Rencana kepala polisi pemberani untuk meminta penjaga penjara tebusan kepada Joyce dan Murray, serta meminta penyelundup untuk menerbangkannya ke duo setelah melakukan pembayaran, yang merupakan sebuah hal brilian hingga penyelundup tersebut memutuskan untuk mengambil semua uang itu untuk dirinya sendiri dan mengumpulkan hadiah untuk Joyce dan juga Murray. Untungnya, setelah menjatuhkan penyelundup dan selamat dari kecelakaan pesawat, keduanya bisa menyelinap ke penjara.

Di sana mereka menemukan Hopper, penjaga Dmitri, dan tahanan lain yang akan menjadi umpan untuk monster misterius, alias demogorgon. Hopper mampu menahan monster itu dengan menyalakan tombaknya dengan vodka dan korek api, sementara Joyce dan Murray mengambil alih ruang kendali dan membuka pintu untuk kabur. Joyce dan Hopper akhirnya bersatu kembali dengan sebuah pelukan yang penuh air mata. Kini, trio Hawkins hanya harus ke luar negeri dan kembali ke Hawkins tanpa harus berada dalam penjara lagi.

Apa yang akan terjadi pada Volume Kedua?

Bahkan dengan bantuan kerusakan berukuran super ini, masih ada begitu banyak pertanyaan yang harus dijawab oleh Duffer Brothers. Apakah Eleven kembali ke bentuk penuh? Bagaimana semua orang akan sampai ke Hawkins dan bersatu kembali? Akankah Nancy keluar dari trans Vecna, dan jika ya, dengan lagu apa? Akankah pasangan dari pertunjukan itu berhasil keluar dari musim bersama (dan dalam keadaan hidup)? Apakah sebenarnya ada cara untuk menutup Upside Down selamanya sekarang karena Vecna dan Mind Flayer tahu bahwa masih ada dimensi lain di luar sana yang bisa mereka taklukkan (atau apakah mungkin untuk membunuh Big Bads)?

Meskipun nasib orang-orang Hawkins dan Upside Down sendiri merupakan hal yang harus mereka hadapi pada musim kelima, beberapa dari pertanyaan ini dapat terjawab di Volume Kedua. Sementara sebagian besar detail masih menjadi rahasia, judul untuk dua episode dengan fitur panjang adalah “Papa” dan “The Piggyback.” Kami akan menunggu dengan napas terengah-engah untuk mengetahui apa yang akan terjadi pada geng Hawkins di tanggal 1 Juli mendatang.

Baca juga:

Serial Televisi Paling Populer Sepanjang Masa

3 Tampilan Inspirasi Serial Stranger Things

(Penulis: Quinci Legardye; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa : Christanto Subrata; Foto: Courtesy of BAZAAR US)